Langkah untuk Meringkas Teks Nonfiksi

Sebelum mengetahui langkah-langkah untuk meringkas teks nonfiksi, apakah kamu sudah tau seperti apa teks nonfiksi?

Teks nonfiksi merupakan kebalikan dari teks fiksi. Teks nonfiksi ditulis berdasarkkan fakta dan kenyataan, bersifat informatif dan dapat dipertanggungjawabkan oleh si penulis. Jadi, tidak bersifat khayalan seperti cerpen, novel, dan sebagainya. Teks nonfiksi berupa biografi, berita, jurnal ilmiah, artikel, dan lain-lain.

Setelah mengetahui pengertian nonfiksi, kamu juga perlu mengetahui pengertian ringkasan. Ringkasan adalah sebuah teks yang menyajikan karangan fiksi atau nonfiksi secara lebih singkat dan padat. Nah, yang perlu diperhatikan dalam ringkasan adalah harus mempertahankan urutan gagasan dari teks tersebut.

Penasaran kan seperti apa langkah-langkah untuk meringkas teks nonfiksi? Berikut adalah penjelasannya.

Baca dan Pahami Teks

Baca dan pahami teks
Sumber foto: PourquoiPas dari Pixabay

Langkah pertama dan yang paling utama ialah dengan membaca keseluruhan teks. Hal itu berguna supaya kamu bisa tahu teks tersebut berisi tentang apa. Usahakan untuk tetap fokus saat membacanya ya dan hindari distraksi supaya pemahamanmu tentang teks tersebut lebih mantep.

Baca juga: Contoh Cerita Nonfiksi

Mencari dan Mencatat Setiap Gagasan yang Ada di Teks

Mencari dan Mencatat Setiap Gagasan yang Ada di Teks
Sumber foto: lil_foot_ dari Pixabay

Langkah kedua tidak kalah penting nih. Sebelum meringkas, kamu harus tahu dulu gagasan pokok yang ada pada teks tersebut. Mulailah dengan mencari gagasan pokok dan informasi penting lainnya dari setiap paragraf. Setelah menemukan gagasan pokok, alangkah lebih baiknya kamu menuliskan setiap gagasan, supaya kamu lebih mudah dalam meringkasnya.

Baca juga: Contoh Cerita Fiksi

Mulailah Meringkas!

Mulailah meringkas
Sumber foto: janeb13 dari Pixabay

Langkah terakhir yaitu mulailah meringkas dengan mengembangkan gagasan pokok tersebut menjadi kalimat berbeda. Kamu bisa menulis ringkasan sesuai dengan urutan gagasan pokok tersebut agar pemahaman tentang isi teks tersebut masih jelas terbaca.

Baca juga: Contoh Teks Narasi

Nah, itu dia langkah-langkah untuk meringkas teks nonfiksi. Mudah banget bukan? Kalau disimpulkan ada tiga langkah, yaitu baca dan pahami teks, mencari dan mencatat gagasan yang ada pada teks, dan terakhir yaitu mulai meringkas.

Kemampuan meringkas teks ini penting banget loh, apalagi jika kamu seorang siswa ataupun mahasiswa yang biasanya mendapatkan tugas meringkas dari buku atau artikel. Semoga tulisan ini bisa membantumu ya, selamat mencoba!

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Suka apapun tentang dunia tulis menulis dan buku. Menamatkan kuliah di Sastra Indonesia UNJ dan kini menjadi content writer.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *