Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi

Waktu berjalan dan tidak terasa sudah mau selesai tahun ajaran ini. Perkuliahan dalam tahap ujian akhir, termasuk anak-anak SMA juga mulai mempersiapkan diri untuk melanjutkan kuliah. Nah, kira-kira adik-adik kita nanti akan memilih jurusan apa ya?

Sepertinya banyak yang masih bingung atau belum tahu, nanti mau memilih masuk jurusan apa saat kuliah. Yang jelas kamu harus mempertimbangkan minat dan bakat saat memilih jurusan kuliah.

Salah satu jurusan yang perlu kamu ketahui adalah Ilmu Komunikasi. Asal kamu tahu aja, ini salah satu jurusan favorit yang banyak peminatnya. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, kita simak.

Apa Itu Ilmu Komunikasi?

Tahu kan, gaes bahwa manusia sebagai mahluk sosial adalah individu yang saling berhubungan dengan individu lain demi memenuhi kebutuhan hidup. Secara normal kita sebagai manusia memerlukan orang lain dalam kehidupan. Proses menyampaikan pesan, ide dan gagasan dengan maksud dan tujuan tertentu antar individu atau kelompok inilah yang dimaksud dengan komunikasi. 

Secara mendasar komunikasi dilakukan secara verbal menggunakan cara atau bahasa yang dimengerti oleh pihak-pihak yang sedang berkomunikasi. Komunikasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh yang menunjukkan sikap tertentu. Kalau kamu tersenyum ke aku, menganggukkan atau menggelengkan kepala dan mengangkat tangan, sebenarnya kamu telah melakukan komunikasi.

Komunikasi sudah ada dan dilakukan sejak manusia diciptakan, loh. Iya dong, sepanjang sejarah kehidupan manusia, komunikasi berlangsung dengan menggunakan banyak cara yang telah dilakukan.

Nah, jika Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara manusia berkomunikasi, untuk apalagi sih dipelajari? Bukankah sedari awal keberadaan manusia sudah berkomunikasi? Kenapa harus mempelajari sesuatu yang sudah biasa dilakukan manusia sehari-hari sih? Kan memang setiap hari kita ngobrol, menulis, dan bercerita. Semua orang melakukannya. Kenapa harus susah-susah belajar lagi?

Ilmu komunikasi
Sumber foto : Unsplash.com

Ilmu Komunikasi bukan sekedar belajar tentang bagaimana seseorang mengobrol dengan orang lain. Faktanya memang setiap individu melakukan aktifitas komunikasi dalam kesehariannya. Secara alami kita sebagai mahluk sosial terbiasa saling melakukan komunikasi. Tetapi apakah komunikasi yang dilakukan sudah benar dan efektif? Belum tentu. Ada banyak cara untuk berkomunikasi. Dan itu memerlukan kemampuan yang perlu dilatih dengan pengetahuan yang harus dipelajari. 

Jadi komunikasi itu seperti pisau yang bermata dua. Komunikasi dapat menyebabkan konflik, tetapi juga sekaligus menjadi solusi untuk menyelesaikannya. Jika memang komunikasi adalah hal yang sepele, mengapa seringkali terjadi pertengkaran oleh karena adanya kesalahan komunikasi? Semua inilah yang membuat eksistensi Ilmu Komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita semua.

Seperti Apa Kuliah di Ilmu Komunikasi?

Asyik dan seru! Beneran, kamu bakal merasakan dinamika kehidupan kampus dan perkuliahan yang ngga bakal ngebosenin.

Kamu tuh nggak bakal cuma belajar teori di kelas. Ada banyak praktikum yang diberikan dengan maksud untuk mengaplikasikan teori secara langsung di lapangan. Ruang lingkupnya luas banget, seperti misalnya, soal manajemen dan produksi televisi, radio, dan juga media cetak. Kamu bakal merasakan langsung gimana bekerja di belakang layar dan juga di depan layar.

Ilmu komunikasi
Sumber foto : Unsplash.com

Nanti kamu bakal tahu tuh bagaimana sih proses produksi siaran televisi itu? Kamu akan belajar dengan praktek langsung menjadi kameramen, produser, floor director, tim kreatif, reporter, juga presenter atau news anchor. Kamu juga bakal belajar proses produksi di media-media lain seperti radio, media cetak, dan juga online.

Di semester awal aja ada mata kuliah Pengantar Fotografi yang mensyaratkan kamu untuk praktek langsung. Jadi kamu bakal hunting foto nyari obyek buat tugas fotografi kamu. Seru dong, ini kuliah tapi keluyuran sambil nongki-nongki nyari spot keren yang bakal kamu potret. Asal tahu aja, skill fotografi berguna banget untuk banyak hal. Katakanlah seandainya kamu nanti jadi wartawan atau reporter. Dan keren juga seandainya kamu masuk dunia periklanan dengan kemampuan fotografi untuk mengabadikan produk atau jasa yang diiklankan.

Ngga ada matinya deh. Tugas kuliahnya nggak cuma bikin paper atau makalah. Tugas kuliah anak Komunikasi bakal bikin naik adrenalin. Gimana ngga excited coba? Kamu bakalan dapet tugas bikin film, video klip, iklan, siaran TV & Radio, press release, bikin koran atau majalah termasuk media online dan bahkan ngegarap event kampus yang bakal melibatkan banyak orang dan aktifitas. Seru nggak tuh?

Baca juga: Mengenal Jurusan Psikologi

Alasan Kuliah di Ilmu Komunikasi

Kalau ditanya kenapa memilih jurusan tersebut? Banyak banget alasannya. Yang jelas karena banyak keuntungan yang bakal didapat saat kita kuliah di fakultas atau jurusan Ilmu Komunikasi.

Ilmu komunikasi
Sumber foto : Unsplash.com

Nih, aku kasih tahu konkritnya beberapa keuntungan kuliah Ilmu Komunikasi: 

  • Ilmu Komunikasi tuh ngga bakal lekang oleh waktu, dimanapun dan kapanpun seseorang berada, komunikasi selalu dan pasti dibutuhkan.
  • Dijamin setelah lulus kamu bakal punya kemampuan menulis, berbicara dan mendengarkan yang mumpuni. Paket komplit banget kan?
  • Lulusan Ilmu Komunikasi prospek kerjanya luas banget. Ngga cuma di dunia media saja, di semua sektor pekerjaan dari mulai yang cuma mainstream konvensional sampai yang digitalisasi-robotik butuh Sarjana Komunikasi.
  • Lulusan Ilmu Komunikasi punya peran yang penting dalam visi dan misi sebuah perusahaan sebagai garda depan yang menentukan arah dan tujuan komunikasi perusahan.
  • Dan udah pasti kalau mau melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana kesempatannya sangat besar dengan beragam pilihan bidang studi dan spesialisasi.

Apa Saja yang Dipelajari?

Sudah pasti yang dipelajari adalah semua hal yang berhubungan dengan komunikasi dong ya. Segala aspek tentang komunikasi akan dipelajari dengan teori dan praktek. Yang menarik sekaligus menantang adalah kamu akan belajar mengenai ‘behind the scene’ dari sebuah komunikasi. Jadi kamu nggak cuma belajar memahami komunikasinya saja. Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi akan menganalisa tuh, apa saja yang terjadi dalam sebuah komunikasi. 

Ilmu komunikasi
Sumber foto : pixabay.com

Siapa saja yang terlibat, lalu bagaimana prosesnya, melalui apa, mengapa itu bisa terjadi, serta apa saja akibat yang ditimbulkan. Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, kamu dituntut untuk dapat membuat dan menyampaikan pesan, gagasan dan ide yang efektif. Artinya bisa dimaknai dan dipahami dengan baik oleh orang lain. Semua hal itu kemudian ditransformasikan menjadi sebuah alat untuk kebutuhan yang diperlukan. Saat kita mampu menghasilkan suatu bentuk komunikasi yang efektif, maka diharapkan kita akan mendapatkan respon seperti yang diinginkan.

Jika kamu seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi, maka pada tahun pertama masih belajar tentang ilmu-ilmu dasar sosial dan komunikasi. Mata kuliah yang diajarkan masih mata kuliah dasar umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Sosiologi Komunikasi, dan Psikologi Komunikasi.

Nanti saat semester ketiga, kamu baru bisa memilih jurusan atau konsentrasi sesuai dengan peminatan. Penjurusan atau minat serta konsentrasi pada tiap Universitas berbeda-beda, tergantung kampusnya. Umumnya untuk jenjang S1, jurusan yang ada di hampir setiap kampus itu Jurnalistik dan Public Relations. Ada beberapa Universitas yang memiliki jurusan seperti Manajemen Komunikasi, Komunikasi Media, dan Penyiaran. Selain itu ada juga kampus yang membuka jurusan Periklanan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Ngga usah ditanya kali ya. Di atas udah dijelasin semua hal yang berhubungan dengan kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Buaaanyak banget profesi dan karir yang bisa kamu jalanin. Bismillah harusnya sih kamu ngga bakalan susah nyari kerja.

Anyway, kenyataan di lapangan memang menunjukkan bidang pekerjaan utama anak Komunikasi adalah media, baik itu media cetak, elektronik maupun online. Dengan semakin majunya perkembangan media saat ini, peluang berkarir bagi lulusan Komunikasi tentu saja terbuka sangat lebar. 

prospek kerja Ilmu komunikasi
Sumber foto : Unsplash.com

Kalau aku pribadi sih selalu berpikir, kita bisa menjadi apapun yang kita mau. Tidak cuma terpaku dengan latar belakang pendidikan saja. Seorang lulusan Ilmu Komunikasi bisa bekerja dimana saja. 

Seperti contohnya setiap perusahaan umumnya pasti memiliki bagian Hubungan Masyarakat (Humas) atau apapun istilahnya yang menangani urusan komunikasi perusahaan. Nah, ini sudah pasti lahannya anak-anak Public Relations. Atau kamu juga bisa berkiprah di dunia hospitality seperti perhotelan dan pariwisata. Bekerja di bank? Kenapa tidak? Semua customer service pasti mensyaratkan kemampuan komunikasi yang baik kan.

Yang terpenting adalah kamu harus serius kuliah, belajar yang benar dimanapun kampus kamu. Fokus bahwa kuliah itu adalah jembatan kita menuju dunia nyata, dunia kerja. Ngga ada di semesta ini yang bakal membantu atau menolong kamu, kecuali diri kamu sendiri. Kasihan kan sama orang tua yang sudah susah payah membiayai kamu kuliah.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ekonomi Pembangunan

Berikut beberapa contoh profesi atau pekerjaan lulusan jurusan Komunikasi:

Media Televisi

Kameramen, Produser, Floor Director, Tim Kreatif, Advertising, Reporter dan juga Presenter atau News Anchor

Media Radio

Program Director, Music Director, Tim Kreatif, Advertising, Reporter dan Announcer/Penyiar

Media Cetak & Online

Reporter, Writer, Copy & Script Writer, Editor, Fotografer, Pembuat Konten, Advertising

Non Media

PNS, Dosen, Perhotelan &  Pariwisata, Tour & Travel, Perbankan, MC, Kehumasan (Public Relations), Advertising

Tips Kuliah Di Jurusan Komunikasi

Buat teman-teman yang berminat kuliah di jurusan Komunikasi ada beberapa tips nih yang bakal mendukung kamu agar menjadi mahasiswa yang mumpuni, punya prestasi dan bisa bikin orang tua bangga.

Harus Suka Belajar Hal Baru

Sudah pasti sih ya. Mahasiswa harus siap menerima dan mempelajari hal-hal baru. Gimana bisa kuliah dengan benar kalau nggak bisa nerima ilmu-ilmu baru. Ini berlaku juga untuk aktifitas sehari-hari dalam dunia kampus. Misalnya kamu harus kos, ketemu dosen buat asistensi, bertemu dengan teman baru dari berbagai daerah dan masih banyak lagi.

Siap Mendapat Tugas Kuliah Yang Banyak

Kamu harus tahan banting karena bakalan dapat tugas seabrek. Intinya kamu harus siap mengerjakan banyak tugas, bisa bikin makalah atau tugas praktek lainnya. Anyway, kalo nggak mau dapat tugas banyak, jadi anak sekolah lagi aja, gaesss

Aktif Di Unit Kegiatan Mahasiswa

Jadi mahasiswa tuh jangan cuma jadi kupu-kupu! Kuliah-pulang, kuliah-pulang. Rugi tau. Harus aktif ikut salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mendukung kuliah kamu. Bisa kegiatan diskusi, pers kampus atau bahasa asing.

Jangan Malas PDKT Sama Dosen

Nah, ini juga penting nih. Nggak ada salahnya sok akrab ke dosen. Maksudnya kamu harus pintar membangun relasi dalam rangka menambah ilmu. Mereka kan praktisi yang berpengalaman di bidangnya. Kali aja dosenmu bisa memberikan koneksi dan referensi buat kesuksesan di masa depan.

Siap Menerima Kemajuan Teknologi

Mahasiswa ga boleh gaptek. Apalagi jadi mahasiswa Komunikasi, nggak bisa cuma mengandalkan media tulis dan verbal dalam aktifitas keseharian. Harus mampu menguasai teknologi komunikasi seperti misalnya: gambar, foto, animasi, audio-video dan musik.

Miska
Miska
Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional - Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi

Teori perilaku produsen adalah pemikiran mengenai bagaimana cara produsen dalam membuat barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti akan...

Proses Pembelahan Sel Serta Penjelasannya

Makhluk hidup berasal dari proses pembelahan sel yang menyusun tubuhnya. Proses pembelahan sel berawal dari satu sel, kemudian membelah menjadi beberapa sel. Tahukah kamu...

Mengenal Unsur Golongan Alkali

Apakah kamu pernah mendengar istilah “ALKALI”? Secara bahasa alkali berarti basa, jika dikaitkan dengan unsur alkali, maka unsur golongan alkali ini merupakan unsur yang...

Polinomial: Penjelasan Serta Contoh Soal

Ketika kita masih berada di bangku SMP, kita telah mengenal bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat yang sering kita gunakan adalah pangkat 2 dan pangkat 3....

Integral: Pembahasan Serta Contoh Soal

Integral adalah salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Contohnya ketika kita ingin mengetahui luas dari sebuah benda yang tidak beraturan. Untuk menentukan...