Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Pariwisata

Mengenal Apa Itu Jurusan Pariwisata

Pariwisata adalah salah satu bidang yang berkembang dengan sangat cepat dan dinamis, sehingga membutuhkan para profesional yang terlatih serta memiliki etos kerja yang baik. Indonesia sendiri juga menjadikan pariwisata sebagai “Leading Sector” yang sangat diprioritaskan pengembangannya. Selain dari cerahnya prospek kerja yang ditawarkan, dunia pariwisata juga terkenal menyenangkan dikarenakan kamu akan lebih sering melakukan perjalanan serta bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang.

Untuk dapat sukses dalam bidang ini, ada baiknya jika kamu mengambil jurusan yang berhubungan dengan bidang Pariwisata.

Memilih jurusan Pariwisata akan membuat kamu terbiasa dalam bekerja di lingkungan internasional serta memahami kebutuhan dari wisatawan yang datang dari beragam latar belakang sosial dan budaya sambil membantu mereka merasa nyaman selama liburan mereka.

Apa Itu Jurusan Pariwisata?

Jurusan Pariwisata
Sumber : tourismlineng.com

Secara umum, Jurusan Pariwisata merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari mengenai segala bentuk teori yang dapat menunjang keberlangsungan proses kepariwisataan. Bidang studi utama dalam Jurusan Pariwisata meliputi manajemen kepariwisataan, manajemen perhotelan, dan manajemen perjalanan.

Dalam disiplin ilmu Pariwisata, kamu akan diajarkan untuk merancang, mengatur serta mengontrol . seluruh hal yang terjadi selama sebelum sampai sesudah proses wisata terjadi.

Di jurusan Pariwisata kamu akan lebih banyak melakukan praktek dibandingkan teori. Hal ini karena pariwisata merupakan ilmu yang terus berkembang setiap waktu. Dan dengan melakukan praktek, kamu akan lebih mampu beradaptasi dengan hal-hal baru yang ada di dunia industry agar kedepannya, kamu mampu untuk bersaing dan berkolaborasi dengan SDM lain dari berbagai daerah tanpa merasa ketinggalan.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Pariwisata

Pariwisata mencakup banyak bidang dan sub disiplin ilmu didalamnya. Standar kompetensi keterampilan yang harus diajarkan dan dipelajari oleh mahasiswa dalam perkuliahan Pariwisata bergantung pada kompetensi yang diperlukan dari industri yang ada.

Misalnya, untuk memahami alur serta tugas dari seorang manager hotel, kamu harus mempelajari segala seluk-beluk dari divisi serta bagian-bagian manajemen perhotelan itu. Mulai dari divisi kamar, divisi tata hiding, divisi patiseri, divisi tata boga, dan lainnya

Lain halnya jika kamu ingin terjun di bidang “Tour and Travel”. Di bidang tour and travel ini sendiri kamu harus mengerti segala hal yang berhubungan dengan bidang ticketing, manajemen perjalanan, bahkan sebagai guide dan tour leader.

Pariwisata merupakan ilmu yang saling berkaitan satu sama lain dalam tiap aspeknya. Oleh karena itu maka dipelajari berbagai strategi perencanaan, penerapan seluruh aspek yang ada didalamnya, dan menitikberatkannya pada praktek kerja langsung di lapangan.

Hal ini adalah salah satu kewajiban karena dalam industri pariwisata, kamu akan dihadapkan dengan manusia yang datang untuk berlibur dan melepas penat serta mengharapkan pelayanan yang terbaik dari para tenaga pariwisata.

Nah, ini dia beberapa daftar mata kuliah yang dipelajari di perkuliahan mahasiswa Jurusan Pariwisata.

  1. Pengantar Kepariwisatan
  2. Pengantar Perhotelan
  3. Pengantar Perjalanan
  4. Perencanaan Pariwisata
  5. Pariwisata Lingkungan
  6. Kebijakan Pariwisata
  7. Manajemen Resiko Pariwisata
  8. Pengembangan SDM Pariwisata
  9. Pemasaran Pariwisata
  10. Pengembangan Destinasi
  11. Antropologi Budaya

Pelajaran diatas merupakan beberapa mata kuliah wajib yang diperlukan sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja nantinya. Akan tetapi, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah dasar seperti ekonomi, bahasa asing, kewirausahaan, budi pekerti, dan lain sebagainya untuk menunjang pembelajaran kamu.

Alasan Kuliah di Jurusan Pariwisata

Prospek Keja Lulusan Pariwisata
Sumber : reluctantgourmet.com

Prospek Kerja Yang Bagus

Hampir di setiap kota atau daerah pasti ada pengembangan sektor pariwisata. Jadi Kamu bisa berkarir di manapun, bukan hanya di tempat yang sudah terkenal sektor pariwisatanya, seperti Bali dan Jogja. Namun di berbagai tempat di seluruh dunia. Selain itu kamu juga dapat terjun di industry lainnya seperti industry event, bisnis, dan lain sebagainya

Jalan-Jalan Dan Mengunjungi Banyak Tempat

Dengan bekerja di sektor pariwisata, Kamu memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat, baik yang sudah dieksplore atau belum. Kabar baiknya, Kamu mendapat bayaran dari mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Selain itu, ada beberapa kegiatan perkuliahan di jurusan ini yang mengharuskan para mahasiswanya untuk studi banding ke dalam dan luar negeri guna melihat dan mempelajari secara langsung kondisi di lapangan sebagai bahan pertimbangan antara teori dengan praktik.

Industri Pariwisata Tidak Akan Pernah Mati

Alasan memilih jurusan pariwisata adalah karena pariwisata merupakan sektor yang tidak akan pernah mati. Apalagi Kamu tinggal di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang besar. Jadi jurusan ini tidak akan pernah basi. Lulusannya tetap dibutuhkan sampai kapanpun.

Sektor Yang Menjadi Fokus Pemerintah

Ditambah lagi, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan promosi di sektor pariwisata untuk menarik wisatawan asing agar datang ke Indonesia. Yakin nih, masih ragu untuk ikut berkontribusi buat negara?

Lebih Banyak Praktik Dari Pada Teori

Alasan memilih jurusan pariwisata selanjutnya adalah karena proses perkuliahan di jurusan ini lebih banyak praktik daripada teori. Jadi Kamu lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi

Proses Pembelajaran Yang Menyenangkan

Alasan yang terakhir karena jurusan pariwisata memiliki proses pembelajaran yang menyenangkan. Jadi Kamu tidak akan merasa bosan dengan proses perkuliahan yang ada. Selain itu, di jurusan pariwisata kamu pasti akan bertemu orang-orang baru pada tiap kesempatan yang berasal dari berbagai latar belakang.

Prospek kerja lulusan Pariwisata

Kamu bisa bekerja sebagai seorang pemandu wisata atau tour leader yang tentunya dapat liburan sambil bekerja. Karena tugas utma seorang pemandu wisata adalah mendampingi dan menjelaskan serta memperkenalkan destinasi atau tempat-tempat wisata yang kamu kunjungi bersama klien atau wisatawan.

Selain bekerja sebagai pemandu wisata, nantinya lulusan dari jurusan pariwisata mampu mendirikan dan menjalankan suatu bisnis perjalanan seperti biro perjalanan atau travel agent. Dengan mendirikan travel agent ini, kamu mampu menciptakan lapangan kerja baru sambil mempelajari hal-hal baru di dunia pariwisata ini

Sebagai seorang lulusan pariwisata, kamu juga akan memiliki pengetahuan serta kompetensi untuk mengelola suatu kawaasan wisata. Bisa saja kamu bekerja sebagai pegawai negeri sipil di suatu dinas pariwisata maupun kementrian pariwisata.

Selain pekerjaan diatas, kamu juga dapat terjun di bidang lain yang mendukung usaha pariwisata. Seperti bisnis event, membuka restoran, menjadi travel vlogger, konsultan bisnis pariwisata, maupun sebagai tenaga pendidik. Dan juga kamu bekerja dimana saja. Bukan hanya di 1 daerah melainkan daerah lain maupun negara lain.

Tips Untuk Kuliah Di Jurusan Pariwisata

Dari beberapa ulasan tentang Jurusan Pariwisata diatas, apa kamu sudah menimbang-nimbang untuk mengambil kuliah di bidang Pariwisata? Kalo iya, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu kamu untuk merencanakan strategi belajar sebagai mahasiswa Kepariwisataan nanti!

Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi

Hal ini akan sangat berguna karena kamu harus mencari tau seperti apa destinasi wisata yang tepat untuk klien kamu. Kamu diwajibkan mengerti mengenai seluk beluk dari suatu destinasi atau kegiatan yang dipaparkan pada klien.

Punya keterampilan komunikasi

Komunikasi merupakan jembatan untuk berhubungan dengan banyak orang. Seperti yang sudah dijelaskan, di industry pariwisata nantinya kamu akan berhadapan langsung dengan manusia. Baik itu klien maupun rekan kerja. Selain itu, cara berkomunikasimu akan menjadi tolak ukur  dari para klien terhadap dunia pariwisata.

Bisa bekerja sama secara tim

Pariwisata adalah industri yang sangat luas. Kamu nantinya diwajibkan untuk mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri serta bekerja sama dengan banyak orang dari berbagai latar belakang.

Jangan malu-malu

Nantinya dalam dunia industri pariwisata, kamu akan terjun langsung dan berhadapan dengan para klien baik itu para wisatawan, para pejabat yang berkepentingan dalam pariwisata, hingga rekan kerja dari daerah lain.

Jika kamu malu-malu, maka segala ilmu yang diserap dari masa perkuliahan tidak akan dapat diaplikasikan dengan baik. Maka dari itu kamu wajib PD serta mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para klien kamu.

Jangan Cengeng

Dunia pariwisata itu keras. Itu adalah fakta yang tidak diketahui banyak orang. Banyak yang berpikir bahwa kerja di industri yang sering jalan-jalan ini tidak memiliki beban yang besar.

Bayangkan jika nanti kamu menjadi serang pemandu wisata dan sedang dalam perjalanan yang sangat jauh. Namun, ditengah perjalanan terjadi sesuatu yang membuat kamu hilang fokus. Kamu sama sekali tidak boleh menunjukan masalah kamu kepada klien kamu. Karena mereka datang untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Bukannya mendengar curhatan kamu. Jadi kamu harus kuat dan tidak mudah menyerah. Belum lagi selama masa perkuliahan, para senior dan dosen yang akan bertindak profesional. Walaupun diluar kampus mereka adalah teman dekat kamu. Namun, didalam kampus mereka adalah atasan kamu.

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen

Greetings, Grooming, Dan Attitude

Ini adalah basic atau dasar bagi para insan pariwisata. Kamu wajib menjadi pribadi yang ramah. Baik itu dikampus maupun di kehidupan sehari-hari. Karena orang-orang di industry pariwisata terkenal rapih, murah senyum, dan sopan.

Jadi kamu wajib menunjukan ini dan menjadikannya pedoman dalam bertindak dimanapun.

Thomy
Thomy
Hi, Perkenalkan, Saya Thomy Alumni STP-NHI Bandung jurusan Kepariwisataan Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...

13 Suku di Pulau Sulawesi Serta Penjelasannya

Sulawesi menjadi pulau besar di Indonesia yang bentuknya begitu unik. Seolah seperti huruf "K", dan di dekatnya bertebaran pulau - pulau kecil. Selain keunikan...

12 Suku di Pulau Kalimantan Serta Penjelasannya

Kalimantan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian wilayahnya juga ditempati oleh negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam. Yang mana kedua...

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada...