Home Jurusan Kuliah Saintek Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Industri

Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Industri

Salah satu hal yang sulit yang harus dihadapi pada saat SMA atau SMK adalah memilih jurusan yang akan diambil pada saat kuliah. Menentukan jurusan bukanlah perkara yang mudah karena ke depannya kamu akan mempelajari bidang tersebut selama beberapa tahun. Beberapa orang mengalami kesulitan bahkan harus pindah jurusan pada saat kuliah karena ternyata jurusan yang diambil tidak cocok.

Menjadi sarjana teknik merupakan impian banyak orang. Ada banyak jurusan teknik tersedia di berbagai universitas. Salah satu jurusan yang banyak diminati adalah teknik industri. Saat ini Indonesia sedang beradaptasi dengan era industri 4.0. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya pertumbuhan industri yang pesat di Indonesia.

Pertumbuhan industri dan revolusi industri tidak lepas dari peran sarjana teknik industri. Penasaran dengan jurusan teknik industri? Yuk simak pembahasannya:

Apa itu Jurusan Teknik Industri?

Teknik Industri
Sumber: freepik.com

Arti teknik industri di dalam dunia perkuliahan menjadi suatu mata kuliah karena masih banyak mahasiswa yang belum mengerti.

Menurut Institute of Industrial and System Engineering teknik industri adalah keilmuan yang mencakup perbaikan, desain, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Oleh karena itu diperlukan keahlian dalam matematika, fisika, ilmu sosial, serta prinsip dan metodologi teknik atau rekayasa.

Seorang teknik industri bertugas untuk menganalisis, mengevaluasi dan memperbaiki suatu sistem supaya sistem tersebut menjadi efektif dan efisien. Efektif adalah mencapai suatu tujuan dengan cara yang tepat sedangkan efisien berarti mencapai tujuan dengan waktu yang tepat.

Industri yang dimaksud tidak hanya pabrik atau manufaktur. Bisa juga mempelajari mengenai perusahaan jasa. Sehingga seorang bukan hanya belajar tentang pabrik.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Teknik Industri?

Kuliah sesuai dengan jurusan yang diinginkan tentunya menyenangkan. Akan tetapi setiap jurusan kuliah pasti memiliki bagian yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Jurusan teknik terkenal dengan memiliki banyak mahasiswa laki-laki daripada perempuan. Akan tetapi di jurusan teknik industri tidak sedikit perempuan yang mengambil jurusan ini. Oleh sebab itu bagi kamu yang perempuan jangan ragu mengambil jurusan ini.

Menjadi mahasiswa jurusan ini kamu akan akrab dengan praktikum. Jurusan ini juga tidak hanya belajar secara teori namun juga mengaplikasikan nya. Setiap praktikum terdapat beberapa modul dan setiap modul diperlukan laporan. Oleh sebab itu mahasiswa mahasiswanya memiliki banyak laporan yang harus dibuat.

Menjadi mahasiswa teknik industri kamu akan merasakan rasanya menjadi mahasiswa jurusan lain. Misalnya kamu akan merasakan menjadi mahasiswa teknik mesin karena terdapat praktikum proses manufaktur. Pada praktikum tersebut kamu akan merasakan bagaimana rasanya menggunakan mesin bubut, las dan 3D printing. Selain itu kamu juga akan merasakan menjadi mahasiswa teknik elektro dan komputer karena terdapat praktikum merangkai suatu robot industri dan memprogramnya.

Apa yang Dipelajari di Teknik Industri?

Yang dipelajari
Sumber: freepik.com

Jurusan teknik pasti identik dengan ilmu eksak atau hitung-hitungan. Di dalam jurusan ini pastinya kamu akan mempelajari banyak mata kuliah eksak. Kalkulator sudah menjadi alat yang wajib kamu bawa ketika kuliah. Akan tetapi jika kamu beranggapan bahwa teknik industri hanya mempelajari ilmu eksak maka kamu salah karena juga mempelajari ilmu sosial.

Dalam jurusan teknik industri biasanya terdapat mata kuliah peminatan. Mata kuliah peminatan merupakan mata kuliah yang kamu pilih sesuai dengan minta kamu. Biasanya setiap mata kuliah dikelompokkan menjadi beberapa fokus bidang. Berikut ini hal-hal yang menjadi fokusnya:

Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing (CAD/CAM)

Buat kamu yang suka menggambar atau membuat suatu design, maka kamu cocok masuk jurusan ini. Jurusan teknik industri mempelajari mengenai CAD/CAM. Jika kamu masuk jurusan teknik industri maka kamu akan mempelajari bagaimana membuat design suatu produk hingga melakukan perancangan dan membuat prototype.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Kimia

Pada awal kuliah kamu akan mendapat mata kuliah menggambar teknik.  Jika kamu belum mahir menggunakan software maka jangan khawatir karena di awal kuliah kamu akan menggambar secara manual terlebih dahulu setelah itu kamu akan diajarkan untuk menggambar menggunakan software.

Quality, Safety, Health and Environment (QSHE)

Sebuah perusahaan berusaha untuk membuat produk atau pelayanan yang diberikan berkualitas supaya konsumen puas terhadap kinerja perusahaan. Selain itu sebuah perusahaan juga pasti menginginkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Oleh sebab itu mahasiswa jurusan ini mempelajari mengenai QSHE.

Dalam QSHE juga dipelajari mengenai ilmu ergonomi. Ilmu ergonomi adalah ilmu yang mempelajari mengenai manusia serta elemen-elemen yang berinteraksi dengan manusia dalam suatu sistem. Selain itu juga mempelajari bagaimana caranya elemen-elemen kerja membuat manusia menjadi lebih produktif

Production and Inventory Management (PIM)

Bidang kelompok ilmu PIM yaitu mengenai analisis, perancangan dan perbaikan sistem produksi. Suatu pabrik biasanya tidak hanya memproduksi satu jenis produk melainkan banyak produk. Selain itu, jumlah produk yang diproduksi juga tidak sedikit.

Oleh sebab itu seorang teknik industri mempelajari bagaimana caranya menjadwalkan produksi supaya target produksi tercapai. Mahasiswa jurusan ini juga harus mempelajari bagaimana bahan baku tetap tersedia sehingga tidak menghambat proses produksi namun tetap memperhatikan kapasitas gudang.

Alat-alat yang digunakan dalam produksi atau kegiatan operasional dapat mengalami kerusakan jika tidak dirawat. Oleh sebab mempelajari ilmu sistem perawatan.

Logistics and Supply Chain Management (LSCM)

Saat ini banyak perusahaan retail berkembang di Indonesia. LSCM merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan retail dan manufaktur. Oleh sebab itu seorang teknik industri mempelajari LSCM. Jika kamu menjadi mahasiswa teknik industri maka kamu akan mempelajari mengenai manajemen supply chain, manajemen gudang, purchasing dan supply manajemen serta manajemen retail dan distribusi.

Industrial Management (IM)

Ilmu sosial yang dipelajari dalam sangat berguna dalam manajemen industri. Seorang teknik industri akan mempelajari mengenai manajemen sumber daya, manajemen jasa, riset pemasaran dan analisis keputusan.

Alasan Kuliah di Jurusan Teknik Industri

Ilmu Dapat Diaplikasikan Banyak Hal

Hidup tidak bisa lepas dari sebuah industri. Mulai dari bangun tidur, madi menggunakan berbagai produk seperti sabun, pasta gigi dan sikat gigi. Lalu makan menggunakan dan minum. Alat yang digunakan untuk makan dan minum merupakan hasil dari sebuah industri. Industri tidak hanya pabrik melainkan perusahaan jasapun disebut industri. Bank, perusahaan retail dan taman hiburan merupakan industri.

Keilmuan teknik industri dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Jadi kalau kamu ingin mengambil jurusan ini, jangan ragu-ragu!

Prospek Karir Menjanjikan

Ilmu teknik industri dapat diaplikasikan dalam banyak bidang oleh sebab itu bayak profesi yang dapat dipilih oleh mahasiswanya. Seorang mahasiswa jurusan ini tidak perlu khawatir mengenai lapangan pekerjaan karena tersedia banyak lapangan pekerjaan bagi mahasiswa teknik industri. Selama sebuah perusahaan menginginkan sistem yang lebih baik maka perusahaan tersebut memerlukan seorang sarjana teknik industri.

Selain jenis profesi yang beragam, profesi lainnya tergolong menjanjikan. Gaji seorang teknik industri bisa mencapai puluhan juta di Indonesia tetapi hal tersebut tergantung pengalaman dan kompetensi.

Dianggap Keren

Mahasiswanya dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu mahasiswa teknik industri selalu up to date.Kamu juga harus paham mengenai ilmu keteknikan di jurusan lain bahkan memahami ilmu jurusan sosial seperti psikologi, manajemen dan akuntansi. Oleh sebab itu jika seorang teknik industri sering dipandang keren karena mengetahui banyak hal.

Prospek Kerja Teknik Industri

working-factory
Sumber: freepik.com

Produksi

Saat kuliah kamu akan mendapat berbagai ilmu mengenai sistem produksi seperti proses produksi, material teknik, perancangan tata letak dan simulasi. Oleh sebab itu di dunia kerja, mahasiswa teknik industri dapat menangani berbagai permasalahan mengenai produksi.

Profesi yang dapat dipilih di bagian produksi yaitu:

PPIC (Production Planning Inventory Control)

Planner bisanya masuk ke dalam bagian PPIC. Seorang planner bertugas menjadwalkan produksi, menjadwalkan material atau menjadwalkan pengiriman barang. Divisi gudang juga biasanya masuk ke dalam PPIC bagian inventory control. Seorang kepala gudang bertugas menjaga ketersediaan bahan baku supaya tidak kekurangan dan kelebihan.

Kepala produksi

Kepala produksi merupakan seseorang bertanggung jawab penuh atas produksi. Kepala produksi bertugas mengkoordinir tim produksi supaya mampu mencapai target yang telah dibuat oleh planner.

Engineering

Engineering adalah orang yang bertanggung jawab mengenai mesin-mesin yang digunakan untuk produksi. Mahasiswa teknik industri mendapat kepercayaan untuk menjadi bagian dari engineering karena waktu kuliah mendapat ilmu proses manufaktur. Profesi yang bisa dipilih oleh mahasiswa teknik industri dalam bagian engineering yaitu Kepala Engineering.

Kepala Engineering bertugas mengkoordinir tim supaya mesin-mesin yang digunakan oleh operator produksi sudah diatur sehingga bagian produksi bisa langsung menggunakannya. Selain itu tugas kepala engineer adalah menjadwalkan perawatan mesin serta menjaga ketersediaan part suatu mesin.

Pengendalian Mutu

Seorang yang bekerja di pengendalian mutu dapat bertanggung jawab supaya mutu suatu produk atau mutu pelayanan selalu baik sehingga kepuasan konsumen atau pelanggan tinggi.

Purchasing

Seorang mahasiswa teknik industri mempelajari mengenai keuangan sehingga didapat bekerja di bagian purchasing.

HRD

Apakah kamu kaget bahwa bisa menjadi HRD? Mahasiswa teknik industri memperoleh ilmu mengenai psikologi industri dan manajemen sumber daya manusia. Oleh sebab itu HRD bisa menjadi pilihan profesi untuk bekerja.

Tips Kuliah Jurusan Teknik Industri

teliti
Sumber: freepik.com

Belajar Bekerja Secara Tim

Pada saat kuliah hampir semua mata kuliah mempunyai tugas besar atau big project yang dikerjakan dalam kelompok. Hal tersebut akan berguna karena pada saat bekerja akan berhubungan dengan banyak orang,

Teliti

Mata kuliahnya banyak yang berbentuk hitungan sehingga kamu harus teliti. Selain itu pada mata kuliah teknik industri ada menggambar teknik. Menggambar teknik membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Material dan Metalurgi

Begitulah hal-hal yang dapat kamu ketahui mengenai teknik industri. Memang ada banyak profesi yang dapat kamu pilih ketika menjadi seorang teknik industri. Namun jangan sampai kamu membatasi diri akan menjadi apa hanya karena jurusan yang kamu pilih. Gunakanlah ilmu-ilmu yang kamu dapatkan untuk beradaptasi menjadi apa saja di masa depan.

Elsa
Elsa
Alumnus Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...