Home Komunikasi 8 Cara Menganalisis Lawan Bicara Melalui Body Language

8 Cara Menganalisis Lawan Bicara Melalui Body Language

Pernahkah Kamu merasa mengerti maksud seseorang bahkan tanpa ia berbicara sepatah kata pun? Kamu seperti bisa mengetahui bagaimana perasaannya saat itu hanya dari ekspresi wajah, mata, gerakan tangan dan sebagainya. Jika iya, berarti saat itu Kamu sedang menganalisa pesan yang disampaikan orang itu lewat Body Language (bahasa tubuh).

Menariknya, kebanyakan body language tidak dilakukan secara sengaja atau dengan kata lain muncul karena gerakan alam bawah sadar. Itu mengapa justru pesan dari body language dianggap lebih jujur dibanding ucapan verbal. Karena memang cenderung lebih sulit dimanipulasi dan karenanya bisa membantumu untuk mengenali lawan bicara dengan lebih baik.

Tentu saja setelah membaca artikel ini bukan akhirnya membuatmu ahli membaca body language. Tapi disini akan kami bagikan tentang beberapa body language yang sering dilakukan orang kebanyakan. Jadi dengan begitu bisa membuat Kamu lebih mudah memahami lawan bicara. Simak baik-baik di bawah ini ya!

1. Melipat Tangan di Dada

Membaca Body Language
Sumber foto : tandaseru.id

Kalau Kamu melihat lawan bicara mu melakukan ini, bisa dipahami bahwa sikapnya cenderung defensif atau menolak apa yang dibicarakan. Ia sebenarnya tidak setuju dengan itu tapi mungkin sungkan untuk menyatakannya, atau memang ia sendiri masih sedikit bimbang dengan perasaannya.

2. Menggosok Bagian Leher, Telapak Tangan atau Muka

Membaca Body Language
Sumber foto : www.gareng.id

Sedangkan untuk gerak tubuh ini bisa jadi sinyal kalau lawan bicaramu sedang merasa gugup atau kurang percaya diri. Jadi untuk Kamu yang ingin terlihat lebih percaya diri, tahan diri untuk tak melakukan body language ini.

Baca juga: Pengertian Lobby dan Negosiasi yang Harus Diketahui

3. Menggigit Kuku

Membaca body language
Sumber foto : www.goodhousekeeping.com

Gerakan tubuh ini juga bisa berarti orang itu sedang gugup, cemas, tapi cenderung lebih tegang dan stres. Biasanya terjadi karena ia merasa tidak aman atau nyaman dengan sesuatu.

4. Menghindari Pandangan Mata

Membaca Body language
Sumber foto : opsisplacements.com

Sebenarnya ini normal, tapi jika Kamu melihat lawan bicara lebih banyak menghindari tatapan mata, maka peluangnya dia sedang berbohong kepadamu. Karena mereka akan cenderung kurang percaya diri untuk melakukan kontak mata terus menerus.

5. Tangan di Pipi

Membaca Body Language
Sumber foto : www.hipwee.com

Orang yang melakukan gerakan ini memberikan sinyal kalau ia sedang menyimak apalagi jika Kamu lihat alisnya berkerut. Tandanya ia sedang benar-benar tertarik dengan apa yang sedang Kamu sampaikan dan sekaligus sedang memikirkan atau mempertimbangkannya.

6. Tangan Di Belakang Kepala

Membaca Body Language
Sumber foto : www.psychmechanics.com

Gerakan ini bisa jadi tanda kalau lawan bicaramu sedang merasa sangat rileks, percaya diri dan cenderung merasa superior (lebih baik atau lebih berkuasa). Terutama kalau gerakan ini dilakukan sambil duduk.

7. Tangan di Kedua Pinggang

Membaca Body Language
Sumber foto : palembang.tribunnews.com

Kalau Kamu melihat lawan bicaramu meletakkan kedua tangannya di pinggang sambil berdiri, maka itu bisa jadi sinyal karakter yang agresif. Tapi terkadang itu juga bisa jadi tanda seseorang sudah benar-benar siap untuk melakukan sesuatu.

8. Mengetuk Jari

Membaca Body Language
Sumber foto : www.shutterstock.com

Terkadang kita melihat lawan bicara mengetukkan jarinya di atas meja. Itu bisa berarti kalau ia sedang tidak sabar menunggu sesuatu ataupun mungkin ingin supaya percakapan itu segera selesai.

Baca juga: Unsur Kalimat SPOK

Jadi Kamu sudah tahu beberapa arti gerakan tubuh sekarang. Memang bisa saja orang memanipulasi gerakan ini untuk menipu, tapi kecenderungannya body language dilakukan secara refleks. Sehingga bisa Kamu pakai untuk mengetahui bagaimana respon mereka sebenarnya, sehingga dari situ Kamu bisa memutuskan sikap atau ucapan yang lebih cocok. Semoga bermanfaat!

2 COMMENTS

  1. Sangat menarik sekali untuk dipelajari cara menganalisa lawan bicara saat kita berkomunikasi. Lebih-lebih pembahasannya bersifat negosiasi, tentu cara-cara di atas sangat dibutuhkan. Namun ada juga yang perlu kita pelajari untuk melengkapi cara di atas. Yaitu konsep dasar komunikasi persuasif untuk merubah sikap seseorang yang pernah saya tulis juga di blog pribadi saya. Jika kedua cara tersebut bisa kita implementasikan pada saat negosiasi, maka tidak menutup kemungkinan tujuan yang kita harapkan bisa terlaksana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi

Teori perilaku produsen adalah pemikiran mengenai bagaimana cara produsen dalam membuat barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti akan...

Proses Pembelahan Sel Serta Penjelasannya

Makhluk hidup berasal dari proses pembelahan sel yang menyusun tubuhnya. Proses pembelahan sel berawal dari satu sel, kemudian membelah menjadi beberapa sel. Tahukah kamu...

Mengenal Unsur Golongan Alkali

Apakah kamu pernah mendengar istilah “ALKALI”? Secara bahasa alkali berarti basa, jika dikaitkan dengan unsur alkali, maka unsur golongan alkali ini merupakan unsur yang...

Polinomial: Penjelasan Serta Contoh Soal

Ketika kita masih berada di bangku SMP, kita telah mengenal bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat yang sering kita gunakan adalah pangkat 2 dan pangkat 3....

Integral: Pembahasan Serta Contoh Soal

Integral adalah salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Contohnya ketika kita ingin mengetahui luas dari sebuah benda yang tidak beraturan. Untuk menentukan...