Home Jurusan Kuliah Saintek Mengenal Apa Itu Jurusan Sistem Komputer

Mengenal Apa Itu Jurusan Sistem Komputer

Buat kamu yang baru lulus SMA ataupun SMK dan ingin melanjutkan kuliah, jurusan sistem komputer bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang suka akan hal yang menyangkut teknologi dan merakit komputer. Melihat perkembangan teknologi yang kian melesat, lulusan jurusan seperti ini sekarang menjadi primadona para perusahaan teknologi, lho.

Lalu, jurusan sistem komputer itu seperti apa sih? apa membuat alat sambil ngoding? atau membuat aplikasi? terus bedanya sama sistem informasi apa? itulah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman ataupun saudara kamu, jika kamu mengambil jurusan sistem komputer ini. Nah, jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kamu temukan di artikel ini, yuk simak!

Apa Itu Jurusan Sistem Komputer?

Sistem Komputer
Sumber: pixabay.com

Sistem komputer ataupun teknik komputer adalah suatu disiplin ilmu yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Jurusan sistem komputer tidak hanya belajar mengenai hardware suatu komputer, tetapi kamu juga akan diajarkan tentang barang-barang elektronik mulai dari software hingga hardware-nya.

Jurusan ini sebenarnya lebih fokus pada hardware. Karena, kamu akan mempelajari bagaimana membuat robot, networking, embedded system atau alat-alat yang diterapkan pada sistem IoT (Internet of Things).

kebanyakan orang menganggap bahwa jurusan ini sangat sulit, dikarenakan tingkat ketelitian yang tinggi. Bayangkan jika ada satu komponen saja yang tidak terpasang dengan baik, maka alat yang dibuat tidak akan berjalan dengan baik bahkan tidak berfungsi. Terlebih lagi jurusan ini juga tidak lepas dari deretan angka karena kamu akan mempelajari bahasa mesin yang isinya adalah bilangan binner.

Tetapi itulah tantangan yang menjadi hal unik dan menjadi kepuasan apabila kamu berhasil menyeselaikan suatu alat atau proyek yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Wah! keren banget, kan.

Meskipun begitu, apapun jurusan yang kamu pilih, jadikanlah sebagai ladang ilmu dan sebagai modal untuk masa depan yang akan kamu tempuh. Karena ketika kamu sudah punya ilmu yang mumpunii, uanglah yang harus mengerjar kamu, bukan kamu yang mengejar uang itu sendiri.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Sistem Komputer?

Jurusan ini berfokus pada perancangan dan pembangunan komputer dan sistem berbasis komputer. Topik atau materi yang dipelajari adalah perangkat keras, perangkat lunak, sistem komunikasi, networking serta interaksi antara semua elemen tersebut. Perkuliahannya banyak mempelajari pendekatan rekayasa/terapan (engineering) daripada ilmiah (science).

Mahasiswa pada jurusan sistem komputer lebih banyak mempelajari perancangan sistem perangkat keras digital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Perangkat lunak tetap dipelajari, namun fokusnya terletak pada interaksinya dengan perangkat keras serta bagaimana membangun sebuah jaringan internet.

Namun, jangan harap dosen akan menjelaskan semua materi secara detail, terlebih lagi pada jurusan ini kamu akan lebih banyak praktek daripada teori. Karena tentu saja kuliah sangat berbeda dengan bangku sekolah dulu. Kamu akan dituntut untuk belajar secara mandiri dan banyak diskusi dengan teman. Materinya pun biasanya kamu akan mencari sendiri, karena dosen hanya akan memberi materi secara garis besar saja.

Sebuah konsentrasi yang cukup banyak diminati di sistem/teknik Komputer ini adalah sistem tertanam (Embedded Systems), yaitu pengembangan perangkat selain komputer yang sebetulnya memiliki sistem perangkat keras maupun lunak ‘tertanam’ di dalamnya, misalnya telepon seluler, sensor dan peralatan medis, dan lain-lain.

Pada beberapa Universitas, jurusan sistem komputer berada dibawah fakultas teknik. Namun, ada juga yang menempatkan jurusan ini pada fakultas ilmu komputer. Selain itu titel yang akan kamu dapatkan adalah S.T (Sarjana Teknik) jika fakultas teknik, dan jika berada pada fakultas ilmu komputer akan bergelar S.Kom (Sarjana Komputer) seperti layaknya jurusan komputer.

Alasan Kuliah di Jurusan Sistem Komputer

Selalu ada alasan ketika kamu mengambil suatu keputusan, begitu juga ketika kamu mengambil jurusan sistem komputer. Karena kita tidak bisa mengelak bahwa perkembangan teknologi kian pesat dan canggih. Ilmu yang didapat pada jurusan ini bisa menjadi batu loncatan kamu untuk bisa terjun ke dunia kerja yang berkecimpung dengan teknologi.

Selain itu ada daya tarik tersendiri jika kamu memilih untuk kuliah dengan jurusan sistem komputer. Karena jurusan sistem komputer sangat luas cakupannya, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya adalah kamu bisa mempelajari tiga jurusan sekaligus, wow! menarik bukan.

Karena jurusan sistem komputer ini adalah gabungan dari beberapa jurusan lain seperti, sistem informasi, teknik informatka dan teknik elektro. Mengapa demikian? karena di jurusan ini kamu akan belajar cara merakit suatu alat, mengoding suatu aplikasi bahkan kamu akan diberikan bekal ilmu tentang listrik arus lemah.

Eitss ada lagi, lho. Mahasiswa yang mengambil program IT termasuk sistem komputer selalu dipandang sebagai mahasiswa yang mengetahui akan teknologi masa kini, dianggap keren karena bisa ngoding dan punya kemampuan analisis serta pemahaman logika yang sangat baik. Namun, masih saja ada segelintir orang yang menanyakan untuk nge-hack akun sosial media orang lain, ada-ada saja warga.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sistem Komputer?

Sistem Komputer
Sumber: freepik.com

Secara garis besar ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan sistem komputer ini tidak jauh dari dunia komputer, dari mulai merakit, mengoding bahkan membuat desain sebuah topologi jaringan. Tentu saja kamu juga akan mempelajari kembali lagi matematika dan fisika sampai akhir pendidikan, karena pada dasarnya membuat suatu alat yang canggih diperlukan perhitungan dengan kumpulan rumus.

Namun pada semester awal, kamu akan kembali mengulas beberapa pelajaran semasa kamu sekolah dulu. Seperti kimia dasar, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, pendidikan agama, serta pendidikan kewarganegaraan. Setelah kamu menginjak semester tiga ke atas, barulah kamu diberikan pelajaran yang berkaitan dengan sistem komputer sepenuhnya.

Mata kuliah teknik elektro cukup dominan di sistem komputer. Ditambah dengan beberapa mata kuliah programming. Sedikit berbeda dengan pemrograman pada sistem informasi, pemrograman disini lebih berfokus pada bahasa mesin seperti bahasa assembly, yakni bahasa pemrograman yang terhubung langsung dengan hardware.

Keahlian jurusan sistem komputer ini salah satunya adalah membuat sistem tertanam, yaitu menempatkan kecerdasan komputer pada perangkat elektronik umum. Kamu bisa ambil contoh vacum cleaner yang dirancang untuk membersihkan lantai yang kotor secara otomatis, karena didalam alat ini terdapat microchip sederhana.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Nuklir

Kamu pernah mendengar apa itu IoT atau Internet of Things? Kalo kamu belum tau, IoT itu merupakan sebuah konsep ‘meng-internet-kan’ suatu perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Seperti peralatan elektronik yang bisa dikendalikan dari smartphone.

Prospek Kerja Jurusan Sistem Komputer

cheerful-young
Sumber: freepik.com

Gimana sih peluang kerjanya nanti? Pertanyaan seperti itu akan kamu jumpai ketika kamu sedang berkumpul dengan teman atau saudara kamu, tidak jarang juga anak SMA dan SMK pun menanyakan hal yang sama. Jadi, bagaimana prospek lapangan kerja untuk kamu yang lulusan sistem komputer/teknik komputer?

Menjadi Seorang Programmer

Meskipun kamu tidak terlalu mendalami programming pada saat kuliah di jurusan sistem komputer, tapi kamu bisa menjadi seorang programmer karena sudah dibekali dasar-dasar bahasa pemrograman, tinggal kamu tingkatkan lagi secara otodidak.

Bagi seorang lulusan di bidang IT, menjadi programmer merupakan pekerjaan yang ideal buat kamu. Dalam dunia programmer, memiliki pembagian tergantung dari aplikasi yang dibuat, bisa aplikasi yang harus di install (desktop programming), bisa juga aplikasi android (mobile programming), atau berupa website (web progrsmming). Namun, seorang programmer tidak melulu harus kerja di sebuah perusahaan, kamu juga bisa menjadi seorang programmer freelance.

Bekerja Sebagai Network Engineering

Dalam bidang ini kamu akan berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang sangat penting di jaman sekarang ini. Keahlian dibidang ini juga sangat dibutuhkan atau menjadi dambaan para perusahaan telekomunikasi seperti telko, indosat, biznet, dll. Tapi untuk bisa dikatakan ahli dibidang ini, kamu harus mengambil sertifikasi pihak ketiga seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate).

Mobile Technology and Embedded System

Jika kamu mahir untuk merancang suatu perangkat mobile atau sistem tertanam, kamu memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan bagi para perusahaan technology seperti samsung, sony, dll. Namun, pada kenyataannya di Indonesia sangat jarang sekali profesi ini ditemukan dan jika kamu memiliki keahlian ini, siap-siap untuk jadi bahan rebutan perusahaan yang gajinya sangat menggiurkan. Gimana? masih ragu kuliah dibidang ini?

System Analyst

Merupakan profesi yang melakukan analisis sistem disuatu perusahaan atau instansi yang membantu seorang engineering untuk memecahkan masalah  dan membuat solusi agar alat atau aplikasi tesebut bisa berfungsi dengan baik.

IT Consultant

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebagai lulusan dibidang sistem komputer adalah konsultan dibidang IT. Profesi ini lebih memberikan rekomendasi mengenai sistem aplikasi, tapi tidak menutup kemungkinan untuk sistem pada perangkat keras. Adapun gaji untuk profesi ini cukup tinggi, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar 150 jt pertahunnya.

Intelligent System Developer

Lulusan jurusan sistem komputer sangat berpotensi menjadi profesi yang dianggap penting ini, karena sistem yang akan di kembang tidak main-main, melaikan sistem perangkat lunak atau alat yang bersifat intelejen. Profesi ini dibilang cukup sulit, tetapi gaji atau bayaran yang kamu dapatkan pun cukup banyak, karena tingkat kesulitan berbanding lurus dengan upah yang kamu peroleh.

Namun pada kenyataannya, di dunia kerja kamu tidak harus bergelut dengan bidang IT. Kalau boleh dibilang, tidak jarang lulusan sistem komputer yang kerjanya tidak bersesuaian dengan bidang komputer (misalnya engineering). Alasannya beragam, mulai mengejar karir di BUMN(misalnya perbankan), atau menjadi PNS, memilih untuk gaji yang lebih tinggi meskipun bukan bidang komputer.

Tips Kuliah Sistem Komputer

nanotechnologies
Sumber: freepik.com

Jurusan sistem komputer merupakan salah satu jurusan yang termasuk dalam bidang teknik, dan pada beberapa universitas pun dimasukan kedalam fakultas teknik. Tentu saja jurusan yang merupakan turunan dari teknik elektro ini memang tidak mudah. Tapi dibalik itu kamu bisa melakukan tips berikut ini untuk membantu kamu dalam menjalankan study di jurusan sistem komputer

Belajar Berkerjasama Dengan Tim

Pada perkuliahan di jurusan sistem komputer ini tidak jarang kamu akan diberikan beberpa proyek yang diharuskan membuat alat dengan sebuah kelompok atau tim. Bagusnya kerjasama tiap anggota bisa membawa kamu menyelesaikan suatu proyek dengan sangat baik.

Membiasakan Diri Berfikir Secara Logis dan Sistematis

Karena didalam jurusan ini, banyak mata kuliah yang mengharuskan kamu menganalisis dan berfikir secara logis serta sistematis. Seperti mata kuliah algoritma, basis data, robotika yang mengharuskan kamu berfikir bagaimana caranya agar robot berjalan sesuai perintah yang diberikan, dll.

Belajar Secara Otodidak

Tidak menutup kemungkinan jika dosen hanya memberikan materi secara garis besarnya saja, misalnya saat dosen memberikan materi tentang pemrograman. Dosen hanya akan memberikan dasar-dasarnya saja lalu kalian lah yang harus mengembangkannya. Lalu bagaimana caranya? Kamu bisa belajar secara otodidak dan mecari dari berbagai sumber yang ada.

Disamping itu, secara tidak langsung belajar secara mandiri ini bisa melatih kreativitas kamu lho! Karena melatih kretivitas semasa kuliah, akan membantu kamu berfikir secara kreatif dalam mengerjakan suatu proyek di dunia kerja nanti

Teliti dan Tekun Dalam Mengerjakan Sesuatu

Dalam dunia IT, kamu dituntut agar bisa mengerkajakan sesuatu secara detail dan teliti. Kamu harus mulai terbiasa melatih kejelian mata dan pikiran kamu, karena kamu akan dihadapkan dengan kode program yang amat sangat rumit. Terlebih lagi, kamu harus teliti memasang satu demi satu komponen untuk alat yang kamu bikin. Maka dari itu, kamu harus punya jiwa pantang mundur sebelum alatmu jadi.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Untuk mengakhiri artikel ini, ada sedikit kiat-kiat yang perlu kamu cermati. Memilih kampus ataupun jurusan hanyalah salah satu faktor penentu keberhasilan karena pada akhirnya lebih ke usaha saat kamu kuliah. Maka dari itu kamu harus keluar dari zona nyamanmu dan memberanikan diri untuk lebih berkembang lagi untuk masa depan kamu yang lebih cerah. Jadi, semangat!

Eko Agung Pratama
Eko Agung Pratama
halo! Saya Eko Agung Pratama, Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer Universitas Gunadarma. Hanya manusia biasa yang lahir diantara Mars dan Venus. Kadang puitis kalo lagi meringis. Salam kenal, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...