Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Lingkungan

Kalian yang baru saja lulus SMA dan sedang memilih-milih jurusan kuliah, apakah pernah mendengar jurusan Teknik Lingkungan? Mungkin banyak ya yang belum kenal dengan jurusan Teknik Lingkungan. Nah, disini kalian akan mengetahui apa itu jurusan kuliah Teknik Lingkungan, simak sampai selesai ya!

Jurusan ini tergolong jurusan yang baru dan memang belum banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan Teknik Lingkungan. Kebanyakan ilmu mengenai lingkungan digabung dengan jurusan lain karena peminat dari jurusan ini masih kalah dengan jurusan lainnya. Tetapi dikarenakan pentingnya menjaga lingkungan di zaman sekarang maka ilmu-ilmu mengenai lingkungan dijadikan jurusan sendiri dan dipadukan dengan keilmuan Teknik maka terbentuklah jurusan Teknik Lingkungan.

Apa itu Jurusan Teknik Lingkungan?

Teknik Lingkungan
Sumber: ejaugsburg dari Pixabay

Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari apa saja tindakan kuratif dan preventif yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan hidup yang terdiri dari air, tanah, udara, dan kesehatan lingkungan melalui pendekatan rekayasa teknik. Prekayasaan terhadap alat-alat dan metode yang digunakan bertujuan untuk meminimalkan dampak buruk terhadap lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat.

Mungkin untuk kamu yang baru mengetahui tentang jurusan Teknik Lingkungan akan kaget, karena banyak juga yang dibahas pada jurusan ini. Memang jurusan ini mengkaji keilmuan yang sangat luas terkait dengan aspek-aspek lingkungan dan rekayasa keteknikan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Statistika

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan?

Kuliah di jurusan Teknik Lingkungan sangatlah menyenangkan. Kita akan mempelajari berbagai ilmu tenang air, tanah, udara, kesehatan masyarakat, ekonomi, social budaya, dan bahkan sejarah. Di jurusan ini juga ada mata kuliah matematika, fisika, biologi, design, ekonomi, dan tak ketinggalan praktikum. Karena jurusan Teknik Lingkungan mencakup keilmuan yang luas maka bidang pelajarannya pun juga cukup banyak.

Untuk kamu yang menyukai alam terbuka dan bosan jika selalu berada di dalam ruangan, maka jurusan ini cocok buat kamu. Karena kamu tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi juga di luar kelas seperti field trip, kunjungan ke alam, sampling, dan kerja praktek di lapangan.

Alasan Kuliah di Teknik Lingkungan

Apakah kalian menyadari bahwa lingkungan kita sudah tercemar? Dulu banyak sekali pepohonan di kota maupun di sekitar rumah, udara yang sejuk terbebas dari polusi, lingkungan bersih tanpa sampah, dan cuaca yang semakin panas. Nah lulusan Teknik Lingkungan ini yang bertanggungjawab mengkaji permasalahan seperti itu dan mencari solusinya. Disisi lain kita ingin hidup dengan lingkungan yang asri dan sejuk, tetapi disisi lain kita semakin butuh lahan untuk tempat tinggal dan industri.

Jadi lulusan Teknik Lingkungan sangatlah diperlukan untuk menyeleseikan permasalahan-permasalahan yang rumit tersebut. Selain itu, lulusan Teknik Lingkungan masih sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhan di dunia kerja. Jadi, bukankah ini sebuah peluang yang sangat besar untuk kamu?

Apa yang Dipelajari?

Water_Treatment_Plant
Sumber: freepik.com

Bidang keilmuan di Teknik Lingkungan sangatlah banyak. Jadi, yang akan dijelaskan disini merupakan bidang keilmuan secara umum saja. Karena, pada jurusan Teknik Lingkungan setiap perguruan tinggi memiliki peminatan bidang keilmuan yang berbeda dengan yang lainnya, seperti bidang persampahan, konstruksi, pertambangan, manajemen, maupun perencanaan.

Sistem Pengelolaan Air Bersih

Air merupakan sumber dari kehidupan. Manusia butuh air bersih untuk minum dan kebutuhan sehari-hari. Diperlukan keahlian khusus untuk mengolah dan mengelola air bersih. Mulai dari mencari sumber air, mendesain pengolahan air bersih sampai merancang distribusi air bersih ke konsumen. Dalam perencanaan ini kita juga menghitung BOQ dan RAB dari proyek air bersih ini. Biasanya sistem pengelolaan air bersih ini dirancang untuk satu kota, jadi cukup luas dan pastinya asik dalam pengerjaan proyek ini.

Pengelolaan Air Limbah

Air limbah adalah air hasil dari aktivitas manusia maupun industri yang sudah tidak terpakai. Air limbah dibedakan menjadi 2, yaitu air limbah domestik dan air limbah industri. Dalam bidang ini kamu akan mempelajari cara mengolah limbah domestik maupun industri agar tidak mencemari lingkungan ketika dibuang. Dan juga kamu akan mempelajari cara mendesain Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) suatu perkotaan.

Pengelolaan Limbah B3

Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) adalah zat yang dapat mencemari atau merusak lingkungan hidup. Kesehatan dan kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Limbah ini sangatlah berbahaya bagi manusia dan lingkungan, sehingga apabila tidak ditangani dengan tepat bisa sangat merugikan. Disini kamu akan diajarkan cara menangani limbah B3 dan mengelola limbah B3.

Persampahan

Sampah yang tidak tertangani dengan baik akan mengganggu aktivitas manusia, mencemari lingkungan, dan merusak estetika. Disini kamu akan belajar macam-macam sampah, cara mengelola sampah, manajemen sampah perkotaan, bahkan diajari cara mengubah sampah menjadi uang.

Prospek mengubah sampai sampai memiliki nilai ekonomis akan membuka peluang buat kamu yang memiliki jiwa pengusaha, karena masih belum banyak yang mampu mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomis.

Konversi Limbah Menjadi Energi

Kalau mendengar kata limbah kita pasti berfikir untuk membuangnya ya. Namun sebenarnya limbah yang diolah dengan benar maka mampu menghasilkan energi. Nah, energi dari limbah inilah yang bisa kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari, sehingga kita mampu menghemat energi fosil dan memakai energi alternatif.

Manajemen dan Teknologi Lingkungan

Dijurusan Teknik Lingkungan kita juga diajarkan menggunakan software untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada. Mulai software tentang air bersih, design, pemodelan, dan lain-lain. Selain itu, dengan adanya software akan mempermudah manajemen lingkungan dan mengontrol pencemaran lingkungan yang terjadi.

Semakin banyaknya permasalahan lingkungan maka semakin banyak pula inovasi-inovasi untuk menyelesaikannya. Pernah dengar aspal plastik? Botol air minum yang dapat dimakan? Atau mungkin kendaraan bahan bakar air? Wah seperti membicarakan teknologi di masa depan ya. Kamu juga akan mempelajari hal-hal tersebut apabila kuliah di jurusan Teknik Lingkungan.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Bagaimanakah prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan? Apakah prospek kerjanya sebanyak bidang keilmuannya? Dengan bidang keahlian yang banyak maka prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan pun juga luas. Kamu penasaran? Yuk kita bahas satu persatu.

Instansi Pemerintah

Disini kamu bisa bekerja sebagai PNS maupun sebagai tim ahli lingkungan hidup di departemen teknis maupun non teknis seperti PUPR, ESDM, KLH, BPLH, BPLHD, dan Kimpraswil. Selain di tingkat pusat atau kementrian kamu bisa masuk ke dinas-dinas di daerah seperti PU, DLH., dan PDAM.

LSM/NGO Lingkungan Hidup

Selain di instansi pemerintah, kamu juga dapat mengaktualisasikan diri untuk terjun langsung ke masyarakat melalui lembaga swadaya masyarakat nasional/internasional seperti: WWF, WHO, WALHI, Greenpeace, dan lain-lain.

Industri

Pada dunia industri hampir semua bidang industri membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan, yaitu pada bagian Safety Health & Environment (SHE), misalnya pada industri migas & pertambangan (Schlumberger, Total, Chevron, KPC), industri makanan dan minuman (Indofood, Ultrajaya), konstruksi (Wika, Waskita, PTPP). Mulai dari industri kecil sampai ke industri besar dibutuhkan lulusan Teknik Lingkungan dikarenakan makin ketatnya peraturan perundang-undangan terkait pencemaran dan kelestarian lingkungan.

Konsultan

Konsultan pada keilmuan Teknik Lingkungan memiliki keahlian masing-masing diantaranya: AMDAL, konsultan perencanaan pengelolaan air minum dan air limbah. Untuk menjadi konsultan tentunya kamu harus sangat menguasai bidang keahlianmu dan dibutuhkan pengalaman menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Wiraswasta

Selain itu lulusan Teknik Lingkungan bisa bekerja sebagai wiraswasta, seperti usaha pemanfaatan sampah bernilai ekonomis, daur ulang limbah, maupun menjual produk-produk hasil penelitian sehingga dapat dipasarkan kepada masyarakat.

Dosen

Tentunya kamu bisa menjadi dosen jurusan Teknik Lingkungan, akan tetapi untuk menjadi dosen kamu harus menyeleseikan Pendidikan S2 terlebih dahulu. Menjadi dosen di Teknik Lingkungan sangat menyenangkan karena selain menjadi dosen kamu juga bisa menjadi konsultan sekaligus peneliti.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sistem Informasi

Kelebihan jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan masih sedikit peminatnya, sedangkan peluang kerja lulusan Teknik Lingkungan masih sangat banyak dibutuhkan. Terlepas dari itu, semakin rusaknya lingkungan hidup kita dan makin banyaknya populasi manusia, maka dibutuhkan lebih banyak solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Permasalahan-permasalahan seperti pencemaran air bersih, polusi udara, boros energi, kesehatan masyarakat, persampahan dan air limbah merupakan permasalahan yang sangat komplek dan mencakup banyak bidang keilmuan untuk memecahkannya.

Untuk mempermudah pemecahan masalah tersebut maka dibukalah jurusan Teknik Lingkungan. Sehingga prospek lulusan Teknik Lingkungan sangatlah besar dan jangan takut masalah persaingan kerja. Selagi masih sedikit peminat bukankah ini peluang buat kalian? hehe

Tips Kuliah di Teknik Lingkungan

Oke, sekarang kamu tahu kan apa itu jurusan Teknik Lingkungan dan apa aja yang dipelajari? Ada beberapa tips nih buat kamu. Yuk simak tips berikut agar kuliahmu lancar nantinya!

Manajemen Waktu

Di jurusan ini akan ada banyak aktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan, maka kamu harus bisa manajemen waktu dengan baik. Alokasikan waktu untuk belajar, kuliah, praktikum, tugas, dan istirahat. Oiya di jurusan Teknik Lingkungan akan ada yang namanya Tugas Besar, yaitu tugas yang dikerjakan dengan tempo waktu satu semester. Tugas ini yang banyak menguras waktu dan tenaga kita. Untuk itu persiapkan manajemen waktu dengan baik ya!

Pilih Bidang Keahlianmu

Memang jurusan ini memiliki banyak bidang keahlian. Akan tetapi lebih baik kamu berfokus dengan satu bidang keahlian saja dan benar-benar menguasainya. Hal itu akan sangat menguntungkan kamu saat kamu nanti mencari kerja. Tapi tetap jangan lupa bidang lainnya juga dipelajari ya.

Mengikuti Penelitian

Banyak sekali penelitian-penelitian mengenai lingkungan di kampus nanti. Penelitian tersebut bisa dari kampus maupun dari pihak luar kampus. Jangan salah ya, karena bukan hanya mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan yang melakukan penelitian lingkungan. Akan tetapi banyak juga mahasiswa dari jurusan lain yang tertarik melakukan penelitian tentang lingkungan karena kecintaan mereka terhadap lingkungan dan juga masih banyaknya hal yang bisa dikaji.

Ikut Proyek Dosen

Ini yang paling seru! Yup, dosen-dosen Teknik Lingkungan biasanya punya banyak banget proyek. Inilah kesempatan terbaik untuk kamu agar bisa memperdalam ilmu. Karena ilmu dari pengalaman membuat kita paham daripada ilmu yang kita dapat di kelas. Selain ilmu yang kamu dapat, jika kamu beruntung maka kamu bisa jadi asisten dosen ataupun dapat uang jajan dari proyek yang kamu kerjain bersama dengan dosen.

Gimana nih sobat TambahPinter, pastinya udah jelas ya dengan jurusan Teknik Lingkungan di pembahasan kali ini. Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai jurusan Teknik Lingkungan.

Oiya ada pesan nih untuk kamu yang mau kuliah, sebaiknya jangan pernah membatasi diri hanya karena jurusan kuliah yang kamu ambil, menjadikan kamu seseorang yang tidak ingin belajar mengenai hal-hal lain di luar jurusan kuliahmu. Jadikanlah jurusan atau bidang yang kalian pilih sebagai senjata kalian untuk menghadapi dunia kerja dan masa depan ya!

Baca juga: Mengenal Jurusan Kedokteran

Semoga artikel ini bermanfaat! Sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Sumber:

id.wikipedia.org

usm.itb.ac.id

Artikel Terbaru

Lukman

Lukman

Saya mahasiswa S2 Jurusan Teknik Lingkungan dan lulusan S1 Jurusan Teknik Lingkungan.

Komentar

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *