Home Kampus Mengenal Universitas Jember (UNEJ)   

Mengenal Universitas Jember (UNEJ)   

Universitas Jember atau disingkat UNEJ adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Provinsi Jawa Timur. Universitas Jember didirikan pada 5 Oktober 1957 dengan nama Universitas Tawang Alun. Baru saja, awal tahun ini UNEJ berganti rektor. Saat ini, UNEJ berada di bawah kepemimpinan Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. selaku rektor periode 2020 – 2024.

Universitas negeri yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini pada tahun 2019 lalu mendapatkan peringkat 21 dari 2.141 perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kemenristek Dikti. Meskipun posisinya berada di ujung timur Jawa Timur, namun prestasinya cukup membanggakan bukan?

Setiap tahunnya, Universitas Jember menerima tidak kurang dari 7.900 mahasiswa melalui 3 jalur seleksi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SBMPTBR. Pada 2019 lalu, dari jalur SNMPTN peminat yang mendaftar di UNEJ menembus angka 27.000, sedangkan di SBMPTN sebanyak 48.000 dan SBMPTBR sebanyak 8500 orang.

Profil Umum

Logo Universitas Jember
Sumber: Tirto.id

Cikal bakal berdirinya Universitas Jember berasal dari ide dan gagasan dari tiga pendiri UNEJ yang kini patungnya diabadikan sebagai patung yang terkenal dengan nama Patung Triumviraat. Patung ini bisa kamu jumpai di jalan masuk utama UNEJ yang sering disebut dengan Double Way UNEJ.

Ketiga pendiri Universitas Jember tersebut adalah R. Achmad, R. Th. Soengedi dan R.M. Soerachman. Mereka bertiga ini bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Oleh karenanya, mereka mendirikan Panitia Triumviraat pada 1 April 1957 yang diketuai oleh R. Achmad, sebagai Penulis adalah R. Th. Soengedi dan Bendahara dijabat oleh R.M Soerachman.

Kemudian, panitia ini membentuk Yayasan Universitas Tawang Alun pada 5 Oktober 1957 dan disahkan dengan Akta Notaris tertanggal 8 Maret 1958. Yayasan inilah yang kemudian mendirikan Universitas Tawang Alun yang pada saat itu masih berstatus swasta.

Nama Tawang Alun sendiri kini lebih dikenal sebagai nama terminal di Kabupaten Jember yang menghubungkan daerah ini dengan daerah lain di sekitar Provinsi Jawa Timur.

Akhirnya, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964, Universitas Negeri Djember berdiri. Pada awal berdirinya, UNEJ hanya memiliki lima fakultas yang terdiri atas Fakultas Hukum di Jember yang memiliki cabang di Banyuwangi; Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Jember; serta Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

unej
Sumber: fisip.unej.ac.id

Universitas Jember terus mengembangkan sayapnya, sehingga kini UNEJ memiliki 4 kampus yang berada di 4 kabupaten yaitu sebagai berikut:

Kampus Tegal Boto, Jember

Kampus Tegal Boto adalah kampus pusat di Kabupaten Jember yang kemudian mendirikan cabangnya di daerah lain. Kampus Tegal Boto terletak di Jl Kalimantan No. 37, Tegalboto, Jember.

Patung Triumviraat yang merupakan simbol pendiri UNEJ berdiri gagah di jalan masuk utama kampus ini. Kampus Tegal Boto ini ditempati oleh 15 Fakultas dan 103 Program Studi.

Kampus Bondowoso

Kampus UNEJ di Bondowoso terletak di Jl. Diponegoro, Poncogati, Curahdami, Kabupaten Bondowoso. Kampus ini secara resmi mulai menjalankan perkuliahan pada tahun akademik 2017/2018 dengan angkatan pertamanya sebanyak 243 mahasiswa.

UNEJ Kampus Bondowoso menempati wilayah seluas 9,6 hektar di area Education Development Center (EDC).

Prodi yang dibuka di UNEJ Kampus Bondowoso ini ada 8, yaitu Agribisnis, Ilmu Pertanian dan Konsentrasi Perkebunan, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Matematika, Peternakan, dan Ilmu Gizi.

Kampus Lumajang

UNEJ Kampus Lumajang berada di Jl. Brigjen Katamso, Tompokersan, Kabupaten Lumajang. Pada awalnya adalah Akademi Keperawatan yang dikelola oleh pemerintah daerah Kabupaten Lumajang.

Namun, dengan adanya peraturan baru bahwa pemda tidak diperbolehkan lagi mengelola pendidikan tinggi, sehingga Akper Lumajang hanya memiliki dua pilihan, dibubarkan atau digabungkan dengan perguruan tinggi lain.

Berdasarkan hal itu, akhirnya Akper digabungkan dengan Fakultas Keperawatan UNEJ. Maka berdirilah UNEJ Kampus Lumajang dengan Fakultas Keperawatannya pada 2017 lalu.

Kemudian, pada akhir 2019 terjadi penambahan program studi baru di kampus ini, sehingga UNEJ Kampus Lumajang memiliki 3 program studi. Diantaranya, Program Studi Diploma III Keperawatan, Program Studi Diploma 4 Rekam Medik dan Program Studi Akupuntur Herbal.

Kampus Pasuruan

Seperti halnya yang terjadi di Lumajang, UNEJ Kampus Pasuruan juga merupakan hasil penggabungan antara Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan dengan Fakultas Keperawatan UNEJ. Penggabungan tersebut menghasilkan Program Studi Diploma III Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan.

Bersamaan dengan penambahan program studi di Lumajang, Kampus Pasuruan juga mendapatkan dua program studi tambahan di rumpun kesehatan. Kedua prodi tersebut adalah Program Studi Diploma 4 Transfusi Darah dan Program Studi Diploma 4 Fisioterapi.

UNEJ Kampus Pasuruan ini berada di Jl. KH Mansyur No. 207, Tembokrejo, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Fasilitas

UPT Perpustakaan di Universitas Jember
Sumber: perpustakaan.unej.ac.id

Universitas Jember menawarkan berbagai fasilitas bagi mahasiswa-mahasiswinya agar dapat belajar dengan nyaman. Wifi 24 jam berikut dengan tempat yang memadai untuk melakukan kerja kelompok atau sekedar berdiskusi tersedia di banyak tempat selain di fakultas masing-masing.

Ada banyak tempat favorit mahasiswa-mahasiswi UNEJ untuk Wifi-an. Di antaranya adalah Gedung CDAST yang menyediakan fasilitas bangku-bangku antik dari kayu akasia, Library Corner, Sampoerna Corner, dan Wifi Corner di depan FMIPA.

Untuk menggunakan fasilitas wifi ini, mahasiswa hanya perlu memasukkan username berupa NIM dan password yang akan diberikan kepada mereka ketika masa perkenalan mahasiswa baru.

Selain fasilitas Wifi 24 jam, UNEJ juga memberikan fasilitas berikut ini untuk mahasiswa-mahasiswinya.

Asrama Mahasiswa

UNEJ menyediakan fasilitas asrama mahasiswa yang biasa disebut dengan Rusunawa bagi mahasiswa dan Rusunawi bagi mahasiswi. Rusunawa terletak di sebelah Fakultas MIPA, sedangkan Rusunawi di sebelah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk rumpun sains (MIPA).

Biasanya, fasilitas ini digunakan oleh para mahasiswa baru yang ingin tinggal di dalam kampus dengan harga yang murah. Tetapi, para mahasiswa dan mahasiswi hanya diperbolehkan tinggal selama setahun disini. Sebab, fasilitas ini pada dasarnya memang disiapkan untuk mahasiswa baru agar lebih mudah beradaptasi di lingkungan kampus.

Tetapi tidak jarang juga apabila kamar masih cukup untuk menampung para mahasiswa dan mahasiswi baru, mahasiswa/i lama yang tinggal di asrama kampus tidak akan diusir keluar. Terlebih kalau kamu akrab dengan pengelola asrama. Atau membantu mereka mengelola asrama, kamu bisa bertahan hingga 2 – 3 tahun, bahkan bisa saja sampai kamu lulus.

Untuk mendapatkan fasilitas asrama kampus yang murah ini tentu saja kamu harus berebut dengan mahasiswa baru lainnya. Biasanya, yang berhasil mendapatkan fasilitas ini adalah para maba yang masuk melalui jalur SNMPTN.

UNEJ Medical Center (UMC)

Mahasiswa UNEJ juga mendapatkan fasilitas kesehatan yang cukup memadai. Jadi, apabila kamu masuk dan menjadi mahasiswa UNEJ, ketika kamu sakit kamu hanya perlu membawa KTM ke UMC (UNEJ Medical Center). Maka, kamu akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

UMC ini terletak di Jl. Kalimantan, dekat dengan Fakultas Farmasi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

UPT Bahasa

Fasilitas UPT Bahasa didirikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa UNEJ dalam penguasaan bahasa internasional dan bahasa asing. Banyak mahasiswa UNEJ yang berasal dari luar negeri mempelajari Bahasa Indonesia disini.

Mahasiswa yang semester akhir juga mempelajari TOEFL sebagai syarat kelulusannya disini. Selain itu, bagi mahasiswa/i yang ingin sekedar mempelajari dan meningkatkan kemampuan bahasa asingnya, bisa juga belajar di UPT Bahasa ini.

Baca juga: Mengenal Universitas Udayana

UPT Perpustakaan

UPT Perpustakaan UNEJ telah mengantongi akreditasi A dari Perpustaan Nasional RI. Memang sarana dan prasarana yang diberikan tidak tanggung-tanggung. Ada banyak sofa dan bangku yang nyaman untuk sekedar membaca buku ataupun berdiskusi dengan teman-teman.

UPT Perpustakaan ini juga telah memiliki Alat Scan Robot yang baru dimiliki oleh 3 perpustakaan di Indonesia. Alat ini memungkinkan memfotokopi buku tanpa merusaknya. Sehingga, koleksi-koleksi klasik bisa tetap terjaga dan terawat.

Fasilitas Olahraga

UNEJ memiliki banyak fasilitas olahraga, baik di setiap fakultas maupun yang memang berada di pusat. Setiap fakultas setidaknya memiliki lapangan basketnya sendiri. Lapangan basket terbesar dengan tribun berada di belakang UMC, di Jl. Kalimantan.

UNEJ juga memiliki stadion yang biasanya digunakan untuk upacara hari-hari besar serta pembukaan dan penutupan orientasi mahasiswa baru. Stadion ini biasanya juga digunakan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam UKM Olahraga untuk menyelenggarakan berbagai pertandingan olahraga. Rektor Cup biasanya diselenggarakan disini.

Suka dan Duka Kuliah di Universitas Jember

Kuliah di Universitas Jember merupakan pengalaman yang sangat berkesan dengan segala keunikan dan kearifan lokalnya. Mulai dari kambing di dalam kampus, sampai tempat makan dan warung kopi legendaris.

Ya, di dalam kampus kamu bisa menjumpai kambing para warga lokal yang bersebelahan dengan kampus. Lapangan di depan Gedung Perpustakaan terkenal dengan sebutan lapangan Shaun The Sheep karena keberadaan kambing-kambing tadi.

Pada dasarnya, UNEJ memang cukup ramah dengan warga lokal sehingga banyak jalan yang menghubungkan dengan pemukiman warga.

Tetapi, udara bersih dan kampus yang sejuk akan kamu dapati dengan mudah disini. Banyak pohon-pohon besar yang memang dijaga dan dilestarikan. Sehingga ruang-ruang hijau bukan hal yang langka. Toh, dahulunya UNEJ memang kawasan hutan hehehe.

Hal yang patut disyukuri kuliah di Universitas Jember adalah UKT-nya tidak mahal, justru dikenal dengan kampus kerakyatan saking murahnya. Dimana lagi perguruan tinggi negeri di Indonesia yang masih memberikan UKT satu juta bahkan lima ratus ribu rupiah per-semester kepada mahasiswanya?

Untuk transportasi, kamu tidak perlu khawatir, karena kini di Kabupaten Jember sudah ada banyak driver grab, gojek, maupun jenis-jenis ojek lain yang diinisiasi oleh mahasiswa sendiri, seperti OMJek.

Selain itu, para mahasiswa juga bisa naik lin kuning (sejenis mikrolet  atau angkot) dengan berbagai rute, hanya membayar lima ribu rupiah bisa menjelajah seantero Jember. Tarifnya tidak berdasarkan jarak, jadi sekali naik sampai rute terjauhnya si lin, kamu hanya perlu bayar 5 ribu saja.

Yang paling menyebalkan disini adalah para pengemudi kendaraan bermotornya yang seringkali ugal-ugalan. Sehingga, jangan harap kamu bisa menikmati berjalan kaki di sepanjang jalanan sekitar UNEJ dengan leluasa dan nyaman.

Selain perkara pengendaranya, infrastruktur jalan di sana juga memang tidak terlalu diperhatikan oleh pemerintah daerah. Setiap kamu berjalan kaki, kamu akan dihantui perasaan was-was terserempet atau tertabrak. Di Jember itu uniknya para pejalan kaki harus mengalah dari para pengendara motor dan mobil.

Belum lagi, fasilitas trotoar untuk pejalan kaki hampir semuanya digunakan oleh para pedagang. Kalau kamu berjalan di sepanjang Jalan Jawa, selain di satu sisi merasa senang karena merupakan kawasan kuliner sehingga kamu tidak kesulitan membeli makan, kamu juga bisa sebal apalagi ketika sedang berjalan kaki.

Fakultas dan Program Studi

Universitas Jember memiliki 15 Fakultas yang telah dilengkapi dengan Program Pasca Sarjana. Adapun fakultas-fakultas tersebut adalah sebagai berikut:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • S1 Pendidikan Matematika (Jember & Bondowoso)
  • S1 Pendidikan Fisika
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan IPA
  • S2 Pendidikan Matematika
  • S2 Pendidikan IPA

Fakultas Pertanian

  • S1 Agroteknologi
  • S1 Agribisnis (Jember & Bondowoso)
  • S1 Proteksi Tanaman
  • S1 Ilmu Tanah
  • S1 Penyuluhan Pertanian
  • S1 Agronomi
  • S1 Pertanian (Bondowoso)
  • S2 Agribisnis
  • S2 Agronomi
  • S3 Ilmu Pertanian
  • S1 Peternakan (Bondowoso)

Fakultas Teknologi Pertanian

  • S1 Teknologi Hasil Pertanian
  • S1 Teknik Pertanian
  • S1 Teknologi Industri Pertanian
  • S2 Teknologi Agroindustri

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • S1 Matematika
  • S1 Fisika
  • S1 Kimia
  • S1 Biologi
  • S2 Biologi
  • S2 Fisika
  • S2 Matematika

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • S1 Ilmu Gizi (Bondowoso)

Fakultas Teknik

  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Sipil
  • D3 Teknik Elektronika
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
  • S1 Teknik Lingkungan
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Teknik Konstruksi Perkapalan
  • S1 Teknik Pertambangan
  • S1 Teknik Perminyakan
  • S2 Teknik Mesin
  • S2 Teknik Sipil
  • S2 Teknik Elektro
  • Profesi Insinyur

Fakultas Farmasi

Fakultas Keperawatan

  • D3 Keperawatan (Lumajang)
  • D3 Keperawatan (Pasuruan)
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners

Fakultas Ilmu Komputer

Pascasarjana (Multidisiplin)

  • S2 Bioteknologi
  • S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • S2 Pengelolaan Sumberdaya Air Pertanian

Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum
  • S2 Ilmu Hukum
  • S3 Ilmu Hukum
  • S2 Kenotarisan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • D3 Manajemen Perusahaan
  • D3 Administrasi Keuangan
  • D3 Kesekretariatan
  • D3 Akuntansi
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntasi (Jember & Bondowoso)
  • S1 Ekonomi Syariah (Jember & Bondowoso)
  • S2 Manajemen
  • S2 Ilmu Ekonomi
  • S2 Akuntansi
  • S3 Ilmu Ekonomi
  • S3 Manajemen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • S1 Pendidikan Luar Sekolah
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Sejarah
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Jember & Bondowoso)
  • S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
  • S1 Pendidikan Geografi
  • S2 Ilmu Pengetahuan Sosial

Fakultas Ilmu Budaya

Baca juga: Mengenal Institut Teknologi Sepuluh November

Kontak

Alamat : Jl. Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Jember, 68121, Jawa Timur, Indonesia
Email : humas@unej.ac.id
Website : unej.ac.id
Telepon : (0331) 334-270 atau (0331) 330-224
Fax : (0331) 333-147
Instagram : kampusunej
Twitter : Official_Unej
Telegram : unej_official

Tiars
Tiars
Seorang content writer yang suka menulis topik wisata, pendidikan dan kesetaraan sekaligus mahasiswi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial di Universitas Jember. Jurusan Ilmu Kesos ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan ilmu terapan dimana mahasiswa akan belajar bagaimana meningkatkan keberfungsian sosial seseorang dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...