Home Kampus Mengenal Politeknik Negeri Medan (POLMED)

Mengenal Politeknik Negeri Medan (POLMED)

Jika kita mendengar kota Medan, tentu kita pasti akan berfikir dengan makanannya yang beragam dan identik dengaan asin – pedas. Tak hanya itu, kota Medan juga terkenal dengan kampus Politeknik Negeri nya yang termasuk 10 besar Politeknik Terbaik di Indonesia menurut Kemeristekdikti.

Salah satu kampus ini yakni Politeknik Negeri Medan. Kampus yang awalnya dinamakan Politeknik Universitas Sumatera Utara Medan ini awal pembiayaannya dibiayai oleh Bank Dunia.

Kampus ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin kuliah di Medan. Ditambah jurusannya yang kebanyakan Teknik.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih lanjut tentang kampus Politeknik Negeri Medan.

Profil Politeknik Negeri Medan

Logo POLMED
Sumber: polmed.ac.id

Politeknik Negeri Medan atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) ini merupakan salah satu kampus negeri di Kota Medan yang bersamaan dibangun dengan kampus Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Bandung.

Tahun 1979, kampus Universitas Sumatera Utara menjadi bagian salah satu dari 6 Universitas atau Institut yang dinyatakan mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik Tahap I dari DIKTI yang membangun pendidikan dalam bidang keteknikan. Lalu, pada Tahap II dibangun dengan pendidikan bidan tata niaga.

Kemudian, pada tahun 1997 melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 mengenai Pendirian Politeknik Negeri Medan, maka Politeknik USU resmi berpisah dan menjadi Politeknik Mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (POLMED).

Saat ini, POLMED menjadi pusat pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia.

Berdasarkan surat keputusan dari BAN PT (Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi), POLMED sudah mendapatkan akreditas dengan peringkat “B”. Kampus ini memiliki Program Studi yang terbagi menjadi Program Studi D-III dan Program Studi D-IV.

Lokasi dan Fasilitas Kampus

Polmed
Sumber foto: ceritamedan.com

Dari namanya sebelumnya saja, kita sudah tahu Politeknik Negeri Medan terletak didalam kampus Universitas Sumatera Utara. Kampus ini mempunyai dua akses pintu masuk yang berada di Jalan Almameter No. 1 (Pintu 3) Kampus USU yang menjadi Pintu Utama, dan di Jalan Tridhadma No. 2 (Pintu 4) Kampus USU. Untuk masuk kedalamnya, kamu tidak perlu berkendara sebab jaraknya hanya beberapa meter.

Untuk fasilitas, kampus ini menyediakan fasilitas yang lengkap seperti:

Lapangan

Kampus ini juga memiliki beberapa lapangan yang dibuat untuk mengembangkan aktivitas UKM, seperti lapangan basket, lapangan futsal, lapangan voli, lapangan sepak bola, dan lapangan upacara bendera.

Tempat Ibadah

Ada Masjid yang setiap minggunya mengadakan kajian, dan ibadah bagi agama Kristen yang diadakan dua minggu sekali setiap hari Jum’at.

Free Hotspot

Fasilitas ini hampir disediakan setiap masing-masing gedung Jurusan.

Perpustakaan

Sebenarnya, POLMED mempunyai dua perpustakaan, yaitu: Perpustakaan Umum dan Perpustaakn Tugas Akhir. Namun, biasanya Perpustakaan Tugas Akhir yang hanya memperbolehkan mahasiswa tingkat akhir untuk masuk.

Laboratorium dan Bengkel Kerja

Mempunyai Program Studi dalam bidang teknik yang lebih banyak, kampus ini memiliki 10 Laboratorium di dalam satu kampus. Seperti Laboratorium Teknik Mesin yang digabung dengan Bengkel Kerja. Laboratorium Teknik Elektronika yang digabung dengan Bengkel Kerja Teknik Telekomunikasi, Laboratorium Teknik Listrik yang digabung dengan Bengkel Kerja. Laboratorium Teknik Sipil yang digabung dengan Bengkel Kerja. Dan Laboratorium Teknik Komputer dan Informatika.

Kemudian pada bidang Tata Niaga, ada beberapa laboratorium seperti Laboratorium Komputer yang terletak di gedung masing-masing Jurusan Akuntansi dan Administrasi Bisnis.

Pesawat

Nah, ini yang paling diingat dari kampus POLMED dan menjadi ikon kampus. Ada pesawat dalam kampus yang letaknya dekat Gedung Z atau pintu utama.

Suka Duka Kuliah di POLMED

Setiap kampus pasti mempunyai suka duka saat berkuliah. Seperti apa misalnya? Mari kita ulas satu persatu.

Suka

Terakreditas

POLMED sudah memperoleh akreditas kampus B dengan beberapa program studi yang berakreditas A dan B. Hal ini tentu saja mempermudah kita untuk melamar pekerjaan ketika sudah lulus nanti.

Suasana Kampus

POLMED juga mempunyai beberapa taman hampir disetiap sudut gedung jurusan. Beberapa taman tersebut juga dilengkapi kursi dan pohon-pohon rindang. Sangat mendukung untuk mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas.

Alat Laboratorium dan Bengkel Kerja

Alat-alat yang telah disediakan kampus juga sangat lengkap untuk mahasiswanya belajar. Jadi, kita tidak perlu lagi untuk membeli peralatan dan bahan laboratorium atau pun bengkel ketika kita membutuhkannya.

Duka

Kemacetan

Segabung dengan 2 kampus, membuat jalanan menuju kampus sangat macet. Ditambah dengan angkutan umum yang selalu ramai dan banyak dilewati di Jalan Dr. Mansyur.

Akses 24 Jam

Tidak seperti kampus pada kebanyakan yang lebih membiarkan mahasiswa mengakses hingga malam, POLMED tidak memperbolehkan mahasiswanya untuk beraktivitas lebih dari jam 7 malam.

Baca juga: Mengenal IPB

Kompensasi

Kompensasi juga berlaku di kampus ini untuk mahasiswa yang tidak masuk dan dengan alasan yang tidak jelas. Mahasiswa akan dikenakan kompensasi sesuai sistem yang ditentukan oleh Jurusa. Kemudian kompensasi akan dibayarkan ketika akhir semester, bisa itu dengan uang dan dengan bekerja sesuai perintah Dosen yang memantaunya.

Jurusan dan Program Studi

Polmed
Sumber foto: www.polmed.ac.id

Secara keseluruhan, POLMED mempunyai 6 Jurusan yang terbagi menjadi 17 Program Studi yang sudah termasuk program studi D-III dan program studi D-IV. Mari kita bahas beberapa Jurusan dan Program Studinya dibawah ini:

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan ini sangat berpengaruh bagi POLMED, sebab Teknik Mesin menjadi program studi yang dibuka pertama kali ketika kampus ini berdiri. Awalnya pembangunan Prodi Teknik Mesin, dibantu oleh tenaga ahli dari Swiss.

Teknik Mesin terbagi menjadi dua bagian Program Studi, yaitu:

  • Program Studi Teknik Mesin untuk D-III
  • Program Studi Teknik Konversi Energi untuk D-III

Jurusan Teknik Sipil

Kampus ini juga memiliki Jurusan Teknik Sipil untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi seorang ahli konsultan atau kontraktor. Dari Teknik Sipil sendiri terbagi menjadi beberapa bagian Program Studi, yaitu:

  • Program Studi Teknik Sipil untuk D-III
  • Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan untuk D-IV
  • Program Studi Manajemen Rekayasa dan Konstruksi Gedung untuk D-IV

Jurusan Teknik Elektronika

Dibangunnya Jurusan ini dengan salah satu misi prodinya adalah menghasilkan mahasiswa yang kompeten, mandiri, inovatif, adaptif, serta mampu bersaing dalam bidang elektronika pada tingkat regional, nasional, maupun internasional. Beberapa Program Studi dari Jurusan Teknik Elektronika ini adalah:

  • Program Studi Teknik Elektronika untuk D-III
  • Program Studi Teknik Listrik untuk D-III
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi untuk D-III

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika

Kampus ini juga mempunyai dua program studi dari Jurusan Teknik Komputer dan Informatika untuk anda yang paham sekali tentang perkembangan di dunia informatika dan ingin menjadi tenang ahli dalam bidang e-commerce, otomatisasi kantor, serta teknologi multimedia dan sistem informasi. Dua program studi dari Jurusan ini adalah:

  • Program Studi Teknik Komputer untuk D-III
  • Program Studi Manajemen Informatika untuk D-III

Jurusan Akuntansi

Jurusan yang paling banyak memiliki program studi ini menangaungi beberapa program studi untuk Diploma 3 dan Diploma 4. Untuk kamu yang berminat dalam bidang sektor ekonomi bisa mencoba beberapa diantara program studi ini, yaitu:

  • Program Studi Akuntansi untuk D-III
  • Program Studi Perbankan dan Keuangan untuk D-III
  • Program Studi Akuntasi dan Keuangan Publik untuk D-IV
  • Program Studi Perbankan dan Keuangan Syariah untuk D-IV

Jurusan Administrasi Niaga

Jurusan ini mempunyai dua program studi untuk kamu yang ingin menjadi pusat pendidikan dan penghasil sumber daya manusia profesional atau berminat dalam kegiatan bidang pariwisata. Beberapa program studi dari jurusan Administrasi Niaga adalah:

  • Program Studi Administrasi Bisnis untuk D-III
  • Program Studi Manajemen Bisnis untuk D-IV
  • Program Studi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) untuk D-IV

Baca juga: Mengenal Unpad

Kontak

Bagaimana? Apakah anda tertarik menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Medan? Kamu bisa mencari informasi resmi dan terupdate seputar kampus POLMED:

Website: http://polmed.ac.id/
Email: polmed@polmed.ac.id

Dwi
Dwihttp://wikiting.blogspot.com
freshgraduated from Politeknik Negeri Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...