Home Kampus Dunia Kampus Mengenal Organisasi AIESEC

Mengenal Organisasi AIESEC

Sebagai mahasiswa baru maupun mahasiswa yang telah bertahun-tahun kuliah pastinya sudah pernah dengar tentang organisasi AIESEC dong? Kalau kamu pernah mendengar namun belum mengenal lebih jauh, maka tulisan kali ini bisa menjawab rasa penasaran kamu.

AIESEC (biasanya dibaca dengan “ai-sek”) adalah organisasi internasional untuk para pemuda yang bertujuan membantu mengembangkan potensi kepemimpinan, pengalaman kepemimpinan dan partisipasi global environment.

Organisasi ini didirikan tahun 1948 setelah perang dunia kedua, dengan bentuk nirlaba yang beranggotakan anak-anak muda di Rotterdam Belanda. AIESEC adalah organisasi terbesar di dunia yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan para pemuda dari 127 negara termasuk indonesia, terdiri dari 2.400 universitas dan memiliki 27.000 anggota di seluruh dunia.

Dengan tujuannya untuk memberdayakan anak muda untuk perdamaian dan mengoptimalkan potensi manusia atau istilah keren dari AIESEC adalah “empowering young people for peace dan the fulfillment of humankind potential”. Organisasi ini menjadi sangat bermanfaat untuk kemajuan masyarakat dunia. Berikut hal yang harus kamu ketahui lebih dalam tentang AIESEC!

apa itu aiesec
Sumber foto :  www.eslactivity.org

Harus bisa berbahasa inggris

Bahasa adalah hal yang paling penting untuk berkomunikasi. Karena AIESEC merupakan organisasi lintas negara maka anggotanya harus bisa berbahasa inggris agar dapat berkomunikasi dengan baik pada rekan lainnya. Jika kamu menginginkan bergabung pada komunitas ini maka akan di interview dengan bahasa inggris, apalagi ketika kamu dapat kesempatan ke negara lain, english is a must!

Program poluper AIESEC

apa itu aiesec
Sumber foto : aiesec.at

Global Volunteer, Global Talent dan Global Leader adalah program paling populer untuk mengembangkan potensi kemampuan kepemimpinan kamu. Kalau kamu suka jalan-jalan keluar negeri maka program global volunteer bisa memenuhi kebutuhanmu. Tidak sekedar jalan-jalan saja kamu juga diberikan program Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah ditetapkan PBB.

Kemudian ada global talent yang merupakan program untuk kamu yang ingin magang di luar negeri. Program ini bertujuan untuk mengembangkan karir kamu loh, biasanya program ini berjalan selama 6 bulan dan mendapatkan gaji bulanan. Selain di fasilitasi tempat magang yang bagus kamu juga ikut membantu project kemanusiaan namun tidak sefokus global volunteer kamu hanya membantu saja.

Terakhir program global leader yang bertujuan agar kamu dapat berperan pada organisasi ini. Kamu bisa memilih peran apa yang kamu inginkan, seperti memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari AIESEC misalnya desain poster, update sosial media, mengatur keberangkatan volunteer dan lainnya.

Punya koneksi yang kuat

apa itu aiesec
Sumber foto : blog.aiesec.org

Pastinya kamu akan punya banyak teman atau istilah kerennya networking jika kamu mengikuti kegiatan AIESEC ini, baik itu seminar atau diskusi bersama. Kamu akan banyak mengenal AIESECers lainnya dari berbagai universitas bahkan dari berbagai negara. Hal ini akan memberikan kamu banyak manfaat untuk studi bahkan karir kamu.

Struktur pengurus yang tidak kaku

apa itu aiesec
Sumber foto : www.provoke-online.com

Untuk dapat menjadi ketua (president) atau wakil ketua (vice president) tidak memandang pada senior maupun junior seperti organisasi intra kampus biasanya. Namun di AIESEC ini melihat dari kemampuan dan kepribadian kamu, jika kamu masuk pada kualifikasi walaupun masih semester 2 maka kamu dapat mengajukan diri sebagai calon kandidat.

Semoga bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa penasaran kamu pada organisasi keren ini ya, untuk lebih mendalami lagi kamu bisa langsung masuk pada websitenya www.aiesec.or.id atau instagramnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...