Home Perkuliahan Kampus Mengenal Universitas Brawijaya

Mengenal Universitas Brawijaya

Nama Universitas Brawijaya (UB) pasti tidak asing lagi buat kamu yang berstatus pelajar dan calon mahasiswa. Ya kan? Selama beberapa tahun terakhir, UB menjadi kampus tujuan banyak calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pada tahun 2019, UB menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan peminat SNMPTN dan SBMPTN terbanyak di Indonesia, dengan jumlah pendaftar sebanyak 55.871. Dengan rincian pendaftar pada program studi Saintek sebanyak 33.987 dan Soshum sebanyak 21.884.

Begitu juga dengan calon mahasiswa peminat SNMPTN di tahun 2020 yang mencapai 31.658 pendaftar. Luar biasa bukan? Kira-kira apa yang membuat UB menjadi PTN yang paling diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia ya?

Bertambahnya jumlah pendaftar calon mahasiswa UB sejalan dengan kenaikan popularitas Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu dan sekitarnya) sebagai tujuan wisata selama beberapa tahun terakhir. Dibuktikan dengan jumlah kendaraan dan kunjungan wisatawan yang semakin banyak tiap akhir minggu dan hari libur nasional.

Padahal, ini hanya satu dari sekian banyak asalan untuk menjadikan UB kampus idaman. Dalam artikel ini, akan dijelaskan berbagai hal tentang UB, khususnya buat kamu yang ingin memantapkan hati menjadi calon mahasiswa di kampus asri dan sejuk ini. Yuk, mengenal UB lebih banyak!

Profil Universitas

ub
Sumber: wikimedia

Universitas Brawijaya (UB) adalah Perguruan Tinggi yang berstatus Negeri sejak tahun 1963 yang kini berkembang pesat menjadi salah satu PTN terbesar di Indonesia. UB memiliki 16 fakultas dengan 175 program studi didalamnya.

Pada 2018 jumlah seluruh mahasiswa UB tercatat sebanyak 55.469 mahasiswa. Sedangkan kuota mahasiswa baru program sarjana dan diploma yang dibuka setiap tahunnya kurang lebih sebanyak 5.000 sampai 14.000. Kuota mahasiswa baru ini bisa berubah-ubah tiap tahunnya ya guys, bergantung pada kebijakan pimpinan Universitas.

Sebagai salah satu PTN besar, UB membuktikan diri dengan mendapatkan berbagai akreditasi. Sederetan akreditasi UB antara lain, peringkat A dari BAN-PT, dan peringkat A pada akreditasi Perpustakaan Nasional tahun 2016.

Saat ini UB memiliki tiga lokasi kampus diluar kampus utama (kampus I). Kampus II UB terletak di Puncak Dieng Eksklusif, Kabupaten Malang. Di kampus ini terdapat gedung perkuliahan Fakultas Kedokteran Hewan, RSHP (Rumah Sakit Hewan Pendidikan), dan Fakultas Kehutanan.

Tidak kalah dengan kampus I dan II, kampus III yang disebut kampus UB Kediri saat ini mengalami perkembangan pesat dengan jumlah mahasiswa yang semakin bertambah. Kampus III diperuntukan untuk Mahasiswa PSDKU (Program Studi Di luar Kampus Utama) dan terletak di tiga lokasi terpisah, yaitu di Kota Kediri, Simpang Lima Gumul, dan Plosokidul yang berada di Kabupaten Kediri. Sedangkan kampus IV diperuntukan untuk Program Pascasarjana yang berlokasi di Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Fasilitas

Tampak atas gedung-gedung UB kampus I
Sumber: Instagram @univ.brawijaya

Selanjutnya fasilitasnya nih. Selain gedung perkuliahan ber AC, wifi, perpustakaan dan kantin, fasilitas umum lainnya yang bisa kamu nikmati jika menjadi mahasiswa UB antara lain: Kantor Cabang Pembantu  Bank (Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN), ATM, Guest House UB, Penginapan Griya Brawijaya, Rusunawa, Poliklinik, Gor Pertamina UB, Sport Center, Lapangan Rektorat, Lapangan Sepak Bola, Kantor Pos, Toserba KPRI UB, Minimarket Kopma, Tempat Penitipan Anak “Daycare Center UB”, dan Masjid Raden Patah.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Informasi tentang lokasi kampus I dan II banyak beredar di media sosial dan media online. Apa kamu termasuk salah satu yang pernah membacanya? Kampus I dan II memiliki hampir seluruh fakultas dan fasilitas UB, dengan lokasi strategis di wilayah kota dan kabupaten Malang, didukung dengan iklim yang relatif sejuk jika dibandingkan dengan kota lain di wilayah Indonesia pada umumnya.

Di sekitar kampus tersedia banyak rumah kos, berbagai tempat nongkrong (café), mall, warung-warung, serta akses menuju banyak destinasi wisata di sekitar kota Malang.

Kampus IV UB Jakarta punya image gedung kota banget. Yup, Kampus ini punya gedung bertingkat yang tidak kalah tinggi dari bangunan di sekitarnya di daerah Jakarta Pusat. Meskipun demikian, gedung dan fasilitas di kampus ini juga sangat lengkap dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Gedung UB Jakarta
Sumber: beritajakarta.id

Kalau di kampus I, II dan IV kita banyak melihat deretan sepeda motor dan mobil, di kampus III UB Kediri kita disuguhkan dengan pemandangan yang bikin adem. Datang ke UB kediri serasa datang ke daerah pedesaan yang tenang, dengan pemandangan lahan sawah dan ladang terbentang luas di sekitar gedung kampus.Jumlah mobil dan motor masih sedikit dijumpai di kampus ini. Tidak sedikit mahasiswa yang mengayuh sepeda dan berjalan kaki untuk ke datang kampus sehari-hari. Buat kamu yang jenuh dengan suasana perkotaan, boleh juga mempertimbangkan kampus UB Kediri sebagai tujuan.

Transportasi

Kota malang termasuk salah satu kota yang mempunyai akses transportasi cukup beragam. Transportasi kereta api, bus, dan pesawat terbang ada ada disini. Stasiun kereta api terletak di pusat kota Malang dan menjadi alternatif transportasi yang paling nyaman untuk para pendatang baru.

Kemudian ada terminal bus Arjosari yang terletak di Kecamatan Blimbing, melayani rute perjalanan ke kota-kota besar baik antar provinsi dan dalam provinsi. Ada juga terminal bus Landungsari yang melayani rute bus antar kota dalam provinsi. Untuk perjalanan udara, kamu dapat melalui bandara Abdulrachman Saleh Malang.

Untuk transportasi dalam kota, ada berbagai angkutan umum (mikrolet) berwarna biru yang terdiri dari banyak rute yang siap mengantarmu ke berbagai penjuru kota Malang. Tentu ada juga abang ojek online yang dengan mudah kamu jumpai di sekitar daerah kampus UB yang keberadaannya kini semakin menjamur disudut kota. Jadi, jangan khawatir jika kamu mengandalkan transportasi umum selama berada di Malang.

Untuk mobilitas di dalam kampus, UB menyediakan fasilitas transportasi baru untuk seluruh warganya sejak akhir Januari 2019. Ada empat bus yang melewati 3 rute berbeda di seluruh kampus yang siap mengantarmu jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi untuk kuliah.

Suka Duka Kuliah di Universitas Brawijaya

Sukanya

Sebagai salah satu dari 10 PTN terbesar Indonesia tahun 2020 (Versi QS Asia Ranking), UB memberikan banyak keuntungan dan kemudahan yang dapat dinikmati oleh mahasiswanya. Antara lain seperti dibawah ini guys.

  1. Status akreditasi A Perguruan Tinggi oleh BAN-PT, dan status akreditasi A pada lebih dari 60% program studinya. Hal ini berdampak pada kualitas pembelajaran dan pengakuan  ijazah para alumni di dunia kerja nantinya.
  2. Banyak kerjasama yang dijalin UB dengan instansi dalam negeri, tingkat ASEAN, Asia dan negara lainnya yang membuka berbagai peluang berupa forum kemahasiswaan dan lomba.
  3. Sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang, UB telah memperoleh sertifikasi manajemen internasional versi ISO 9001. Hal ini berdampak pada manajemen kampus, pelayanan administrasi, akademik dan pelayanan lainnya yang lebih baik dari tahun ke tahun.
  4. Memiliki banyak Sistem Informasi yang terus dikembangkan untuk berbagai pelayanan mahasiswa dan aktivitas lainnya, sehingga akses informasi lebih mudah dan cepat.
  5. Tata kampus dan gedung-gedung yang indah, lingkungan sejuk dan asri, sehingga memberikan suasana nyaman untuk belajar.
  6. Terdapat banyak gazebo yang dapat digunakan mahasiswa untuk nongkrong sembari mengerjakan tugas, yang tentu saja lengkap dengan fasilitas wifi.

Dukanya

Dari sekian banyak keuntungan yang dirasakan selama menjadi mahasiswa UB, ini dia beberapa duka yang dirasakan. Pertama, kemacetan di daerah sekitar kampus selama hari aktif perkuliahan pada jam tertentu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang beredar di Kota Malang, akibat dari banyaknya jumlah mahasiswa UB dan mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi lainnya di sekitar UB.

Kedua, hampir setiap awal tahun ajaran baru mahasiswa lama harus ikhlas jika tidak mendapatkan ruang untuk parkir kendaraan, karena banyak mahasiswa baru yang juga membawa kendaraan pribadi. Hal ini sering bikin pusing juga loh, hmm…

Fakultas dan Program Studi

Universitas Brawijaya
Sumber: Instagram @univ.brawijaya

Nah, ini dia informasi yang paling banyak dicari, daftar program sarjana yang termasuk Saintek dan Soshum di UB yang bisa kamu pilih untuk menuntut ilmu. Simak baik-baik ya guys!

Program Studi Saintek

Fakultas Pertanian (FP)

Agribisnis
Agribisnis (PSDKU Kediri)
Agroekoteknologi
Agroekoteknologi (PSDKU Kediri)

Fakultas Peternakan (FPt)

Peternakan
Peternakan (PSDKU Kediri)

Fakultas Teknik (FT)

Arsitektur
Perencanaan Wilayah Dan Kota
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Mesin
Teknik Pengairan
Teknik Sipil
Teknik Kimia

Fakultas Kedokteran (FK)

Ilmu Gizi
Ilmu Keperawatan
Kedokteran
Farmasi
Kebidanan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)

Agrobisnis Perikanan
Sosial Ekonomi Perikanan (PSDKU Kediri)
Budidaya Perairan
Akuakultur (PSDKU Kediri)
Ilmu Kelautan
Manajemen Sumber Daya Perairan
Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Teknologi Hasil Perikanan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Biologi
Fisika
Kimia
Matematika
Statistika
Teknik Geofisika
Instrumentasi

Fakultas Teknik Pertanian (FTP)

Ilmu dan Teknologi Pangan
Teknologi Industri Pertanian
Teknik Lingkungan
Bioteknologi
Teknologi Bioproses

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH)

Pendidikan Dokter Hewan
Kedokteran Gigi

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM)

Sistem Informasi
Teknik Informatika
Pendidikan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi
Teknik Komputer

Program Studi Soshum

Fakultas Hukum (FH)

Ilmu Hukum

Fakultas Ekonimi dan Bisnis (FEB)

Akuntansi
Ekonomi Pembangunan
Manajemen
Ekonomi Islam
Kewirausahaan
Ekonomi, Keuangan dan Perbankan

Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)

Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Administrasi Niaga
Ilmu Perpustakaan
Pariwisata
Administrasi Pendidikan
Perpajakan

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

Hubungan Internasional
Ilmu Komunikasi
Ilmu Politik
Psikologi
Sosiologi
Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Sastra Inggris
Sastra Jepang
Bahasa dan Sastra Perancis
Seni Rupa Murni
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Jepang
Pendidikan Bahasa Inggris
Sastra Cina
Antropologi

Bagaimana? Cukup banyak pilihan program studi saintek dan soshum bukan?  Kalian tertarik masuk program studi apa nih guys? Jangan lupa tulis komen di bawah ya!

Kontak

Jika kamu ingin mengetahui tentang prosedur, dan serba serbi pendaftaran mahasiswa baru, UB menyediakan SI bernama Selma UB (Seleksi Mahasiswa) yang dapat dikunjungi melalui link berikut: https://selma.ub.ac.id/. Informasi dalam Selma UB ini cukup lengkap, dan update. Buat kamu yang ingin tahu banyak hal tentang seleksi masuk UB, kuy segera buka websitenya!

Kalau kamu masih membutuhkan informasi lain, kamu dapat menghubungi kontak di bawah ini:

Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya
Gedung Rektorat Lantai 1
Jalan Veteran, Malang, 65145
Website: https://ub.ac.id/id/
Telepon via operator +62-341-551611 ext: 126
Email: humas@ub.ac.id
http://humas.ub.ac.id/

Ada juga media sosial UB yang bisa kamu kepoin informasinya:
instagram: @univ.brawijaya
Favebook: Universitas Brawijaya
Twitter: @UB_Official
Youtube: UBTV BRAWIJAYA

Sekian, semoga artikel ini dapat memberikan gambaran lebih tentang UB dan membantu memantapkan hati kalian untuk memilihnya sebagai tempat menempa ilmu. Apa pendapat kalian tentang Universitas Brawijaya? Tulis komen dibawah ini ya!

Referensi:

https://ub.ac.id/id/

https://selma.ub.ac.id/kelompok-saintek-smub-2019/

https://selma.ub.ac.id/kelompok-soshum-smub-2019/

https://malangkota.go.id/2019/06/27/peminat-sbmptn-ub-malang-terbanyak-di-indonesia/

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/08/15590601/daftar-lengkap-daya-tampung-universitas-brawijaya-di-sbmptn-2020?page=all

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191204151621-284-454085/10-universitas-terbaik-indonesia-versi-qs-asia-ranking-2020

Avatar
Titis
Lulusan S1 Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...