Home Soft Skills 9 Cara Melatih Serta Menjaga Kesehatan Mental

9 Cara Melatih Serta Menjaga Kesehatan Mental

Tidak dapat dipungkiri, kita selalu berupaya agar tubuh selalu fit dan sehat secara fisik. Di sisi lain, kesehatan mental sering kali diabaikan. Padahal, kesehatan fisik dan kesehatan mental pada dasarnya sama-sama penting, bahkan saling bergantung satu sama lain. Lalu, bagaimana cara melatih mental agar selalu sehat?

Pentingnya Kesehatan Mental

kesehatan mental
Sumber: freepik.com

Pentingnya kesehatan mental telah diakui oleh WHO (World Health Organization). Menurut WHO, definisi sehat tidak hanya bebas dari penyakit, melainkan perpaduan antara keadaan fisik, mental, dan sosial yang sejahtera. Konsep kesehatan mental terdiri dari efikasi diri (percaya akan kemampuan dirinya sendiri), kesejahteraan subjektif, hingga aktualisasi diri.

Orang dengan mental sehat memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih apa yang mereka inginkan. Tentunya, apa yang mereka inginkan akan meningkatkan kualitas hidupnya. Baik dalam segi kehidupan keluarga, pekerjaan, termasuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu terapkan untuk melatih mental agar menjadi sehat:

Tingkatkan Kepercayaan Diri

cara melatih mental
Sumber: freepik.com

Rasa percaya diri akan meningkatkan semangat dan motivasi untuk mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan terkait hal ini. Pertama, tuliskan hal-hal apa saja yang membuatmu bersyukur setiap harinya. Jika suatu ketika merasa putus asa dan tidak percaya dengan kemampuan diri, bacalah tulisan-tulisan tersebut.

Kedua, biasakan untuk berpkir positif. Seperti yang kita tahu, dunia ini penuh dengan hal yang baik dan hal yang buruk. Agar pikiranmu selalu sehat, cobalah untuk berpikir positif. Kejadian dan pengalaman buruk yang kamu alami pun memiliki sisi baiknya jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Jangan lupa untuk selalu melihat dan memaknai sisi positif dari segala peristiwa yang terjadi.

Hargai Diri Sendiri

hargai diri sendiri
Sumber: freepik.com

Rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Jika kita selalu melihat keberhasilan orang lain, harga diri kita akan semakin rendah. Perlu diingat, kurangi membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang memiliki potensi dan bakat yang berbeda-beda. Masing-masing orang memiliki caranya sendiri dalam menggapai kesuksesan. Termasuk juga kamu.

Jangan lupa untuk menghargai dan mencintai diri sendiri. Beri apresiasi pada diri sendiri setiap berhasil melakukan sesuatu. Belilah eskrim setelah menjalani hari yang padat, makanlah sebatang coklat setelah membersihkan kamar. Tontonlah film setelah mengerjakan ujian di sekolah. Juga, rawatlah tubuh agar senantiasa bersih dan sehat.

Lakukan Hal Yang Menantang

Ada kalanya, melakukan hal yang sama dan berulang setiap harinya membuat kita merasa bosan dan jenuh. Melakukan hal baru yang menantang akan memberikan semangat baru untukmu. Ikutilah social project yang ada di kotamu. Atau bisa juga, ikutilah kegiatan volunteer yang diadakan di sekolah atau kampus.

Selain menambah pengalaman baru, kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa tanggung jawabmu dalam menjalankan sesuatu. Selain itu, juga dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih berani untuk mengambil risiko. Melalui kegiatan tersebut, kamu juga dapat berinteraksi dan berkenalan dengan teman-teman baru.

Baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga Teratur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsep kesehatan terdiri dari sehat fisik, sehat mental, dan sehat sosial. Nah, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik. Lakukan olahraga secara teratur setiap minggunya. Seperti jogging, berenang, bersepeda, senam, dan lain sebagainya. Aktivitas fisik dapat menyuplai oksigen ke otak sehingga pikiran menjadi lebih fresh.

Olahraga yang dilakukan tidak selalu harus mengeluarkan tenaga dan biaya yang ekstra. Memilih berjalan kaki ke minimarket alih-alih menggunakan sepeda motor, itu juga termasuk olahraga. Berjalan santai mengelilingi taman selama 15 menit setiap harinya, sudah termasuk berolahraga. Bisa juga dengan melakukan push-up, sit-up, dan plank di kamarmu.

Meditasi

Yup, meditasi adalah sebuah praktek relaksasi yang bertujuan untuk melepaskan beban, rasa cemas, dan pikiran yang ada di dalam tubuh kita. Tenang saja, meditasi dapat dilakukan oleh dirimu sendiri tanpa bantuan profesional. Kamu dapat melihat panduan relaksasi dan meditasi sederhana di Youtube. Di dalam video tersebut, juga terdapat musik dan lagu yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

meditasi
Sumber: freepik.com

Situs Raising Self Awareness menjelaskan salah satu bentuk meditasi sederhana, yaitu one minute mindfulness meditation. Hanya dengan waktu satu menit, kamu dapat melakukan meditasi. Yang perlu kamu lakukan pertama adalah siapkan ruangan yang tenang dan sunyi, lalu duduk dengan posisi senyaman mungkin.

Selanjutnya, tutup matamu, ambil nafas dalam-dalam menggunakan hidung dan hembuskan keluar melalui mulut. Rasakan tubuhmu yang mulai rileks. Pikirkan hal-hal yang membuatmu bersyukur, hilangkan pikiran-pikiran negatif.

Tanamkan dalam pikiran bahwa bernafas dapat meningkatkan energi positifmu. Fokuslah pada pola nafasmu hingga nafas terasa berkualitas. Kamu dapat melakukan meditasi ini di setiap pagi sebelum menjalankan aktivitas.

Tidur Cukup dan Berkualitas

tidur cukup dan berkualitas
Sumber: freepik.com

Tidur sering dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, tidur adalah kegiatan penting yang harus diatur dan diperhitungkan dengan baik. Untuk memperoleh tidur yang berkualitas, kamu perlu mengatur jadwal tidurmu. Setidaknya, tidurlah dalam rentang waktu 6 hingga 8 jam. Hindari aktivitas begadang dan tidur yang berlebihan.

Saat akan tidur, matikan atau jauhkan perangkat elektronik (smartphone) dari tempat tidur. Matikan lampu dan atur tempat tidur senyaman mungkin. Ketika tidur, organ-organ tubuh akan ikut beristirahat dengan menurunkan aktivitasnya. Agar tubuh tetap fit untuk menjalani kegiatan di esok hari, maka tidur pun harus cukup dan berkualitas.

Lakukan Hobi Yang Menyenangkan

Sekolah, kuliah, dan bekerja dari hari Senin hingga hari Jumat tentu membuat pikiran menjadi lelah. Untuk melatih mental agar senantiasa sehat, jangan lupa menyisihkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu senangi. Misalnya memasak, bermain musik, bermain game, membaca buku, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menonton serial film, mendengarkan musik, dan kegiatan hiburan lainnya untuk menenangkan pikiran. Gunakan akhir pekan sebagai waktu untuk me time, kamu bebas melakukan apa yang kamu inginkan demi kesehatan mentalmu. Jangan lupa, gunakan akhir pekan untuk istirahat juga, ya.

Amy Morin (kontributor psychologytoday.com), menuliskan beberapa cara efektif untuk melatih mental dengan bantuan alam. Menurutnya, salah satu hal paling mudah untuk melatih mental adalah dengan menghabiskan waktu di alam bebas. Contoh paling sederhananya adalah piknik di taman, menyusuri hutan, hingga mendaki bukit.

Menghabiskan Waktu di Alam

menghabiskan waktu di alam
Sumber: freepik.com

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outdoor dapat meningkatkan rasa bahagia. Bahkan, menyusuri alam dianggap dapat menurunkan risiko depresi. Orang-orang yang tinggal di pedesaan menunjukkan angka kecemasan yang rendah. Di samping itu, orang-orang yang tinggal di perkotaan lebih berisiko mengalami stres.

Berjalan kaki menyusuri taman dalam beberapa menit dapat mengurangi kelelahan otak. Para ilmuwan menyatakan bahwa kemampuan otak manusia untuk fokus terhadap sesuatu sangatlah terbatas. Suara bising dari keramaian di kota dapat menyebabkan kelelahan mental. Oleh karena itu, alam menawarkan efek yang dapat menenangkan pikiran. Pemandangan hijau dari alam dapat memberi efek relaksasi.

Melihat dan Menikmati Pemandangan

Cara sederhana lainnya untuk melatih mental adalah dengan melihat pemandangan. Menikmati pemandangan yang indah dapat mengurangi rasa lelah secara fisik dan emosional. Pemandangan alam yang dimaksud tidak harus berupa pepohonan, hutan, dan alam yang terlihat hijau. Pantai dengan hamparan pasir putih dan ombak yang biru juga menawarkan efek relaksasi.

melihat dan menikmati pemandangan
Sumber: freepik.com

Lalu, bagaimana jika kamu hidup di perkotaan yang jauh dengan alam bebas? Tenang saja, kamu tetap bisa melihat gambar pemandangan di smartphone. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat pemandangan dalam bentuk gambar pun ternyata dapat mengurangi kecemasan.

Baca juga: Mengenal Mental Positif

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu setuju bukan kalau melatih kesehatan mental sangat penting demi kesehatan fisik dan batinmu? Kita adalah manusia biasa yang bisa merasakan lelah dan jenuh. Manusia yang penuh dengan perasaan, pikiran, dan tentunya motivasi untuk menjalani hidup dengan bahagia.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan manfaat dan inspirasi baru untuk menjaga kesehatan mentalmu. It’s okay if you fall apart sometimes. Remember, your mental health is a priority! Have a nice day.


Sumber:

World Health Organization

https://www.psychologytoday.com/intl

Salma
Salma
Lulusan Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Mengerjakan skripsi dengan metode kuantitatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...