Home Kampus Mengenal Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Mengenal Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kemajuan ilmu dan teknologi. Nah, untuk mengikuti perkembangan tersebut, sangat banyak kita temui berbagai lembaga pendidikan termasuk Universitas.

Universitas merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tinggi yang mudah ditemui dan diharapkan negara untuk membentuk bakal pemimpin negara.

Tidak hanya itu, universitas juga turut ambil bagian dalam membangun negara dan bangsa, yaitu melalui Tridarma Perguruan Tinggi dimana universitas memberi peran untuk kemajuan bangsa yang berfokus pada pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Nah, salah satu universitas di Indonesia yang memiliki standar dan kualitas yang baik adalah Universitas Syiah Kuala.

Unsyiah patut dijadikan pertimbangan bagi kamu yang ingin kuliah loh. Walaupun letak dan lokasinya jauh dari ibu kota, namun kualitasnya tentu tidak bisa dikesampingkan.

Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk lebih mengenal Universitas Syiah Kuala.

Profil Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala
Unsyiah – Sumber: unsyiah.ac.id

Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah merupakan salah satu universitas atau perguruan tinggi yang berstatus negeri di Indonesia. Universitas yang berlokasi di provinsi paling barat Indonesia ini membuat sebagian orang kurang mengenalinya.

Namun, universitas yang berdiri pada 2 September 1961 ini merupakan universitas berakreditasi A pertama kali yang ada di Sumatera loh.

Unsyiah telah memperoleh Akreditasi A dari BAN PT sejak tahun 2015 hingga sekarang. Bahkan uniknya, Unsyiah juga menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang akreditasinya bisa meloncat pesat dari C ke A.

Tentunya, dengan pencapaiannya seperti itu mengindikasikan bahwa penjaminan mutu Unsyiah sangat bagus dan terus diperbaiki. Kini, banyak universitas di Indonesia yang belajar penjaminan mutu dengan Unsyiah karena prestasinya itu yang membanggakan.

Sebenarnya, ada beberapa universitas berstatus negeri lainnya di Aceh, khususnya Banda Aceh. Namun, Universitas Syiah Kuala yang merupakan universitas tertua di Aceh ini yang disebut-sebut sebagai “Jantông Hatee Rakyat Aceh”. Hal ini dikarenakan, pendiriannya dahulu yang diharapkan menjadi cikal bakal pusat pendidikan di Aceh.

Sebagai jantung hatinya rakyat Aceh, Universitas Syiah Kuala akan mengintegrasikan nilai-nilai regional hingga universal untuk melahirkan sumber daya manusia yang memiliki keselarasan antara IPTEK dan IMTAQ.

Unsyiah terus berbenah dalam proses belajar mengajar, pengembangn riset, pengabdian mastyarakat serta menjamin kuantitas dan kualitas publikasi nasional dan internasional. Tidak bisa diremehkan, Unsyiah memiliki jurnal terindeks Scopus terbanyak di Sumatera dan salah satu terbanyak di Indonesia loh.

Menariknya, banyak yang masih salah mengartikan namanya. Syiah Kuala merupakan sebutan dari seorang ulama besar Abdurrauf Bin Ali Al-jawi As-singkili yang dulu berkontribusi di dunia pendidikan keagamaan di Aceh. Beliau dikenal Syeikh Kuala karena memimpin Dayah setingkat perguruan tinggi di daerah Kuala.

Nah, jasanya itu diwariskan pada perguruan tinggi pertama di Aceh yaitu Unsyiah. Untuk memudahkan pelafalan, maka disebutlah Syiah Kuala. Jadi, jangan takut, Universitas Syiah Kuala benar-benar jauh dari pemahaman salah satu sekte ya.

Lokasi dan Lingkungan Kampus Unsyiah

Universitas Syiah Kuala - Gedung Rektoran Unsyiah
Gedung Rektorat Unsyiah – Sumber: unsyiah.ac.id

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Unsyiah berlokasi pada provinsi paling barat di Indonesia yaitu Aceh. Bangunan Unsyiah kokoh berdiri di Kota Serambi Mekkah, Banda Aceh tepatnya di Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam.

Selain kampus utamanya yang terletak di Kota Banda Aceh, Unsyiah memiliki beberapa Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Unsyiah yang terletak di Kabupaten Gayo Lues , Aceh.

Bahkan saat ini, Unsyiah tengah membangun kampus II yang berlokasi di daerah Aceh Besar diatas tanah seluas 1500 hektar.

Nah, dengan tersebarnya kampus Unsyiah di berbagai wilayah di Aceh, diharapkan Unsyiah bisa turut berbaur dan membangun bangsa Indonesia, khususnya Aceh.

Fasilitas Kampus Jantông Hati Rakyat Aceh

Universitas Syiah Kuala - Perpustakaan
Perpustakaan Unsyiah – Sumber: unsyiah.ac.id

Tentunya dalam meningkatkan mutunya, Unsyiah menyediakan berbagai macam fasiliitas yang bisa digunakan masyarakat kampus hingga masyarakat umum. Apa saja itu?

Perpustakaan

Untuk menambah referensi pembelajaran, Unsyiah menyediakan perpustakan yang terletak di tengah kawasan kamus. Faktanya, perpusatakaan Unsyiah merupakan salah satu perpusatakaan terbaik di Indonesia loh.

Selain telah berakreditasi A sejak 2012 dari Perpus Nasional, Perpusatakaan Unsyiah telah memiliki banyak sertifikasi diantaranya Certificate ISO 9001:2008, ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013 dari TUVReinland.

Tidak hanya sebagai tempat belajar, perpustakaan Unsyiah juga menyediakan ruangan-ruangan yang bisa dimanfaatkan mahasiswa utnuk tempat berdiskusi, rapat hingga seminar.

Pusat Kegiatan Organisasi Mahasiswa

Organisasi merupakan aspek penting yang juga sangat diperhatikan Unsyiah dalam membentuk lulusan yang baik. Sehingga Unsyiah menyediakan gelanggang mahasiswa sebagai pusat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ataupun orgamisasi mahasiswa termasuk Badan Eksekutif Mahasiswa.

Asrama dan Wisma

Selanjutnya, Unsyiah memiliki beberapa asrama mahasiswa untuk mahasiswa yang berasal dari luar kota hingga mahasiswa luar negeri. Tidak hanya itu, Unsyiah memiliki fasilitas berupa wisma yang sangat mudah dijangkau.

Pusat Kesehatan

Unsyiah telah memiliki sebuah Rumah Sakit yang bisa diakses mahasiswa dan umum untuk berobat, Rumah sakit Prince Nayef Unsyiah difungsikan sebagai fasilitas pembelajaran khususnya mahasiswa Kedokteran Unsyiah.

Tidak hanya Rumah Sakit Manusia, Unsyiah memiliki sebuah Rumah Sakit Hewan yang difungsikan sebagai pendidikan mahasiswa kedokteran hewan.

Sementara itu, Unsyiah memiliki Rumah Sakit Gigi Mulut yang digunakan sebagai tahap Profesi Kepaniteraan Klinik untuk mahasiswa Kedokteran Gigi Unsyiah.

Fasilitas Olahraga dan Rileksasi

Untuk merileksasikan mahasiswanya dari perkuliahan, Unsyiah menyediakan pendopo ataupun tempat duduk untuk mahasiswanya yang tersebar di lingkungan kampus.

Di samping itu, Unsyiah menyediakan dua lapangan berumput yang biasanya digunakan mahasiswa untuk mengadakan acara ataupun berolahraga.

Tak sebatas itu, Unsyiah memiliki sport center dan Stadion Mini yang pernah menjadi venue saat opening and closing ceremony pada kegiatan MTQ Nasional Mahasiswa 2019 lalu.

Kantin

Unsyiah menyediakan banyak kantin yang bisa ditemui di beberapa titik di lingkungan kampus unsyiah. Bahkan, sebagai instansi pendidikan yang mendukung untuk tidak menggunakan plastik berlebihan, Unsyiah menyediakan air minum gratis yang diletakkan di berbagai sudut di kampus Unsyiah. Kamu cukup membawa tumbler-mu saja ya.

Masjid

Ada juga Masjid Jami’ Unsyiah yang selain difungsikan sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai pusat kegiatan agama islam di Unsyiah. Misalnya, kantor pusat unit pengembangan program pendamping mata kuliah agama islam (UP3AI) hingga kantor pusat rumah amal Unsyiah.

Ruang Kelas dan Laboratorium

Proses pembelajaran akan semakin nyaman dengan ruangan kelas yang telah dilengkapi dengan AC, meja dan kursi yang nyaman serta peralatan pendukung pengajaran seperti papan tulis hingga proyektor. Tentunya, Unsyiah memiliki berbagai fasilitas laboratorium yang juga mumpuni.

Akses Wifi

Sebagai lembaga yang juga berorientasi pada kemajuan teknologi dan informasi, Unsyiah juga memiliki fasilitas akses Wifi yang tersebar di sudut-sudut kawasan kampusnya.

Pusat Riset

Ada sekitar 26 pusat riset di bawah naungan Unsyiah dan beberapanya telah menjangkau dunia misalnya Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana (Tsunami Disaster Mitigation Research Centre).

Ada juga Atsiri Research Centre yang saat ini sangat berperan dalam penyediaan hand sanitizer dan disinfektan sebagai wujud keterlibatan Unsyiah dalam menghentikan penyebaran covid-19 yang saat ini geger di dunia.

Transportasi

Meski belum dilengkapi dengan transportasi khusus kampus, letak kampus tetap bisa dijangkau dengan mudah karena letaknya yang tidak berjauhan. Nah, untuk mengantisipasi persoalan transortasi ini, tenang, Pemerintah Aceh menyediakan transportasi umum yang dikenal dengan Bus Transkutaraja.

Bus ini memiliki rute khusus yang sengaja dibuat untuk mengangkut mahasiswa dan warga di kawasan kota pelajar mahasiswa (kopelma) Darussalam termasuk Unsyiah. Bahkan ada 3 halte yang bisa ditemui di kawasan Unsyiah loh. Tidak perlu khawatir, bus ini bisa digunakan secara percuma alias gratis.

Beasiswa

Nah, sangat banyak beasiswa yang ditawarkan di Unsyiah. Mulai dari beasiswa pemerintah pusat, pemerintah daerah, instansi diluar Unsyiah atau bahakn beasiswa dari Unsyiah itu sendiri.

Kawasan Rindang

Lokasi Unsyiah yang berada di tengah lingkungan masyarakat, memberikan kesempatan baik mayarakat umum ataupun mahasiswa untuk berbaur. Di sepanjang trotoar yang ada di kawasan kampus Unsyiah akan diteduhi dengan pepohonan sehingga mampu mengatasi cuaca Banda Aceh yang cenderung panas.

Suka Duka Kuliah di Universitas Syiah Kuala

Selain memiliki fasilitas pendukung yang semakin hari semakin baik. Kuliah di Universitas Syiah Kuala akan terasa lebih menyenangkan karena lokasinya yang strategis.

Di luar gerbang Kopelma Darusaalam kamu bisa menemui berbagai macam menu makanan, mulai dari makanan tradisional khas Aceh hingga makanan modern kekinian loh. Terlebih dimalam hari yang akan dipenuhi dengan lampu-lampu dan keramaian.

Bagi kamu yang menyukai wisata alam dan islam, kuliah di Unsyiah perlu menjadi pertimbangan ya. Kota Banda Aceh adalah salah satu wilayah denstinasi alam dan islam favorit di Indonesia loh. Tentunya lokasi Unsyiah dan destinasi wisata yang ada cukup mudah dijangkau.

Fasilitas yang diberikan memang sudah memenuhi kebutuhan mahasisawa, namun Unsyiah tetap harus berbenah untuk terus menjadi kampus terbaik.

Salah satunya adalah transportasi. Walaupun telah disediakan transportasi umum, ternyata transportasi khusus mahasiswa dirasa masih perlu. Memang, walaupun dapat dijangkau dengan mudah menggunakan motor, mahasiswa yang berjalan kaki tetap membutuhkan transoprtasi untuk mempermudahkan mobilitasnya di lingkungan kampus.

Fakultas dan Program Studi yang dinaungi Unsyiah

Nah, saat ini, Universitas Syiah Kuala menaungi sebanyak 12 Fakultas dengan lebih dari 50 program studi. Apa saja itu?

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Hukum

Fakultas Teknik

Fakultas Pertanian

  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Agroteknologi
  • Peternakan
  • Teknik Hasil Pertanian
  • Teknik Pertanian
  • Ilmu Tanah
  • Proteksi Tanaman
  • Kehutanan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
  • Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Bimbingan Konseling
Pendidikan IPA
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Kimia
Pendidikan IPS
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Sejarah
  • Pendidikan Geografi
  • Pendidikan Seni, Drama, Tari, Dan Musik
Pendidikan Bahasa

Fakultas Kedokteran

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Kelautan dan Perikanan

  • Ilmu Kelautan
  • Budidaya Perairan
  • Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

Fakultas Keperawatan

Fakultas Kedokteran Gigi

Kontak

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Universitas Syiah Kuala, kamu bisa mengunjungi website resminya langsung di http://www.unsyiah.ac.id.

Kamu juga bisa langsung menghubungi:

Fadli
Fadli
Having spent 3 years and 16 months in Syiah Kuala University. It takes me to be a bachelor of chemical engineering. I am a big fan of writing as a cup of no coffee is next to me.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...