Home Komunikasi 8 Cara Menganalisis Lawan Bicara Melalui Body Language

8 Cara Menganalisis Lawan Bicara Melalui Body Language

Pernahkah Kamu merasa mengerti maksud seseorang bahkan tanpa ia berbicara sepatah kata pun? Kamu seperti bisa mengetahui bagaimana perasaannya saat itu hanya dari ekspresi wajah, mata, gerakan tangan dan sebagainya. Jika iya, berarti saat itu Kamu sedang menganalisa pesan yang disampaikan orang itu lewat Body Language (bahasa tubuh).

Menariknya, kebanyakan body language tidak dilakukan secara sengaja atau dengan kata lain muncul karena gerakan alam bawah sadar. Itu mengapa justru pesan dari body language dianggap lebih jujur dibanding ucapan verbal. Karena memang cenderung lebih sulit dimanipulasi dan karenanya bisa membantumu untuk mengenali lawan bicara dengan lebih baik.

Tentu saja setelah membaca artikel ini bukan akhirnya membuatmu ahli membaca body language. Tapi disini akan kami bagikan tentang beberapa body language yang sering dilakukan orang kebanyakan. Jadi dengan begitu bisa membuat Kamu lebih mudah memahami lawan bicara. Simak baik-baik di bawah ini ya!

1. Melipat Tangan di Dada

Membaca Body Language
Sumber foto : tandaseru.id

Kalau Kamu melihat lawan bicara mu melakukan ini, bisa dipahami bahwa sikapnya cenderung defensif atau menolak apa yang dibicarakan. Ia sebenarnya tidak setuju dengan itu tapi mungkin sungkan untuk menyatakannya, atau memang ia sendiri masih sedikit bimbang dengan perasaannya.

2. Menggosok Bagian Leher, Telapak Tangan atau Muka

Membaca Body Language
Sumber foto : www.gareng.id

Sedangkan untuk gerak tubuh ini bisa jadi sinyal kalau lawan bicaramu sedang merasa gugup atau kurang percaya diri. Jadi untuk Kamu yang ingin terlihat lebih percaya diri, tahan diri untuk tak melakukan body language ini.

Baca juga: Pengertian Lobby dan Negosiasi yang Harus Diketahui

3. Menggigit Kuku

Membaca body language
Sumber foto : www.goodhousekeeping.com

Gerakan tubuh ini juga bisa berarti orang itu sedang gugup, cemas, tapi cenderung lebih tegang dan stres. Biasanya terjadi karena ia merasa tidak aman atau nyaman dengan sesuatu.

4. Menghindari Pandangan Mata

Membaca Body language
Sumber foto : opsisplacements.com

Sebenarnya ini normal, tapi jika Kamu melihat lawan bicara lebih banyak menghindari tatapan mata, maka peluangnya dia sedang berbohong kepadamu. Karena mereka akan cenderung kurang percaya diri untuk melakukan kontak mata terus menerus.

5. Tangan di Pipi

Membaca Body Language
Sumber foto : www.hipwee.com

Orang yang melakukan gerakan ini memberikan sinyal kalau ia sedang menyimak apalagi jika Kamu lihat alisnya berkerut. Tandanya ia sedang benar-benar tertarik dengan apa yang sedang Kamu sampaikan dan sekaligus sedang memikirkan atau mempertimbangkannya.

6. Tangan Di Belakang Kepala

Membaca Body Language
Sumber foto : www.psychmechanics.com

Gerakan ini bisa jadi tanda kalau lawan bicaramu sedang merasa sangat rileks, percaya diri dan cenderung merasa superior (lebih baik atau lebih berkuasa). Terutama kalau gerakan ini dilakukan sambil duduk.

Baca juga: Unsur Kalimat SPOK

7. Tangan di Kedua Pinggang

Membaca Body Language
Sumber foto : palembang.tribunnews.com

Kalau Kamu melihat lawan bicaramu meletakkan kedua tangannya di pinggang sambil berdiri, maka itu bisa jadi sinyal karakter yang agresif. Tapi terkadang itu juga bisa jadi tanda seseorang sudah benar-benar siap untuk melakukan sesuatu.

8. Mengetuk Jari

Membaca Body Language
Sumber foto : www.shutterstock.com

Terkadang kita melihat lawan bicara mengetukkan jarinya di atas meja. Itu bisa berarti kalau ia sedang tidak sabar menunggu sesuatu ataupun mungkin ingin supaya percakapan itu segera selesai.

Baca juga: Prinsip Negosiasi yang Harus Kamu Ketahui

Jadi Kamu sudah tahu beberapa arti gerakan tubuh sekarang. Memang bisa saja orang memanipulasi gerakan ini untuk menipu, tapi kecenderungannya body language dilakukan secara refleks. Sehingga bisa Kamu pakai untuk mengetahui bagaimana respon mereka sebenarnya, sehingga dari situ Kamu bisa memutuskan sikap atau ucapan yang lebih cocok. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...