Home Tugas Yuk Ketahui Metode Penelitian Kuantitatif

Yuk Ketahui Metode Penelitian Kuantitatif

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai penelitian kuantitatif, maka selanjutnya adalah memulai metodenya. Metode penelitian secara umum, membahas bagaimana rancangan pemecahan masalah atau cara menjawab penelitian yang dilakukan. Bisa juga dikatakan sebagai rancangan kerja peneliti untuk melaksanakan suatu pengamatan ilmiah. Metode penelitian setidaknya memuat desain dan rancangan proses penelitian, operasionalisasi variabel, sumber, dan cara penentuan data dan informasi serta metode analisis.

Mengenal Metode Penelitian Kuantitatif

metode penelitian
sumber: kemenkeu.go.id

Metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif, pada aspek latar belakangnya bersifat nomotis, tidak seperti kualitatif yang cenderung ideografis. Selain itu, rumusan masalah, teori yang digunakan dan hipotesisnya lebih mantap.

Sedangkan tujuannya, bermaksud untuk menguji teori, mendapatkan hubungan antar variabel, atomistik dan generalisasi. Untuk penyusunan materinya, lebih menekankan pada logika deduktif. Waktu penelitian kuantitatif cenderung lebih cepat (terbatas), dengan sampel yang banyak; tetap; representatif dan umumnya acak.

Teknik pengumpulan data pada pendekatan kuantitatif yang menggunakan angket, disertai wawancara berstruktur. Tetapi, kamu sebagai peneliti metode kuantitatif cenderung memiliki hubungan dengan responden yang tidak ‘sehangat’ dan seawet metode kualitatif. Walau demikian, usulan desain metode kuantitatif, lebih mantap, projektif, dan jelas langkah / alurnya.

Struktur dalam Metode Penelitian Kuantitatif

Pada umumnya, metode penelitian kuantitatif akan berisi beberapa sub bab, yaitu:

1. Pendekatan dan Jenis Penelitian

Kamu yang akan membuat penelitian harus menjawab: mengapa pendekatan kuantitatif digunakan dan mengapa jenis penelitian tertentu akan dipilih. Carilah definisi penelitian kuantitatif dari ahli/pakar, yang menjadi patokanmu dalam menggunakan pendekatan kuantitatif itu.

Kemudian untuk jenis penelitian, kamu bisa menentukan terlebih dahulu tujuan penelitiannya. Untuk diingat, jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif, ada penelitian eksperimental dan non eksperimental.

Contoh: misalkan tujuan penelitianmu adalah mengetahui pengaruh konsentrasi starter biodekstran terhadap produktivitas dan kandungan gas metan yang dihasilkan. Maka, ada 2 variabel penelitian yaitu konsentrasi starter biodekstran sebagai variabel bebas.

Sedangkan produktivitas dan kandungan gas metan akan menjadi variabel terikatnya. Nah, dari situlah variabelnya akan dikembangkan menjadi parameter yang diukur dan diamati. Dari situ, kamu akan menentukan si variabel akan diukur dan atau diamati menggunakan perhitungan statistik atau metode apa. Dari variabelnya kamu bisa menggunakan jenis penelitian eksperimental.

contoh pengukuran penelitian
sumber: dokumen penulis

2. Populasi dan Sampel

Populasi sendiri, menurut KBBI berarti seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Makna lainnya adalah jumlah penghuni, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang tertentu. Selain itu populasi juga dapat diartikan sekelompok orang, benda atau hal yang menjadi sumber sampel; sesuatu kumpulan yang memenuhi syarat tertentu serta berkaitan dengan penelitian.

Di sisi lain, sampel sendiri menurut KBBI berarti sesuatu yang digunakan untuk menunjukkan sifat suatu kelompok yang lebih besar. Dalam penelitian, untuk penentuan sampel, apabila ada 100 orang dalam populasi, maka minimal 10 – 25% sampel yang diambil.

Berikut adalah contoh perhitungan/penentuan populasi dan sampel.
Contoh: penelitian tentang motivasi siswa SMA/K kelas XIII mengikuti bimbel masuk PTN di Sleman. Lalu, kamu hanya akan mengambil sampel misalnya 10% saja.
Populasi : seluruh siswa SMA/K kelas XIII di Kabupaten Sleman, yang setelah didapat datanya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, ada sekitar 500 anak.
Sampel : 50 anak yang merupakan siswa SMA/K kelas XIII di Kabupaten Sleman.

3. Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian adalah alat yang akan kamu gunakan untuk mengumpulkan data-data dalam penelitian. Pada dasarnya, dalam penelitian kuantitatif itu sendiri, instrumen penelitian berasal dari penjabaran variabel yang dikembangkan dari teori yang diuji melalui penelitian yang sedang dikerjakan. Nantinya instrumen penelitian akan dibahas lebih detail di artikel berikutnya.

4. Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data untuk penelitian kuantitatif dapat bervariasi. Misalnya kamu yang menggunakan jenis penelitian eksperimental, maka teknik pengumpulan data dengan mengamati dan atau menghitung variabel yang diukur. Bisa juga teknik pengumpulannya dengan menemui responden dan meminta untuk mengisi secara jujur, angket kuisioner penelitian.

Berbeda dengan kualitatif, pada penelitian kuantitatif, kamu tidak diwajibkan untuk hadir dan bertemu face to face dengan para respondenmu. Karena, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mengumpulkan data yang kamu butuhkan. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu pengukuran variabel, menggunakan instrumen ukur yang tepat dan reliable.

5. Analisis data

Titik berat yang membedakan dengan kualitatif adalah penggunaan statistik dalam penelitian kuantitatif. Di sinilah kamu dituntut untuk bermain dengan rumus atau formula statistik, guna menganalisa data yang telah kamu kumpulkan.

Misalnya rumus regresi, untuk menguji keterkaitan antara variabel yang satu dengan lainnya. Kamu harus menjelaskan jenis analisis statistik apa yang digunakan dalam penelitian kuantitatifmu ini. Kamu bisa menggunakan metode statistik deskriptif maupun inferensial.

Jika yang kamu gunakan adalah statistik inferensial, maka sebutkanlah sub jenis yang digunakan, apakah statistik parametrik atau nonparametrik. Statistik parametik inilah yang digunakan dalam penelitian kuantitatif karena skala pengukurannya adalah interval dan rasio. Termasuk jika kamu menggunakan bantuan analisis di komputer, seperti SPSS. Maka kamu harus menyebutkannya di penelitianmu.

Untuk analisis data, dapat dilakukan menggunakan 3 cara. Pertama, menggunakan statistika, seperti Uji F. Kedua, dengan permodelan matematika. Biasanya digunakan oleh para engineering, karena hubungan antar variabelnya yang lebih matematis. Ketiga, kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Contohnya, dalam penelitianmu dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analsisis data yang digunakan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) yaitu IBM SPSS 23.

Metode Penelitian Kuantitatif secara Sederhana

Simpelnya, dalam metode penelitian biasanya akan dirinci ke dalam beberapa sub bab, yaitu:

1. Tempat dan Waktu Penelitian

Kamu sebutkan di mana tempat pengambilan sampel, lokasi penelitian dan uji sampelnya. Selain itu kamu juga harus menyebutkan rentang waktu penelitianmu dari pengambilan sampel sampai pengujiannya.

2. Alat dan Bahan

Kamu sebutkan dengan lengkap apa saja alat dan bahan yang kamu gunakan di penelitianmu.

3. Rancangan Percobaan

Rancangan percobaan yang umum digunakan seperti RAL (Rancangan Acak Lengkap) dan RAK (Rancangan Acak Kelompok). Kamu jelaskan di sini bagaimana penelitian kuantitatifmu diuji dengan rancangan percobaan yang sesuai.

4. Variabel dan Pengukuran

Nah, ini dia yang membedakan dengan penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif lebih menitikberatkan pada variabel dan pengukuran. Karena nantinya, hasil penelitian kamu akan berupa angka, statistik atau pun kode kuantitatif lainnya.

5. Analisis Data

Kamu sebutkan saja bagaimana cara menganalisis data pengukuran dari variabel-variabelmu selama penelitian berlangsung.

Baca juga: Pengertian Penelitian Kuantitatif

Kesimpulan

Jadi, metode penelitian menuntutmu untuk mengumpulkan data dan menetapkan alat analisis dalam pemecahan masalah. Sehingga, ketika kamu memilih penelitian kuantitatif, maka metode yang perlu dilakukan adalah menjawab apa dan bagaimana, dari:

  • Definisi operasional variabel
  • Data yang dibutuhkan
  • Cara mendapatkan data
  • Cara mengolah data
  • Cara menguji hipotesis (berdasar data yang ada)
  • Cara merepresentasikan hasil pengolahan dan pengujian data
Avatar
Lailli
Saya freelance writer sejak 2016. Saya banyak mengerjakan artikel tentang dunia pertanian (termasuk peternakan & perikanan), penelitian sampai dengan dunia bisnis online. Saya juga pernah melakukan penelitian kuantitatif, khususnya di skripsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bagaimana Kontak dan Komunikasi Yang Baik Dengan Pembimbing

Mahasiswa yang ingin menyelesaikan masa studinya diwajibkan membuat laporan tertulis di akhir semester yang biasa disebut tugas akhir. Tugas akhir dapat dikategorikan sesuai jenjang...

Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Skripsi adalah karya tulis yang dibuat dengan mengikuti prinsip-prinsip ilmiah yaitu berdasarkan data dan fakta. Dalam penulisan skripsi, terdapat beberapa aturan yang membedakannya dengan...

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...