20 Website Jurnal Internasional dan Cara Mencarinya

Membuat suatu tulisan ilmiah, terutama skripsi, tentu memerlukan banyak artikel dari jurnal sebagai tinjauan pustaka. Beberapa dosen pembimbing juga menyarankan untuk mencari jurnal internasional untuk memperkaya daftar pustaka. Belum lagi aturan bahwa artikel jurnal yang dipakai sebisa mungkin dipublikasikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir agar informasi di dalamnya selalu update.

Apakah kamu sering bingung bagaimana cara mencari jurnal internasional? Mungkin kamu pernah mencoba mencari jurnal internasional secara manual dengan mengetikkan keywords di search engine. Akan tetapi kamu tetap saja ragu mana situs jurnal internasional yang terpercaya? Atau saat kamu menemukan artikel penelitian yang menurutmu bagus, ternyata kamu tidak bisa mengaksesnya secara lengkap karena bukan merupakan jurnal internasional gratis.

Kamu perlu tahu tidak semua artikel dalam situs jurnal internasional dapat dibaca dan diunduh secara lengkap. Ada beberapa website jurnal internasional yang mengharuskan kamu mendaftar sebagai member bahkan mungkin perlu membayar dan membeli artikel untuk mendapatkan full access. Tentu kamu tidak mau repot, bukan?

Jika kamu ingin tahu beberapa repositori maupun situs jurnal internasional yang artikel di dalamnya bisa kamu akses secara lengkap dan gratis, atau istilahnya kerennya adalah open access journal, kamu perlu mencoba membaca artikel ini.

Dalam artikel ini akan disebutkan 20 website jurnal internasional yang dapat kamu coba sebagai referensi. Supaya lebih memudahkanmu, beberapa contoh repositori serta jurnal internasional gratis yang disebutkan di bawah ini tidak hanya bersifat umum, tetapi juga akan mewakili beberapa jurusan atau disiplin ilmu tertentu.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ merupakan suatu website yang sangat berguna untuk mengakses berbagai jurnal internasional gratis dari berbagai bidang ilmu. Disebutkan bahwa dalam DOAJ terdapat 15.106 jurnal dan 5.243.343 artikel yang berasal dari 134 negara.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)
Sumber: doaj.org

Untuk DOAJ dapat diakses pada laman berikut ini: https://doaj.org/

Baca juga: Cara Menggunakan Mendeley

PubMed Central

PubMed Central (PMC) merupakan repositori digital gratis yang menyimpan berbagai artikel lengkap open access yang dipublikasikan dalam jurnal tentang biomedis dan life sciences. Database ini dikembangkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI).

PubMed Central
Sumber: cell-stress.com

Untuk PubMed Central dapat diakses pada laman berikut ini: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/

JSTOR

JSTOR berasal dari singkatan Journal Storage. Di dalamnya menyediakan akses hingga lebih dari 12 juta artikel jurnal akademik, buku, dan sumber primer dalam 75 bidang disiplin ilmu. Tetapi tidak semua yang tersimpan di JSTOR bersifat open access.

JSTOR
Sumber: alumni.cam.ac.uk

Untuk JSTOR yang dapat diakses secara gratis dapat dibuka pada laman berikut ini: https://about.jstor.org/oa-and-free/

ScienceDirect

ScienceDirect merupakan website di bawah naungan Elsevier. Sedangkan untuk jurnal yang ada di dalamnya ini dikelompokkan menjadi 4 bagian yaitu: Physical Sciences and EngineeringLife SciencesHealth Sciences, dan Social Sciences and Humanities.

ScienceDirect
Sumber: cscitconf.com

Terdapat lebih dari 12 juta konten yang dapat ditemukan, diantaranya 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku. Meskipun sebenarnya website ini tidak sepenuhnya gratis, dimana kebanyakan hanya abstraknya saja yang dapat bebas diakses, tetapi masih terdapat lebih dari 1,2 juta artikel yang bersifat open access.

Untuk artikel yang memiliki open access dapat dilihat pada laman berikut ini: https://www.sciencedirect.com/#open-access

Wiley Open Access

Wiley Open Access mempublikasikan berbagai jurnal open access yang telah melalui proses peer review dari berbagai macam penelitian di bidang biologi, kimia, serta ilmu kesehatan. Publikasi yang tersedia dapat dibaca lengkap secara online, diunduh, maupun dibagikan.

Wiley
Sumber: beaconwealth.com

Untuk Wiley Open Access dapat dibuka pada laman berikut ini: https://authorservices.wiley.com/open-research/open-access/browse-journals.html

SpringerOpen

SpringerOpen merupakan salah satu portofolio dari Springer yang menyediakan jurnal open access serta berbagai buku dari semua bidang ilmu. Semua konten di SpringerOpen dapat diakses online secara gratis segera setelah dipublikasikan.

SpringerOpen
Sumber: media.springernature.com

Untuk SpringerOpen dapat diakses pada laman berikut ini: https://www.springeropen.com/journals

Hindawi

Hindawi menyediakan berbagai jurnal open access dari beberapa bidang ilmu yang meliputi biological sciences, medicine, case reports, physical sciences, social sciences and education, serta mathematics, engineering, and computer sciences.

Hindawi
Sumber: static-01.hindawi.com

Untuk Hindawi dapat diakses pada laman berikut ini: https://www.hindawi.com/

Emerald Insight

Dengan lebih dari 350 jurnal, Emerald Insight merupakan wadah bagi lebih dari 255.000 artikel di bidang bisnis, manajemen, ekonomi, teknik, komputing, teknologi, dan ilmu sosial. Tidak semua artikel bersifat open access.

Emerald Insight
Sumber: college.police.uk

Untuk mengakses Emerald Insight yang memiliki open access, dapat melalui laman berikut ini: https://www.emerald.com/insight/content/open-access

Baca juga: Cara Membuat Outline Skripsi

PLOS

PLOS (Public Library of Science) merupakan penerbit yang menyediakan jurnal open access dari berbagai disiplin ilmu. Hingga saat ini terdapat 7 jurnal yang dikelola, yaitu PLOS ONE (science and medicine),PLOS Biology, PLOS Computational Biology, PLOS Genetics, PLOS Genetics, PLOS Medicine, PLOS Neglected Tropical Diseases, dan PLOS Pathogens.

PLOS
Sumber: plos.org

Untuk mengakses PLOS dapat dibuka di laman berikut ini: https://plos.org/

SAGE Open

SAGE Open merupakan publikasi yang bersifat open access dari SAGE. Publikasi yang dapat diakses secara penuh dalam SAGE Open berupa original research, review articles, serta tulisan yang telah melalui proses peer review. Situs ini membahas mengenai ilmu sosial dan perilaku (social and behavioral sciences) hingga humaniora (humanities), atau lebih dikenal dengan istilah ilmu soshum.

SAGE Open
Sumber: journals.sagepub.com

Untuk SAGE Open dapat diakses pada laman berikut ini: https://journals.sagepub.com/home/sgo

SAGE Open Medicine

Hampir mirip dengan SAGE Open, SAGE Open Medicine juga dikelola oleh SAGE Publishing. Bedanya SAGE Open Medicine berfokus pada artikel-artikel maupun penelitian yang terkait dengan segala aspek mengenai kedokteran.

SAGE Open Medicine
Sumber: journals.sagepub.com

Untuk SAGE Open Medicine dapat diakses pada laman berikut ini: https://journals.sagepub.com/home/smo

SAGE Open Nursing

Masih merupakan satu keluarga dari SAGE journals, SAGE Open Nursing(SON) merupakan jurnal open access yang telah melalui proses peer review dan meliputi segala hal mengenai keperawatan dan patient care dari berbagai disiplin ilmu terkait.

SAGE Open Nursing
Sumber: journals.sagepub.com

Untuk SAGE Open Nursing dapat diakses pada laman berikut ini: https://journals.sagepub.com/home/son

Indian Journal of Pharmaceutical Sciences (IJPS)

Indian Journal of Pharmaceutical Sciences merupakan jurnal kedokteran open access dan telah melewati proses peer review. Spektrum yang dibahas dalam jurnal ini meliputi farmasetik, biofarmasetik, kimia farmasetik, farmakognosi, farmakologi, analisis farmasetik, praktik farmasi, serta farmasi klinik dan rumah sakit.

Indian Journal of Pharmaceutical Sciences (IJPS)
Sumber: ijpsonline.com

Untuk mengakses IJPS dapat dibuka di laman berikut ini: https://www.ijpsonline.com/

Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues (JLERI)

JLERI merupakan jurnal open access yang membahas mengenai international business laws dan legal rights. Setiap penelitian yang akan dipublikasikan dalam jurnal ini akan melewati proses double blind peer review yang berlangsung selama 15-25 hari untuk memastikan keaslian dan kualitas penelitian tersebut. Jurnal ini berada di bawah naungan Allied Business Academies yang telah menerbitkan total 14 jurnal mengenai berbagai hal dalam bidang bisnis.

Journal of Legal Ethical and Regulatory Issues (JLERI)
Sumber: abacademies.org

Untuk mengakses JLERI dapat dibuka pada laman berikut: https://www.abacademies.org/journals/journal-of-legal-ethical-and-regulatory-issues-home.html 

Academy of Accounting and Financial Studies Journal (AAFSJ)

AAFSJ menyuguhkan open access forum untuk mempublikasikan inovasi penelitian terbaru dan paling relevan dalam bidang terkait. Jurnal ini juga berafiliasi dengan Allied Business Academy publications sehingga telah melewati proses double blind peer review untuk menjamin originalitas dan kualitas publikasi.

Academy of Accounting and Financial Studies Journal (AAFSJ)
Sumber: abacademies.com

Untuk mengakses AAFSJ dapat menggunakan laman berikut ini: https://www.abacademies.org/journals/academy-of-accounting-and-financial-studies-journal-home.html

Journal of Industrial Pollution Control

Journal of Industrial Pollution Control merupakan jurnal open access yang dapat diakses secara online dan telah melalui proses peer review. Jurnal ini membahas segala aspek mengenai polusi yang bisa saja terjadi akibat proses industri: produksi, distribusi, dan konsumsi.

Selain mempublikasikan secara detail isu-isu kompleks terkait polusi industri, jurnal ini juga berfokus pada berbagai hal lain misalnya toksikologi lingkungan, bioremediasi, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Journal of Industrial Pollution Control
Sumber: icontrolpollution.com

Untuk mengaksesnya dapat dibuka pada laman berikut ini: http://www.icontrolpollution.com/

arXiv

arXiv dikelola oleh Cornell University dan merupakan suatu repositori open access dari e-prints (electronic preprints) yang disetujui untuk dipost secara online namun belum melewati proses peer review secara penuh.

Berbagai penelitian ilmiah yang dapat ditemukan dalam arXiv meliputi berbagai bidang, yaitu matematika, fisika, astronomi, teknik elektro, ilmu komputer, biologi kuantitatif, statistik, matematika finansial, dan ekonomi dengan total sekitar 1.757.455 artikel. Semua artikel dapat diakses lengkap secara online dan gratis.

arXiv
Sumber: actu.epfl.ch

Untuk mengakses arxiv dapat melalui laman berikut ini: https://arxiv.org/

medRxiv

medRxiv hampir sama dengan arXiv, tetapi medRxiv menyediakan eprints mengenai ilmu kesehatan yang belum terpublikasi. Manuskrip yang didistribusikan meliputi bidang kedokteran, penelitian klinis, dan ilmu kesehatan terkait. Pembaca dapat mengaksesnya secara gratis.

medRxiv
Sumber: medrxiv.org

Karena artikel dalam medRxiv belum melalui proses peer review, maka informasi yang diperoleh cukup sebagai pengetahuan saja, belum boleh diaplikasikan secara klinis maupun disebarluaskan melalui media massa. Situs ini dibuat pada 2019 oleh Cold Spring Harbor Laboratory (CSHL), BMJ (The British Medical Journal), dan Yale University. Sedangkan kini servernya dimiliki dan dikelola oleh CSHL.

Untuk mengakses medRxiv dapat melalui laman berikut ini: https://www.medrxiv.org/

bioRxiv

bioRxiv merupakan repositori preprint open access yang juga dikelola oleh Cold Spring Harbor Laboratory (CSHL). Sebagai preprint, tulisan yang ada dalam bioRxiv belum melalui proses peer review, tapi telah melalui skrining dasar dan pengecekkan untuk memastikan tidak ada plagiarisme.

bioRxiv terinspirasi oleh arXiv dan dikembangkan sebagai komplemennya. Sedangkan bersama dengan medRxiv, bioRxiv telah menjadi suatu referensi terkait meluasnya penelitian tentang COVID-19.

bioRxiv
Sumber: biorxiv.org

Untuk mengakses bioRxiv dapat melalui laman berikut ini: https://www.biorxiv.org/

PQDT Open

Sedikit berbeda dari website lain yang telah disebutkan sebelumnya, PQDT Open tidak digunakan untuk mencari jurnal internasional, tetapi dapat sangat membantumu dalam mencari referensi. PQDT merupakan kepanjangan dari ProQuest Dissertations & Theses. PQDT Open berada di bawah naungan ProQuest dan menyediakan disertasi serta thesis yang dapat diakses secara open access dan full text. Dan yang paling penting adalah layanan ProQuest yang satu ini tidak berbayar.

PQDT Open
Sumber: pqdtopen.proquest.com

Untuk mengakses PQDT Open dapat dibuka di laman berikut ini: https://pqdtopen.proquest.com/search.html

Baca juga: Contoh Proposal Penelitian

Sebenarnya masih ada banyak sekali jurnal yang dapat diakses secara lengkap dan gratis sesuai bidang ilmu spesifik. Tetapi untuk mencarinya kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan serta memperhitungkan negara asal dari jurnal tersebut. Kamu perlu memperhatikan juga apakah jurnal yang kamu akan pakai sudah melewati proses peer review, karena jika belum maka kamu tidak bisa menggunakannya sebagai bukti ilmiah. Selamat mencari!

Artikel Terbaru

Ratna

Ratna

Mahasiswi Program Studi Profesi Dokter yang menjalani rotasi klinis sambil melakukan hobinya, yaitu menulis.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *