Home Kampus Mengenal Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta

Mengenal Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta

Tahukah kamu, jika UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan cikal bakal dari dibentuknya UPN “Veteran” Jawa Timur dan Jakarta? Diprakarsai oleh para pejuang kemerdekaan RI, universitas yang identik dengan julukan kampus bela negara ini, pada awal berdirinya bernama Akademi Pembangunan Nasional Yogyakarta, lho.

Satu hal yang membuat UPN berbeda dibandingkan dengan kampus lainnya, yaitu keberadaan mata kuliah bela negara di tiap jurusan. Didirikan oleh para veteran, maka tidak heran jika universitas ini terkenal dengan sebutannya sebagai kampus bela negara.

Jika kamu sedang mencari kampus yang bagus, tidak ada salahnya untuk memilih UPN sebagai referensi. Apalagi jika kamu ingin belajar memupuk rasa bela negara lebih dalam sembari berkuliah. Maka dari itu, kenalan lebih jauh yuk dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta!

Profil Universitas

Profil Universitas
Sumber: upnyk.ac.id

UPN “Veteran” Yogyakarta atau biasa disingkat UPNVY awalnya merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Lalu, pada 6 Oktober 2014, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono meresmikannya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Setelah menjadi PTN, seleksi penerimaan mahasiswa baru pun disesuaikan. Jika dulu UPNVY hanya menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Mandiri (SM), sejak 2015, kampus ini mulai membuka jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Visi UPN “Veteran” Yogyakarta adalah menjadi universitas pionir pembangunan yang dilandasi jiwa bela negara di era global. Topi baja berwarna hijau dalam logo universitas, menggambarkan perwujudan UPN sebagai monumen aktif Veteran RI. Selain itu, simbol tersebut menjadi bentuk dari upaya pewarisan nilai-nilai 45 kepada generasi muda. Salah satunya, diwujudkan dalam mata kuliah Widya Mwat Yasa atau WIMAYA yang menjadi ciri khas universitas.

Akreditasi kampus UPNVY masih B. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena banyak prodi di universitas ini sudah terakreditasi A lho! Diantaranya adalah Teknik Pertambangan, Manajemen, dan Ilmu Komunikasi yang menjadi beberapa pilihan favorit para calon mahasiswa.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Lokasi dan Lingkungan Kampus
Sumber: suarasikap.com

Lokasi UPN “Veteran” Yogyakarta terbilang strategis. Kampus pusat terletak di kawasan Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Berada tepat di selatan jalan Ring Road Utara, dekat dengan Universitas Amikom Yogyakarta dan gedung Fakultas Ekonomi UII.

Kawasan sekitar UPNVY terkenal sebagai daerah padat mahasiswa. Oleh karena itu, banyak pedagang makanan dan coffe shop bertebaran di setiap sudut jalan. Maka, jangan heran jika kawasan sekitar kampus ini tidak pernah sepi.

Kampus pusat memiliki lingkungan yang asri. Selain itu, gedung-gedung kampus terbilang sebagai gedung tua. Namun, kamu tidak perlu takut karena arsitektur yang terkesan tua tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Misalnya, lorong kampus di belakang gedung rektorat. Meskipun dari luar terlihat tua, beberapa interior di dalamnya sudah termasuk modern lho!

Selain kampus pusat, UPNVY juga memiliki gedung kampus unit II yang terletak di kawasan Babarsari. Berbeda dengan kemegahan kampus pusat yang asri, kampus II terbilang jauh lebih sempit dan tidak memiliki banyak pepohonan. Memiliki julukan sebagai kampus babarsari, kampus tersebut terdiri dua fakultas, yaitu Fakultas Teknik Industri (FTI) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL).

Kampus unit II pun memiliki lokasi yang tidak kalah strategisnya. Jarak ke bandara hanya 15 menit. Selain itu, dekat dengan pusat perbelanjaan Sahid J-Walk dan kawasan kampus Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY). Daerah kampus ini lebih banyak didominasi dengan rumah kos putri. Sehingga, ketika malam kawasan ini terbilang sepi.

Fasilitas

Moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju UPN “Veteran” Yogyakarta adalah kendaraan roda dua dan empat atau bus Trans Jogja. Jika mengendarai kendaraan bermotor, estimasi waktu yang dibutuhkan dari kampus pusat ke babarsari sekitar 10 menit. Namun, waktu tempuh bisa lebih panjang jika menggunakan bus karena harus menunggu kedatangannya.

Jika kamu menggunakan bus Trans Jogja menuju kampus babarsari, halte bus depan Sahid J-Walk adalah pemberhentian yang tepat. Sedangkan untuk menuju kampus pusat, kamu harus berhenti di halte Ring Road Utara. Jangan sampai kebalik ya!

Meskipun tidak memiliki transportasi khusus mahasiswa, UPNVY memiliki beberapa fasilitas yang beragam. Fasilitas tersebut utamanya ditujukan untuk memudahkan pembelajaran yang dilakukan oleh para mahasiswa. Apa aja sih? Simak penjelasannya di bawah ini:

Laboratorium Pelatihan Bahasa

Lembaga Bahasa dan Budaya dan Pengembangan Media (LAPSA) UPN “Veteran” Yogyakarta terletak di kampus babarsari. Kamu bisa melakukan test TOEFL disini lho! Untuk mahasiswa UPNVY, biaya pendaftaran tes adalah Rp 50.000. Sementara bagi mahasiswa non-UPNVY, bersiaplah untuk mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 ya!

Beberapa fasilitas yang ditawarkan LAPSA, diantaranya Laboratorium Audio dengan kapasitas 30 orang dan Laboratorium Multi Media. Selain itu, laboratorium ini juga menerima kursus bahasa Inggris. Misi pembangunannya adalah untuk memberikan pelatihan bahasa asing ke civitas akademika dan masyarakat umum.

Laboratorium Tiap Fakultas

Berbagai laboratorium disediakan oleh pihak kampus UPN “Veteran” Yogyakarta untuk menunjang pembelajaran mahasiswa. Diantaranya adalah yang tersedia di Fakultas Teknik dan Fakultas ISIPOL. Misalnya, di prodi Ilmu Komunikasi, terdapat Laboratorium Pers/Jurnalistik, Laboratorium Multimedia, dan Laboratorium Audio Visual dan Studio TV Komunitas. Menarik kan?

Museum Geoteknologi Mineral (MGTM)

Museum ini didirikan untuk mendukung peran kampus sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang Ilmu Kebumian dan Geoteknologi. Kamu dapat mengunjungi museum ini setiap hari di jam kerja. Mulai dari hari Senin-Kamis, pukul 08.00-16.00 WIB. Letak kampus ini berada di satu kawasan yang sama dengan kawasan UPNVY kampus 2, yaitu Jl Babarsari No.2.

Auditorium

Auditorium UPN “Veteran” Yogyakarta sering menjadi pusat kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa, karena letaknya yang berada satu atap dengan gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain untuk mendukung kegiatan mahasiswa, auditorium ini biasa dijadikan tempat perhelatan pelepasan wisudawan atau wisudawati. Bahkan tidak jarang upacara penyambutan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), konser, atau acara kampus lainnya juga diadakan di gedung ini.

Baca juga: Mengenal UNEJ

Poliklinik

Untuk urusan pemeriksaan kesehatan, kampus menyediakan fasilitas poliklinik. Mahasiswa UPNVY dapat melakukan pelayanan check up gratis. Poliklinik ini terletak satu kawasan dengan kampus pusat.

Asrama Mahasiswa “Cut Meutia”

Jika kamu berasal dari luar kota Yogyakarta maupun luar pulau Jawa, asrama ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Asrama ini terletak berdekatan dengan Poliklinik UPN “Veteran” Yogyakarta. Harga sewa pun terbilang cukup terjangkau, karena termasuk bagian dari fasilitas yang diberikan oleh kampus untuk mahasiswanya. Namun, kamar yang disediakan terbatas. Sehingga, untuk melakukan pemesanan harus dilakukan jauh-jauh hari. Oh iya, asrama ini biasanya lebih diprioritaskan untuk para mahasiswa baru.

Perpustakaan Yos Sudarso

Perpustakaan pusat  UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki dua lantai. Fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap, diantaranya adalah ruang baca, hostpot area, dan ruang foto copy. Sejak 2011, perpustakaan ini pun telah mengembangkan layanan perpustakaan digital (digilib) agar lebih memudahkan akses pencarian referensi buku bacaan lho!

Koperasi Mahasiswa (Kopma)

Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta memberikan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan bidang usaha dan pengembangan sumber daya manusia melalui kopma. Jenis usaha yang dimiliki oleh Kopma UPNVY diantaranya adalah KOPMART Babarsari dan KOPMART Condongcatur. Kedua unit usaha tersebut menyediakan segala macam makanan dengan harga terjangkau. Kopma ini telah resmi berbadan hukum sejak 2004. Sehingga, disamping kedudukannya sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), kopma UPNVY juga termasuk badan usaha legal.

Suka Duka Kuliah di UPNVY

Selalu ada kesan dari setiap pengalaman. Begitupula ketika menjadi mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta. Kampus pusat menyuguhkan suasana belajar yang kondusif. Selain wilayahnya luas, lingkungan kampus yang hijau dan teduh membuat belajar menjadi lebih nyaman.

Selain FTI dan FISIPOL, lokasi fakultas lain terpusat di gedung utama. Sehingga, lebih memudahkan para mahasiswa dari berbagai fakultas untuk saling mengenal. Selain itu, akses untuk mengurus administrasi atau keperluan di rektorat juga lebih dekat tanpa harus menggunakan kendaraan.

Berbicara tentang kendaraan, kampus pusat UPNVY memiliki lahan parkir yang luas. Maka tidak perlu pusing untuk memikirkan parkir. Selain itu, terdapat petugas parkir yang siap membantu kapanpun dibutuhkan. Sehingga membuat tenang dan tidak perlu susah mengeluarkan motor.

Jika berada di kampus pusat memiliki berbagai kemudahan akses, hal yang sama tidak terjadi di kampus babarsari. Menjadi mahasiswa kampus babarsari, seringkali merasa terasingkan. Banyak mahasiswa kampus babarsari tidak saling mengenal teman-teman lain yang berada di kampus pusat. Jika sedang dituntut untuk mengurus sesuatu ke rektorat, harus melakukan perjalanan bolak-balik yang merepotkan. Tidak dengan jalan kaki, tetapi mengendarai kendaraan melewatai jalanan padat di sekitar Seturan dan Selokan Mataram.

Kampus pusat dan kampus babarsari rata-rata merupakan gedung bertingkat. Akses naik hanya disediakan tangga, kecuali gedung rektorat memiliki lift. Sehingga, UPNVY termasuk dalam kampus yang tidak ramah difabel. Bahkan untuk menaiki anak tangga di depan lobi kampus babarsari, menggunakan tongkat kruk untuk naik tangga rasanya begitu menyusahkan.

Selain itu, akses parkir luas juga tidak berlaku di kampus babarsari. Basemen parkir motor seringkali penuh, sehingga beberapa kendaraan terpaksa harus parkir di depan kantor jurusan Ilmu Komunikasi. Jadi, jangan heran jika parkir di kampus babarsari kurang tertata.

Fakultas dan Program Studi

Setelah mengenal berbagai seluk-beluk UPNVY, saatnya untuk kamu tahu ada apa aja sih fakultas dan program studi yang ditawarkan. Selain program Strata 1 (S1), kampus ini juga memiliki program Magister (S2), Doktor (S3), dan Diploma lho! Simak yuk daftarnya:

Saintek

Fakultas Teknologi Mineral
  • S1 Teknologi Geologi
  • S1 Teknologi Perminyakan
  • S1 Teknik Pertambangan
  • S1 Teknik Lingkungan
  • S2 Manajemen Bencana
  • S2 Teknik Geologi
  • S1 Teknik Geofisika
  • S1 Teknik Metalurgi
  • S1Teknik Geomatika
Fakultas Teknik Industri
Fakultas Pertanian
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi
  • S2 Agribisnis
  • S1 Ilmu Tanah
Program Doktor
  • S3 Teknik Geologi

Soshum

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Baca juga: Mengenal UNY

Kontak

  • Alamat: Jl. SWK, Jl. Ring Road Utara No.104, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
  • Telepon: +62 274 486733
  • Website: upnvyk.ac.id
  • Facebook: upnvy.official
  • Instagram: @upnvy
Syaffa
Syaffa
Pernah mengenyam pendidikan di Ilmu Komunikasi, UPN "Veteran" Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Perencanaan Kreatif Periklanan

Salah satu komponen paling penting dalam komunikasi pemasaran adalah pesan yang ada di iklan. Tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi pesan yang ada di...

Yuk Mengenal Musik Ansambel Serta Jenisnya

Pertunjukan musik bisa dilakukan dalam berbagai format, salah satunya adalah musik ansambel.  Apa itu ansambel? Apa saja jenis musik yang bisa dimainkan serta apa saja...

Contoh SOP Perusahaan Serta Cara Membuatnya

Banyak di antara kita sering menyebut kata SOP tanpa tahu kepanjangannya, apalagi artinya. Kalaupun tahu yang dimaksud dengan SOP, yang mereka ketahui hanya secara...

Psikologi Perkembangan: Manusia dan Tahapan Perkembangan

Hallo readers tambah pinter! Artikel kali ini akan membahas mengenai perkembangan manusia dari aspek fisik, kognitif, psikososial, psikoseksual, hingga moral yang berperan penting dalam...

Persebaran Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan faunanya, baik yang hidup di darat maupun di laut. Flora dan fauna tersebut tersebar di...