Mengenal Apa Itu Jurusan Perikanan

Kamu ingin tidak salah satu kegiatan praktikum perkuliahannya adalah snorkeling? Atau belajar membuat makanan olahan laut beda dari yang lain, seperti produk Tao Kae Noi. Atau kamu ingin belajar berbagai jenis teknik budidaya dengan lahan kosong ukuran 10m2? Atau mengembangkan jenis ikan genetik baru? Jika iya, itu hanyalah sebagian kecil dari banyak hal yang bisa kamu pelajari ketika kuliah di jurusan perikanan.

Apa Itu Jurusan Perikanan?

Jurusan perikanan merupakan jurusan yang mempelajari berbagai aspek perikanan mulai dari potensi sumberdaya perikanan suatu daerah, teknik budidaya ikan/tanaman laut di darat dan di laut, teknik pengelolaan dan pengolahan perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan. Luasnya ilmu yang dipelajari di jurusan perikanan membuat beberapa universitas menaikkan statusnya menjadi fakultas seperti Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Universitas Diponegoro.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Lingkungan

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Perikanan?

Kegiatan Perkuliahan
Sumber: https://fish.faperta.ugm.ac.id/

Seru! Ilmunya luas dan banyak sudut pandang baru yang dipelajari. Kamu akan sering melakukan praktikum, kerja kelompok, hingga diskusi. Laboratorium akan menjadi seperti rumah kedua kamu karena lamanya waktu kamu habiskan di laboratorium. Bosan? Tidak, kamu justru akan dekat dengan temen sejurusan kamu.

Di aspek lain, kamu akan banyak membaca, me-review, dan berdiskusi tentang isu-isu terbaru perikanan serta permasalah-permasalahan yang ada ketika di ruang kuliah. Selain itu, kamu akan mewawancarai dan berdiskusi dengan masyarakat, membuat video tentang usaha perikanan, hingga membuat rencana strategi untuk keberlanjutan kegiatan perikanan.

Kemudian, kamu bisa menjadi asisten praktikum dan berkontribusi dalam penelitian dosen. Serta banyak aktivitas di luar kuliah yang bisa kamu ikuti untuk menunjang pembelajaran kuliah, seperti seminar nasional, seminar internasional, hingga pertukaran pelajaran.

Alasan Kuliah di Jurusan Perikanan?

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan total luas perairan mencapai 6,32 km2 atau hampir 3 kali lipat dari luas daratan. Potensi yang dimiliki mencapai 65 juta ton per tahun, akan tetapi pemanfataanya hanya 33,4 juta ton yang terdiri dari 24 juta ton hasil budidaya dan 9,4 juta ton hasil tangkapan. Sedangkan kontribusi PDB Sektor Perikanan terhadap PDB Nasional tahun 2020 adalah 2,39% atau hanya meningkat sebesar 0,25% dari tahun 2014.

Jadi dapat dibayangkan bahwa masih banyak yang dapat kamu eksplorasi, bukan?

Apa yang Dipelajari di Jurusan Perikanan?

Banyak banget! Tergantung bidang apa yang ingin kamu ambil. Jurusan Perikanan memiliki banyak bidang, mulai dari budidaya perikanan, ilmu perikanan, teknologi hasil perikanan, oseanografi, manajemen sumberdaya perikanan, dll.

Di tahun pertama, kamu akan mempelajari mata kuliah umum seperti fisika dasar, dasar-dasar manajemen, hingga pancasila. Selain itu, kamu juga akan mempelajari dasar penangkapan ikan, ikhtiologi (ilmu yang mempelajari tentang morfologi ikan), avertebrata air (ilmu yang mempelajari tentang biota air), ekologi, hingga sosiologi perikanan. Dikarenakan materi perkuliahan masih bersifat umum, kegiatan praktikum dan kelas perkuliahan akan digabungkan dengan jurusan atau fakultas lain.

Mulai tahun kedua, kamu bisa mulai memilih mata kuliah pilihan sesuai minat bidang perikanan, misal:

  • Bidang Pengolahan/Teknologi Hasil Perikanan, dapat dipelajari dengan dengan mengambil mata kuliah Analisis Pangan dan Gizi Ikani.
  • Bidang Budidaya Perikanan, dapat dipelajari dengan dengan mengambil mata kuliah Rekayasa Bio-Lingkungan Akuakultur.
  • Bidang Manajemen Sumberdaya Perikanan, dapat dipelajari dengan dengan mengambil mata kuliah Sosial Ekonomi Perikanan.

Perbedaan Beberapa Bidang di Jurusan Perikanan

Perbedaannya terletak pada kegiatan praktikum. Bidang Pengolahan/Teknologi Hasil Perikanan lebih banyak melakukan praktikum di laboratorim. Kamu akan belajar tentang analisis kandungan biota laut, teknik pengawetan dan pengolahan ikan, dan masih banyak lagi.

Oya, biasanya sebagai mahasiswa baru, kakak angkatan sering minta tolong kamu jadi tester makanan olahan ikan. Pernah mencoba mie kering dengan tambahan tepung tulang lele? Atau egg-drops biscuit dari daging ikan marlin? Atau chiffon cake dan crackers dengan kandungan tulang ikan? Memangnya bisa? Enak? Dibidang ini kamu akan mengetahui itu semua.

Bidang Manajemen Sumberdaya Perikanan banyak melakukan pratikum lapangan ke pantai, danau, hingga waduk. Kalau kamu suka kegiatan lapangan, bertemu dengan masyarakat, aktivitas outdoor, keberlanjutan lingkungan, limbah dan dampaknya, bidang ini cocok sekali untuk kamu. Ingin merasakan praktikum sambil liburan ke tempat penangkaran ikan? Ingin merasakan jadi nelayan melaut semalaman? Maka, ambilah bidang ini.

Kegiatan Praktikum
Sumber: fish.faperta.ugm.ac.id

Bidang lainnya yaitu bidang Budidaya Perikanan. Bidang ini memang fokus ke seluruh aspek yang mendukung kegiatan budidaya perikanan. Kamu bisa mempelajari komposisi pakan yang cocok untuk budidaya, berbagai jenis hama dan penyakit, genetika ikan, hingga mendesain akuakultur. Mayoritas mahasiswa bidang ini kuliah sambil menerapkan ilmunya langsung dengan usaha budidaya.

Prospek Kerja Jurusan Perikanan

    1. Perusahaan Perikanan

Di perusahaan macam ini, terdapat banyak jenis posisi yang membutuhkan lulusan perikanan seperti bagian quality control, grading/sorting ikan, produksi, hingga pemasaran. Salah satu perusahaan milik BUMN yaitu PT Perikanan Nusantara (Persero), sedangkan salah satu perusahan perikanan swasta yaitu PT Aquafarm Nusantara.

    1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Kamu bisa jadi PNS seperti lulusan jurusan lain dan memilih ingin menjadi PNS di tingkat pusat seperti kementerian atau PNS Daerah.

    1. Wirausaha

Terdapat berbagai pilihan usaha yang tersedia. Beberapa contohnya, yaitu usaha budidaya ikan laut, ikan tawar, budidaya udang, olahan rumput laut. Semisal kamu punya sawah, kamu bisa memanfaatkan sawah itu untuk bertani dan berbudidaya ikan di saat bersamaan.

    1. Tenaga Pendidik

Kamu bisa jadi dosen di universitas serta guru di sekolah tinggi perikanan. Beberapa universitas bahkan memberikan kesempatan beasiswa S2 atau S3 untuk lulusan S1 Perikanan yang ingin menjadi dosen.

Baca juga: Mengenal Jurusan Farmasi

Kelebihan Jurusan Perikanan

Belum banyak orang yang mengenal jurusan ini. Tidak sedikit pula yang meremehkan jurusan ini. Tetapi, justru karena itulah jurusan ini mempunyai peluang yang luas. Ilmu yang didapatkan beragam, sehingga mau bagaimana perkembangan jamannya, ilmu tersebut akan terus bermanfaat.

Jika sekarang jaman industri, maka kamu dapat mengembangkan ide–ide baru mengenai teknik atau teknologi yang di butuhkan di bidang perikanan. Kamu tau kan seberapa luas wilayah laut di dunia ini? Karena itu, wilayah untuk mengembangkan usaha perikanan tidak akan pernah habis. Kamu mau jadi peneliti? Peluang tersebut masih cukup luas mengingat jumlah peneliti di Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia hanya berjumlah 538 orang per tahun 2016.

Kesempatan emas seringkali dilewatkan banyak orang karena selintas terlihat seperti hal yang biasa dan sepele.

-Thomas Alfa Edison

Tips Kuliah di Jurusan Perikanan

Sebenarnya tips dan trik kuliah di Jurusan Perikanan tidak berbeda dengan yang lain. Apa saja?

    1. Rajin Mencatat

Kenapa? Karena apa yang di ujiankan biasanya adalah apa yang diterangkan dosen. Slide power point/buku/jurnal biasanya hanya sebagai tambahan referensi. Beberapa dosen lebih senang menjelaskan daripada harus memberikan bacaan yang banyak. Apa yang dijelaskan itu biasanya apa yang akan keluar di ujian. Kalau kamu bukan tipe orang yang bisa fokus selama waktu pembelajaran, kamu bisa menggunakan alat perekam untuk merekam penjelasan dosen dan me-review ulang materi tersebut di luar jam kuliah.

    1. Berdiskusi

Seringlah berdiskusi dengan dosen, teman kakak angkatan, hingga alumni. Dari situ, kamu akan menambah ilmu lapangan yang jarang didapatkan ketika kuliah.

    1. Terlibat dalam Kegiatan Kampus

Maksudnya kegiatan apa nih? Misal, menjadi asisten praktikum, panitia seminar, asisten penelitian dosen, serta berpartisipasi dalam jurnal penelitian. Semakin aktif kamu dalam berkegiatan, semakin luas kenalan dan ilmu yang kamu punya.

    1. Banyaklah Membaca

Membaca disini dapat membaca jurnal penelitian, tulisan ilmiah, hingga buku rekomendasi dosen. Dengan banyak membaca, bisa membantu kamu menemukan minat bidang yang akan kamu ambil menjelang tahun terakhir perkuliahan di Jurusan Perikanan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Biologi

Setiap jurusan mempelajari berbagai macam ilmu, dengan cakupan yang bahkan masih lebih luas lagi. Bukan berarti karena lulusan perikanan lalu kamu hanya bisa menjadi pembudidaya. Ada banyak hal yang bisa lakukan meskipun kamu lulusan Jurusan Perikanan. Pada akhirnya, apapun jurusan yang akan kamu ambil nanti, jadikanlah pengalaman dan ilmu yang dapatkan selama kamu kuliah untuk bekal memasuki dunia nyata.


Sumber data:

https://www.bps.go.id/publication/2020/10/16/54be7f82b7d3aa22f5e2c144/pdb-indonesia-triwulanan-2016-2020.html

Artikel Terbaru

Nur

Nur

Hi, I am Nur. I am 20-something girl living in “The Never Ending Asia” or Yogyakarta. I graduated with an Bachelor of Fisheries Science from Gadjah Mada University. Currently, i am working as a civil servant in Marine and Fishery Office. If you require any further information, feel free to contact me at annurr1205@gmail.com. Thx

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *