Cara Menggunakan Mendeley

Membuat sitasi dan daftar pustaka sering terasa membingungkan dan melelahkan. Apalagi ada banyak sistem yang tersedia untuk mengutip suatu tulisan, misalnya yang menggunakan metode penomoran seperti Vancouver atau yang menggunakan author-date style contohnya Harvard.

Namun di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, kamu tak perlu repot lagi. Ada aplikasi yang memang dikembangkan untuk membantu mengatur sitasi dan daftar pustaka dengan lebih mudah yaitu Mendeley.

Apakah ini kali pertama kamu mendengarnya? Atau sebelumnya sudah tahu namun tak mengerti bagaimana cara menggunakan Mendeley? Jika kamu penasaran bagaimana cara menggunakan aplikasi mendeley, langsung saja kenali aplikasi berikut ini!

Pengertian

Pengertian
Sumber: scitechconnect.elsevier.com

Mendeley merupakan suatu software atau perangkat lunak yang memiliki fungsi utama untuk manajemen referensi. Sebenarnya ada 2 jenis Mendeley, yaitu yang bisa digunakan secara offline dan yang bisa digunakan secara online.

Tulisan ini akan membahas cara menggunakan Mendeley yang bisa digunakan secara offline dan diintegrasikan ke dalam Microsoft Word. Mendeley versi ini dikenal sebagai Mendeley Desktop, yang kemudian untuk selanjutnya akan disebut dalam artikel ini cukup dengan istilah Mendeley.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka

Mengunduh Mendeley

Langkah pertama dan utama yang harus dilakukan tentu saja memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya di website resmi mendeley

Mengunduh Mendeley
Sumber: Dokumentasi penulis

Menginstall Mendeley

Setelah proses pengunduhan selesai, lakukan instalasi Mendeley dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera. Beberapa yang harus dilakukan adalah menyetujui license and agreement serta memilih folder penyimpanan.

Menginstall Mendeley
Sumber: Dokumentasi penulis

Mendaftar Mendeley

Saat proses instalasi selesai, buka aplikasi dan daftarkan emailmu. Setelah berhasil melakukan proses registrasi, kamu akan menerima email konfirmasi. Selanjutnya kamu sudah bisa sign in.

Mendaftar Mendeley
Sumber: Dokumentasi penulis

Menyambungkan Mendeley ke Microsoft Word

Sebelum membahas mengenai cara menggunakan Mendeley, kamu perlu menyambungkan aplikasi Mendeley ke Microsoft Word. Hal ini berfungsi agar dalam pembuatan tulisanmu di Word, kamu bisa langsung mengakses Mendeley dari tab reference. Caranya adalah sebagai berikut:

Setelah tampilan Mendeley tampak seperti gambar berikut, klik pada tab tools. Kemudian klik Install MS Word Plugin. Gambar di bawah merupakan tampilan setelah berhasil menyambungkan Mendeley dengan Microsoft Word.

Menyambungkan Mendeley ke Microsoft Word
Sumber: Dokumentasi penulis

Untuk memastikannya, kamu perlu memeriksa tampilan Microsoft Word milikmu juga. Saat Mendeley sudah tersambung dengan Microsoft Word, maka pada tab references akan muncul tampilan sebagai berikut.

Menyambungkan Mendeley ke Microsoft Word (1)
Sumber: Dokumentasi penulis

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley

Jika kamu sudah siap menggunakan Mendeley, kamu perlu memasukkan dokumen yang telah kamu kutip dan akan kamu masukkan sebagai daftar pustaka. Kamu bisa langsung klik pada shortcut add document kemudian memilih dokumen-dokumen milikmu. Kamu juga bisa membuat folder baru atau membuang folder yang sudah tidak berguna melalui shortcut folders yang tersedia. Atau bisa juga dengan klik pada tab file kemudian pilih opsi yang kamu inginkan.

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley
Sumber: Dokumentasi penulis

File yang sudah dimasukkan pada Mendeley akan tampak seperti tampilan di bawah ini. Kamu bisa mengatur tampilan dokumen berdasarkan nama penulis, urutan ditambahkan ke dalam Mendeley, yang terakhir dibaca, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley (1)
Sumber: Dokumentasi penulis

Sedangkan untuk memilih sistem sitasi yang digunakan, kamu bisa klik pada tab view, kemudian arahkan kursor ke citation style. Akan terlihat berbagai pilihan sistem yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Tentunya kamu juga harus mengerti terlebih dahulu perbedaan dari masing-masing sistem yang tertera.

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley (2)
Sumber: Dokumentasi penulis

Cara Menggunakan Mendeley di Word

Apabila dokumen-dokumen yang kamu kutip sudah masuk ke dalam Mendeley, maka kamu perlu tahu cara menggunakan Mendeley di Word. Seperti yang sudah ditunjukkan sebelumnya, kamu hanya perlu fokus pada tab references yang baru. Kamu juga bisa mengganti sistem sitasi dari tab ini lho.

Cara Menggunakan Mendeley di Word
Sumber: Dokumentasi penulis

Apabila ingin memasukkan sitasi, cukup arahkan kursor ke akhir kalimat yang akan disisipkan sitasi kemudian klik insert citation yang bergambar logo Mendeley. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Cara Menggunakan Mendeley di Word (1)
Sumber: Dokumentasi penulis

Kemudian kamu cukup mengetikkan salah satu nama penulis atau judul dokumen pada kolom search yang disediakan. Selanjutnya akan muncul beberapa judul dokumen seperti berikut.

Cara Menggunakan Mendeley di Word (2)
Sumber: Dokumentasi penulis

Kamu cukup klik pada dokumen yang kamu maksud. Secara otomatis sitasi akan muncul pada tempat dimana terakhir kali kamu meninggalkan kursormu. Dalam contoh ini penulis sudah mengganti sistem sitasi yang dipakai menjadi Harvard.

Cara Menggunakan Mendeley di Word (3)
Sumber: Dokumentasi penulis

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley

Kemudian bagaimana cara membuat daftar pustaka menggunakan Mendeley? Apabila semua kalimat telah kamu sitasi, membuat daftar pustaka menggunakan Mendeley menjadi sangat mudah. Cukup dengan satu klik maka kamu sudah mendapatkan daftar pustaka milikmu.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley
Sumber: Dokumentasi penulis

Letakkan kursor di akhir tulisanmu, tepatnya di bagian kamu ingin meletakkan daftar pustaka. Kemudian kembali ke tab references dan klik insert bibliography. Secara otomatis, kamu akan mendapatkan daftar pustaka. Seperti yang dapat kamu lihat berikut ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley (1)
Sumber: Dokumentasi penulis

Baca juga: Cara Mengutip dari Jurnal

Jika masih merasa belum puas, kamu bisa merapikannya secara manual. Yang jelas, dengan menggunakan Mendeley, kamu sudah banyak menghemat waktu dan tenagamu. Selamat mencoba!

Artikel Terbaru

Ratna

Ratna

Mahasiswi Program Studi Profesi Dokter yang menjalani rotasi klinis sambil melakukan hobinya, yaitu menulis.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *