Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Mengenal Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Mungkin sebagian besar orang beranggapan buat apa sih ngambil kuliah jurusan bahasa Indonesia? Kan bahasa sehari-hari. Mau jadi apa nanti? Nggak penting banget! Tak heran, pelajaran bahasa Indonesia pun di sekolah juga dianggap pelajaran yang gampang.

Namun, kenyataannya, nilai bahasa Indonesia pada ujian nasional (UN) selalu saja mendapat nilai jelek daripada mata pelajaran lainnya. Kalau begitu, sudahkah bahasa Indonesiamu baik?

Apa itu Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia?

Serunya jurusan pendidikan bahasa Indonesia
Sumber : dokumentasi penulis

Selama kurang lebih 4 tahun, baik program studi pendidikan bahasa Indonesia (PBSI) atau sastra Indonesia kamu akan mempelajarai seluk beluk yang berkaitan dengan bahasa Indonesia.

Di jurusan pendidikan bahasa Indonesia, kamu akan diajarkan juga ilmu pedagogik (kependidikan). Seperti ilmu pendidikan, manajemen pendidikan, psikologi pendidikan dan mata kuliah lain yang akan menunjang untuk menjadi seorang guru yang baik.

Seperti Apa Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Pada jurusan ini, kamu akan diajarkan empat aspek keterampilan berbahasa seperti menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Memangnya kita tidak bisa membaca dan berbicara? jangan salah paham dulu, kenyataannya mata kuliah tersebut tak semudah namanya.

Kuliah jurusan bahasa Indonesia tidak hanya belajar “Ini Ayah Budi”.  Sastra Indonesia maupun PBSI, keduanya, kamu  akan memeroleh cara pelafalan bunyi yang benar, struktur dan tata bahasa, bagaimana anak kecil dapat menghasilkan bunyi, makna tersitrat dalam sebuah teks, dan masih banyak hal menarik lainnya.

Alasan kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Kalau ditanya kenapa memilih jurusan tersebut? Banyak banget alasannya. Yang jelas karena banyak keuntungan yang bakal didapat saat kita kuliah di jurusan pendidikan bahasa Indonesia.

Pertama, Go International. Jurusan bahasa Indonesisa memiliki peluang juga untuk Go International loh. Kalau bahasa inggrismu lancar, Kamu bisa menjadi menjadi tutor atau mengajar bahasa Indonesia di sekolah-sekolah luar negeri, seperti Australia. Tentunya kamu juga harus memiliki wawasan mengenai budaya Indonesia sebagai penunjang.

Kedua, banyak keterampilan. Jangan salah kuliah di jurusan ini, kamu akan diajarkan berbagai keterampilan berbahasa. Kamu akan belajar berbagai skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, dan mendengarkan.

Ketiga, bahasa Indonesia pemersatu bangsa. Yup, bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang dipakai dalam memproklamasikan kemerdekaan dan menjadi bahasa pemersatu bangsa. Bisa dikatakan tanpa adanya bahasa Indonesia tidak akan ada seorang dokter, professor, insyinyur, penulis  sebab bahasa Indonesia merupakan media penyampai ilmu.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia?

Bermain Peran lewat Pementasan Drama
Sumber: Dokumentas penulis

Sudah pasti yang dipelajari adalah semua hal yang berhubungan dengan bahasa dan sastra dong ya.

Keterampilan Berbahasa

Ada empat aspek keterampilan dalam berbahasa, yakni menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Hah, emangnya kita nggak bisa membaca dan bicara? Hei, kenyataannya tak semudah mendengarnya. Empat mata kuliah ini mengajarkan kita bagaimana berbicara, membaca, menyimak, dan menulis yang baik dan efektif.

Pada semester awal, kalian akan dilatih bagaimana berbicara yang baik dan benar di muka umum. Bagaimana berbicara satu arah dan dua arah. Kamu juga akan diajarkan bagaimana cara mendengar atau menyimak pidato, ceramah dengan cepat dan baik.

Linguistik

Selain empat aspek keterampilan berbahasa, nantinya kamu juga akan mempelajari ilmu-ilmu bahasa (linguistik) seperti morfologi, sintaksis, semantik. sosiolinguistik, fonologi, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang suka analisis, linguistik merupakan hal yang seru. Bisa dikatakan linguistik adalah sainsnya bahasa. Di sini akan diajarkan bagaimana cara sebuah bahasa diperoleh, bagaimana cara pengucapannya, pembentukan kata, tata kalimat, makna bahasa dibalik tulisan dan hal seru lainnya.

Juga, kamu akan belajar mengenai gaya bahasa seseorang dalam suatu bahasa, baik berupa lisan maupun tulisan. Contohnya, perhatiin aja deh gaya bahasa dari tiap-tiap guru di sekolah, pasti beda kan? Atau gaya bahasa teman sepermainan. Hal itu akan dikaji pada mata kuliah stilistika.

Kependidikan

Berbeda dengan jurusan sasta Indonesia, jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (PBSI)  kamu dituntut juga untuk memahami dunia kependidikan. Menjadi seorang guru tidak mudah tentunya. Seorang guru dituntut untuk menciptakan suasana kelas menjadi menarik, menanamkan nilai karakter, dan tugas utama yakni menyampaikan sebuah ilmu.

Kamu akan diajarkan bagaimana mengenali peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, peserta didik mengalami masalah, pada mata kuliah  psikologi pendidikan. Selain itu, juga akan diajarkan cara membuat rancangan pelaksanaan pengajaran (RPP) dan administrasi keguruan lainnya.

Kewirausahaan

Kata siapa, kuliah di jurusan bahasa hanya belajar bahasa dan sastra. Dan hanya bisa menjadi seorang guru.  Eits, tenang, di jurusan ini tidak hanya diajarkan menjadi soerang guru saja, tetapi  juga akan diajarkan menjadi seorang pengusaha melalui mata kuliah kewirausahaan. Kamu bebas menuangkan ide kreatif menjadi sebuah uang.

Belajar Banyak Bahasa

Kamu juga akan eksplor bahasa jadi tak hanya bahasa Indonesia yang akan dipelajari, tetapi bahasa asing, seperti  bahasa arab dan inggris. Uniknya lagi, bahasa jawa kuno atau sansekerta juga akan diajarkan. Mengapa? Sebab bahasa Indonesia banyak mengambil dari bahasa asing dan bahasa kuno. Contohnya aja nih, kata adab yang berasal dari bahasa arab kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia.

Bermain Peran

Yang paling seru dari jurusan ini adalah kamu akan diajarkan cara bermain peran dan menulis naskah drama. Diajarkan cara mengolah ekspresi lisan dan tubuh, mencari sumber dana, hingga menggelar sebuah pentas pertunjukan spektakuler.

Melalui pementasan drama ini, akan menguji banyak hal, mulai dari kekompakan, solidaritas, hingga menguji kesabaran menghadapi karakter yang berbeda-beda.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Indonesia

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Banyak dari orang yang menganggap bahwa kuliah jurusan bahasa Indonesia memiliki prospek kerja yang sedikit. Atau hanya sekadar menjadi guru bahasa Indonesia saja, padahal kenyataannya tidak seperti itu dan banyak sekali pilihan profesinya.

Profesi yang bisa jadiin kamu side choice contohnya adalah penulis (ilmiah, buku, kreatif), ahli bahasa, editor (tulisan atau artikel), jurnalis, penerjemah, tenaga pendidik, dan profesi-profesi menarik lainnya.

Editor

Editor penulis atau artikel bertugas untuk memperbaiki tulisan menjadi menarik, menolak naskah yang akan terbit, bahasa yang sesuai dengan standarisasi penerbit atau mengedit naskah yang telah diubah sesuai dengan bahasa EYD (Ejaan Yang Disesuaikan). Tak hanya penerbit yang membutuhkan seorang editor, dunia pertelevisian, perusahaan iklan juga memerlukan seorang editor naskah.

Penulis

Jika kamu memiliki hobi menulis, maka kamu adalah salah satu kandidat yag tepat menjadi seorang penulis.  Kalau kamu mau memulai hobi menjadi sumber kehidupanmu dengan menjadi penulis, ketahuilah kalau ada banyak permintaan dalam penulisan profesional di hampir setiap bidang, seperti penulis karya ilmiah, penulis buku, penulis naskah, dan penulis lainnya.

Pengajar Bahasa Asing

Suka belajar banyak bahasa, tertarik budaya luar dan suka berkenalan dengan banyak orang baru? Coba deh jadi tutor atau pengajar bahasa Indonesia untuk orang asing atau BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Eits, menjadi tutor tentunya kamu akan dibayar dengan bayaran yang fantastis  loh. Bahkan jika kamu mumpuni, kamu akan tinggal di luar negeri dan mendapat bonus jodoh orang luar.

Tenaga Pendidik

Banyak orang yang menganggap remeh profesi guru bahasa Indonesia, padahal guru bahasa Indonesia mempunyai peran sangat penting dalam menanam rasa cinta terhadap bahasa dan bangsa Indonesia.

Ahli Bahasa

Banyak perusahaan atau pemerintahan yang memerlukan seorang ahli bahasa. Contohnya saja, dalam ranah hukum diperlukan seorang ahli bahasa untuk menelaah tulisan klien. Selain itu, di BIN, polisi, juga memerlukan seorang ahli bahasa. So, untuk kamu yang suka analisis dan merasa jago dalam bidang linguistik, mending terjun langsung aja deh jadi ahli bahasa.

Jurnalis

Untuk kamu yang tertarik bertemu orang baru, pengalaman baru, dan memiliki pikiran luas, jurnalis adalah pilihan tepat bagi mahasiswa bahasa Indonesia. Kan nggak belajar? Nah, jangan salah, ketika semester 4 kamu akan disuruh memilih spesifikasi yang akan diambil nantinya. Salah satunya jurnalis. Jadi, tantang diri kamu dan kenali lebih jauh dirimu!

Tips Kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Rajin Membaca

Kuliah di jurusan manapun, seorang mahasiswa dituntut untuk lebih rajin membaca. Sebab, sistem pendidikan tak seperti semasa bangku sekolah. Terlebih jika memilih jurusan sastra. Kamu akan dituntut untuk rajin membaca bacaan baik fiksi maupun non fiksi. Tujuan adalah agar kamu memahami genre yang ada dalam karya sastra dan memahami makna yang disampaikan oleh penulis.

Banyak Berdiskusi

Diskusi sangat penting untuk menunjang kelancaran kuliah di jurusan ini. Banyak banget manfaat yang akan didapatkan dari berdiskusi. Misalnya, membahas bahasa gaul yang sedang trend, membahas logat bahasa seseorang, dan diskusi-diskusi lainnya. Semakin sering berdiskusi, maka akan menambah wawasan dan pikiran akan terbuka dengan hal baru.

Mengasah Keterampilan

Ketika sudah mendapatkan empat aspek keterampilan berbahasa, menulis, menyimak, berbicara, dan membaca tentu kamu harus mengasahnya menjadi sebuah nilai emas.

Gimana sih caranya? Yap, caranya adalah denggan menjadi seorang penulis lepas, menjadi MC, editor, penulis naskah, atau menjadi seorang pengajar (tutor).

Selain itu, untuk kamu yang suka menulis cerita fiksi, mending coba deh kirim karya-karyamu tersebut ke salah satu redaksi penerbit. Semakin banyak pengalaman yang dituai sebelum lulus, maka peluang mendapat pekerjaan semakin mudah nantinya.

Terakhir, jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) memiliki beberapa bidang peminatan, seperti jurnalistik, penulisan, bahasa Indonesia penutur asing (BIPA), drama, ataupun linguistik.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi

Melalui artikel ini, semoga kamu yang tertarik di jurusan ini semakin yakin dan nggak perlu takut akan prospek kedepannya. Tetap semangat!

Avatar
Rufaidah
Halo perkenalkan saya Rufaidah. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta yang sedang menempuh skripsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...

13 Suku di Pulau Sulawesi Serta Penjelasannya

Sulawesi menjadi pulau besar di Indonesia yang bentuknya begitu unik. Seolah seperti huruf "K", dan di dekatnya bertebaran pulau - pulau kecil. Selain keunikan...

12 Suku di Pulau Kalimantan Serta Penjelasannya

Kalimantan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian wilayahnya juga ditempati oleh negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam. Yang mana kedua...

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada...