Home Jurusan Kuliah Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan

Mengenal Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu fakultas favorit pilihan siswa-siswa SMA yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Kamu pasti menemukan beberapa temanmu yang berkeinginan kuliah di jurusan akuntasi atau menejemen di berbagai universitas.

Atau jangan-jangan, kamu juga salah satunya? Sebelum itu, tahukah kamu bahwa selain jurusan-jurusan favorit tersebut, adapula jurusan lain yang dapat menjadi pertimbanganmu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan tidak kalah menarik? Jurusan tersebut adalah jurusan ekonomi pembangunan. Yuk kenalan lebih lanjut dengan jurusan ekonomi pembangunan

Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan

ekonomi pembangunan
Sumber: bisnis.com

Pada dasarnya ekonomi pembangunan adalah salah satu bagian dari ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah dan penyelesaiannya dalam proses pembangunan agar tercapai kesejahteraan.

Menjadi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan berarti mempelajari isu ekonomi negara serta menganalisis berbagai penyebab permasalahan ekonomi yang terjadi. Kamu akan dituntut untuk selalu mengetahui perkebangan isu ekonomi terkini dan membahas berbagai aspek ekonomi dengan cakupan yang luas, mulai dari industri, perbankan, perencanaan pembangunan, ekonomi internasional,dan lain sebagainya.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Sumber: Facebook.com

Kamu yang merasa kritis terhadap berbagai persoalan ekonomi dan kreatif dalam memecahkan masalah akan cocok untuk menekuni jurusan ini karena kekuatan mahasiswa jurusan ini adalah kemampuan analisisnya.

Menjadi mahasiswa ekonomi pembangunan tidak melulu soal menghapal teori dan definisi, namun juga belajar menganalisis suatu masalah dan menemukan solusi. Selama kuliah, kamu akan banyak melakukan riset dan belajar untuk berpikir secara terstruktur. Kamu juga akan akrab bertemu dengan kurva, grafik, dan data-data statistik lainnya.

Jangan takut dulu dengan angka-angka! Kurva-kurva berbagai bentuk dan rupa ini nantinya tidak harus kamu hapal, selama kamu mengetahui konsep-konsep dasarnya. Tidak cuma menghitung, tapi kamu juga akan belajar bagaimana cara membaca data-data tersebut, mengobservasinya, hingga memprediksi kondisi perekonomian di masa mendatang. Terdengar rumit? Tenang, nanti kita belajar sama-sama selama perkuliahan!

Alasan Jurusan Ekonomi Pembangunan Jadi Pilihan

Belajar ekonomi pembangunan, kemudian ikut terjun dalam pekerjaan yang berkaitan dengan studi ini nantinya berarti membuat kamu terlibat dalam mewujudkan pembangunan negara.

Tujuan akhir dari pembangunan ekonomi adalah kesejahteraan, dimana kita ketahui tidak melulu mengenai soal uang atau indikator ekonomi saja, tapi juga dari indikator sosial, seperti peningkatan mutu hidup, peningkatan pendidikan, kesehatan, angka harapan hidup, pemenuhan kebutuhan pokok, hingga tingkat kebahagiaan. Kamu, calon mahasiswa ekonomi pembangunan, bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan tersebut untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Baca juga: Pengertian SKS dan KRS

Lagipula, selama kita hidup bermasyarakat, kita tidak akan bisa terlepas dari kegiatan ekonomi. Sehingga dimanapun kamu berada nantinya, ilmu-ilmu ekonomi yang kamu pelajari di dalam ruangan kelas nanti dapat berguna di suatu hari.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Pembangunan

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini dapat berbeda-beda di tiap perguruan tinggi. Namun secara umum, setidaknya kamu akan mendapat mata kuliah:

  • Teori Ekonomi Mikro
  • Teori Ekonomi Makro
  • Ekonomi Internasional
  • Ekonomi Moneter
  • Kebanksentralan
  • Ekonomi Publik
  • Ekonomi Pertanian
  • Ekonomi Sumber Daya Alam
  • Pengantar Bisnis
  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonometrika
  • Evaluasi Proyek

Beberapa mata kuliah di atas bisa menjadi mata kuliah wajib di perguruan tinggi tertentu, tapi juga bisa jadi mata kuliah pilihan di perguruan tinggi lainnya. Namun pastinya, kamu tidak hanya belajar mengenai angka-angka yang tertera pada pertumbuhan ekonomi atau pendapatan nasional saja, tapi juga mengenai perubahan sosial dan perilaku masyarakat. Percayalah, belajar ekonomi pembangunan tidak akan membosankan karena banyak yang bisa kamu pelajari.

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

prospek kerja ekonomi pembangunan
Sumber: ecem.org

Bermodalkan kemampuan analisismu yang diasah selama masa perkuliahan, akan ada banyak peluang pekerjaan yang bisa diperoleh oleh lulusan ekonomi pembangunan. Sebagai gambaran, beberapa prospek kerja yang dimiliki adalah:

Instansi Pemerintahan dan Lembaga Negara

Lulusan ekonomi pembangunan, khususnya yang berkonsentrasi pada perencanaan pembangunan, dapat bekerja di bagian pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah. Kamu bisa bekerja di Kementerian Perekonomian, Kementerian Keuangan, Bappenas/Bappeda, atau badan perencanaan perekonomian lainnya.

Berada di sebuah instansi atau lembaga negara berarti bertugas dalam merencanakan pembangunan nasional, APBN, serta pengendalian dan penanganan masalah berskala nasional. Kamu bisa saja jadi Ibu Sri Mulyani atau Bapak Budiono selanjutnya!

Lembaga Ekonomi dan Bank Sentral

Selain di pemerintahan, kamu juga dapat bekerja di berbagai jenis lembaga ekonomi dimana kamu akan bertugas untuk mengevaluasi perekonomian, kondisi perbankan, dan keuangan.

Selain di bank umum, lulusan ekonomi pembangunan juga berkesempatan untuk bekerja di bank sentral, atau Bank Indonesia. Pasti kamu akrab mendengar kondisi inflasi harga atau nilai rupiah terhadap dolar yang naik-turun, kan? Itulah yang akan menjadi ‘makanan’mu sehari-hari jika kamu bekerja di bank sentral. Kamu yang akan menganalisis dan mengevaluasi pergerakan ekonomi dan rupiah Indonesia.

Perusahaan

Dikarenakan cakupan belajar jurusan ekonomi pembangunan yang luas, kamu tidak hanya akan dibekali dengan ilmu ekonomi makro atau kondisi perekonomian negara, tapi juga ilmu ekonomi mikro yang mempelajari kondisi ekonomi dalam unit yang lebih kecil seperti masyarakat/konsumen dan perusahaan/produsen.

Kamu bisa bekerja di perusahaan BUMN atau perusahaan swasta baik berskala besar maupun menengah karena kamu dapat mengenalisis kondisi industri, pasar, serta perilaku konsumen.

Tidak hanya perusahaan dalam negeri, kamu mungkin saja bekerja di perusahaan internasional, karena salah satu bidang ilmu yang dipelajari lulusan ekonomi pembangunan sendiri adalah ekonomi internasional yang membahas mengenai ekspor dan impor.

Peneliti dan Tenaga Pendidik

Tentu saja seorang lulusan ekonomi pembangunan dapat bekerja di lembaga riset sebagai peneliti dan melakukan kajian di berbagai bidang ekonomi. Hasil riset sangat diperlukan tidak hanya bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan namun juga bagi perusahaan dalam kegiatan produksi dan pemasarannya.

Kamu juga tentu saja dapat bekerja di bidang pendidikan sebagai tenaga pendidik, atau sebagai dosen di perguruan tinggi dengan melanjutkan kuliah magister di bidang ekonomi.

Apabila kamu merasa jurusan ekonomi pembangunan tepat bagimu, kamu bisa menemukan jurusan ini di berbagai perguruan tinggi baik pada perguruan tinggi negeri maupun swasta. Beberapa diantaranya seperti Universitas Brawijaya, Univeristas Trisakti, Universitas Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Tentu saja jurusan ini berada pada bidang soshum atau non eksakta sehingga cenderung lebih cocok untuk kamu yang mengambil jurusan IPS semasa SMA. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk kamu dari jurusan MIPA untuk masuk ke jurusan ini.

Baca juga: Cara Menghitung IPK Sebagai Strategi Belajar

Belajar di jurusan ekonomi pembangunan akan melatih kemampuan observasi dan analisismu sehingga membuatmu memiliki berbagai prospek karir yang bisa kamu pilih nantinya setelah lulus. Tidak hanya mengenai jenjang karir yang menjanjikan, menjadi lulusan ekonomi pembangunan juga berarti membuatmu berkesempatan untuk ikut serta dalam pembangunan dan kesejahteraan negara.

Sampai bertemu di ruang kelas, ya!

Salam pembangunan!

Avatar
laras
Adalah lulusan jurusan ekonomi pembangunan di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...