Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Teknologi Pendidikan

Mengenal Apa Itu Jurusan Teknologi Pendidikan

Mau lanjut kuliah tapi masih bingung cari jurusan kuliah yang cocok? Terus punya passion juga di dunia pendidikan? Mungkin kamu perlu tahu deh tentang satu jurusan yang bisa dibilang unik ini. Yup Jurusan Teknologi Pendidikan. Mungkin terdengar asing ya, tapi tidak ada salahnya loh kita kenali lebih dalam tentang jurusan ini

Sebelum kita mempelajari keistimewaan jurusan Teknologi Pendidikan, mungkin kamu mengira jurusan pendidikan itu selalu menjadi seorang pengajar. Tidak salah sih persepsi seperti itu ada, namun tidak semua jurusan pendidikan itu menjadi seorang guru, salah satunya jurusan Teknologi pendidikan ini.

Ada apa dengan teknologi dan pendidikan? Teknologi dalam arti paling dasar merupakan segala cara untuk membantu memecahakan masalah dalam kehidupan. Pun begitu juga dalam dunia pendidikan yang tak penah lepas dari masalah, disinilah peran seorang lulusan Teknologi Pendidikan berperan untuk menjadi seorang Inovator dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Nah bagaimana? Kamu mulai tertarik untuk mengenali jurusan ini? Yuk kita simak pembahasan tentang jurusan ini lebih lengkap lagi.

Apa itu Jurusan Teknologi Pendidikan?

Jurusan Teknologi Pendidikan
Sumber : digitallearning.eletsonline.com

Jurusan Teknologi Pendidikan adalah rumpun bidang ilmu pendidikan yang mempelajari tentang permasalahan dalam belajar. Masalah yang dipelajari dalam lingkup dunia Teknologi Pendidikan secara menyeluruh, mulai dari permasalahan belajar yang dialami individu maupun sistem secara menyeluruh yang kita kenal dengan pendidikan.

Dengan berfokus pada pengembangan kurikulum serta membawa peran pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi fokus utama dari jurusan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta memecahkan masalah yang ada saat ini. Bidang Teknologi Pendidikan mencakup desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi.

Jadi di jurusan ini kita dituntut untuk kreatif dalam memberikan inovasi dalam pendidikan, bisa melalui kurikulum, sumber berlajar ataupun metode pembelajaran yang menyenangkan dan efisien. Bagaimana? Sudah cukup jelas kan?

Seperti Apa Kuliah Jurusan Teknologi Pendidikan?

Mahasiswa yang masuk di jurusan ini latar belakangnya beranekaragam. Mulai dari yang berlatar belakang sekolah kejuruan, sekolah umum ataupun sekolah keagamaan. Kamu tentunya tidak usah takut, karena kurikulum di jurusan ini memang dirancang sebagaimana mestinya untuk mahasiswa bisa belajar dengan baik dan terstruktur, baik yang awam dengan teknologi maupun yang sudah berkecimpung di bidang ilmu yang berhubungan dengan teknologi.

Nah diawal perkuliahan ini biasanya mahasiswa mendapatkan matakuliah umum yang diberikan oleh Universitas seperti mata kuliah keagamaan, penulisan ilmiah ataupun kewarganegaraan. Serta mendapat matakuliah dasar tentang konsep pendidikan serta beberapa kuliah tentang teknologi untuk mengasah skill.

Kuliah tentang keahlian juga penting loh dijurusan ini, soalnya kamu bakalan membuat produk-produk yang keren nantinya untuk digunakan di proses pembelajaran.

Seperti apa kuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan
Sumber : pixabay.com

Di jurusan ini ada 2 jenis mata kuliah, yaitu mata kuliah teori yang berisikan tentang pemahaman teori serta konsep dan mata kuliah keahlian yang mengasah skill kamu nantinya.

Mata kulaih yang pertama tentang konsep serta teori. Dalam mata kuliah ini kamu bakalan di kenalkan mulai dari awal tentang teknologi pendidikan seperti apa. Mata kuliah dasar tentang pendidikan pun bakalan didapatkan untuk memperkuat dasar pemahaman tentang pendidikan, seperti filsafat pendidikan, teori belajar, media pembelajaran dan masih banyak lainya.

Mata kuliah yang kedua tentang keahlian, nah disini nih menyenangkanya jurusan ini. Dalam mata kuliah keahlian kamu bakalan lebih banyak praktikum dan berexperimen dengan kreatifitasmu. Mata kuliah ini mengasah ketrampilan dalam berbagai hal, terutama yang berhubungan dengan teknologi yaa, matakuliah seperti fotografi, cinematografi, media pembelajaran 3 dimensi serta multimedia menjadi teman kamu sehari-hari.

Pembelajaranya juga tidak hanya di kelas loh, juga memanfaatkan laboratorium computer, studio atau bahkan diluar kampus untuk sekedar hunting foto untuk tugas. Selain aktivitas akademik, kamu nantinya juga bisa bergabung dengan komunitas ataupun organisasi loh. Tentunya yang berhubungan dengan perkuliahan ya. Seperti kegiatan komunitas film, fotografi, kepenulisan juga ada kalau kamu berminat.

Disiplin ilmu mengajarkanmu banyak hal yang sangat penting di dunia pendidikan. Pengembangan kurikulum, mengenal dan memahami konsep belajar secara menyeluruh, evaluasi, belajar mengelola pelatihan, membuat media pembelajaran yang berkualitas, website pendidikan, pembuatan video dan juga foto yang berhubungan dengan dunia pendidikan serta tak sedikit pembuatan game ataupun software yang menunjang proses pendidikan dan pengajaran.

Kamu dituntut untuk berfikir kreatif dalam pemecahan segala masalah yang ada di lingkup pendidikan. Tentu semua itu sudah di atur jurusan melalui kurikulum ya, jadi kamu tidak akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas. Karena mata kuliah yang disusun secara keseluruhan berkesinambungan dari yang paling dasar hingga nantinya kamu membuat produk.

Alasan Kuliah Jurusan Teknologi Pendidikan

Kalau kita bicara kenapa harus kuliah di jurusan Teknologi Pendidikan, maka tentu alasanya banyak sekali. Kamu penasaran? Yuk kita bahas satu-satu untuk lebih tahu lagi tentang Jurusan ini,

Pendidikan Adalah Kebutuhan Dasar Manusia

Kalau bicara tentang pendidikan, kita juga bicara tentang kebutuhan dasar seorang individu. Hal ini karena pendidikan adalah bagian dari individu itu sendiri. Tentunya kita tidak pernah lepas dari kata belajar, baik itu yang dilakukan formal maupun informal.

Dengan kuliah di jurusan ini kita memahami bagaimana konsep belajar secara harfiah dan juga mampu melihat bagaimana proses belajar secara utuh. Sebagai seorang yang belajar tentang dunia pendidikan secara menyeluruh melalui Teknologi pendidikan, kamu mampu masuk dan berperan dalam segala hal dan mampu memberikan kontribusi yang bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik di kehidupan.

Teknologi Merupakan Hal yang Penting

Konsep dasar teknologi adalah mempermudah segalala sesuatu. Permasalahan dalam pendidikan sangatlah kompleks. Teknologi pula dibutuhkan disetiap unsur kehidupan. Dengan beranekaragam masalah yang muncul dalam dunia pendidikan, peranan kamu untuk membantu pemecahan masalahnya menjadi sangat penting di dunia pendidikan.

Apalagi era seperti sekarang, pendidikan yang semakin modern yang mulai di adopsi dalam dunia pendidikan. Maka penting sekali institusi atau lembaga untuk memiliki seseorang yang mampu mempergunakan teknologi secara baik untuk kepentingan di dunia pendidikan.

Belajar Sepanjang Hayat

Menyenangkan bukan kamu bisa belajar sepanjang hayat, yup tentu saja konsep ini kamu alami di Teknologi Pendidikan. Belajar dengan hal hal baru secara terus menerus bakal kamu alami.

Dunia pendidikan yang terus berkembang secara dinamis sesua kebutuhan, serta perkembangan teknologi yang pesat dan tidak pernah berhenti menuntut kamu untuk belajar terus tentang pendidikan dan teknologi itu sendiri.

Mengasah Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif

Kamu menjadi seorang kreatif loh nantinya. Bagaimana tidak di jurusan ini kamu di tuntut untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif. Dengan beberapa mata kuliah yang membutuhkan pemahaman yang lebih detail tentang sebuah trend di dunia pendidikan, masalah yang selalu muncul akan kamu temui sehari-hari saat kuliah.

Selain itu juga matakuliah yang basisnya ketrampilan yang menghasilkan produk dan membuat kamu kreatif dengan menciptakan produk pembelajaran yang menarik dan berbeda dengan teman-temanmu nantinya.

Critical Thinking
Sumber: steemkr.com

Prospek Kerja Menjanjikan

Kembali lagi tujuan kamu untuk kuliah. Memperoleh sill dan memperdalam keilmuan yang kita mau untuk mendapatkan pekerjaan. Tak usah ragu untuk nantinya setelah lulus dari Teknlogi pendidikan, karena lulusanya sangat beragam dan bisa menempatkan diri di instansi pemerintahan atau swasta, atau bahkan menjadi seorang entrepreneur dalam dunia pendidikan.

Dibutuhkan Disemua Instansi

Hampir semua lembaga pemerintahan maupun swasta membutuhkan seorang Teknologi Pembelajaran. Kamu bisa ditempatkan di instansi pemerintahan atau swasta sebagi seoarang yang menangani pendidikan ataupun pelatihan. Karena stiap instasnsi atau perusahaan memiliki sub bidang pendidikan atau pelatihan yang pastinya sangat penting dan berperan untuk kemajuan instansi tersebut.

Seorang Innovator yang Handal

Kamu ditempa menjadi seorang innovator. Membuat terobosan dalam segala hal dengan ilmu yang kamu pelajari di jurusan Teknologi Pendidikan. Dengan mamadukan cara berfikir kamu yang kreatif, kajian dan pemahamanmu tentang pendidikan yang menyeluruh serta kemampuan di bidang teknologi yang sangat berguna di era seperti sekarang ini, kamu mampu menghasilkan sesuatu yang baru dan sangat bermanfaat.

Serba Bisa

Kamu akan serba bisa loh di jurusan ini. Kamu bisa menjadi seorang ahli di bidang pendidikan yang paham tentang teori dan praktik. Tentu mengembangkan sebuah kurikulum secara utuh bukan masalah untukmu.

Membuat bahan ajar baik digital ataupun non digital, pengembangan web, database, membuat aplikasi pembelajaran, pemrograman, bahlan skil seperti fotografi, desain grafis, dan video grafi bakalan kamu peroleh disini.

Apa yang Dipelajari?

Lanjut lagi untuk membahas apasaja yang dipelajari apabila kamu belajar di jurusan Teknologi Pendidikan. Tentu secara garis besar kita akan belajar tentang teori pendidikan dan praktiknya. Serta permasalaha yang muncul di dalam dunia pendidikan.

Selain itu juga kita belajar tentang teknologi dari berbagai bidang untuk memecahkan masalah serta mebuat produk yang bermanfaat di dunia pendidikan. Setiap kampus memiliki mata kuliah yang berbeda berikut ini rangkuman matakuliah dasar yang secara umum dimiliki oleh teknologi pendidikan seluruh Universitas di Indonesia.

Kamu mempelajari konsep dasar pendidikan. Beberpa bahasan yang akan kamu dapatkan adalah tentang Dasar Teknologi Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Teori Belajar, Pembelajaran, dan Pengembangan Kurikulum.

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen

Mengenal teori pendidikan dan pemahaman dasar pada perkuliahan awal menjadi fokus. Selain tentang teori dasar pendidikan nantinya belajar lebih spesifik tentang teori pendidikan tersebut. Matakuliah lanjutan seperti Media Pembelajaran 3 dimensi dan 2 Dimensi, Difusu Inovasi Pendidikan, Manajemen pelatihan.

Oh iya dalam hal ini kita tetap menerapkan bidang teknologi pendidikan yang sudah kamu baca di awal ya, ada mengenai desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi. Kalian juga dibekali dengan kemampuan pengembangan e-learning juga loh.

Apa yang Dipelajari Jurusan Teknologi Pendidikan?
Sumber: pixabay.com

Selain tentang toeri pendidikan dan pelatihan kamu memperoleh beberapa matakuliah keahlian. Matakuliah keahlian lainya yang kamu pelajari adalah Pemrograman, baik itu visual, pemrograman web ataupun lainya. Teknologi jaringan, Fotografi, Multimedia atau bahkan nanti mendapat matakuliah seperti Jurnalistik dan Cinematografi.

Bagaimana? Menarik bukan. Itu adalah rangkuman matakuliah yang dipelajari di jurusan teknologi pendidikan yang sama dan dimiliki oleh universitas di Indonesia. Masih banyak sebenarnya matakuliah lainya, namun penamaan pada setiap universitas berbeda tergantung rumusan kurikulum masing-masing. Pada semester pertengahan nantinya juga bakalan ada penjurusan sesuai minat kamu. Peminatanpun juga berbeda berdasarkan kurikulum juga.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan

Mari kita lihat bagimana lulusannya

di dunia kerja. Sangat banyak sekali, karena seperti dijelaskan di awal, pendidikan adalah aspek dasar dalam kehidupan. Setiap perusahaan dan lembagap pemerintahan tentunya membutuhkan lulusan Teknologi Pendidikan.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan
Sumber : pixabay.com

Pengembang Kurikulum

Dilembaga pendidikan ataupun pemerintahan tentun membutuhkan lulusan Teknologi pendidikan. Dalam mengembangkan kurikulum, Teknologi Pendidikan ahlinya. Mulai dengan tahap desain, implementasi hingga evaluasi dipahami secara menyeluruh

Selain itu juga kurikulum adalaha hal dasar dalam dunia pendidikan. Jika kita lihat lembaga pendidikan di Indonesia sangatlah banyak, disinilah peluangmu untuk bisa terjun di Pendidikan terutama bagian Kurikulum.

Pengembang Media Pembelajaran

Pengembang media merupakan posisi yang cukup menjanjikan di dunia kerja. Kamu menjadi seorang yang akan menghasilkan media dan bahan ajar yang akan digunakan, baik itu disekolah maupun di lembaga pelatihan.

Staf Teknologi Pendidikan

Staf juga terdapat di sekolah, baik itu di pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi. Penamaan dan penempatanya bermacam-macam tergantung instansi masing-masing. Tugasnya bisa mengelola pembelajaran, mengelola website, menangani fasilitas, ataupun bagian pengembangan program.

Pelatihan dan Pengembang Pendidikan

Dalam prospek pekerjaan ini tentunya sudah sangat spesifik. Banyak sekali lembaga pelatihan yang ada sekarang ini. Baik itu dipemerintahan ataupun swasta. Sebut saja Pusdiklat setiap kementrian, P4TK, serta masih banyak lembaga Pelatihan dari Swasta yang menjanjikan.

Guru Matapelajaran Keahlian

Kamu juga bisa mengajar loh. Menjadi guru untuk mata pelajaran Keahlian seperti prakarya dan TIK di SMA. Atau kalaian juga mengajar di SMK jurusan seperti Multimedia, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknologi Jaringan.

Dosen dan Peneliti

Apabila kalian memiliki passion untuk mengajar dan meneliti kalian juga bisa menjadi dosen. Melanjutkan kuliah ke jenjang Magister untuk memperoleh pekerjaan ini. Meneliti juga merupakan kegiatan yang produktif. Siapa tahu nanti karyamu mampu berperan dan berguna untuk kepentingan banyak orang di dunia pendidikan.

Wirausaha

Kamu juga bisa menjadi seorang wirausaha. Khususnya wirausaha di bidang pendidikan ya. Dengan ide kreatif, kamu mampu membuat produk maupun jasa untuk di pasarkan dan digunakan untuk kepentingan pendidikan.

Startup Edutech

Era saat ini tentunya kalian tak asing dengan istilah Startup. Yup benar sekali perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi. Dalam dunia ini cukup menjanjikan karena skala yang didapatkan apabila startup yang kalian rintis bisa berkembang secara cepat, khususnya startup pendidikan. Kamu juga bisa menempati beberapa posisi penting dalam perusahaan yang berbasis teknologi ini.

Tips Kuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan

Tips Kuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan
Sumber : sandler.com

Buat kamu yang memiliki keinginan untuk berkuliah di jurusan Tekologi pendidikan, ada beberapa tips untuk menunjang perkuliahanmu nantinya. Yuk simak beberapa tips berikut

Sering Membaca Buku Pendidikan

Tips pertama ini penting untuk kalian simak, yaitu seringlah membaca buku. Pendidikan merupakan bahasan yang cukup luas. Banyak teori yang membahas pendidikan dari sudut pandang. Dengan kamu sering membaca buku maka kamu akan paham tentang banyak sudut pandang tentang pendidikan. Maka ketika dosen menjelaskan kalian akan menerima konsep itu dengan mudah.

Latih Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif

Dalam perkuliahan nantinya kamu dihadapkan dengan banyak problem, terutama yang berhubungan dengan tugas. Setiap tugas biasanya memiliki keunikan masing-masing. Bahkan tugas matakuliah ketrampilan dan menghasilkan produk yang beraneka ragam.

Tentunya untuk mencetuskan sebuah produk kamu tidak bisa sembarangan. Harus ada kajian tentang masalah serta produk tersebut original dari kalian, dan tentunya mampu menyelesaikan problem dengan berlandaskan teori.

Seringlah melatih kemampuan berfikir kalian melalui banyak hal, seperti berdiskusi tentang trend problem sekaran, emngikuti lomba inovasi pendidikan ataupun karya tulis ilmiah, atau dengan mengikuti program kreatifitas mahasiswa melalui bimbingan.

Cari Pengalaman Melalui Magang

Kalian juga perlu untuk mencari pengalaman. Bisa dilakukan dengan mengikuti organisasi yang menunjang skill kalian, ataupun dengan magang. Hal ini sangat efektif karena dengan pemahaman teori yang kamu peroleh dari perkuliahan untuk ditetapkan di dunia kerja secara nyata. Maka aka nada gambaran secara langsung dari teori yang kalian pelajari. Selain itu kalian juga menghadapi masalah secara real dan nyata.

Atur Waktu Belajar

Tentunya time management menjadi hal yang penting dalam perkuliahan ini. Kamu bertemu dengan banyak perkuliahan, tugas yang berupa karya tulis, tugas produk serta laporan praktikum dari beberapa mata kuliah. Aturlah waktu sehingga tidak berantakan. Apabila satu berantakan maka kemungkinan berantakan pula dan berimbas ke tugas lainya yang akan telat. Jangan samapi kejadian ya

Teamwork

Tidak jarang beberapa tugas menuntutmu untuk bekerja dalam kelompok. Berusahalah berperan aktif dan memberikan masukan ide kalian dalam kelompok. Jangan menmentingkan kepentingan individu ya, karena kepentingan kelompok diatas semuanya untuk menyelesaikan tugas bersama.

Selain itu pembagian tugas sangat efektif disini. Beberapa temanmu juga perlu bantuan, begitupun nantinya kamu butuh temanmu dalam beberapa kemampuan yang masih kurang kamu pahami.

Asah Skill Individu

Mengasah skill individu juga penting loh, terutama untuk matakuliah keterampilan. Sering-seringlah untuk berlatih kemampuan penggunaan software tertentu. Seperti desain, foto, editing video, pemrograman web dan visual, serta ketrampilan dalam hal computer.

Baca juga: Mengenal Jurusan Psikologi

Tidak usah terburu-buru, karena seiring berjalanya waktu kalian juga mempelajarinya di perkuliahan. Namun peningktan skill diluar perkuliahan sangat membantumu dalam mengerjakan tugas-tugas produk yang diberikan. Jangan lupa skill kepenulisan juga perlu di asah.

Ismi
Ismi
Saya adalah alumni Jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Teknologi Pendidikan adalah prodi pendidikan non keguruan. Jurusan ini berfokus pada pengembangan kurikulum pendidikan/ pelatihan dan menghasilkan karya akademik seperti media pembelajaran yang dibutuhkan guru dalam menunjang kegiatan pembelajarannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...

13 Suku di Pulau Sulawesi Serta Penjelasannya

Sulawesi menjadi pulau besar di Indonesia yang bentuknya begitu unik. Seolah seperti huruf "K", dan di dekatnya bertebaran pulau - pulau kecil. Selain keunikan...

12 Suku di Pulau Kalimantan Serta Penjelasannya

Kalimantan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian wilayahnya juga ditempati oleh negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam. Yang mana kedua...

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada...