Home Jurusan Kuliah Saintek Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Informatika

Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Informatika

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tanpa disadari menuntut kita untuk terus belajar mengikuti kemajuannya. Kehidupan di era teknologi saat ini disebut juga sebagai era digital. Dimana pertumbuhan TIK perlahan mengubah gaya hidup bergantung pada teknologi, munculnya produk dan peluang baru di berbagai bidang, termasuk munculnya berbagai disiplin ilmu baru di bidang teknologi.

Beberapa produk dan peluang baru yang timbul dari fenomena pertumbuhan TIK antara lain adanya online shop, marketplace, mata uang digital, e-learning, berkembangnya teknologi komunikasi seperti teleconference atau video call, game dengan augmented reality, dan sebagainya. Buat kamu yang tertarik pada perkembangan TIK seperti beberapa contoh tersebut, mungkin kuliah Teknik Informatika bisa menjadi pilihanmu. Yuk simak dengan baik ulasan lengkap tentang disiplin ilmu Teknik Informatika di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Teknik Informatika?

Teknik Informatika
Sumber: tacoma.uw.edu

Ada beberapa bidang ilmu yang mempelajari perkembangan TIK, diantaranya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, dan Teknologi Informasi. Diantara beberapa bidang tersebut, Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang paling banyak memiliki irisan dengan disiplin bidang ilmu TIK lainnya.

Secara umum, Teknik Informatika adalah studi tentang teknologi komputer baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Studi tersebut mencakup teori, desain, pengembangan, dan aplikasinya. Bidang studi utama dalam Teknik Informatika meliputi kecerdasan buatan (artificial intelligence), sistem dan jaringan komputer, sistem basis data, interaksi komputer manusia, analisis numerik, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, dan teori komputasi.

Dalam disiplin ilmu Teknik Informatika, kamu akan diajarkan untuk merancang software, memecahkan masalah komputasi dan menciptakan cara-cara baru untuk menggunakan teknologi. Aspek komputasi yang dipelajari antara lain pengembangan web dan software, mananjemen basis data, desain antarmuka, dan administrasi sistem.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika

Sumber: topresume.com

Teknik Informatika mencakup banyak bidang dan sub disiplin ilmu TIK. Standar keterampilan yang harus diajarkan dan dipelajari oleh mahasiswa dalam perkuliahan Teknik Informatika bergantung pada keterampilan yang diperlukan industri dengan mengikuti perkembangan teknologi saat itu.

Biasanya, dalam program studi Teknik Informatika ada beberapa kelompok keminatan yang disediakan untuk memfokuskan minat dan bakat mahasiswa di bidang informatika. Beberapa bidang keminatan tersebut antara lain Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Komputasi Cerdas (KC) dan Jaringan Komputer (JK). Dengan memilih keminatan, mahasiswa bisa fokus dengan mengambil mata kuliah tertentu yang sesuai dengan keminatannya saja.

Teknik informatika sendiri lebih menitik beratkan pada kebutuhan manusia dengan komputer. Oleh karena itu maka dipelajari berbagai strategi penerapan teknologi yang dimaksud, tanpa mendalami terlalu jauh konsep dan dasar teori. Nah, ini dia beberapa daftar mata kuliah yang dipelajari di perkuliahan mahasiswa Teknik Informatika.

  1. Pengantar Ilmu Komputer
  2. Pemrograman Dasar
  3. Matematika Komputasi
  4. Basis Data Terapan
  5. Manajemen Basis Data
  6. Pemrograman Lanjut
  7. Matematika Komputasi Lanjut
  8. Algoritma & Struktur Data
  9. Sistem Operasi
  10. Arsitektur & Organisasi Komputer
  11. Kecerdasan Buatan
  12. Jaringan Komputer

Alasan Kuliah Teknik Informatika

Aplikasi Disiplin Ilmu Teknik Informatika Tidak Terbatas

Jika kita lihat sekeliling kita, benda-benda yang kita gunakan untuk beraktifitas sehari-hari dibuat karena adanya teknologi, terutama TIK. Misalnya, penggunaan gadget, komputer, akses email, website, google maps, game, dan sebagainya. Di sekolah atau di kampus juga diperlukan sistem informasi akademik, website, sistem informasi pegawai, dan banyak lagi.

Begitu juga di dunia industri, pasti diperlukan berbagai sistem informasi manajemen untuk membantu operasional organisasi, misalnya sistem informasi penjualan, pembelian, kepegawaian, persuratan, pergudangan, dan sebagainya. Artinya, aplikasi bidang ilmu TIK khususnya Teknik Informatika tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari tiap orang dan organisasi.

Jadi, alasan pertama kenapa kamu harus kuliah Teknik Informatika adalah aplikasi ilmu informatika sangat luas, tidak terbatas pada bidang tertentu serta diperlukan untuk mengatasi masalah kompleks masa kini.

Jika kamu memiliki passion pada teknologi, ingin membuat perbedaan dan ingin menjadikan dunia tempat yang lebih baik, maka menempuh studi Teknik Informatika adalah pilihan yang tepat. Menjadi profesional dalam bidang informatika adalah pahlawan masa kini yang ikut berjasa dalam menggerakkan kemajuan teknologi informasi.

Prospek Karir Beragam dan Menjanjikan

Setidaknya ada lebih dari 20 profesi yang dapat dipilih oleh mahasiswa informatika dalam berkarir, dan akan terus bertambah jumlahnya mengikuti kemajuan teknologi. Profesi-profesi lulusan informatika tidak terbatas pada bidang dan jenis organisasi karena kebutuhannya yang sangat luas.

Mahasiswa informatika tidak perlu khawatir akan prospek pendapatan setelah berkarir. Profesi lulusan TIK merupakan salah satu bidang karir yang memiliki rentang gaji tertinggi bergantung pada pengalaman kerja dan jenis karirnya. Di Amerika, rentang pendapatan lulusan S1 informatika atau ilmu komputer sebesar $50k – $161k per tahunnya.

Di Indonesia sendiri, gaji lulusan s1 Informatika sekitar Rp.4.500.000 sampai Rp.15.000.000 bahkan bisa lebih guys. Untuk pemula seperti programmer junior (biasanya lulusan SMK dengan jurusan TIK) bisa mengumpulkan gaji Rp.3.000.000 tiap bulannya.

Dipandang Sebagai Mahasiswa Keren

Mahasiswa yang berkuliah di jurusan TIK termasuk program studi Teknik Informatika dipandang sebagai mahasiswa yang menguasai teknologi informasi, mengikuti perkembangan jaman, jago ngoding, memiliki kemampuan analisis dan pemahanan logika yang baik, dapat setiap saat membantu kesulitan orang-orang sekitarnya dalam hal yang berkaitan dengan gadget, laptop, dan jaringan.

Prospek Kerja Teknik Informatika

Gambaran materi informatika
Sumber: rencanamu.id

Software Engineer/ Software Developer

Software developer melakukan berbagai pengembangan software, misalnya software untuk pendidikan, bisnis, pemasaran, keuangan, hiburan dan lain-lain. Selain itu juga mengembangkan software untuk pemodelan dan simulasi.

System Analyst

Tugas System Analyst adalah melakukan analisis sistem di suatu instansi atau organisasi untuk membuat solusi dari masalah yang ada dengan memanfaatkan software. System analyst juga dapat membantu software developer untuk menginisiasi sistem yang diperlukan oleh suatu organsasi dan membantu melakukan perancangannya.

Konsultan IT

Konsultasn IT bertugas melakukan perencanaan dan evaluasi penerapan IT pada sebuah organisasi.

Database Engineer

Tugas Database Engineer adalah melakukan perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) pada suatu instansi.

Web Engineer

Web engineer bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di dalamnya. Serta bertugas melakukan pemeliharaan terhadap website tersebut dan mengembangkannya. Profesi web engineer dapat dimasukkan juga dalam software developer.

Computer Network

Profesi ini berperan dalam merancang arsitektur jaringan, melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi.

Programmer

Programmer bertugas membantu pengembangan software dengan melakukan pemrograman atau coding sesuai dengan arahan yang diberikan oleh system analyst dan software developer. Profesi ini biasanya dikenal menjadi 2 bagian, yaitu junior programmer dan senior programmer.

Software Tester

Profesi ini bertugas menguji kualitas software yang sudah dikembangkan oleh programmer dengan metode dan standar pengujian tertentu sesuai dengan kebutuhan. Software tester memiliki tanggung jawab atas kebenaran fungsi dari software yang sudah dikembangkan.

Game Developer

Sesuai dengan nama profesinya, game developer bekerja mengembangkan berbagai game. Bekal yang diperlukan oleh game developer antara lain keterampilan computer graphic, human computer interaction, dan pemrograman.

Intelligent System Developer

Profesi ini bertugas mengembangkan sistem atau software khusus yang memerlukan teknik artificial intelligence, misalnya sistem pakar, pengenalan gambar, sistem prediksi, data mining, dan sebagainya.

Tips Kuliah Teknik Informatika

Dari beberapa ulasan tentang Teknik Informatika diatas, apa kamu sudah menimbang-nimbang untuk mengambil studi Teknik Informatika? Kalo iya, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu kamu untuk merencanakan strategi belajar sebagai mahasiswa Teknik Informatika nanti!

Belajar Berfikir Analistis dan Sistematis

Banyak materi perkuliahan Teknik Informatika yang mengharuskan mahasiswanya untuk berfikir analitis dan sistematis karena membutuhkan penalaran logika yang baik untuk memahaminya. Diantaranya pemrograman, basis data, sistem operasi, arsitektur, organisasi komputer, dan jaringan komputer.

Berfikir analitis adalah mampu melakukan analisis terhadap suatu masalah yang dihadapi dan dapat menemukan keterkaitan antara bagian-bagian dari permasalahan tersebut. Sedangkan berfikir sistematis maksudnya adalah berfikir menyeluruh dari berbagai sudut pandang dan berurutan. Berfikir analitis dan sistematis membantu mengasah logika kita, sehingga lebih mudah dalam menyerap materi.

Latih Kreativitasmu

Dalam praktiknya, pekerjaan para lulusan studi TIK membutuhkan kreativitas terus- menerus. Kamu akan belajar bagaimana merancang program, basis data, struktur jaringan dengan masalah yang seringkali kompleks, dan berbeda-beda. Selain logika, tentu kreativitas sangat dibutuhkan disini.

Melatih kreativitas sejak masa kuliah akan membantu terbiasa berfikir kreatif dalam mengerjakan proyek atau tugas-tugas yang diberikan dosen. Selain itu, kamu juga membutuhkan cara kreatif untuk belajar materi perkuliahan yang tidak mudah pada awalnya. The struggle is real.

Belajar Menjadi Pribadi yang Teliti dan Tekun

Dalam mengembangkan software, sistem cerdas dan jaringan komputer, akan banyak kesulitan yang dihadapi. Seringkali pekerjaan ini memerlukan kecermatan, ketelitian dan ketekunan. Kamu harus bersiap untuk mengasah kejelian melihat deretan kode program, query database, dan serangkaian perhitungan matematis. Oleh karena itu, kamu juga harus memiliki jiwa pantang menyerah guys.

struggle in computer science
Sumber: me.me

Kesalahan penulisan atau pehitungan sedikit saja, dapat membuatmu bingung karena program dan rancangan sistem yang sudah kamu bangun tidak berjalan. Tapi gak perlu takut, karena rasa lelahmu akan terbayar dengan rasa puas dan bangga disaat program yang kamu bangun bisa berjalan dengan lancar.

Belajar Berkerjasama dengan Tim

Buat kamu yang masih grogi atau tidak terbiasa berkerja bersama-sama dengan banyak orang, berlajarah untuk merubah sifat seperti itu guys. Dalam praktiknya, banyak project yang dihadapi oleh mahasiswa informatika maupun profesional yang memerlukan banyak tenaga.

Contohnya dalam suatu project pengembangan software besar di sebuah instansi, diperlukan tenaga system analyst, software developer, beberapa orang programmer, database administrator, dan software tester. Nah, untuk dapat menyelesaikan project tersebut, kamu harus bisa berkerja sama antar anggota tim. Mulailah untuk mencari tahu  karakter anggota tim, agar bisa saling membantu dan mengisi kekurangan satu sama lain.

Jangan Takut Tantangan

Mahasiswa informatika harus memiliki pola pikir tidak takut terhadap tantangan. Karena tugas tenaga TIK adalah menyelesaikan permasalahan beragam tidak mudah. Sebagai mahasiswa pun, kalian akan mendapat banyak tantangan project nantinya. Jadi, hadapi tantangan dengan semangat!

Referensi:

https://www.payscale.com/research/US/Degree=Bachelor%27s_Degree%2C_Computer_Science_(CS)/Salary

https://edukasi.kompas.com/read/2018/06/19/16593261/hasil-survei-2018-5-jurusan-ini-memiliki-gaji-tinggi-setelah-bekerja?page=all

https://today.line.me/id/pc/article/5+Prospek+Kerja+untuk+Lulusan+Teknik+Informatika+Gajinya+Istimewa-7n9Nv8

https://ti.peradaban.ac.id/2017/10/01/gaji-lulusan-teknik-informatika/

https://undergrad.cs.umd.edu/what-computer-science

https://www.internationalstudent.com/study-computer-science/what-is-computer-science/

Avatar
Titis
Lulusan S1 Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya.

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...