Home Pengembangan Diri Soft Skills Mengenal Apa Itu Mental Positif

Mengenal Apa Itu Mental Positif

Positive Mental Attitude pertama kali dipopulerkan oleh Napoleon Hill yang biasa digunakan untuk Self-Development. Sikap mental positif adalah sikap mental yang membangkitkan rasa ingin berhasil melalui sikap optimistic. Tidak ada orang sukses tanpa didasari rasa optimis dalam diri. Sikap optimis akan mendorong kita agar lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan melalui sikap optimis. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan Positive Mental Attitude ? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Awali dengan Positive Thinking

Positive Mental Attitude
Sumber foto : lifehack.org

Positive thinking adalah pilihan respon yang positive saat menerima stimulus dari lingkungan yang ada. Pemilihan respon yang positive akan mempengaruhi cara pandang dan perilaku kita dalam menyikapi sebuah masalah. Tentunya, sikap yang positif akan menimbulkan dampak yang positive pula bagi kita untuk kedepannya.

Contohnya bisa kita terapkan dalam memaknai kegagalan. Orang yang sukses, bukanlah orang yang tidak pernah gagal. Namun orang sukses adalah orang yang mampu bangkit setelah ia gagal. Respon yang seperti ini akan membuat kita tidak terlarut dalam kegagalan dan justru mulai bangkit dan mempersiapkan meraih mimpi kembali. Luar biasa bukan ?

Menerapkan Positive Mental

Positive Mental Attitude
Sumber foto : tilda.com

Dalam menerapkan sikap mental positive, cobalah lakukan beberapa hal ini:

  1. You decide your way.
    Bebaskan dirimu untuk menentukan tujuan akhir dalam  hidupmu. Namun, meski Kamu bebas menentukan kelak Kamu ingin menjadi seperti apa, Kamu tidak akan lepas dari konsekuensi dari pilihanmu. So, be wise when you decide it.
  2. Percaya bahwa kehidupanmu akan berubah kearah yang lebih baik.
  3. Fokus dengan tujuanmu
  4. Tetap terbuka terhadap kritik dan saran. Dan jangan pernah takut untuk mencoba.
  5. Bersyukur dengan apa yang Kamu miliki.

Menjaga sikap Positive Mental

Positive Mental Attitude
Sumber foto : proprofs.com

Saat menerapkan positive mental attitude memiliki dampak yang cukup baik dalam kehidupan kita. tentunya hal ini membuat kita ingin menjaga sikap mental positive ini tetap berada dalam diri kita kan ? Nah, berikut ini adalah cara untuk menjaga sikap Positive Mental Attitude.

Fokus pada masa depan

Sering kali kita terombang-ambing dengan standart orang disekitar kita dan senantiasa ingin memenuhi semua keinginan mereka, hingga terkadang kita sendiri jadi lupa tentang tujuan awal kita.

Jadi, tetaplah fokus pada tujuan, dengan begitu kita akan jadi lebih tahu mana yang enjadi skala prioritas dan bukan, mana yang patut didengarkan dan tidak. Sehingga, sumber daya kita akan lebi teroptimalkan untuk mencapai tujuan kita.

Belajar adalah nafas

Jangan pernah merasa puas, orang yang sukses tidak akan pernah berhenti belajar dari siapapun. Bagi mereka semua murid semua guru, seperti kata Steve Jobs “Stay hungry, stay foolish” . Dengan semangat belajar yang tinggi akan endorong kita senantiasa meningkatkan kualitas diri sehingga  kita menjadi orang yang lebih bernilai dan bermanfaat kedepannya.

Gunakan bahasa positive

Dengan menggunakan bahasa yang positive secara tidak langsung akan mempengaruhi semangat dan optimis dalam menjalani hari dan menghadapi tantangan yang ada. Sehingga kedepan akan lebih siap untuk lebih baik dari sebelumnya.

Menerima kekurangan yang ada

Memang rasanya sulit menerima kekurangan. Cobalah fokus pada memperbaiki yang memang berhubungan langsung terhadap tujuan dan berdampak signifikan jika tidak diubah. Namun selebihnya, mencoba menerima kekurangan akan lebih baik untuk kesehatan mental kita.

Hindari pertemanan yang toxic

Pertemanan yang toxic hanya akan membuatmu terpuruk dan tidak bsia berkembang sebab dipenuhi pikiran dan aura negatif. Pilihlah lingkungan yang senantiasa mendukungmu untuk berkembang, hal ini akan berdampak positif bagimu sebab membuatmu lebih percaya diri dalam mencapai impian.

Baca juga: 4 Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Well, itu adalah tentang Positive Mental Attittude. Semoga bisa menerapkannya sehingga kita bisa lebih percaya diri untuk menggapai mimpi kita ya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...