Home Jurusan Kuliah Saintek Mengenal Apa Itu Jurusan Sistem Informasi

Mengenal Apa Itu Jurusan Sistem Informasi

Bagi kamu yang masih bingung setelah SMA/SMK ingin melanjutkan kuliah di jurusan apa, jurusan sistem informasi bisa banget jadi pilihan kamu. Apalagi untuk kamu yang suka dengan bidang teknologi maupun bisnis. Dengan melihat perkembangan teknologi yang saat ini terus melesat, lulusan sistem informasi sangat menjanjikan untuk berada di dunia kerja loh!

Kebanyakan orang bingung dengan perbedaan antara sistem informasi dan teknik informatika. Bukannya sama-sama ngoding ya? Lalu bedanya apa? Nah pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan oleh banyak orang. Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan sistem informasi atau masih bingung dengan perbedaan dengan jurusan lain. Yuk simak artikel ini.

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?
Sumber : freepik.com

Pengertian dari sistem informasi adalah kombinasi antara orang, data, proses, komunikasi dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mendukung dan meningkatkan operasional bisnis sehari-hari, serta mendukung pemecahan masalah dan pengambilan keputusan  manajemen dan pengguna. (Whitten Bentley, 2000).

Oleh karena itu, jurusan sistem informasi ini merupakan studi yang mempelajari tentang bagaimana mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan, proses bisnis, kemudian mendesain sebuah sistem informasi untuk sebuah perusahaan yang berdasarkan kebutuhan perusahaan tersebut. Jadi, selain belajar tentang pemrograman kamu juga akan mempelajari manajemen dan bisnis.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Sistem Informasi?

Mahasiswa di jurusan sistem informasi akan diajarkan untuk mengembangkan dan mengelola antara software dan hardware yang ada. Antara software dan hardware tersebut, nantinya akan di integrasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan suatu perusahaan.

Kuliah di sistem informasi akan ada banyak mahasiswa laki-laki, karena jurusan ini merupakan jurusan semi-teknik. Namun, bagi kamu yang perempuan jangan ragu untuk mengambil jurusan ini, karena telah banyak perempuan lulusan sistem informasi yang sukses juga loh!

Menjadi mahasiswa di sistem informasi, tentunya akan sering bertemu dengan praktikum. Jurusan sistem informasi ini tidak hanya teori saja yang disampaikan, melainkan kamu harus langsung praktik dan akan dibagi beberapa modul untuk praktikumnya. Disetiap praktikum kamu akan mendapat tugas pendahuluan untuk dipelajari secara mandiri sebelum praktikum.

Kuliah di jurusan ini juga menuntut mahasiswanya untuk lebih mandiri. Di kelas, dosen hanya menyampaikan teori dan praktik dasarnya saja. Nah untuk menjadi lebih expert, kamu harus memperbanyak belajar secara mandiri dan sering berlatih secara mandiri. Kamu bisa belajar dan berlatih dengan mengikuti beberapa online course yang telah disediakan oleh beberapa instansi.

Jurusan sistem informasi ini bisa dibilang jurusan yang mempelajari banyak bidang. Dengan banyaknya bidang tersebut, kamu nantinya akan memilih kira-kira bidang mana yang dapat kamu kuasai. Oleh karena itu, kuliah di jurusan ini akan sering dibentuk sebuah tim dengan berbagai karakter dan keahlian teman-teman kamu nantinya.

Alasan Kuliah di Jurusan Sistem Informasi

Perkembangan teknologi dan bisnis saat ini kian pesat dan banyak inovasi yang original. Dengan mengambil jurusan ini, kamu dapat mempelajari apa saja yang diperlukan di dunia kerja nanti.

Selain itu, hal menarik dari sistem informasi ini yaitu tidak melulu mempelajari tentang dunia IT. Namun, kamu juga mempelajari manajemen dan bisnis yang nantinya ilmu-ilmu yang didapat bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah startup, Contohnya seperti Tokopedia, Gojek, Traveloka, dan masih banyak lagi.

Lulusan sistem informasi juga saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan sebagai penghubung antara programmer dan user dalam membangun sebuah sistem. Jadi, prospek kerja kedepannya akan sangat luas.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi
Sumber : pixabay.com

Biasanya, dalam jurusan sistem informasi ini kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok peminatan yang beragam. Beberapa bidang peminatannya terdiri dari Enterprise Resource Planning (ERP), Applied Database, Enterprise System Development, Strategic Information System, dan masih banyak lagi. Peminatan tersebut disesuaikan dengan kampus yang akan kamu tuju nantinya.

Pertama, di sistem informasi kamu akan mempelajari bagaimana membangun SDM yang handal dalam bidang IT. Jurusan ini menekankan pada kemampuan kamu untuk merancang solusi yang berbasis IT, yang mana solusi tersebut dapat memberikan nilai bagi sebuah perusahaan. Mulai dari infrastruktur sistem, perangkat industri, dan software yang dipakai.

Yang kedua adalah menganalisis suatu proses bisnis maupun sistem. Ketika bertemu dengan suatu permasalahan, tentunya kamu harus menganalisisnya terlebih dahulu. Setelah itu menentukan solusi-solusi apa saja yang harus diterapkan pada suatu sistem. Jadi, disini kamu harus banget melatih kemampuan analisis dan tingkat ketilitian kamu.

Selain hal diatas, kamu juga mempelajari bagaimana membuat suatu program/aplikasi. Entah itu aplikasi berbasis web maupun mobile. Namun aplikasi tersebut juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang lebih efisien. Dengan banyaknya bidang yang dipelajari, sebenarnya kamu tidak harus mendalami semua bidang itu. Melainkan, kamu harus tau secara umum bagaimana bidang-bidang tersebut bekerja. Karena disini kamu dilatih untuk menjadi seorang pemimpin dalam sebuah tim yang bekerja untuk membuat suatu sistem untuk mendukung bisnis di suatu perusahaan.

Berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari, namun penamaan mata kuliah tergantung kampus yang kalian minati ya.

  1. Pengantar Sistem Informasi
  2. Arsitektur Enterprise
  3. Algoritma dan Pemrograman
  4. Pemrograman Berorientasi Objek
  5. Struktur Data
  6. Pemodelan Proses Bisnis
  7. Desain dan Jaringan Komputer
  8. Rekayasa Proses Bisnis
  9. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
  10. Manajemen Layanan

Selain mata kuliah diatas, masih banyak lagi mata kuliah yang akan kalian pelajari lebih dalam tentang sistem informasi. Bagaimana? Keren-kan guys. Kalian bisa belajar IT sekaligus manajemen dan bisnis.

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi
Sumber : freepik.com

Apa aja sih peluang kerja yang ada di jurusan sistem informasi? Nah, pertanyaan itu biasanya kerap kali kamu temukan ketika kamu sedang menjelaskan sistem informasi kepada teman atau keluargamu. Jadi, bagaimana nih prospek kerja untuk kamu lulusan sistem informasi? Berikut adalah beberapa prospek kerja yang bisa kamu dapatkan di sistem informasi.

Konsultan IT

Pekerjaan ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses bisnis dan data, lalu mengintegrasikannya ke komponen sistem untuk menerapkan solusi yang berbasis sistem informasi. Konsultan IT juga mengukur kinerja dari pemanfaatan IT dalam suatu proses bisnis, memeriksa kemungkinan resiko yang terjadi, dan merancang rekomendasi usulan yang menyesuaikan dengan penggunaan IT sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Data Scientist

Nah pekerjaan ini bisa terbilang paling banyak dicari oleh perusahaan. Data scientist ini tugasnya adalah menganalisis data, mendesain, membangun, mengelola, dan mengintegrasikan basis data ke sistem. Selain itu mereka juga memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem namun dari segi basis datanya. Penghasilan seorang data scientist bisa terbilang besar loh guys.

UI/UX Designer

Pekerjaan ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan bidang desain. Bedanya dengan desain grafis adalah UI/UX Designer ini akan mendesain tampilan yang memudahkan pengguna dalam pemakaian aplikasi dan meningkatkan kepuasan dan kegunaan pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat.

Technopreneur

Technopreneur adalah orang yang mengelola sebuah bisnis menggunakan teknologi. Untuk menjadi seorang technopreneur kamu harus memiliki inovasi, karena hal tersebut sangat penting dalam pekerjaan ini. Jika kamu mempunyai ide ide baru yang original dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, kamu akan sukses di pekerjaan ini. Saat ini dengan adanya seorang technopreneur sangat diharapkan dan berkontribusi dalam meluasnya lapangan pekerjaan baru. Keren-kan guys!

Information System Developer

Information System Developer merupakan pekerjaan yang bertugas untuk merancang, mengembangkan, menguji, mengimplementasikan aplikasi sistem informasi. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam suatu perusahaan agar dapat bersaing dengan lingkungannya. Pekerjaan ini memerlukan pengetahuan tentang IT secara umum dan juga kemampuan untuk bekerja sama dalam tim yang baik.

Dosen

Siapa sih yang tidak tahu pekerjaan ini? Ya, dosen. Tentunya di semua jurusan, prospek kerja ini selalu ada. Kamu dapat bekerja sebagai pengajar di kampus yang kamu inginkan. Pastinya, kamu akan mengajar tentang mata kuliah yang ada di jurusan sistem informasi. Tidak hanya mengajar, dosen juga mempublikasikan secara teratur hasil penelitiannya.

Tips Kuliah di Sistem Informasi

Asah kemampuan analisismu

Jika ingin menjadi seorang analyst yang baik, tentunya kamu perlu mengasah kemampuan analisismu dengan baik. Dalam sistem informasi akan ada analisis proses bisnis dari suatu perusahaan dan akan diterapkan dalam suatu aplikasi yang dapat membantu perusahaan tersebut dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu dalam mencari sumber permasalahannya, kamu akan melakukan analisis yang mendalam dan berupaya untuk menemukan solusinya.

Belajar Bekerja Dalam Tim

Jurusan sistem informasi ini sangat membutuhkan tim yang saling mendukung dalam pembuatan aplikasi untuk membantu proses bisnis perusahaan. Sehingga, kamu diharuskan bisa bekerja dalam tim. Kamu bisa mulai dengan mencari tahu jenis jenis karakter anggota tim kamu, agar nantinya dapat saling membantu satu sama lain dan dapat menyelesaikan suatu proyek dengan hasil yang sangat baik.

Belajar Berfikir Logis dan Sistematis

Dalam pembuatan sistem, kamu dituntut untuk berfikir secara logis dan sistematis, karena sangat butuh penalaran logika untuk menciptakan sebuah sistem yang efektif dan efisien. Beberapa matkul yang membutuhkan cara berfikir logis dan sistematis adalah basis data, algoritma dan pemrograman, struktur data, dan lain lain.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sistem Komputer

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui tentang jurusan sistem informasi. Menarik bukan? Tapi ingat teman-teman, setiap jurusan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun mereka saling melengkapi satu sama lain. Jadi, jangan takut dan jangan batasi dirimu. Fokuslah kepada bidang yang kamu pilih dan selalu berdoa. Dengan begitu, kamu bisa menjadi orang yang sukses kelak. Semangat!

Ayu
Ayu
My name is Tania Ayu Sekar Arum, i was born on August 12, 1999, is currently 20 years old. I am currently studying at Telkom University majoring in Information Systems. I can speak Indonesian and English well. I have good time management, teamwork, leadership, respectful, and always passionate in every job that i live. I have a lot of experience in graphic design, but I am also very enthusiastic about what is learned in my college. I am interested in studying in the field of UI / UX, digital marketing, and product management.and also i have a good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work in a team or individual. Beside that all, i really like to write a story or just make some phrases in my personal diary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...