Mengenal Universitas Sriwijaya (Unsri)

Berbicara tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sumatera Selatan pasti akan membawa kita ke satu nama kampus yaitu Universitas Sriwijaya. Sebagai salah satu almamater terbaik di Sumsel, terlebih lagi status sebagai PTN tentu saja membuat Unsri banyak diminati oleh calon mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari jumlah calon mahasiswa baru yang diterima di kampus ini sebanyak 6300 orang.

Pasti pada gak sabar untuk membaca ulasan yang lebih rinci lagi, kan? Yuk, dibaca sampai habis, ya!

Profil Utama

Profil Utama Unsri
Sumber : unsri.ac.id

Kampus kebanggaan masyarakat Sumsel ini sudah berdiri sejak tahun 1960, loh. Nah, buat kalian yang mau masuk ke kampus yang beralmamater kuning ini, nggak usah risau masalah kualitasnya, karena sejak tahun 2016, Unsri telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Sampai dengan saat ini, Unsri sudah mengalami pergantian rektor sebanyak 10 kali, nah buat kalian yang mau masuk Unsri atau yang sudah diterima sebagai mahasiswa di Unsri, rektornya sekarang ialah Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Landmark Unsri Indralaya
Sumber : unsri.ac.id

Kampus ini terletak di beberapa lokasi, baik yang berada di kecamatan Inderalaya, Ogan Ilir maupun yang berada di kota Palembang. Kampus Utama Universitas Sriwijaya berada di Jalan Palembang – Prabumulih, Inderalaya, Ogan Ilir, kampus utama ini telah diakui sebagai kampus terluas di Indonesia dengan luasnya mencapai 712 ha. Bisa dibayangkan kalau kalian mau berkeliling Kampus Utama Universitas Sriwijaya dengan berjalan kaki dapat menghabiskan waktu berapa lama ya.

Lokasi Kampus Utama yang berada di kecamatan Inderalaya ini berada di dekat perumahan penduduk yang tidak terlalu padat, bahkan masyarakat setempat mengatakan bahwa dahulunya kampus Unsri ini adalah hutan, hal ini dapat dibuktikan dengan monyet-monyet yang masih sering bermunculan di beberapa tempat di kampus. Tapi, tenang saja, monyet-monyet yang berada di lingkungan kampus ini tidak akan mengganggu proses perkuliahan atau mengganggu mahasiswa. Aman banget, kok, guys!

Selanjutnya ialah kampus yang berada di Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar, Palembang yang memiliki luas mencapai 20 ha. Kontras dengan Kampus Utama, lokasi kampus Unsri satu ini berada di daerah yang cukup padat penduduk, selain itu gerbang depan kampus langsung berhadapan dengan badan jalan Srijaya Negara.

Selain itu, lokasi kampus ini berdampingan langsung dengan kampus lainnya, yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya. Ada lagi nih, lokasi kampus yang berada di Komplek Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang yang diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran, lalu Kampus FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) di Jalan Srijaya km 5,5 dan juga di Jalan Ogan, Palembang, dan juga ada Kampus Program Pascasarjana, serta yang terakhir ialah Fakultas Pertanian di Jalan Padang Selasa, Bukit Besar, Palembang.

Banyak sekali yaa pesebaran kampus Unsri?

Fasilitas Kampus

DAMRI dan Shelter Bus

Menyikapi jarak yang cukup jauh tersebut, pihak kampus telah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dalam penyediaan transportasi mahasiswa tersebut. Moda transportasi tersebut ialah bis DAMRI yang hanya mematok harga Rp. 5.000 untuk sekali jalan. Dibandingkan dengan DAMRI yang mengangkut masyarakat umum yang dikenai biaya Rp. 15.000 s.d Rp. 20.000, fasilitas yang disediakan kampus sangat ramah di kantong mahasiswa, bukan?

Eits, tidak hanya transportasi penghubung antara kampus Palembang dan kampus Inderalaya saja yang disediakan oleh pihak kampus, tetapi juga ada bis yang disediakan di dalam Kampus Utama. Shelter Bus ini biasanya beroperasi dari rusunawa lalu mengitari 10 zona fakultas sampai dengan gerbang utam, dan ini gratis, loh! Hanya saja jumlah bis ini belum terlalu banyak sehingga jarah antara satu bis dengan bis lainnya cukup memakan waktu.

Perpustakaan Utama

Di dalam Perpustakaan Utama ini terdapat beberapa fasilitas yang mendukung berbagai aktivitas mahasiswa, perpus ini memiliki 2 lantai dan satu lantai dasar yang difungsikan sebagai area parkir.

Pada lantai 1 terdapat e-library yang memiliki puluhan komputer yang siap digunakan oleh mahasiswa beserta dengan akses WiFi, lalu terdapat pula cafe yang menyediakan berbaggai kudapan serta tempat yang sangat nyaman untuk beristirahat, makan, ataupun sekedar berdiskusi, lalu yang terakhir ada Sampoerna Corner yang menyediakan beberapa buah komputer dengan akses WiFi, berbagai koleksi buku bacaan serta tersedia beberapa sofa dan meja untuk berdiskusi.

Sedangkan pada lantai 2 dikhususkan sebagai perpustakaan yang menyediakan ratusan koleksi buku-buku cetak, ada pula tempat penyimpanan skripsi, tesis, disertasi, dan koran-koran serta majalah, lalu terdapat ruang seminar yang dapat dipinjam oleh mahasiswa ataupun agenda-agenda seminar dan pengembangan karir. Asik banget kan ya!

Rusunawa dan Apartemen

Apa bedanya, nih? Kalau Rusunawa ini biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang berstatus sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Rusunawa ini memiliki 3 buah gedung yakni gedung Rusunawa Putri, Rusunawa Putra dan Rusunawa Baru Putri, dimana setiap gedung memiliki 5 lantai.

Lalu ada apartemen yang diperuntukkan bagi mahasiswa umum, gedung apartemen ini terdiri dari dua gedung yakni apartemen putra dan apartemen putri, keduanya dilengkapi dengan lift serta memiliki akses WiFi. Udah, gak usah bingung lagi nyari kostan kalau kuliah di Unsri.

Auditorium Unsri

Auditorium Unsri memiliki daya tampung yang sangat banyak, biasanya gedung ini digunakan untuk acara wisuda, atau kegiatan mahasiswa yang besar. Masyarakat umum dapat menggunakan gedung ini dengan sistem sewa kepada pihak kampus yang bertanggung jawab, untuk umum akan dikenai biaya tertentu. Ada beberapa fakultas yang memiliki fasilitas aula atau Gedung Serba Guna sendiri, seperti Fakultas Ekonomi, FKIP, dan FKM.

Laboratorium

Unsri memiliki laboraturium khusus hampir disemua fakultasnya, serta dilengkapi pula dengan laboraturium yang diperuntukkan bagi beberapa fakultas, yakni Laboraturium Fisika Dasar, Laboraturium Kimia Fisika, Laboraturium Kimia Analisis, dan Laboraturium Kimia Organik.

Student Center

Student Center atau biasa disebut SC adalah gedung yang biasanya digandrungi oleh maba dikarenakan arsitekturnya yang bergaya Eropa. Memiliki 3 lantai dimana lantai pertama difungsikan sebagai sekretariat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), lantai kedua adalah penginapan yang cukup berkelas, disertai dengan hall yang luas, lalu pada lantai ketiga terdapat 2 hall lainnya yang biasanya dijadikan oleh mahasiswa sebagai tempat untuk mengadakan berbagai agenda kemahasiswaan.

Camping Ground

Unsri memiliki beberapa spot yang cocok untuk bercamping seperti lapangan depan kampus dan taman firdaus yang berada di belakang Unsri. Banyak aktivitas yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa, terutama pada hari libur atau pada sore hari. Ada yang berolahraga seperti jogging dan bersepeda, tidak sedikit pula komunitas-komunitas pecintah hewan, buku, dan lain-lain berada disana.

Baca juga: Mengenal Polmed

Kebun Percobaan

Kampus Universitas Srwiijaya juga memiliki fasilitas Kebun Percobaan yang berada di Kecamatan Gelumbang, Muara Enim dengan luas sekitar 45,3 ha, jarak tempuhnya 62 km dari kota Palembang.

Suka Duka Berkuliah di Unsri

Berkuliah di Universitas Sriwijaya, khususnya di Kampus Utama yang berada di daerah kecamatan ini tentu memiliki biaya hidup yang cukup terjangkau dibandingkan dengan kehidupan di kota-kota besar. Ditambah suasana kampus yang asri yang bisa banget dijadikan spot untuk berolahraga gratis yang tidak akan membuat kocek mahasiswa menangis di akhir bulan.

Hanya saja di kecamatan akan jarang ditemui tempat-tempat hiburan komersial seperti mall, bioskop, tempat karaoke dan lain-lain seperti halnya di kota besar sehingga untuk menikmati hiburan yang demikian mahasiswa harus pergi ke kota Palembang dengan moda transportasi umum seperti DAMRI, travel, dan bis kaleng.

Adapula tantangan bagi mahasiswa PP alias pulang-pergi, ini biasanya mahasiswa yang berdomisili di Palembang namun berkuliah di Inderalaya, harus menelan kekecewaan ketika ada jadwal kuliah yang kosong tanpa konsfirmasi.

Ada banyak kegiatan keorganisasian kampus yang dapat diikuti oleh mahasiswa berdasarkan minatnya masing-masing, seperti di bidang kesenian, teater, penelitian dan keilmuan, keagamaan, bela diri, kerelawanan, dan lain-lain.

Tidak sedikit pula beasiswa yang tersedia di Universitas Sriwijaya yang dapat kalian coba untuk menambah uang saku selama menjadi mahasiswa, pun dengan program pertukaran pelajar dan berbagai kegiatan internasional lainnya.

Fakultas dan Jurusan

Ada fakultas dan jurusan apa aja nih di Unsri? Banyak banget! Unsri memiliki 10 fakultas dengan 125 program studi, yang terdiri dari beberapa program yakni terdapat program Pascasarjana yang menyelenggarakan pendidikan vokasi diploma (D3), program sarjana (S1), program magister (S2), dan program Doktor (S3), program pendidikan profesi, dan program profesi dokter spesialis (PPDS). Adapun jurusan-jurusan yang tersedia tersebut ialah sebagai berikut:

Fakultas Ekonomi (FE)

Fakultas Hukum (FH)

Fakultas Teknik (FT)

  • Teknik Sipil
  • Teknik Pertambangan
  • Teknik Kimia
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Arsitektur
  • Teknik Geologi

Fakultas Kedokteran (FK)

Fakultas Pertanian (FP)

  • Agribisnis
  • Teknik Pertanian
  • Teknologi Hasil Pertanian
  • Peternakan
  • Budidaya Perairan
  • Ilmu Tanah
  • Proteksi Tanaman
  • Agronomi
  • Teknologi Hasil Perikanan
  • Agroekoteknologi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Sejarah
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Jasmani dan Rohani
  • Pendidikan Teknik Mesin
  • Bimbingan dan Konseling
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Kimia
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Guru PAUD
  • Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Ilmu Kelautan
  • Farmasi

Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM)

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Gizi
  • Kesehatan Lingkungan

Sudah gak bingung lagi kan mau menentukan jurusan yang mana? Nah, sebaran wilayah masing-masing fakultas di Kampus Utama dibagi kedalam beberapa zona, yaitu:

  1. Zona A : Fakultas Ekonomi;
  2. Zona B : FKIP dan Fakultas Ilmu Komputer;
  3. Zona C : Fakultas Pertanian
  4. Zona D : Fakultas MIPA;
  5. Zona E : Fakultas Teknik;
  6. Zona F : Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat;
  7. Zona G : Fakultas Hukum;
  8. Zona H : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Baca juga: Mengenal Unibraw

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada:

  • Website: unsri.ac.id
  • Kontak: +62 711 580169, 580069, 580129, 580275, 580645
  • Fax: +62 711 580644
  • Email: info@unsri.ac.id

Artikel Terbaru

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *