Home Kampus Mengenal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Mengenal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Sudah pernah dengar Kampus Perjuangan ITS dong pastinya? Institut Teknologi Surabaya? Eits. Bukan loh ya!!! Yang benar adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Yap! Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau sering dikenal dengan Kampus Perjuangan ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

Bahkan, di tahun 2020 ini, ITS masuk dalam jajaran 200 Universitas Terbaik Asia Pasifik. Keren kan?. Karena sudah masuk dalam jajaran tersebut, ITS bisa sejajar dengan berbagai perguruan tinggi di dunia yang juga memiliki reputasi global. Sebagai kampus dengan akreditas A, ITS memiliki banyak mahasiswa yang berasal dari Sabang hingga Merauke.

Selalu ada yang menarik di kampus perjuangan. Karena ITS, lebih dari sekedar tempat belajar. Bagi kamu yang ingin tahu tentang ITS lebih lanjut, yuk simak tulisan ini!

Profil Umum

Lambang ITS
Sumber : its.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan perguruan tinggi negeri unggulan bidang sains dan teknologi di Indonesia.Tahun 2019, ITS menduduki peringkat 4 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dan dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terbaik (peringkat 1) dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran. ITS juga menerima Penghargaan Widyapadi (peringkat 3) sebagai Perguruan Tinggi terinovasi dan Penghargaan SINTA untuk kategori publikasi terbanyak.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sering dikaitkan dengan sejarah perjuangan Republik Indonesia. Pendirian ITS dipelopori oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia sejak tahun 1957. Untuk mempertahankan sejarah pemberian nama awal, kata “Nopember” dalam kepanjangan ITS tidak diubah menjadi “November” sebagaimana kosakata yang baku.

Selain memiliki fokusan dalam pengembangan pendidikan dan manajemennya, ITS sangat berkomitmen dalam meningkatkan kepedulian penghijauan kampus yang dibuktikan dengan adanya implementasi program Smart Eco Campus.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

rektorat ITS
Sumber: its.ac.id

ITS memiliki 3 lokasi kampus. Kampus utama yaitu Kampus Sukolilo yang berlokasi di Jl. Teknik Kimia, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya Timur.  Sedangkan kampus kedua yaitu Kampus Manyar untuk program studi Teknik Infrastruktur Sipil yang merupakan Fakultas Vokasi, berlokasi di Jl. Raya Menur No.127, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya.

Kampus yang ketiga yaitu Kampus Cokroaminoto yang diperuntukkan Program Magister Manajemen Teknologi, Kantor IKA ITS, dan beberapa program kerjasama. Kampus ini berlokasi di Jl. Cokroaminoto No.12A, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya.

Kini, lokasi dimana ITS bertempat merupakan lokasi padat penduduk yang diikuti dengan pembangunan-pembangunan besar. Di sekitar kakmpus juga banyak terdapat lokasi penunjang kehidupan sehari-hari seperti kos, supermarket, pasar, tempat makan, laundry pakaian dan lain-lain.

Di Surabaya, kamu bisa bebas memilih mode transportasi untuk menuju ke kampus ITS. Transportasi umum di Surabaya sangat mudah untuk diakses. Perjalanan dari Bandar Udara Juanda ke ITS hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit menggunakan mobil atau taxi. Stasiun terdekat dengan ITS, Stasiun kereta api Gubeng dapat ditempuh kurang dari 20 menit berkendara dari kampus. Selain itu temukan juga mode transportasi umum dan khusus alternatif mulai dari bus kota, ojek, penyewaan motor di sekitar Surabaya.

Fasilitas 

Stadion ITS
Sumber : its.ac.id

Kuliah itu menyenangkan, apalagi kalau ditunjang dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Dan tentunya, ITS memiliki berbagai macam fasilitas dan area-are penunjang yang dapat menambah kenyamanan mahasiswa dalam belajar. Ada apa aja sih fasilitas yang ada di ITS ? Yuk simak tulisan di bawah ini !

Asrama Mahasiswa

Untuk kamu anak rantauan yang males ribet untuk cari kos, apartemen, Asrama Mahasiswa ITS menyediakan hunian yang layak dan kondusif. Dengan tarif yang murah jika dibanding harga kos, Asrama ITS tidak hanya sekedar tempat huni, di Asrama ITS juga menyelenggarakan kegiatan untuk pengembangan kepribadian, peningkatan kedisiplinan mahasiswa,serta meningkatkan kepedulian sosial, nilai-nilai moralitas dan spiritualitas, dan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berbahasa internasional.

Sepeda Kampus

Untuk mendukung program Smart Eco Campus, ITS menyediakan sepeda sebagai mode transportasi di sekitar kampus. Pengguna sepeda ini adalah mahasiswa, dosen, dan pegawai di dalam lingkungan ITS.

Cara peminjamannya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menyerahkan Kartu Anggota kepada petugas shelter, kemudian mengisi registrasi peminjaman, dan yang terakhir melakukan pemilihan sepeda. Jam layanan penggunaan sepeda kampus adalah pukul 06.00 sampai dengan 16.00 pada hari yang sama. Sepeda kampus ini diharapkan dapat ikut andil dalam menciptakan lingkungan yang hijau dan sehat di kawasan kampus ITS.

Medical Center

Jauh dari orang tua, nanti kalau sakit gimana dong? Tenang aja! ITS menyediakan fasilitas kesehatan secara gratis untuk mahasiswanya. Medical Center ini memberikan pelayanan berupa pemeriksaan, tindakan medis, penunjang medis, dan rujukan. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk cari rumah sakit ketika kamu butuh pelayanan medis.

Fasilitas Olahraga

Jika kalian hobi olahraga,ITS mengelola sejumlah fasilitas olah raga sebagai sarana pembinaan mahasiswa selain di bidang akademik. Semua fasilitas olah raga di lingkungan ITS dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan karyawan. Fasilitas olahraga yang tersedia  yaitu GOR, stadion, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan tenis, dan masih banyak lainnya.

UPT Bahasa dan Budaya

Fasilitas ini bertujuan untuk mengembangkan program pengajaran bahasa yang paling efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa ITS. UPT Bahasa dan Budaya ITS sering menyelenggarakan event-event untuk memperkenalkan budaya negera lain. Dan juga UPT Bahasa dan Budaya mengadakan kursus untuk mahasiswa yang ingin belajar ataupun mendalami bahasa negara lain seperti bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Jerman, bahasa Arab, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Mengenal Universitas Udayana

Perpustakaan

Fasilitas perpustakan bertujuan untuk menunjang kurikulum yang ada di ITS dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk mahasiswa dan dosen sehingga program akademik dapat dilaksanakan secara efektif serta membantu dalam penyusunan karya ilmiah civitas academika seperti, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi, prosiding dan lain-lain.

Suka Duka Kuliah di ITS

Kehidupan Kampus
Sumber : its.ac.id

Mungkin banyak orang mengira kuliah di kampus teknik itu berat. Tapi memang iya, dengan sederet praktikum yang mengantri, belum lagi ditambah dengan laporan pra maupun pasca praktikum yang seakan akan mengikuti setiap langkah kita berjalan. Emangnya seberat itu? Engga dong! Kalau kamu tidak bermalas malasan, tentunya gak seberat itu kok. Selain praktikum dan tugas yang menumpuk, berikut suka duka kuliah di ITS.

Suka

Yang pertama, program beasiswa yang melimpah. Yap! Kamu gak perlu lagi mikirin masalah keuangan jika berkuliah di ITS. Selain terkenal dengan biaya kuliah yang murah dibanding universitas lain, ITS juga memberikan berbagai macam beasiswa, mulai dari beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu hingga beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.

Kedua, wadah minat bakat yang luas. Jika kamu punya hobi dan bakat di bidang seni, olahraga, sosial politik, di ITS terdapat berbagai macam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dari paduan suara, muay thai, hingga tim riset mobil listrik dan mobil hidrogen pun ada dan tentunya masih banyak lainnya.

Dan yang terakhir, hal yang membuat mahasiswa ITS istimewah adalah mahasiswa ITS terkenal dengan solidnya. Sehingga, terasa seperti punya keluarga kedua di angkatan kamu. Karena itu, jangan khawatir kalau kamu ada masalah atau butuh bantuan, mereka lah yang akan menjadi orang pertama untuk membantu kamu. Jika kamu anak rantauan gak perlu lagi ngerasa kesepian.

Duka

Wilayah Surabaya yang terkenal dengan panasnya terkadang membuat situasi belajar di luar ruangan kurang nyaman. Dan yang kedua, adalah kemacetan. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang memiliki lalu lintas yang cukup padat. Sehingga harus menghindari jam-jam tertentu jika tidak ingin terjebak macet saat perjalanan ke kampus.

Ketiga, harus pintar-pintar atur keuangan dengan baik. Hidup di kota besar yang merupakan Ibukota Provinsi memang banyak godaannya, mulai dari jalan-jalan ke mall, belanja barang-barang yang ber-merk atau hanya sekedar nongkrong di cafe bersama teman. Biaya hidup di Surabaya memang tidak terlalu mahal, akan tetapi kalau salah dalam penggunaannya, hati-hati di akhir bulan kamu akan memutar otak karena uang kamu habis duluan.

Fakultas dan Program Studi

Rektorat ITS
Sumber : its.ac.id

ITS memiliki tujuh fakultas dengan bidang ilmu strategis yang menjadi pusat keunggulan bagi pengajaran ilmu pengetahuan, teknologi dan desain di Indonesia.

Fakultas Sains dan Analitika Data (Scientics)

  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Matematika
  • Statistika
  • Aktuaria

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (Electics)

Fakultas Teknologi Kelautan (Martech)

  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Sistem  Perkapalan
  • Teknik Kelautan
  • Teknik Transportasi Laut

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (Creabiz)

  • Manajemen Bisnis
  • Manajemen Teknologi
  • Studi Pembangunan
  • Desain Produk Industri
  • Desain Interior
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)

Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (Indsys)

Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (Civplan)

Fakultas Vokasi (Vocations)

  • Teknik Infrastruktur Sipil
  • Teknik Mesin Industri
  • Teknik Elektro Otomasi
  • Teknik Kimia Industri
  • Teknik Instrumentasi
  • Statistika Bisnis

Baca juga: Mengenal Institut Teknologi Bandung

Kontak

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk kuliah di  kampus perjuangan ini? Tapi masih belum tahu banyak mengenai info terbaru di ITS ? Tenang saja!  Kamu bisa cek informasi resminya:

Website: its.ac.id
Phone: 031-5994251-54, 5947274, 5945472
Fax: 031-5923456, 5947845
Instagram: its_campus
Twitter: its_campus
Facebook: Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Youtube: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kamu juga bisa mengunjungi langsung kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya di  Jl. Teknik Kimia, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111 atau bisa klik di sini.

Untuk bisa masuk kampus perjuangan tentunya dibutuhkan perjuangan juga ya. Tetap semangat dan selamat berjuang!


Sumber:

its.ac.id

Rizky Paramyta
Rizky Paramyta
Nama saya Rizky Paramyta. Saya lahir di Banyuwangi pada tanggal 18 Agustus 1999. Umur saya 20 tahun. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 di Departemen Teknik Material dan Metalurgi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Hobi saya adalah travelling, membaca, dan bermain musik. Kontak : rizky.paramyta@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...