Mengenal Apa Itu Jurusan Teknologi Industri Pertanian

“Kamu kuliah di jurusan apa?

“Teknologi Industri Pertanian”

“Oh, Pertanian ya….”

Banyak orang menganggap jurusan Teknologi Industri Pertanian sama dengan jurusan Pertanian. Padahal cakupan ilmu yang dipelajari sangat berbeda, lho.

Tapi apa sih asumsi pertama kamu saat mendengar Teknologi Industri Pertanian? Apakah hanya mempelajari tanaman? Lalu aspek ‘teknologi’-nya ada di mana? Apakah mempelajari mesin yang digunakan di sawah seperti traktor dan mesin bajak sawah? Lalu, apakah nanti profesinya hanya berkutat di sawah? Kamu nggak perlu penasaran lagi, asalkan kamu lanjut membaca artikel ini!

Apa itu Jurusan Teknologi Industri Pertanian?

praktikumnya seru dan aplikatif
Sumber: felixioncool from Pixabay

Oiya, for your information, jurusan Teknologi Industri Pertanian pada beberapa universitas sudah berubah nama menjadi Teknik Industri Pertanian, lho. Dasar keilmuan yang akan kamu pelajari kalau kamu memilih jurusan ini adalah multidisiplin, mulai dari Matematika, Biologi, Fisika sampai ilmu Manajemen dan Ekonomi. Secara umum, jurusan ini memiliki 3 pilar keilmuan yaitu Manajemen, Teknologi, dan Rekayasa Sistem. Singkatnya, kamu bisa mempelajari berbagai disiplin ilmu hanya dari satu jurusan.

Lalu apa yang membedakan Teknologi Industri Pertanian dengan Pertanian? Secara sederhana, jurusan Teknologi Industri Pertanian menitikberatkan pada kegiatan pasca panen; dalam artian mempelajari bagaimana mengolah hasil pertanian menjadi produk berkualitas. Nah, pengolahan hasil pertanian itu menggunakan teknologi yang terintegrasi sehingga dapat menambah nilai produk. Jadi jurusan ini sudah tidak ada hubungannya dengan per-sawahan ya.

Makanan ringan, minuman dalam kemasan, buah & sayuran dalam kaleng, bahkan permen yang tersedia di toko-toko di sekitar tempat tinggal kamu itu termasuk produk yang dihasilkan dari penerapan ilmu jurusan ini.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Lingkungan

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Teknologi Industri Pertanian?

Bagaimana ya rasanya menjadi mahasiswa Teknologi Industri Pertanian? Apakah sibuk dan menegangkan? Apakah ilmu yang dipelajari membosankan dan melulu tentang hasil pertanian? Tenang, jangan berburuk sangka dulu, kuliahnya berkesan, asik, dan menantang kok. Kenapa? Berikut ini alasannya.

Praktikum Seru dan Bisa Diterapkan di Kehidupan Sehari-hari

Kamu jangan kaget ya, kalau ada beberapa praktikum yang materinya bisa kamu coba sendiri di rumah tanpa alat-alat khusus. Mulai dari percobaan membuat ice cream dari buah mangga, membuat manisan apel, membuat yoghurt, membuat tempe, bahkan sampai membuat sabun cair dan cuka. Tidak hanya itu, ada juga praktikum percobaan cara pembuatan kompos dari sampah organik. Sambil melakukan percobaan-percobaan yang seru tersebut, kamu pasti juga akan mengetahui prinsip ilmiahnya yang disampaikan oleh seorang asisten praktikum yang mendampingi kamu.

Dapat Memperdalam Bidang Ilmu yang Diinginkan Sesuai Passion

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada 3 pilar keilmuan di jurusan Teknologi Industri Pertanian, yaitu Teknologi, Manajemen, dan Rekayasa Sistem. Kamu bisa memperdalam ilmu dari pilar tertentu sesuai minat mu. Misalnya, kamu ingin memperdalam ilmu dari pilar Teknologi, maka kamu harus memilih dan mengikuti mata kuliah yang termasuk dalam pilar Teknologi.

Singkatnya, pilar Teknologi adalah pilar keilmuan yang berfokus pada riset ilmiah, jadi kamu yang tertarik dan suka melakukan penelitian di laboratorium cocok untuk memperdalam ilmu dari pilar Teknologi. Sedangkan kamu yang cenderung suka dalam bidang pengaturan sumber daya manusia, strategi pemasaran, dan pengendalian kualitas produk, kamu cocok untuk memperdalam Manajemen. Lalu, jika kamu lebih berbakat dalam coding komputer, permodelan sistem, dan analisis numerik, maka kamu cocok dalam pilar ilmu Rekayasa Sistem.

Alasan Kuliah di Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Beberapa hal harus dipertimbangkan sebelum kamu menentukan akan kuliah di jurusan apa. Alasan yang pertama adalah dari dalam dirimu sendiri, yaitu minat. Kalau kamu memiliki minat dalam bidang pengolahan hasil pertanian, manajemen industri, dan inovasi produk maka jurusan ini dapat menjadi pilihanmu.

Ilmunya yang aplikatif membuat kamu bisa memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, karena cakupan ilmu yang sangat luas membuat lulusan dari jurusan Teknologi Industri Pertanian bisa mendapatkan kesempatan berkarir di berbagai bidang.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknologi Industri Pertanian?

Sebenarnya, karena dasar ilmu yang dipelajari berasal dari berbagai bidang, maka ada beragam mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan Teknologi Industri Pertanian. Kalau nanti kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan mendapat mata kuliah dasar, mata kuliah wajib, dan mata kuliah pilihan.

Mata Kuliah Dasar

Kamu akan mendapatkan mata kuliah dasar di semester 1 dan 2. Namanya juga mata kuliah dasar, ya pasti mempelajari hal-hal yang menjadi prinsip yang melandasi ilmu-ilmu yang akan dipelajari di semester lanjut. Ada beberapa mata kuliah dasar yang harus diikuti seperti Matematika, Fisika dasar, Kimia, Biologi dasar, Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggis, Pancasila, dan Pengantar Ilmu Ekonomi. Oiya, materinya sama persis dengan materi pelajaran di SMA, jadi jangan takut kesusahan ya, karena hanya mengulang pelajaran SMA.

Mata Kuliah Wajib

Sudah pasti, kalau mata kuliah ini harus diikuti oleh mahasiswa Teknologi Industri Pertanian. Dari namanya saja sudah jelas, WAJIB. Ada banyak mata kuliah wajib yang harus diikuti mahasiswa, beberapanya antara lain:

  • Pengetahuan Bahan Agroindustri

Mata kuliah ini mempelajari tentang karakteristik bahan pertanian, zat kimia hasil pertanian, dan pengetahuan bahan non pangan (minyak atsiri, lemak, lilin, karet).

  • Mikrobiologi

Dalam mikrobiologi kamu akan mendapat pengetahuan tentang aplikasi mikrobiologi dan teknik dasar dalam mikrobiologi, serta mengidentifikasi mikroba.

  • Perencanaan Tata Letak Fasilitas

Saat kamu mengikuti mata kuliah ini kamu akan mengetahui teknik untuk mengalokasikan ruangan dan mengatur tata letak mesin dan fasilitas yang digunakan dalam industri. Tidak hanya secara teori, tapi kamu bisa mencoba mengaplikasikan ilmunya melalui praktikum.

  • Pengemasan

Dijamin, saat mengikuti mata kuliah ini kamu tidak akan mengantuk atau bosan karena kamu akan mendapat wawasan tentang teknik pengemasan, bahan pengemas, dan peraturan dalam pengemasan yang dapat melindungi produk agar dapat memiliki kualitas yang baik hingga sampai ke konsumen. Selain itu kamu juga harus membuat inovasi kemasan dan nantinya dipajang dalam sebuah pameran.

Mata Kuliah Pilihan

Nah, selain harus mengikuti mata kuliah wajib, kamu juga harus mengikuti mata kuliah pilihan, yang kamu tentukan sendiri berdasarkan minat dan ketertarikanmu. Ada banyak sekali mata kuliah pilihan yang ada. Beberapa mata kuliah pilihan yang ada di jurusan Teknologi Industri Pertanian antara lain:

  1. Perdagangan dan Pemasaran Internasional
  2. Psikologi Industri
  3. Sanitasi Industri
  4. Sistem Perawatan Mesin
  5. Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan masih banyak lagi

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Bagi beberapa orang awam yang masih asing dengan jurusan Teknologi Industri Pertanian, mungkin akan bertanya-tanya dimana ranah karir dari lulusan jurusan ini. Nyatanya, prospek kerja untuk lulusan Teknologi Industri Pertanian sangat beragam dan luas, serta penghasilannya-pun cukup menjanjikan. Apa saja sih, prospek kerja jurusan ini yang sedang naik daun dan banyak dicari?

  1. Manajer produksi
  2. Supervisor produksi
  3. PPIC
  4. Pengusaha
  5. Peneliti
  6. Laboran
  7. Konsultan Industri, dan masih banyak lagi

Kelebihan Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Jangan bosan ya kalau dari tadi kamu membaca kata ‘cakupan ilmu yang luas’ atau ‘disiplin ilmu yang beragam’ karena memang hal tersebut kelebihan utama jurusan Teknologi Industri Pertanian. Dengan begitu, kamu bisa menguasai banyak hal.

Kalau dikaitkan dengan lingkup karir, ya pastinya sangat berdampak baik, karena dengan menguasai berbagai skill kamu bisa bergabung di perusahaan dari banyak bidang; mulai dari perusahaan pangan hingga perusahaan non-pangan.

Tips Kuliah di Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Kalau kamu sudah mulai berkuliah pasti kamu akan merasakan, bahwa keseharian di perkuliahan sangat berbeda jika dibandingkan saat kamu SMA. Saat kuliah, kamu memang lebih bebas dan punya banyak waktu luang karena jam perkuliahan yang flexible. Tetapi, justru itu kamu harus aktif dan mandiri untuk mengembangkan potensi dirimu. Nah, ada beberapa tips nih untuk kamu agar kamu bisa lancar berkuliah di jurusan Teknologi Industri Pertanian.

Mau Mempelajari Hal Baru

Luasnya lingkup keilmuan Teknologi Industri Pertanian dan banyaknya macam mata kuliah yang harus dipelajari membuat mahasiswanya sering disuguhkan dengan ilmu baru setiap harinya. Kamu harus bisa belajar mandiri agar wawasan kamu menjadi lebih luas dan mengerti update tentang ilmu terbaru.

Fokus di Kelas

Mungkin kamu jarang mendapat tips ini dari sumber lain karena ini pengalaman pribadiku sendiri. Saat kamu menjadi mahasiswa nanti kamu akan mengikuti berbagai kegiatan di luar kegiatan akademik seperti organisasi, kepanitiaan, atau kegiatan sosial. Kamu tidak akan punya banyak waktu senggang di malam ataupun sore hari untuk belajar seperti saat kamu masih SMA. Jadi kamu harus memaksimalkan penyerapan ilmu saat dosen menerangkan pelajaran di kelas dengan tetap fokus. Sebisa mungkin matikan handphone dan jangan berbincang sendiri dengan teman sebelah.

Selain itu, saat fokus mendengarkan penjelasan dari dosen, kamu bisa sesekali mencatat apa yang beliau sampaikan. Dengan begitu saat akan ujian kamu hanya perlu membaca sekilas catatan untuk ‘memanggil kembali’ ingatan tentang apa yang dijelaskan dosenmu.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kedokteran Gigi

Membuat Skala Prioritas

Sejak semester 1 selain kegiatan akademik di kelas berupa pemaparan materi oleh dosen kamu juga harus mengikuti praktikum. Skala prioritas juga berguna untuk kamu yang punya banyak tugas dalam waktu yang bersamaan. Pembuatan skala prioritas dapat mempermudah kamu untuk mengorganisir apa yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Jadi kamu tidak akan kuwalahan dalam menyelesaikan tugas.

Baca juga: Mengenal Jurusan Perikanan

Pada akhirnya, setelah kamu lulus kuliah kamu bisa menjadi apa saja yang kamu cita-citakan dan tidak dibatasi oleh jurusanmu. Jadikan perkuliahan sebagai modal untuk dapat beradaptasi dengan suasana baru dan bekal menghadapi masa depan, selamat belajar!

Artikel Terbaru

Arina Fitria

Arina Fitria

Hai! aku Arina, lulusan dari jurusan Teknologi Industri Pertanian tahun 2020. Selain tertarik untuk belajar ilmu-ilmu baru, aku juga mempunyai ketertarikan pada dunia kepenulisan. Kamu bisa langsung cek arinafitria.blogspot.com untuk dapat membaca beberapa tulisanku atau kontak langsung ke arinafitria27@gmail.com

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *