Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Manajemen

Mengenal Apa Itu Jurusan Manajemen

Bagaimana kuliah di jurusan Manajemen? Mengapa mengambil jurusan Manajemen? Mengapa mengambil konsentrasi SDM? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Manajemen?

manajemen
Sumber : Markey

Di dalam bisnis atau perusahaan tentunya kita mengenal istilah manajemen. Manajemen menjadi hal pokok yang harus di gagas dengan tepat dalam perusahaan agar perusahaan atau bisnis tidak mengalami collaps.

Sebuah perusahaan atau bisnis terdapat 3 hal yang harus di manage dengan benar yakni pemasaran, keuangan, dan human.

Nah, untuk dapat me-manage semua itu maka kita harus belajar mengenai materi tersebut. Maka dengan demikian kamu bisa mengambil kuliah dengan jurusan Manajemen.

Mengapa bukan Psikolog atau hukum atau lainnya? Didalam manajemen terdapat beberapa cabang yang di jadikan satu kesatuan yakni seperti pemasaran, keuangan, SDM dan lainnya. Hal ini mungkin tidak kamu dapatkan di jurusan lain secara menyeluruh.

Kuliah di jurusan manajemen sangat berbeda dengan kuliah jurusan lain. Umumnya di jurusan manajemen kita akan di suguhi oleh materi yang mengasah kita untuk berfikir kritis. Tak jarang dari mereka yang lulusan manajemen akan lebih pandai dalam public speaking.

Selain itu materi yang di berikan jurusan ini mengandung banyak ilmu kehidupan sosial. Maka jangan heran saat masuk ke kelas manajemen kalian akan mendapatkan dosen yang senang bercerita pengalaman pribadi.

Saat pertama semester awal kamu akan di suguhi materi dasar seperti matematika, inggris, bahasa indonesia, dan lainnya. Jadi tidak perlu takut untuk masuk ke jurusan ini karena sangat mudah untuk di jalankan.

Namun, meskipun mudah sebenarnya hampir 100% isi dari materinya adalah diskusi dan presentasi. Jadi di sini kamu akan di latih bagaimana menanggapi pemikiran orang lain yang berbeda pendapat. Kita di latih untuk lebih bijak menyikapi perbedaan.

Dalam diskusi dan presentasi ini dosen akan mengarahkan mahasiswa untuk bertukar pikiran dan sedikit berdebat. Sebenarnya mungkin di jurusan lainpun ada hal seperti itu namun porsinya tidak sebanyak di jurusan manajemen.

Berdebat dalam sebuah presentasi dan diskusi bukan hal yang buruk. Pasalnya dalam hal ini secara tidak langsung kita di latih untuk berpikir luas dan tidak sungkan untuk mengeluarkan pendapat.

Poin pentingnya lagi dalam jurusan manajemen rata – rata dosen akan memberikan nilai bonus pada mahasiswa yang mampu menyanggah, bertanya dan memberikan solusi saat presentasi.

Hal ini sangat di apresiasikan oleh dosen karena itu menunjukan pemikiran mahasiswa yang semakin kritis. Perlu kamu ketahui pemikiran kritis sangat penting di miliki oleh mahasiswa karena nantinya para alumni mahasiswalah yang akan mengembangkan negara dari mulai desa hingga perkotaan.

Manajemen sendiri merupakan sebuah ilmu yang di dalamnya terdapat Planning, Organizing, Actuating, Controling atau biasa di singkat POAC.

Di dalam manajemen kita di beri arahan bagaimana cara kita untuk melakukan perencanaan, mengorganisasikan, melakukan langkah dari perencanaan dan setelah itu di kontrol.

Makna dari manajemen bukan hanya materi yang di bawakan oleh dosen tetapi upaya penerapan POAC dalam setiap sisi kehidupan.

Seperti Apa Kuliah Di Jurusan Manajemen?

manajemen
Sumber : lutfiabdur.wordpress.com

Di dalam manajemen kita akan di berikan berbagai materi seperti manajemen SDM, operasional, keuangan, pemasaran dan lainnya. Setelah sekitar semester 3 atau 5 kita akan di bebaskan untuk memilih konsentrasi apa yang kalian minati.

Konsentrasi untuk jurusan manajemen di setiap Universitas berbeda – beda. Maka dari itu jika kamu ingin mengambil jurusan manajemen murni atau manajemen bukan pendidikan, maka kunjungi dulu website universitasnya. Hal ini agar kamu bisa memilih konsentrasi manajemen sesuai skill atau keinginan kamu.

Di Universitas Pekalongan misalnya yang memiliki konsentrasi manajemen tiga cabang yakni keuangan pemasaran dan SDM. Tiga konsentrasi ini merupakan ilmu pokok dalam sebuah manajemen yang ke tiganya sangat berguna untuk kita nantinya terjun di dunia usaha.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan kita akan di latih mengenai hal – hal yang menyangkut keuangan perusahaan. Sebenarnya ilmu ini cukup rumit meskipun terdapat rumusanya karena kita harus bisa menganalisis kasus demia kasus yang berbeda – beda.

Di dalam manajemen keuangan maka kita akan mengenal manajemen keuangan internasional. Di sini kita akan di bawa pemahaman keuangan perusahaan secara global. Sehingga nantinya saat kamu bekerja di luar negeri di bidang keuangan maka kamu akan mudah untuk mengelolanya.

Selain itu, kita di latih untuk melihat resiko perusahaan dari sisi keuangan yang mana nantinya akan menentukan perusahaan tersebut seharusnya tutup atau masih beroperasi. Selain itu, konsentrasi ini juga sangat cocok bagi kamu yang senang bergulat di pasar modal dan saham.

Pasalnya di sini kamu akan di ajarkan layak atau tidak layak perusahaan tersebut untuk ditanami saham. Hal ini sangat bermanfaat karena nantinya kamu akan terhindar dari collapse saat bermain saham. Tapi perlu di ingat lagi konsentrasi ini butuh ketelitian dan minat yang tinggi.

Konsentrasi ini persaingan kelas sebenarnya cukup sedikit karena dosen rata – rata akan menuntut mahasiswanya untuk paham bukan menjawab pertanyaan dosen.

Dalam konsentrasi ini hampir sedikit diskusi dan presentasi karena kita hanya perlu memahami rumus,  berlatih di paper, dan mengumpulkan tugas.

Di sini kamu tidak di tuntut untuk berbicara di depan kelas jadi sangat cocok bagi kamu yang sungkan untuk mengeluarkan pendapat depan umum.

Tips untuk kamu yang mengambil konsentrasi ini yakni kamu harus perbanyak menghafal dan memahami rumus. Selain itu perbanyak membaca buku yang berbeda – beda karena setiap pengarang akan mengaplikasikan rumus dengan kasus yang beragam.

Ini sangat tepat untuk referensi anda dan menambah pengetahuan.

Nah, bagi yang mengambil konsentrasi ini pengerjaan skripsi akan menggunakan data real keuangan perusahaan entah itu dari BEI atau kamu meminta langsung ke perusahaan. Hal ini yang membuat sulit karena setiap variabel yang kamu ambil dapat mengandung dua hingga empat rumus sehingga cukup sulit bagi yang tidak suka hitung – hitungan.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran ini merupakan konsentrasi manajemen yang berisi tentang penerapan POAC (planning, organizing, actuating, controlling) terhadapa elemen pemasaran.

Meskipun konsentrasi ini terlihat mudah, tetapi sebenarnya tak semudah yang kamu bayangkan. Konsentrasi ini kamu akan di berikan materi tentang elemen pemasaran atau marketing mix.

Tentu disini kamu akan lebih di buka lebar pemikirannya mengenai dunia pemasaran dari mulai dasar hingga ke level atas. Selain itu, disini juga ada sedikit hitung – hitungan dan rumus tetapi tak sebanyak manajemen keuangan.

Konsentrasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Pasalnya di sini kamu akan di latih mengenai pemasaran yang tepat untuk meraih keuntungan yang banyak.

Tips buat kamu yang mengambil konsentrasi ini untuk sering membaca dan menghafal poin – poinnya karena nantinya soal yang di ujikan saat UAS umumnya tidak menggunakan pemikiran pribadi. Pasalnya semua harus sesuai dengan buku panduan yang di kenakan.

Nah, kosentrasi ini juga umumnya akan lebih mudah saat mengerjakan skripsi karena data yang kita olah berasal dari konsumen. Maka artinya kamu dapat mencari objek penelitianmu. Selain itu, karena data yang di ambil adalah data kepuasan konsumen maka tak perlu susah payah untuk mencari.

Manajemen SDM

Manajemen SDM ini bisa di katakan hampir mirip sistemmnya dengan manajemen pemasaran karena objeknya sama – sama manusia. Materi di jurusan manajemen kebanyakan mengasah kita untuk lebih berani mengeluarkan pendapat dan public speaking.

Nah,  mjadi jurusan ini cukup sedikit soal hitung – hitungan meskipun ada materi pengantar akuntansi, matematika, matematika statistik dan lainnya. Bisa di katakan jurusan ini hanya 40% hitung – hitungan dan 60%  materi yang mengasah mahasiswa untuk berani “berbicara di depan umum”.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Filsafat

Di dalam manajemen SDM kita diberi ilmu yang lebih mengerucut untuk masalah – masalah mengenai SDM. Di manajemen SDM ini hampir tidak ada hitung – hitungan karena semuanya adalah materi yang mengharuskan kita berani ­speak up  di depan public.

Bagi kamu yang ingin mengasah public speaking maka konsentrasi ini sangat tepat untuk kamu. Pasalnya konsentrasi SDM akan lebih banyak menuntut kita untuk presentasi di depan orang baik menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asing.

Di dalam manejemen SDM terdapat manajemen Lintas Budaya di mata kuliah ini umumnya kita di tuntut untuk mempresentasikan mengenai sebuah Issue atau hal lainnya dengan bahasa asing

Tidak ada tips khusus karena sistem kuliahnya kebanyakan kamu akan mendapatkan wejangan baru dari dosen ataupun diskusi dikelas. Namun, perlu di ketahui manajemen SDM ini sangat menuntut kamu untuk mampu berbicara kritis menanggapi fenomena.

Maka dari itu perbanyak membaca dan berelatih cara mengeluarkan pendapat dengan tepat. Selain itu, kamu juga harus berlajar tentang gaya bicara, bahasa asing dan ketepatan kalimat yang kamu ambil agar orang lain akan fokus mendengarkan saat kamu bicara.

Tips Mengambil Konsentrasi Manajemen

manajemen
Sumber : Thidiweb

Nah, berikut ini adalah tips untuk kamu yang masih bingung memilih konsentrasi di antaranya:

Sesuai Skill

Nah, bagi kamu yang ingin mendalami skill  kamu di dalam satu bidang maka bisa mengambil konsentrasi sesuai skill. Katakanlah jika kamu sangat menyukai tentang keuangan dan ingin mendalaminya maka kamu bisa mengambil konsentrasi keuangan. Hal ini bisa menunjukan bahwa kamu orang yang fokus terhadap satu bidang ilmu.

Tidak Perlu Sesuai Skill

Ini sangat bertolak belakang dengan poin pertama. Nah, di poin ini kita mengambil konsentrasi yang sebenarnya tidak sesuai dengan skill kita. Seperti misalnya kamu sudah menguasai tentang keuangan maka kamu ingin melebarkan sayap di bidang lainnya dengan mengambil konsentrasi SDM.

Hal ini juga membuat kamu akan bertambah ilmu di berbagai bidang. Untuk poin yang kedua ini menunjukan bahwa untuk menjadi pintar tidak perlu fokus terhadap satu bidang tetapi juga bisa menguasai berbagai bidang.

Nah, itulah tipsnya sekarang tinggal kamu mempelajari seperti apa dirimu. Jika kamu orang yang fokus maka poin satu tepat untukmu, tapi jika kamu ingin memiliki wawasan yang lebih luas maka kamu bisa memilih poin dua.

Alasan Kuliah di Manajemen

manajemen
Sumber : theconversation.com

Jurusan manajemen sangatlah menarik untuk kita pelajari dan tidak membuat kita bosan. Bagi yang suka berbicara dan tidak terlalu senang hitung – hitungan meskipun mampu, maka jurusan ini sangat tepat untuk kamu.

Sistem belajar jurusan satu ini sangat easy, karena kebanyakan dosen akan memberikan materi kuliah tentang kehidupan. Hal ini sangatlah penting untuk mahasiswa agar lebih kritis tentang masalah sosial dan diarahkan untuk lebih  open minded dalam menyikapi hal yang berbeda dari pemikiran kita.

Untuk alasan kenapa kita memilih jurusan ini sangatlah menarik untuk di gali secara mendalam. Manajemen merupakan salah satu jurusan yang sangat penting bagi kamu yang minat menjadi Pengusaha, HR maupun Leader sehingga kamu memiliki kesempatan karir lebih luas.

Pasalnya saat kita menjalankan sebuah usaha ataupun perusahaan itu maka tentunya keuangan, pemasaran dan produksi menjadi satu kesatuan utama. Hal utama tersebut di jalankan oleh manusia artinya bahwa orang yang menjalankannya harus memiliki skill  dan pengetahuan yang matang.

Sumber Daya Manusia ini menjadi pokok mendasar yang menentukan bagaimana perusahaan itu kedepannya. Maka dari itu Manajemen menjadi jurusan paling tepat jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan atau usaha kamu sendiri.

Disini kamu bukan hanya belajar tentang materi yang di berikan oleh dosen tetapi juga tentang bagaimana kamu mengontrol segala hal yang ada di lingkunganmu.

Prospek Kerja Jurusan Manejemen

Prospek untuk lulusan manajemen dengan berbagai konsentrasi sangatlah banyak di antaranya sebaga berikut:

Manajemen Keuangan

Bagi kamu yang mengambil konsentrasi keuangan tidak perlu khawatir. Pasalnya kita akan lebi mudah mengelola masalah keuangan secara global meskipun tidak sedalam ilmu akuntansi. Namun, kamu dapat melihat resiko perusahaan sehingga kamu akan lebih di butuhkan oleh perusahaan.

Selain itu, manajemen keuangan lebih memahami tentang saham yang tentunya menjadi keunggulan tersendiri. Prospek bagi manajemen keuangan dalam dunia kerja seperti Kepala bagian keuangan, analisis resiko, pengusaha dan lainnya.

Manajemen Pemasaran

Untuk manajemen pemasaran sangat banyak peluang dalam dunia kerja maupun bisnis. Kamu dapat menjalankan bisnis sendiri karena kamu sudah mengetahui seluk – beluk dari marketing. Selain itu, perusahaan sebagian besar akan lebih tertarik pada lulusan manajemen pemasaran karena ini sangat memberikan impact besar bagi perusahaan.

Jadi jangan di remehkan karena perusahaan dapat memberikan gaji hingga puluhan juta bagi mereka yang mahir dalam dunia marketing. Prospek untuk kamu yang mengambil konsentrasi ini seperti supervisor marketing, kepala bagian marketing, human relationship, brand image marketing, dan lainnya.

Manajemen SDM

Bagi teman – teman yang ingin mengambil manajemen SDM tidak perlu khawatir. Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa kita akan di ajarkan tentang SDM maka secara tidak langsung jiwa leadership dan open minded  akan tumbuh di diri kita.

Tentu dengan ilmu yang kita dapatkan mengenai SDM maka kita akan lebih mudah membuka usaha yang dapat merekrut banyak orang.

Selain itu, konsentrasi SDM juga sangat di lirik oleh perusahaan. Umumnya perusahaan akan merekrut lulusan manajemen SDM untuk posisi HR Recruitment¸ HRD, Kepala bagian, dan lainnya yang berhubungan dengan leadership.

Ini dikarenakan konsentrasi SDM di anggap memiliki kemampuan dalam me-manage human dan juga mereka dianggap dapat menstimulasi bawahannya atau timnya agar lebih maju.

Baca juga: Mengenal Jurusan Hukum

Nah itulah sekilas tentang jurusan manajemen, jadi apakah keputusanmu sudah bulat untuk kuliah di manajemen?

Avatar
Yuliani
Alumnus Universitas Pekalongan Progam Study Manajemen Konsentrasi SDM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi

Teori perilaku produsen adalah pemikiran mengenai bagaimana cara produsen dalam membuat barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti akan...

Proses Pembelahan Sel Serta Penjelasannya

Makhluk hidup berasal dari proses pembelahan sel yang menyusun tubuhnya. Proses pembelahan sel berawal dari satu sel, kemudian membelah menjadi beberapa sel. Tahukah kamu...

Mengenal Unsur Golongan Alkali

Apakah kamu pernah mendengar istilah “ALKALI”? Secara bahasa alkali berarti basa, jika dikaitkan dengan unsur alkali, maka unsur golongan alkali ini merupakan unsur yang...

Polinomial: Penjelasan Serta Contoh Soal

Ketika kita masih berada di bangku SMP, kita telah mengenal bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat yang sering kita gunakan adalah pangkat 2 dan pangkat 3....

Integral: Pembahasan Serta Contoh Soal

Integral adalah salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Contohnya ketika kita ingin mengetahui luas dari sebuah benda yang tidak beraturan. Untuk menentukan...