Home Kampus Mengenal Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan kuliah. Salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan adalah Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Kamu mungkin mengenal Unsoed dengan almet kuningnya yang khasnya itu (bukan kuning seperti kampus Depok, ya…). Lebih lengkapnya, yuk, kita kenali lebih banyak mengenai kampus dan kehidupan mahasiswanya!

Profil Umum

logo Unsoed
Sumber: wikimedia.org

Unsoed terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini berdiri sejak 1963 dengan nama yang diambil dari tidak lain tidak bukan Panglima Besar dan Pahlawan Nasional kita, Jenderal Soedirman. Pada mulanya, Unsoed baru memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangan, dibukalah berbagai fakultas yang hingga saat ini kamu ketahui.

Universitas Jenderal Soedirman atau yang lebih dikenal dengan Unsoed ini adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Jawa Tengah dan termasuk 10 besar PTN terbaik di Indonesia, serta telah terakreditasi A.

Lokasi dan Lingkungan Sekitar Kampus

Unsoed terdiri dari 12 fakultas yang tersebar kedalam beberapa lokasi kampus. FEB dan Fakultas Hukum berada di area kampus pusat (satu area dengan Gedung Rektorat, Kantor Administrasi Pusat, UPT Perpuskaan, dan lain-lain). Kedua fakultas tersebut besama dengan FISIP biasa disebut Kampus Grendeng.

Fakultas Kedokteran Gigi merupakan Kampus Kalibakal, Fakultas Kedokteran merupakan Kampus Berkoh, dan Kampus Blater merupakan lokasi Fakultas Teknik. Sementara fakultas-fakultas lainnya berada satu area dengan GOR, Pusat Kegiatan Mahasiswa, dan RS. Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed sebagai Kampus Karawangkal.

Lingkungan sekitar kampus Unsoed juga sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar karena kondisi geografisnya yang terletak di kaki Gunung Slamet sehingga cenderung sejuk dan jauh dari keramaian kota. Kamu akan dengan mudah berkonsentrasi untuk belajar dan nyaman untuk berkegiatan di kampus karena tidak perlu memikirkan persoalan macet, berjubel di transportasi umum, atau polusi kendaraan sebagaimana di kota-kota metropolitan.

Namun demikian, karena Purwokerto sendiri merupakan kota kecil, maka fasilitas dan akses kotanyapun tidak bisa disamakan dengan kota besar. Jadi, untuk kamu yang berasal dari kota besar, jangan kaget, ya! Hiburan-hiburan yang biasa kamu temukan di kota besar belum tentu dapat dengan mudah kamu temukan di sini. Tapi tenang saja, masih banyak pilihan kamu untuk refreshing, kok.

Jangan lupa, Kabupaten Banyumas terkenal dengan wisata alamnya, mulai dari pantai, gunung, hutan, dan tidak terlupa wisata kuliner! Tidak hanya kuliner khas daerah, kamu juga bisa menemukan banyak sekali warung nasi rames dan burjo yang murah dan terjangkau di sekitar daerah kampus.

Biaya hidup di Purwokerto tergolong murah dan cocok untuk mahasiswa. Warung kopi atau cafe juga tersedia berderet-deret. Jadi jangan khawatir dengan supply kafeinmu selama kuliah, ya!

Transportasi Unsoed

Unsoed sendiri tidak menyediakan transportasi khusus mahasiswa seperti bus kampus, namun demikian akses untuk mencapai berbagai gedung pusat dan gedung perkuliahan relatif mudah dicapai dengan kendaraan bermotor. Udara Purwokerto yang sejuk juga cocok untuk berjalan kaki atau bersepeda ke kampus, kok!

Suka Duka Menjadi Mahasiswa Unsoed

mengenal unsoed class="wp-caption-text">Sumber: unsoed.ac.id