Home Komunikasi 6 Latihan Lancar Berbicara di Depan Kamera

6 Latihan Lancar Berbicara di Depan Kamera

Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa berbicara di depan kamera cukup menantang. Hal ini karena kebanyakan tidak terbiasa melakukannya. Untuk itu, diperlukan banyak latihan dan trik-trik tertentu agar tidak menjadi canggung dan membuat penonton nyaman dengan konten kita. Berikut ini beberapa cara yang dapat membantumu lancar berbicara di depan kamera.

Membuat Perencanaan yang Matang

tips lancar berbicara di depan kamera
Sumber foto : www.guelphtoday.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan yang matang. Dengan begitu kamu akan lebih terarah dan tahu betul topik yang akan kamu bicarakan di depan kamera.

Untuk mempermudah, kamu bisa menuliskan beberapa poin-poin penting dari topik yang akan kamu sampaikan. Ketika di depan kamera, catatanmu ini akan menjadi pemandu. Kamu bisa membuatnya ke dalam sebuah script jika kamu kesulitan menyusun kata-kata.

Ketika take video, jangan sampai terlalu focus membaca script saja, ya! Kamu harus memperhatikan bahwa meskipun kamu di depan kamera, kamu harus melakukan proses komunikasi yang membuat orang tertarik untuk mendengarkanmu. Jika hanya membaca, penonton akan bosan karena videomu terlihat monoton dan membosankan.

Menggunakan Bahasa Sehari-hari

tips lancar berbicara di depan kamera
Sumber foto : www.britishcouncil.org

Selalu ingat bahwa meskipun kamu hanya berbicara di depan kamera, tetap ada komunikan yang kamu ajak bicara. Jadi, sebisa mungkin kamu harus menggunakan Bahasa yang mudah dipahami oleh komunikanmu.

Baca juga: 8 Cara Menganalisis Lawan Bicara Melalui Body Language

Lebih baik kamu menggunakan Bahasa sehari-hari dan jangan menggunakan kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Jika memang harus menggunakan kosakata yang sulit, sertakan penjelasannya di bagian bawah video. Dengan begitu penonton bisa memahami konteks topik yang kamu sampaikan.

Melatih Tone Suara dan Body Language

tips lancar berbicara di depan kamera
Sumber foto : www.entrepreneur.com

Kamu juga harus melatih tempo bicara, nada, serta bahasa tubuhmu. Hal ini akan menunjang penampilanmu lebih natural dan lancar di depan kamera. Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Kamu juga harus melatih artikulasi agar penonton bisa jelas mendengarkan apa yang kamu ingin sampaikan.

Sedangkan untuk body language, jangan terlalu banyak menggerakkan anggota tubuh. Kebanyakan orang juga memiliki kebiasan menggoyangkan kaki ketika nervous. Jika kamu salah satunya, kamu harus membiasakan dirimu untuk tidak melakukan kebiasaan buruk ini. Hal ini membuat penonton justru ‘salah fokus’ yang lebih memperhatikan kebiasaanmu daripada ceritamu.

Berlatih di Depan Cermin

Kamu juga sebisa mungkin harus berlatih di depan cermin. Latihan ini akan membantumu mengoreksi kesalahan-kesalahanmu. Kamu bisa memperhatikan bagaimana ekspresi dan Bahasa tubuh yang kamu gunakan ketika berbicara.

tips lancar berbicara di depan kamera
Sumber foto : youtube.com

Berlatih Terus Menerus

Kamu harus terus menerus melakukan latihan agar tidak ada kesalahan yang kamu lakukan saat membuat video. Dengan rutin latihan, kamu akan lebih terbiasa dan hafal betul dengan apa yang harus kamu lakukan selama perekaman video.

Kamu bisa meluangkan waktu minimal satu jam setiap hari untuk latihan. Jangan lupa untuk merekam setiap latihanmu agar kamu bisa menontonnya lagi dan mengevaluasi kekuranganmu.

Baca juga: Mengenal Teori Komunikasi Massa

Melakukan Pemanasan

Untuk mengurangi nervous, kamu bisa melakukan pemanasan suara dan tubuh sebelum take video. Kamu harus menjaga agar kondisi tubuhmu harus netral dan pikiranmu tenang ketika merekam video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi

Teori perilaku produsen adalah pemikiran mengenai bagaimana cara produsen dalam membuat barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti akan...

Proses Pembelahan Sel Serta Penjelasannya

Makhluk hidup berasal dari proses pembelahan sel yang menyusun tubuhnya. Proses pembelahan sel berawal dari satu sel, kemudian membelah menjadi beberapa sel. Tahukah kamu...

Mengenal Unsur Golongan Alkali

Apakah kamu pernah mendengar istilah “ALKALI”? Secara bahasa alkali berarti basa, jika dikaitkan dengan unsur alkali, maka unsur golongan alkali ini merupakan unsur yang...

Polinomial: Penjelasan Serta Contoh Soal

Ketika kita masih berada di bangku SMP, kita telah mengenal bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat yang sering kita gunakan adalah pangkat 2 dan pangkat 3....

Integral: Pembahasan Serta Contoh Soal

Integral adalah salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Contohnya ketika kita ingin mengetahui luas dari sebuah benda yang tidak beraturan. Untuk menentukan...