Home Kampus Mengenal Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Mengenal Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Universitas Universitas Negeri Semarang (disingkat Unnes) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Unnes adalah salah satu perguruan tinggi yang berganti status dari IKIP menjadi Universitas.

Menurut data 41CU UniRank yang merupakan suatu search engine yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi disuruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara, Universitas Negeri Semarang (Unnes) berada pada peringkat 10 untuk wilayah Indonesia pada 2020 dan menduduki peringkat 175 sebagai Universitas terbaik di Asia vesri 4ICU.

Pemeringkatan ini menjadi bukti pengakuan dunia Internasional terhadap kualitas pendidikan di Universitas Negeri Semarang. Yuk mari kita mengenal lebih jauh lagi tentang Unnes!

Profil

unnes
sumber: Unnes.ac.id

Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disingkat Unnes adalah universitas yang memiliki visi menjadi Universitas Berwawasan Konvervasi dan Bereputasi Internasional.

Visi berwawasan konservasi diterapkan dalam prinsip tri dharma perguruan tinggi dengan maksud bahwa cara pandang, sikap dan perilaku yang berorientasi pada nilai-nilai konservasi (pemeliharaan, pelestarian, penjagaan, pengawetan, dan pengembangan) sumber daya alam dan nilai-nilai sosial budaya.

Sedangkan bereputasi internasional memiliki makna bahwa Universitas Negeri Semarang diharapkan memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi pada tingkat internasional.

Berdiri pada tahun 1965 di Kota Semarang, dahulu Unnes dikenal dengan nama IKIP Negeri Semarang. Dan setelah diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang bersamaan dirubahnya IKIP Bandung dan Medan menjadi Universitas.

Sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, Unnes bertekad dalam mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradapan yang unggul demi kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat dunia.

Untuk mewujudkan tekadnya, Unnes menyelenggarakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

gedung unnes
sumber : Unnes.ac.id

Sesuai namanya Universitas Negeri Semarang  terletak di Semarang lebih tepatnya di Jl. Raya Sekaran, Kel. Sekaran, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Universitas Negeri Semarang terletak dikawasan Kecamatan Gunungpati yang berada disebelah selatan dari wilayah Pusat Kota Semarang. Dan dapat dicapai pada jarak kurang dari 8 kilometer dari pusat kota.

Selain kampus utama, Unnes juga memiliki kampus di daerah Ngaliyan (Semarang) yang merupakan kampus khusus prodi PGSD dan diperuntukkan untuk mahasiswa PGSD yang berasal dari wilayah Jawa Tengah bagian timur, Kampus program pascasarjana di Bandan Ngisor (Semarang) dan Kampus PGSD Tegal di Kemandungan, Tegal yang diperuntukkan untuk mahasiswa prodi PGSD yang berasal dari wilayah Jawa Tengah bagian barat.

Kampus utama Unnes di daerah Sekaran memiliki luas lahan secara ke-seluruhan 62.492 Ha, dengan bangunan sejumlah 133 Gedung. Disinilah pusat lokasi perkuliahan untuk jenjang D3 dan S1 dilaksanakan kecuali untuk program studi PGSD.

Fasilitas

Rumah Ilmu
Sumber : Wandah.org

Rumah Ilmu

Pada tahun 2019, Universitas Negeri Semarang  mempunyai gedung baru untuk mengganti perpustakaan pusatnya yang diberi nama Rumah Ilmu. Selain seperti perpustakaan pada umumnya yang menyediakan buku-buku, Rumah Ilmu memiliki prinsip  sebagai rumah pengetahuan yang terbuka yang tidak hanya berorientasi pada akademik, menjaga jalinan ilmu dengan realitas nasional yang relevan, serta membangun prinsip partisipasi dan bukan dari kontrol mutlak yang mendominasi.

Adanya rumah ilmu diharapkan wisudawan memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas, mampu berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa Indonesia dan dapat mengatasi tantangan-tantangan pada tingkat regional, nasional serta internasional.

Perpustakaan Fakultas

Tidak hanya perpustakaan pusat atau Rumah Ilmu, pada setiap Fakultas di Universitas Negeri Semarang juga disediakan Perpustakan Fakultas yang dapat menunjang dalam proses belajar mahasiswa.

Perpustakaan Fakultas lebih berisi pada buku-buku yang menjurus tentang program studi di setiap fakultas. Kamu juga dapat menemukan kumpulan skripsi, tesis, ataupun kumpulan artikel-artikel ilmiah yang diterbitkan oleh setiap jurusan yang ada di fakultas tersebut.

Masjid dan Mushola

Dikarenakan mayoritas dari mahasiswa beragama islam maka tidak mengherankan dengan adanya mushola di tiap fakultas yang ada di Universitas Negeri Semarang untuk ditujukan menunjang urusan ibadah setiap mahasiswa.

Universitas Negeri Semarang juga memiliki masjid utama di lingkungan kampus yang bernama Masjid Ulul Abab (MUA). Disinilah biasanya diadakan kegiatan-kegiatan kampus yang bernuansa keagamaan.

Laboratorium

Untuk menunjang terlaksanakannya pendidikan dengan baik, Universitas Negeri Semarang juga memfasilitas laboratorium di setiap masing-masing jurusan. Setiap laboratorium dilengkapi dengan berbagai macam alat dan bahan yang digunakan untuk kegiatan praktikum sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sarana Kesehatan

Untuk bidang kesehatan, Universitas Negeri Semarang juga mempunyai Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes) yang memberikan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau. Selain Puslakes di sekitar kampus juga terdapat puskesmas, klinik dan beberapa praktik dokter yang dapat menjadi alternatif mahasiswa dalam bidang kesehatan.

Sarana Olahraga

Adanya Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) menjadikan Universitas Negeri Semarang memiliki banyak sekali fasilitas olah raga yang ditawarkan. Tidak hanya diperuntukkan untuk mahasiswa pada fakultas tersebut, fakultas di luar FIK dan juga masyarakat umum juga dapat menikmatinya. Mulai dari lapangan atletik sintetis, sepak bola, tenis, basket, voli, mini golf, badminton, jogging track, panjat tebing, softball/baseball hingga kolam renang yang bisa kamu gunakan.

Jaringan Internet

Kamu tidak usah kawatir boros kuota untuk mengerjakan tugas kuliah. Karena di setiap wilayah kampus Unnes, kamu dapat mengakses hotspot dengan mudah dan nyaman. Kamu hanya perlu log in menggunakan username dan password yang sama pada saat masuk kedalam sistem akademik Unnes.

Asrama Mahasiswa

Universitas Negeri Semarang juga menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berasal dari luar kota Semarang. Biaya yang dikenakan setiap bulannya sangat terjangkau dan juga memiliki beberapa program pelatihan. Ada tiga bangunan yang disediakan, asrama khusus putra di Sekaran, asrama putri di Kalisegoro dan asrama putra putri di daerah Ngaliyan.

Pusat Kegiatan Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa

Gedung PKM dan UKM Unnes adalah pusat kegiatan mahasiswa Unnes dilaksanakan. Mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa maupun berbagai UKM yang ada di Unnes. Unnes sendiri membagi UKM menjadi tiga macam, yakitu UKM sastra dan seni, UKM olahraga, dan UKM minat.

UKM sastra dan Seni sendiri memiliki beberapa kelompok meliputi, rebana, seni tari, karawitan, wayang, marching band, paduan suara, teater, dan kegiatan seni lainnya yang dapat kamu ikuti.

Baca juga: Mengenal Universitas Negeri Malang

Sedangkan untuk UKM olahraga kamu bisa menemukan kelompok catur, tenis lapangan, tenis meja, renang, taekondo, karate, hoki, voli, basket, softball, dan atletik.

Untuk UKM minat beberapa kelompok yang bisa kamu ikuti yaitu, pramuka, Resimen Mahasiswa, KSR-PMI (Korps Sukarela- Palang Merah Indonesia), Mahapala (Mahasiswa Pecinta Alam), dan Gerhana (Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba).

Suka dan Duka Kuliah di Unnes

tugu sutra unnes
sumber : Unnes.ac.id

Suka

Banyak sekali suka dibanding duka yang saya dapatkan selama di Unnes. Hal inilah yang menjadikan saya merindukan masa-masa perkuliahan. Mulai dari lingkungan perkuliahan yang membuat nyaman, hingga fasilitas-fasilitas yang saya dapatkan selama perkuliahan di salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi.

Mengusung konsep konservasi menjadikan Unnes memiliki area kampus yang hijau dan asri, yang menjadikan suasana kampus begitu menyegarkan. Kamu juga bisa menikmati jogging di sekitaran rektorat yang memiliki pepohonan yang rindang dan begitu tenang.

Unnes juga memiliki dosen-dosen yang kompeten di bidangnya. Dosen yang cenderung tidak kaku dan santai selama perkuliahan membuat kelas terasa tidak membosankan dan asik untuk diikuti. Karyawan kampus yang ramah dan friendly juga menjadikan mahasiswa mudah dalam mengurus keperluan akademiknya.

Kampus Unnes yang terletak di dataran tinggi di Sekaran, Gunungpati yang cenderung jauh dari pusat kota juga menjadikan harga kos dan makanan cukup murah dibandingkan kampus lainnya yang terletak di pusat kota Semarang. Hal inilah yang juga sering di cari para mahasiswa yang berasal dari luar Semarang.

Duka

Duka selama perkuliahan di Unnes adalah kurangnya jumlah buku yang tidak sebanding dengan jumlah mahasiswanya. Banyaknya literatur yang dibutuhkan pada saat perkuliahan tidak serta merta membuat mahasiswa sanggup untuk membeli semuanya, terkadang buku-buku yang ada di perpustakaan sering kali kosong karena jumlah yang terbatas. Namun, duka selama perkuliahan tidak terasa memberatkan selama kita menikmati proses perkuliahan dengan dengan sungguh-sungguh dan senang hati.

Fakultas dan Program Studi

fe unnes
Sumber: fe.unnes.ac.id

Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas Bahasa dan Seni

  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Sastra Inggris
  • Pendidikan Bahasa Perancis
  • Sastra Perancis
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Pendidikan Bahasa Jepang
  • Pendidikan Bahasa Mandarin
  • Pendidikan Seni Rupa
  • Seni Rupa
  • Seni Rupa Konsentrasi Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Pendidikan Seni Musik
  • Pendidikan Seni Tari
  • Pendidikan Bahasa Jawa
  • Sastra Jawa

Fakultas Ilmu Sosial

  • Ilmu Politik
  • Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  • Pendidikan PKn
  • Survey dan Pemetaan Wilayah
  • Geografi
  • Pendidikan Geografi
  • Ilmu Sejarah
  • Pendidikan Sejarah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Teknik Informatika
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Biologi
  • Pendidikan Biologi
  • Kimia
  • Pendidikan Kimia
  • Fisika
  • Pendidikan Fisika
  • Statistika Terapan dan Komputasi
  • Matematika
  • Pendidikan Matematika

Fakultas Teknik

  • Prodi PKK
  • Pendidikan Tata Boga
  • Pendidikan Teknik Otomotif
  • Teknik Kimia
  • Pendidikan Tata Kecantikan
  • Pendidikan Tata Busana
  • Teknik Elektro
  • Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
  • Pendidikan Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Pendidikan Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Arsitektur
  • Pendidikan Teknik Bangunan

Fakultas Ilmu Keolahragaan

  • Pendidikan Guru PJSD
  • Kesehatan Masyarakat
  • Pendidikan Kepelatihan Olah Raga
  • Ilmu Keolahragaan
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Fakultas Ekonomi

Fakultas Hukum

Pascasarjana

  • Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
  • Kerikulum dan Teknologi Pembelajaran (S2)
  • Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (Sendratasik) (S2)
  • Pendidikan Dasar (S2)
  • Pendidikan Olahraga (S2)
  • Pendidikan Matematika (S2)
  • IPA (S2)
  • Pendidikan IPS (S2)
  • Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
  • Pendidikan Bahasa Indonesia (S2)
  • Bimbingan Konseling (S2)
  • Manajemen Pendidikan (S2)
  • Pendidikan Ekonomi (S2)
  • Pendidikan Kejuruan (S2)
  • Pendidikan Luar Sekolah (S2)
  • Pendidikan Fisika (S2)
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2)
  • Ilmu Ekonomi (S2)
  • Manajemen Kependidikan (S3)
  • Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris (S3)
  • Ilmu pendidikan Bahasa Indonesia (S3)
  • Pendidikan Olahraga (S3)
  • Pendidikan Seni (S3)
  • Bimbingan Konseling (S3)
  • Pendidikan IPS (S3)
  • Pendidikan Matematika (S3)
  • Pendidikan IPA (S3)

Baca juga: Mengenal Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kontak

Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang
Telp : (024) 8508093
Webiste: unnes.ac.id
Email : humas@mail.unnes.ac.id

Vida
Vida
Saya Vida Chusnia Chaq, seorang lulusan Akuntansi tahun 2019 di Universitas Negeri Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...