Home Kecerdasan Emosional 7 Cara Membangun Mental Positif

7 Cara Membangun Mental Positif

Istilah mental positif atau positive mental attitude yang biasa digunakan untuk mengembangkan diri, dipopulerkan oleh Napoleon Hill. Mental positif adalah sikap mental yang membangkitkan rasa ingin berhasil melalui sikap optimistis. Sikap optimis yang kita miliki akan mendorong rasa percaya diri dan siap menghadapi berbagai tantangan di dalam hidup.

Seberapa pentingkah mental positif bagi diri kita? Ya benar, jawabannya adalah sangat penting. Kesuksesan seseorang salah satunya didasari oleh rasa optimis yang tertanam di dalam dirinya. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan mental positif agar selalu tertanam di dalam pikiran kita? Mari kita simak penjelasannya:

Senantiasa Berpikiran Positif

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Berpikiran positif atau biasa disebut dengan positive thinking, adalah memilih respon positif saat menerima stimulus dari lingkungan di sekitar kita. Pemilihan respon yang positif tersebut akan mempengaruhi cara pandang dan perilaku kita dalam menyikapi suatu masalah. Tentunya, sikap yang positif akan menimbulkan dampak yang positif pula bagi kita di kemudian hari.

Tchiki Davis, Ph.D. (kontributor Psychology Today) mengatakan bahwa berpikiran positif mampu membawa dampak mental positif bagi hidup kita. Seperti menurunkan tingkat stres, meningkatkan rasa optimis dan bahagia, serta lebih puas menjalani hidup. Berpikir positif memang perlu dilakukan, namun jangan sampai berlebihan, ya. Ada kalanya kita perlu berpikir negatif dalam situasi-situasi tertentu dan itu diperbolehkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada contoh yang dapat kita terapkan dalam memaknai sebuah kegagalan. Orang yang sukses bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan, mereka adalah orang yang mampu bangkit setelah ia gagal berkali-kali. Respon positif seperti ini mengajarkan kita untuk tidak terlalu larut dalam kegagalan, mulai bangkit dan raih kembali mimpi tersebut. Apakah kamu setuju?

Menerapkan Mental Positif

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menumbuhkan mental positif. Salah satunya adalah dengan menerapkan hal-hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mencoba untuk menerapkan beberapa cara di bawah ini:

  1. You decide your way! Bebaskan dirimu untuk menentukan mimpi dan tujuan akhir dalam hidup. Namun, perlu untuk diingat, setiap pilihan tidak akan lepas dari adanya konsekuensi. Oleh karena itu, be wise when you decide it.
  2. Percayalah bahwa kehidupanmu akan berubah ke arah yang lebih baik. Rasa percaya dan optimis akan masa depan dapat membuat keadaan mental menjadi lebih positif. Jangan lupa untuk tetap fokus pada mimpi dan tujuan utamamu.
  3. Terdengar sulit, namun coba untuk tetap terbuka terhadap kritik dan saran. Kritik dan saran sering dianggap sebagai hal negatif yang mampu membuat kita merasa down. Padahal, kritik dan saran bertujuan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sebagai tambahan, jangan pernah takut untuk mengeksplor dan mencoba hal-hal baru.
  4. Bersyukur, terdengar sederhana namun sering sekali kita lupakan. Menerima apa adanya, mensyukuri setiap hal baik yang datang di hidupmu, adalah hal paling sederhana yang dapat kita lakukan. Dengan bersyukur, pikiran dan mental kita akan senantiasa positif sehingga siap untuk menjalani hari-hari baru.

Fokus Terhadap Masa Depan

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Tidak dapat dipungkiri, kehidupan orang lain yang lebih sukses sering menarik perhatian kita. Hingga pada akhirnya, terkadang kita lupa untuk menjalani kehidupan milik kita sendiri. Bisa juga terbawa oleh standar hidup orang lain yang berbeda dengan nilai dan value yang kita anut. Lupa untuk mencapai, menggapai, dan menjalankan tujuan dan mimpi-mimpi hidup kita.

Baca juga: 6 Latihan Lancar Berbicara di Depan Kamera

Oleh karena itu, tetaplah fokus pada mimpi dan masa depanmu. Tentukan skala prioritas apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai mimpi. Tidak semua perkataan orang lain perlu kamu dengarkan dan turuti, cukup dengarkan hal-hal baik yang dapat meningkatkan mental positif. Tetapkan mimpi, selalu optimis, siap menerima kritik dan saran yang membangun, fokuslah pada masa depan.

Gunakan Bahasa Positif

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Mungkin kita tidak menyadari bahwa hal-hal sederhana seperti bahasa, ternyata dapat memberikan pengaruh tidak langsung pada keadaan mental positif. Sejumlah penelitian menemukan bahwa bahasa yang positif secara tidak langsung akan mempengaruhi rasa optimis dan semangat pada diri seseorang. Begitu pula dengan sebaliknya.

Membaca kata, quote, dan kalimat-kalimat yang murung serta menyedihkan akan turut mempengaruhi mood kita. Oleh karena itu, penuhilah bahan bacaan kita dengan hal-hal yang positif dan penuh semangat. Seringlah membaca kata-kata motivasi yang penuh energi dan semangat. Kamu bisa memasang wallpaper ponsel dengan kata-kata motivasi, sebagai contoh paling sederhana untuk meningkatkan semangat.

Sebuah penelitian mengenai psikologi emosi mencetuskan sebuah fakta baru bahwa lagu dapat mempengaruhi mood seseorang. Kelompok partisipan yang diberi perlakuan untuk mendengarkan lagu-lagu sedih, ternyata suasananya hatinya berubah menjadi sedih setelah eksperimen berakhir. Sementara itu, kelompok yang tidak diberi perlakuan, suasana hatinya tetap baik-baik saja. Dengan demikian, dengarkanlah lagu-lagu yang ceria dan menyenangkan ketika kamu sedang bersedih agar mood meningkat dan menjadi bahagia.

Menerima Kekurangan Diri

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasa sulit untuk menerima kekurangan yang ada di dalam diri ini. Yup, menerima kekurangan memang sulit untuk dilakukan. Untuk beberapa hal, kamu bisa mencoba untuk memperbaiki kekurangan tersebut dengan percobaan dan latihan rutin. Misalnya, kekurangan yang berhubungan dengan pekerjaan teknis seperti kemampuan berhitung, menulis, berbicara, bermusik, dan lain-lain.

Selain yang telah dijelaskan, tentu ada kekurangan-kekurangan lainnya yang kita tahu betul tidak akan bisa diubah sampai kapanpun. Wajar kok, untuk merasa sedih dan kecewa dengan hal tersebut. Namun, selebihnya, cobalah menerima kekurangan tersebut dan berdamai dengannya, perlahan namun pasti kamu akan bisa. Kemampuan untuk menerima kekurangan diri akan berdampak baik bagi berkembangnya mental positif.

Belajar dan Hindari Lingkungan Pertemanan Toxic

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Steve Jobs, salah satu orang terkaya di dunia, menuliskan sebuah kutipan terkenal yaitu “Stay hungry, stay foolish”. Artinya, jangan mudah merasa puas setelah berhasil mengerjakan sesuatu. Tidak mudah merasa puas berarti memiliki motivasi dan keinginan belajar yang tinggi. Semangat belajar yang tinggi akan meningkatkan kualitas diri kita dari segi kognitif sehingga lebih bernilai dan bermanfaat di masa depan.

Hal penting selanjutnya adalah, cobalah untuk menghindari lingkungan pertemanan yang toxic. Pertemanan toxic berpotensi untuk membuatmu sedih, terpuruk, dan tidak bisa berkembang. Pilihlah lingkungan pertemanan yang mau mendukungmu untuk selalu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Terkesan sepele, namun memilih kelompok pertemanan akan membawa banyak dampak pada dirimu. Teman-teman yang senantiasa mendorongmu untuk berkembang akan membawa energi dan semangat yang baik. Secara tidak langsung, mereka juga akan membantumu mencapai impian dan cita-cita. Selanjutnya, mental positif akan tertanam dengan baik pada dirimu.

Olahraga

mengenal apa itu mental positif
Sumber: freepik.com

Menurut World Health Organization (WHO), definisi sehat adalah perpaduan antara sehat fisik, sehat mental, dan keadaan sosial yang sejahtera. Oleh karena itu, untuk mendapatkan mental positif, harus diimbangi dengan keadaan fisik yang sehat juga. Selain makan bergizi seimbang, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik adalah dengan olahraga.

Tidak perlu membayangkan olahraga yang rumit serta menghabiskan banyak waktu dan biaya. Kamu dapat berolahraga dengan cara yang sederhana namun tetap memiliki efek yang baik. Contohnya adalah dengan berjalan kaki 15 hingga 30 menit sehari. Bisa juga dengan memilih menggunakan tangga alih-alih menggunakan lift saat akan ke lantai atas sebuah bangunan.

Gazzaniga (2010) menuturkan bahwa olahraga sangat baik bagi kesehatan mental karena dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Menurutnya, olahraga yang dilakukan rutin setiap hari akan berdampak pada keadaan keadaan mental seseorang. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya olahraga dengan mental positif? Jawabannya adalah, olahraga dapat mempengaruhi sistem neurotransmitter yang meliputi motivasi dan emosi seorang manusia.

Baca juga: Melatih Kesehatan Mental

Well, itu adalah uraian dan penjelasan lengkap untuk mengenal apa itu mental positif. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga kamu bisa menerapkan mental positif sehingga lebih percaya diri untuk menggapai mimpi dan cita-cita. Keep searching for the colors when everything seems grey, ya! Have a nice day.


Sumber:

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/click-here-happiness/201803/think-positive-11-ways-boost-positive-thinking

Gazzaniga, M. S., Heatherton, T. F., & Halpern, D. F. (2010). Psychological Science (3rd ed). New York: W. W. Norton.

Salma
Salma
Lulusan Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Mengerjakan skripsi dengan metode kuantitatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi

Teori perilaku produsen adalah pemikiran mengenai bagaimana cara produsen dalam membuat barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti akan...

Proses Pembelahan Sel Serta Penjelasannya

Makhluk hidup berasal dari proses pembelahan sel yang menyusun tubuhnya. Proses pembelahan sel berawal dari satu sel, kemudian membelah menjadi beberapa sel. Tahukah kamu...

Mengenal Unsur Golongan Alkali

Apakah kamu pernah mendengar istilah “ALKALI”? Secara bahasa alkali berarti basa, jika dikaitkan dengan unsur alkali, maka unsur golongan alkali ini merupakan unsur yang...

Polinomial: Penjelasan Serta Contoh Soal

Ketika kita masih berada di bangku SMP, kita telah mengenal bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat yang sering kita gunakan adalah pangkat 2 dan pangkat 3....

Integral: Pembahasan Serta Contoh Soal

Integral adalah salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Contohnya ketika kita ingin mengetahui luas dari sebuah benda yang tidak beraturan. Untuk menentukan...