Home Jurusan Kuliah Saintek Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Keperawatan

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Keperawatan

Ketika menghadapi masa-masa akhir SMA atau sederajat, tak sedikit dari teman-teman yang akan merasa bingung dalam memilih program studi untuk pendidikan ke jenjang perguruan tinggi nantinya. Jika kamu menginginkan karir yang memungkinkan kamu untuk membantu orang lain, bekerja di bidang kesehatan, dan mendapatkan ilmu-ilmu yang bisa langsung kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka jurusan Ilmu Keperawatan bisa menjadi salah satu pilihan untukmu.

Yuk kenali lebih lanjut apa itu jurusan Ilmu Keperawatan, mulai dari apa yang dipelajari, prospek kerja, hingga tips-tips yang bisa kamu lakukan ketika berkuliah di jurusan Ilmu Keperawatan nantinya.

Apa itu Jurusan Ilmu Keperawatan?

Perawat
Sumber: nationaltoday.com

Jurusan Ilmu Keperawatan adalah pendidikan yang dapat kamu tempuh untuk menjadi seorang perawat. Perawat adalah profesi yang bertugas untuk memberikan perawatan kesehatan baik itu pada individu, keluarga, ataupun masyarakat, agar dapat mencapai kondisi kesehatan yang optimal.

Di Indonesia, pendidikan yang dapat ditempuh untuk menjadi perawat terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi keperawatan adalah pendidikan keperawatan yang membutuhkan waktu pendidikan selama 3 tahun. Gelar yang akan diperoleh dari pendidikan ini adalah gelar “Ahli Madaya Keperawatan” atau Amd.Kep.

2. Pendidikan Profesional

Pendidikan profesional keperawatan membutuhkan waktu 4 tahun untuk program strata 1 Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan tambahan 1 tahun untuk pendidikan profesi Ners (Ns)

3. Pendidikan Master dan Spesialis

Selain menjadi perawat profesional, kamu juga dapat memilih untuk melajutkan pendidikan yakni Master (S-2) dan spesialis. Pada bidang keperawatan, terdapat spesialisasi keperawatan komunitas, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan maternitas, dan juga keperawatan medikal bedah.

4. Pendidikan Doktoral

Pendidikan doktoral (S-3) ini umumnya ditempuh untuk melakukan riset atau penelitian tentang keperawatan.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Ilmu Keperawatan?

perawat
Sumber: jmu.edu

Selain pembelajaran di kelas, sebagai mahasiswa keperawatan, kamu juga akan merasakan praktik secara langsung di Rumah Sakit, Puskesmas, panti jompo, dan lain sebagainya. Disana, kamu akan bertemu langsung dengan pasien, memberikan asuhan keperawatan dan juga berlatih bagaimana menjadi perawat yang sesungguhnya.

Kamu akan bertemu dengan berbagai macam pasien, mulai dari pasien bayi hingga lansia. Mulai dari yang kondisinya sehat hingga yang mengalami berbagai masalah kesehatan, baik masalah kesehatan fisik dan masalah kesehatan psikososial (jiwa). Jangan khawatir, selama praktik berlangsung, akan ada dosen atau perawat yang menjadi pembimbing lapanganmu.

Kamu juga akan merasakan bagaimana pengalaman berkolaborasi dengan calon petugas kesehatan yang lain, seperti mahasiswa co-ass kedokteran, ahli gizi, atau yang lainnya yang juga saat itu praktik di tempat yang sama.

Sebelum bertemu dengan pasien secara langsung, tentunya kamu akan terlebih dahulu mempelajari teori-teori yang kamu butuhkan dalam praktik. Selain itu, kamu juga akan diberikan kesempatan untuk berlatih di laboratorium dengan phantom atau dengan teman yang berperan sebagai pasienmu.

Alasan Kuliah di Jurusan Ilmu Keperawatan

perawat
Sumber: eastbrookegardens.net

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di jurusan Ilmu Keperawatan. Yuk simak pembahasannya!

1. Ilmu yang Dapat Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Tidak hanya untuk merawat pasien saja, ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah juga bisa dijadikan modal untuk merawat orang tua, anak, anggota keluarga yang lain, bahkan diri kamu sendiri!

Ingin tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan tidur? Ingin tahu bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya? Atau bagaimana cara mencegah stress? Tenang saja, kamu akan mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut dengan berkuliah di jurusan Ilmu Keperawatan.

2. Prospek Kerja yang Luas

Lulusan jurusan keperawatan memiliki prospek kerja yang luas. Tidak hanya di rumah sakit, kamu juga dapat bekerja di klinik kesehatan, home care, panti jompo, menjadi perawat di sekolah atau di industri, dan sebagainya.

Tidak ingin menjadi perawat yang bekerja di lapangan? Lulusan jurusan keperawatan juga dapat memilih untu menjadi akademisi, seperti dosen atau tenanga pengajar di sekolah dengan jurusan keperawatan.

3. Lulusan Keperawatan Banyak Dibutuhkan di Masyarakat

Saat ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan juga meningkat, sehingga secara tidak langsung kebutuhan tenaga medis termasuk perawat juga mengalami peningkatan.

4. Memungkinkan go-international

Menjadi perawat juga memungkinkan untuk kamu untuk go-international. Saat ini perawat merupakan salah satu profesi yang diikutsertakan dalam pasar bebas ASEAN. Oleh karena itu, yuk persiapkan dirimu menjadi salah satu perawat yang mampu bersaing dengan perawat-perawat dari negara-negara di ASEAN!

Baca juga: Mengenal Organisasi AIESEC

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Keperawatan?

nurse
Sumber: nursinginpractice.com

Banyak orang yang sempat beranggapan bahwa kuliah keperawatan itu ‘nanggung’ dan lebih baik menjadi dokter. Nyatanya pendapat tersebut tidak benar, karena pada dasarnya konsep pendidikan dan pelayanan atau tindakan yang diberikan oleh dokter dengan perawat itu berbeda.

Di jurusan Ilmu Keperawatan, kamu akan belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia, baik dari aspek biologi, psikologi, sosial, spiritual, dan juga kultural. Tidak hanya memberikan asuhan keperawatan yang dapat menunjang kesehatan pasien, selama perkuliahan nanti kamu juga akan belajar bagaimana cara berkomunikasi yang benar dan efektif, bagaimana cara menunjang kesehatan pasien jika dikaitkan dengan kebudayaan atau kepercayaan yang pasien anut.

Selain itu, beberapa hal lain yang akan kamu pelajari selama berkuliah di jurusan Ilmu Keperawatan diantaranya anatomi dan fisiologi tubuh manusia, penyakit yang berkaitan dengan berbagai sistem yang ada di tubuh manusia, dasar-dasar keperawatan, asuhan keperawatan yang sesuai untuk masing-masing penyakit, terapi farmakologi dan nonfarmakologi yang berkaitan dengan penyakit, pemenuhan kebutuhan dasar manusia (mulai dari bayi hingga lansia), terapi cairan dan nutrisi sesuai dengan kebutuhan, penerapan keperawatan pada berbagai ­setting (komunitas, kelompok, dan keluarga), dan sebagainya.

Prospek Kerja Jurusan Keperawatan

Pediatric Nurse
Sumber: resede.fourwindspresbytery.org

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lulusan keperawatan memiliki prospek kerja yang luas. Prospek kerja lulusan keperawatan, diantaranya:

  1. Perawat pada pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, panti jompo, asuransi kesehatan, dinas kesehatan, tenaga kesehatan pelabuhan, tenaga kesehatan bandara.
  2. Dosen atau tenaga pengajar di Institusi Pendidikan Keperawatan
  3. Perawat pada pelayanan keperawatan mandiri, seperti Home Care dan klinik praktik mandiri.
  4. Perawat pada perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Perwira prajurit karir di lingkungan TNI/POLRI
  6. Perawat di klinik kecantikan
  7. Manajer Layanan Medis Dan Kesehatan

Tips Kuliah di Jurusan Ilmu Keperawatan

Agar kamu bisa menjalani perkuliahan keperawatan dengan baik, berikut tips-tips yang mungkin bisa membantumu:

1. Rajin Berlatih

Sebagai mahasiswa keperawatan yang nantinya akan berinteraksi secara langsung dengan pasien, kamu harus sering melakukan latihan. Baik itu latihan berkomunikasi dengan efektif ataupun latihan untuk melakukan prosedur yang nantinya akan kamu berikan pada pasien. Dengan sering berlatih, kamu akan semakin terbiasa dan percaya diri.

2. Menyeimbangkan Antara Perasaan Empati dengan Ilmu Pengetahuan

Selain rasa kepedulian dengan pasien, kamu juga perlu mempelajari dan mengingat dengan baik hal-hal yang berkaitan dengan penyakit dan tindakan yang akan kamu berikan, agar nantinya kamu tidak salah dalam menangani pasien.

3. Sering Melakukan Belajar Kelompok

Karena banyaknya materi dalam perkuliahan, ada baiknya kamu melakukan belajar kelompok sehingga materi pembelajaran dapat dibagi-bagi untuk dipelajari satu per satu oleh masing-masing orang dan dibahas bersama secara berkelompok agar waktu belajar lebih efektif.

Baca juga: Cara Menghitung IPK Sebagai Strategi Belajar

4. Mengutamakan Kebersihan Diri dan Selalu Menjaga Kesehatan Tubuh

Untuk dapat merawat orang lain dengan baik, tentunya mahasiswa keperawatan juga harus menjaga kebersihan diri dan kesehatan tubuhnya dengan baik. Apalagi saat kamu sudah praktik di lapangan dan menangani pasien dengan kondisi dan beragam penyakit, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan agar tidak tertular.

Avatar
yasmin
Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...