Berbagai Macam Contoh Kata Pengantar

Dalam karya tulis, terdapat kata pengantar yang berfungsi sebagai pendahuluan. Kata pengantar tersebut diletakkan di halaman pertama–terpisah dari bagian isi–sebuah karya tulis. Sebagai pendahuluan, kata pengantar biasanya memiliki panjang satu sampai dua halaman. Kamu masih bingung untuk menyusun kata pengantar?

Berikut akan disajikan pengertian tentang kata pengantar, isi kata pengantar, cara membuat, dan berbagai contoh kata pengantar: contoh kata pengantar makalah, contoh kata pengantar laporan PKL, contoh kata pengantar laporan praktikum, contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar laporan magang, contoh kata pengantar laporan kegiatan,  contoh kata pengantar proposal penelitian, contoh kata pengantar laporan observasi, contoh kata pengantar laporan kegiatan sekolah, contoh kata pengantar laporan kunjungan industri, contoh kata pengantar laporan KKN, dan contoh kata pengantar laporan study tour.

Pengertian Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar
Sumber: freepik.com

Terdapat beberapa pengertian mengenai kata pengantar, menurut beberapa kamus besar, kata pengantar berarti sebagai berikut:

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pengantar berarti pendahuluan.
  2. Menurut Cambridge Dictionary, preface is an introduction at the beginning of a book its purpose. Thanking people who helped the author, etc yang berarti kata pengantar merupakan pengantar di awal buku yang menjelaskan tujuan. Ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu penulis, dan sebagainya.
  3. Tidak jauh berbeda, dalam Lexico, preface is an introduction to a book, typically stating its subject, scope, or aims yang berarti kata pengantar ialah pengantar sebuah buku yang biasanya menyatakan subjek, ruang lingkup atau tujuan penulisan.

Dari tiga pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kata pengantar merupakan pendahuluan di awal karya tulis yang menjelaskan tujuan, ruang lingkup serta ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa terhadap tulisan sang penulis.

Baca juga: Contoh Rumusan Masalah

Apa Saja Isi Kata Pengantar

Kata pengantar biasanya merupakan tulisan mengenai kisah dari pembuatan karya tulis atau ide penulisan karya tulis tersebut.  Tidak lupa disertai ucapan rasa syukur penulis atas karya tulis yang telah selesai ia buat. Di dalam kata pengantar, terdapat pula ucapan terima kasih kepada orang-orang yang penulis rasa telah membantu dalam penyusunan karya tulisnya.

Kata pengantar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Pada bagian pembuka, diawali dengan ucapan syukur yang ditujukan kepada Pencipta dan tujuan dari penulisan tersebut. Setelah itu, menyebutkan judul karya tulis. Pada bagian isi, berisi ucapan terima kasih. Biasanya untuk karya tulis seperti skripsi,terdapat penyebutan nama orang-orang yang telah membantu penulis. Di bagian penutup, penulis bisa memberikan harapan terhadap karya tulis yang telah dibuat.

Cara Membuat Kata Pengantar

kata pengantar
Sumber: Free-Photos dari Pixabay

Untuk menyusun kata pengantar tidaklah terlalu sulit. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menyusun kata pengantar, yaitu:

  1. Pastikan kamu telah menyelesaikan isi dari karya tulis terlebih dahulu karena kata pengantar biasanya disusun di akhir penulisan karya tulis walaupun ia terletak di awal halaman.
  2. Kamu bisa menjelaskan sedikit mengenai latar belakang kamu yang berkaitan dengan topik yang dipilih serta berikan alasan mengapa kamu memilih topik tersebut.
  3. Tulis ucapan terima kasih kepada orang atau lembaga yang telah membantu kamu dalam penyusunan karya tulis.
  4. Berikan harapan yang kamu tujukan dari karya tulis tersebut.
  5. Usahakan tidak terlalu panjang dalam menulis kata pengantar apa lagi dalam penyebutan nama untuk ucapan terima kasih.

Contoh Kata Pengantar

Setiap karya tulis pasti memiliki kata pengantar di bagian pendahuluannya, baik itu buku, novel, laporan penelitian, dan sebagainya. Berikut ini disajikan berbagai contoh kata pengantar yang bisa kamu jadikan bahan referensi. Yuk disimak.

Baca juga: Sistematika Penulisan Skripsi

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah memberi limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Tingkat Organisasi Kehidupan Bumi sebagai tugas akhir pelajaran Biologi kelas XII IPA 1. Penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Maryam S. Pd. selaku guru mata pelajaran Biologi sekolah Tambahpinter yang telah membimbing dalam pembuatan makalah ini.

Penulis juga berterima kasih kepada teman-teman, keluarga, serta semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah tugas akhir ini. Harapan penulis semoga makalah ini dapat menambah wawasan dan referensi bagi pembaca mengenai tingkat organisasi kehidupan, baik untuk pelajar maupun umum.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu, penulis menerima segala kritik dan saran yang dapat membangun untuk kebaikan dan kesempurnaan penulisan makalah berikutnya.

Jakarta, 1 Januari 2020

Penulis

 

Kata Pengantar

Segala puji hanya milik Tuhan Semesta Alam, pemilik segala ilmu pengetahuan. Dengan izin, limpahan rahmat, dan kasih sayang-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Alih Kode dan Campur Kode Pada Masyarakat Berbahasa Indonesia. Proses penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak Maryo, S. Hum., selaku dosen mata kuliah Lingusitik.
  2. Ibu dan Bapak yang selalu mendoakan Latifa di mana pun dan kapan pun.
  3. Teman-teman kelompok Yuk Belajar Bersama di ruang perpustakaan.
  4. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah.

Penulis berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan dan referensi bagi pembaca. Penulis menyadari bahwa makalah ini tak luput dari kekurangan dan keterbatasan sehingga masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harap demi meningkatkan kemampuan penyusunan makalah di masa yang akan datang.

Jakarta, 7 Juli 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya karena telah memberi kesempatan pada tim penulis untuk menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berjudul Praktik Kerja Lapangan Penerjemahan Dokumen Berbahasa Inggris di Kementrian Luar Negeri Indonesia.

Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Tambahpinter yang telah menempuh 90 sks. Biasanya Praktik Kerja Lapangan dilakukan di sebuah lembaga, instansi atau perusahaan yang memiliki bidang pekerjaan sesuai dengan jurusan yang dipilih. Sebagai mahasiswa Bahasa Inggris, tim penulis memilih Kementerian Luar Negeri Indonesia yang memiliki bidang penerjemahan sesuai dengan latar belakang dan minat.

Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh teman dan pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini, khususnya Mrs. Anna Elisa, M. Hum. selaku dosen jurusan Bahasa Inggris serta pembimbing Praktik Kerja Lapangan kami dan Mr. Ralph Wreki, M. Hum. selaku dosen wali jurusan Bahasa Inggris angkatan 2017.

Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada Kemenetrian Luar Negeri Indonesia yang telah memberi kesempatan yang begitu berharga sehingga kami bisa belajar dan mempraktikkan langsung ilmu yang kami dapat selama 3 tahun terakhir ini di Universitas Tambahpinter.

Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan yang pernah dilakukan selama kegiatan berlangsung, semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kami dan dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Kami berharap, melalui makalah laporan kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini dapat menambah wawasan mengenai penerjemahan dokumen berbahasa Inggris dan menjadi referensi bagi adik-adik yang akan mengikuti Praktik Kerja Lapangan di Kementrian Luar Negeri Indonesia berikutnya.

Jakarta, 11 Januari 2020

Tim Penulis

 

Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya karena telah memberi kesempatan pada penulis untuk menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan yang berjudul Praktik Kerja Lapangan di Perusahaan Akuntansi Y Jakarta.

Sebagai mahasiswa Akuntansi, penulis memilih Perusahaan Akuntansi Y yang memiliki bidang yang sesuai dengan latar belakang dan minat penulis.

Penulis sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Qalita selaku dosen pembimbing dan dosen mata kuliah akuntansi. Selain itu, terima kasih juga dihaturkan kepada Perusahaan Akuntansi Y yang telah memberi kesempatan begitu berharga sehingga penulis dapat belajar dan mempraktikkan langsung ilmu yang sudah didapat.

Penulis berharap melalui makalah laporan kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini dapat menambah wawasan mengenai akuntansi dan menjadi referensi bagi adik-adik yang akan mengikuti Praktik Kerja Lapangan berikutnya.

Jakarta, 19 Februari 2020

Tim Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan kasih-Nya, serta atas anugerah kesehatan yang telah diberi sehingga memberikan kemampuan serta kemudahan bagi penulis untuk penyusunan laporan praktikum.

Penulis hanya memiliki sebatas ilmu yang bisa disajikan dengan judul “Struktur Tubuh Makhluk Amfibi, Katak Sawah”. Dari judul tersebut ada beberapa hal yang bisa dipelajari khususnya pengetahuan tentang bentuk dan struktur katak sawah.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Bapak Waluyo, S. Pd. selaku guru mata pelajaran Biologi. Terima kasih juga disampaikan kepada teman-teman kelas XII IPA 2 yang telah membuat kegiatan praktikum ini menyenangkan.

Penulis menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan serta pemahaman penulis dalam karya ilmiah ini, menjadikan keterbatasan juga untuk memberikan penjabaran yang lebih mendalam tentang masalah ini. Maka dari itu, mohon dimaklumi apabila masih terdapat banyak kekurangan serta kesalahan pada penyusunan karya ilmiah ini. Penulis berharap semoga karya ilmiah ini membawa manfaat bagi pembaca.

Bekasi, 5 Juni 2020

Penulis

 

Kata Pengantar

Struktur jaringan tebu memiliki bentuk yang unik. Karya ilmiah ini meneliti tanaman tebu sebagai laporan praktikum semester 2 jurusan Biologi Universitas Tambahpinter. Penulis mengucapkan syukur atas berkat dan rahmat Tuhan sehingga penulis dapat menyelesaikan dan membuat laporan kegiatan praktikum yang berjudul ‘Struktur Jaringan Tanaman Tebu’.

Penulis menyampaikan pula terima kasih kepada Ibu Manta, M. Sc. selaku dosen mata kuliah Struktur Tumbuhan yang telah mengizinkan penulis untuk membuat laporan ilmiah ini. Tak lupa kepada teman angkatan Biologi 12 yang telah membantu penulis untuk menyelesaikan tugas praktikum ini secara tepat waktu.

Pada dasarnya, laporan ini masih memiliki kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, kritik dan saran yang membangun sangat diharapakan sehingga penulis dapat lebih baik lagi untuk laporan ke depannya. Semoga laporan ini dapat menjadi bahan penelitian selanjutnya dan menjadi bacaan pengetahuan yang bisa dinikmati oleh orang banyak.

Lampung, 1 Juli 2020

Penulis

Baca juga: Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Manfaat Kesehatan Praktik Olahraga Renang Gaya Dada Dalam Kegiatan Sekolah SD Manggis Jakarta Kelas 3.

Dalam pelaksaan penyusunan skripsi ini, penulis mendapat banyak bantuan, bimbingan, dan arahan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada:

1.        Bapak Dr. Syahfrul, M. Kes. selaku Dekan Fakultas Keolahragaan Universitas Tambahpinter yang telah memberikan izin dalam penyusunan skripsi ini.

2.        Ibu Aliyyah Kusuma, M. Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Tambahpinter yang memberikan kesempatan untuk mengadakan penelitian ini serta terlaksananya ujian skripsi ini.

3.        Bapak Ega Bawi, M. Pd. selaku Penguji Utama sidang skripsi yang bersedia menguji serta memberikan saran yang membangun demi sempurnanya skripsi ini.

4.        Ibu Indah Cipta, M. Pd. selaku Penguji Kedua yang bersedia menguji serta memberikan saran yang membangun demi sempurnanya skripsi ini.

5.        Ibu Risti Arsi, M. Pd. selaku pembimbing yang telah membantu dan membimbing dengan penuh kesabaran, ketelitian, dan dukungan dalam belajar maupun menyelesaikan skripsi.

6.        Bapak Jefa Satria, M. Kes.  selaku dosen wali angkatan 17 yang selalu memberikan motivasi untuk anak-anak walinya dalam belajar dan menyelesaikan skripsi.

7.        Kedua orang tua, sahabat serta rekan yang telah memberikan dukungan dan bantuan sehingga penulis selalu termotivasi dalam menyelesaikan skripsi.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan, walaupun penulis telah berusaha sebaik mungkin sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan guna penyempurnaan penyusunan dan penulisan skripsi ini.

Penulis berharap agar skripsi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca dan calon penulis berikutnya.

Semarang, 2 Juni 2020

Penulis

Prakata

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan limpahan rahmat serta hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Skripsi yang berjudul: Seni Tari Yapong: Kajian Observasi dan Sejarah, ditulis sebagai persyaratan utama untuk mencapai gelar Sarjana Pendidikan Seni Tari pada Jurusan Seni Tari Fakultas Seni Tambahpinter.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bantuan, dorongan semangat, serta bimbingan dari berbagai pihak, skripsi ini tidak akan selesai dan tidak berarti. Maka dari itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1.      Prof. Dr. Abadi, M. Hum., selaku Dekan Fakultas Seni Universitas Tambahpinter yang telah memberikan izin dalam penyusunan skripsi ini.

2.        Drs. Warya Adirahendra, M. Pd., selaku Ketua Jurusan Seni Tari Universitas Tambahpinter yang telah membantu serta memberikan kesempatan untuk mengadakan penelitian serta memberikan dorongan moral selama menempuh Pendidikan di jurusan Seni Tari.

3.        Dra. Iyya Bella, M. Pd., selaku Penguji Utama sidang skripsi yang bersedia menguji serta memberikan saran yang membangun demi sempurnanya skripsi ini.

4.        Dra. Annisa Marisa, M. Sn., selaku Penguji Kedua yang bersedia menguji serta memberikan saran yang membangun demi sempurnanya skripsi ini.

5.        Drs. Furya Andino, M. Sn. selaku pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam menyelesaikan skripsi.

6.        Bapak, Ibu, Kakak yang telah memberikan dukungan moral dan material kepada penulis sehingga bisa berada di titik ini.

7.        Para sahabat ‘Geng Bersama’ yang selalu setia di kala susah maupun senang.

8.        Teman-teman angkatan ‘Seni Tari Oke 14’ yang telah memberikan dukungan dan bantuan sehingga penulis selalu termotivasi dalam menyelesaikan skripsi.

9.        Keluarga besar Seni Tari Tambahpinter yang telah memberi dorongan dalam menyelesaikan skripsi ini.

Semoga dengan kebaikan bantuan dan dukungan tersebut, diberikan rahmat dan kasih sayang-Nya, amal kebaikan dan pahala yang berlimpah. Akhir kata, penulis berharap skripsi ini dapat memberikan manfaat kepada adik tingkat, keluarga, serta masyarakat mengenai seni tari khususnya Tari Yapong itu sendiri.

Jakarta, 30 April 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kata Pengantar

Perusahaan Cetak Pasti Tepat merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan buku, baik buku pelajaran maupun buku non fiksi. Berdiri sebagai perusahaan nasional, perusahaan ini telah hadir sejak tahun 1995 dan memiliki dua cabang perusahaan. Perusahaan Cetak Pasti Tepat, selain fokus untuk permintaan cetak buku, mereka juga memiliki program khusus, yaitu Magang Pasti Tepat.

Program ini sudah berlangsung selama tiga tahun dan selalu dinantikan oleh para mahasiswa maupun lulusan baru yang ingin mengembangkan diri dan menambah wawasan serta pengalaman di dunia percetakan.

Penulis sebagai salah satu peserta yang mengikuti program magang ini, berterima kasih sebesar-besarnya kepada Perusahaan Cetak Pasti Tepat, khususnya Bapak Irmanto selaku ketua divisi program Magang Pasti Tepat. Tak lupa, terima kasih juga dihaturkan untuk teman-teman program magang yang telah membantu dan memberi warna dalam kegiatan ini.

Penulis berharap kegiatan magang yang telah dijalani selama 3 bulan dapat menjadikan penulis pribadi yang lebih baik dan memahami dunia kerja khususnya di bidang percetakan. Laporan ini sebagai evaluasi sekaligus tulisan pengalaman penulis selama berada di program ini. Semoga dapat berkesan di hati dan selalu dikenang.

Bandung, 13 Mei 2020

Penulis

 

Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Agung karena rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan magang di Balai Pustaka Yogyakarta. Penulis yang ditugaskan di divisi Arsip telah menyelesaikan kegiatan magang selama 4 bulan dimulai dari bulan Maret 2018 sampai Juni 2018.

Bertempat di kota Yogyakarta, penulis yang bukan berasal dari kota ini, tidak hanya mendapat pengalaman kerja yang baik tetapi juga belajar mengenai budaya sosial di masyarakat yang masih kental dengan norma dan nilai yang berlaku. Pengalaman yang luar biasa dengan orang-orang dan lingkungan yang sangat luar biasa.

Penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala Balai Pustaka serta teman-teman yang sudah menerima dan mengajarkan begitu banyak pengajaran yang tidak akan pernah dilupakan.

Semoga dengan mengikuti program magang ini, penulis lebih menguasai bidang kearsipan yang sesuai dengan latar belakang penulis serta dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan laporan magang ini, penulis harap dapat menjadi evaluasi selama 4 bulan terakhir serta berguna bagi pembaca yang berminat dengan bidang kearsipan khususnya di Balai Pustaka Yogyakarta.

Yogyakarta, 2 Juli 2018

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

Kata Pengantar

Puji dan syukur atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga tim Kerja Bakti RW 06 dapat menyelesaikan kegiatan pembangunan taman komplek. Laporan kegiatan yang berjudul: Pembangunan Taman Komplek Bumi Pertiwi RW 06 Guna Sarana Kreativitas Warga, merupakan laporan kegiatan warga yang bersifat umum.

Kegiatan pembangunan ini berlangsung selama tiga minggu mulai dari tanggal 2 April hingga 22 April 2020 dan bertempat di Komplek Bumi Pertiwi. Dengan sumber dana bersama warga RW O6, Tim Kerja Bakti RW 06 berharap terciptanya taman yang tidak hanya berfungsi sebagai hiasan tetapi juga dapat menjadi sarana bermain anak, sarana olahraga, dan kreativitas warga komplek.

Taman yang diberi nama Taman Ceria memiliki nuansa warna hitam untuk prasarana, seperti kursi taman, tempat sampah, air mancur, dan tempat cuci tangan serta warna hijau dan warna-warni dari tanaman dan bunga-bunga aneka jenis.

Semoga taman yang baru dibentuk dalam satu bulan ini terus terjaga kondisi dan keasriannya sehingga warga komplek RW 06 dapat terus beraktivitas di sini. Akhir kata Tim Kerja Bakti RW 06 berterima kasih kepada semua warga RW 06, baik itu pemuda-pemudi Karang Taruna 06, ibu-ibu PKK RW 06, dan seluruh anggota RW 06 yang telah membantu sehingga pembangunan ini berjalan lancar dan tepat waktu.

Ciangsana, 30 April 2020

Tim Kerja Bakti RW 06

 

Kata Pengantar

Olah Raga dan Senam Pagi Sehat Bersama merupakan kegiatan setiap minggu pertama yang diadakan untuk warga Komplek Damai. Dengan arahan dari profesional, instruktur olah raga dan senam, kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 6.30 sampai 7.30 WIB setiap minggu pertama.

Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia terhadap pelaksanaan kegiatan.

Panitia berterima kasih kepada seluruh warga yang mengikuti kegiatan ini dari awal terlaksana hingga akhir. Semoga kegiatan untuk kesehatan ini dapat berlangsung setiap minggu pertama dan laporan ini bisa menjadi evaluasi demi kebaikan kedepannya.

Makassar, 1 April 2020

Panitia

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Kata Pengantar

Puji dan syukur yang selalu dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan secara tepat waktu proposal penelitian yang berjudul “Analisis Pajak Penghasilan Atas Karyawan Perusahaan Tambahpinter dengan Durasi 5 tahun Menggunakan Pasal 21”.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui akumulasi pajak penghasilan karyawan Perusahaan Tambahpinter yang sesuai dengan pasal 21 mengenai pajak penghasilan atau PPh 21 serta sebagai syarat kelulusan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Bapak Tuto Jaya, M.S.Sy., selaku dosen pembimbing yang telah menyetujui topik yang penulis pilih serta dengan sabar membimbing penulis sehingga mantap untuk mengajukan proposal penelitian ini.

Semoga dengan proposal penelitian ini, penulis dapat melanjutkan ke tahap penulisan skripsi yang kelak berguna bagi para calon peneliti selanjutnya serta pembaca yang tertarik mengenai bidang pajak penghasilan.

Makassar, 21 September 2019

Penulis

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah Swt serta tak lupa shalawat dan salam kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW yang telah memberi syafaatnya sehingga penulis dapat mengajukan proposal penelitian yang berjudul: Pengaruh Penggunaan Zat Psikotropika Pada Anak Remaja Usia 12-15 Tahun di Bina Rehabilitasi Remaja Menggunakan Metode Observasi.

Penulis memilih judul di atas dengan tujuan untuk mengetahui dampak dan mencari solusi dari penggunaan zat psikotropika yang tidak tepat guna pada remaja. Penulis sadar akan kekurangan dan kelebihan dari penelitian ini. Maka dari itu, penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing yang telah mendukung dan menyetujui proposal penelitian ini, yaitu Ibu Wirna Sahaja, M. Psi.

Penulis menyampaikan juga terima kasih kepada Bina Rehabilitasi Remaja yang telah memberi kesempatan yang sangat berharga guna berlangsungnya penelitian ini. Sebagai persyaratan kelulusan Strata Satu, penulis harap penelitian ini dapat menjadi bacaan yang berguna bagi orang tua, remaja, serta semua pihak mengenai dampak penyalahan zat psikotropika bagi remaja.

Bali, 31 Juli 2020

Penulis

Baca juga: Contoh Essay

Contoh Kata Pengantar Laporan Observasi

Prakata

Observasi merupakan kegiatan peninjauan dengan cermat. Dalam laporan ini, kegiatan observasi dilakukan pada kelompok masyarakat sekitar pinggiran sektor 9 guna meninjau fenomena sosial yang belum banyak dibahas.

Penulis bersyukur atas izin Tuhan dan orang tua, penulis dapat menyelesaikan laporan observasi yang dilakukan selama 2 bulan ini. Tak lupa penulis sampaikan terima kasih kepada Ketua Tim Tambahpinter yang telah membimbing dan memberi dukungan selama penulis menyusun topik, terjun langsung untuk observasi, dan membuat laporan ini.

Semoga dengan adanya laporan observasi ini, dapat menjadi sumber utama dalam penyelesaian masalah fenomena sosial yang terjadi masyarakat pinggiran sektor 9 dan berguna bagi penelitian selanjutnya.

Medan, 1 Maret 2020

Penulis

 

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan rahmat-Nya, penulis mampu menyelesaikan laporan observasi yang berjudul: Letak dan Kondisi Geografis Kota Salatiga Tahun 2020.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui letak dan kondisi geografis kota Salatiga. Observasi yang dilakukan bersama Tim Tambahpinter dilakukan selama 6 bulan dengan tim yang dibagi menjadi tiga kelompok. Ketiga kelompok ini memiliki fungsi dan peranan masing-masing yang akan dijelaskan pada bab 3 laporan.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Walikota serta masyarakat yang telah membantu dan mendukung sehingga tim dapat menyelesaikan observasi Ini. Semoga dengan laporan observasi ini, dapat menjadi sumber dan referensi bagi pembaca yang budiman.

Salatiga, 22 Mei 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Sekolah

Kata Pengantar

Lomba fashion showBack to Fashionity’ Sekolah Menengah Atas Pandawa 01 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Agustus. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 dan sebagai bentuk penyambutan hari Kemerdekaan RI disertai beberapa lomba khas hari Kemerdekaan lainnya.

OSIS Pandawa 01 bekerja sama dengan ekstrakulikuler Sanggar Seni Pandawa tahun ini mengadakan lomba fashion show dengan tema: Batik Is Our Identity. Tema ini bertujuan tidak hanya untuk menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap seni khas Nusantara, tetapi juga membuktikan bahwa pakaian batik merupakan pakaian yang bisa menjadi mode anak muda.

Panitia berharap kegiatan yang sudah berlangsung tanggal 17 Agustus 2019 kemarin, dapat memberikan kesan dan pesan di hati warga Sekolah Menengah Atas Pandawa 01 dan dapat lebih baik lagi setiap tahunnya. Terima kasih panitia sampaikan kepada peserta, guru, dan semua pihak yang telah membantu serta memberi dukungan sehingga acara ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Semoga kegiatan lomba Back to Fashionity dapat terus berlangsung setiap tahun dan memiliki inovasi-inovasi baru.

Padang, 31 Agustus 2019

Panitia

 

KATA PENGANTAR

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah negeri atau swasta setiap tahun ajaran baru. Mengikuti peraturan pemerintah mengenai sistem Zonasi, Sekolah Dasar Cita Bangsa telah menampung peserta didik baru sebanyak 112 siswa baru dan 14 siswa pindahan dari kota lain.

Dengan mengucap syukur atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, panitia telah menyelesaikan laporan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan tema “Mengenal Sekolah dan Teman-Teman Baru 2020”.

Terima kasih dihaturkan kepada segenap panitia Penerimaan Peserta Didik Baru yang terdiri dari 3 guru, 3 pegawai Tata Usaha, Petugas Keamanan, Kebersihan, dan setiap pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini. Diharapkan laporan ini dapat menjadi keterangan yang valid guna kebutuhan yang akan datang.

Lombok, 1 Juli 2020

Panitia

Contoh Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Kunjungan Industri Pabrik Susu Sapii Boyolali” yang diselenggarakan pada tanggal 12 Mei 2019.

Kunjungan industri ini bertujuan untuk studi banding serta menambah wawasan mengenai pengolahan susu tradisional yang kini jarang dipakai oleh para pengolah susu.

Tak lupa penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada pelatihan bisnis Pasti Sukses dan pabrik Susu Sapii di Boyolali yang telah memberi kesempatan dan ilmu yang sangat berharga bagi penulis.

Sebagai anggota pelatihan bisnis bidang minuman, khususnya susu, penulis berharap agar laporan ini dapat menjadi hasil evaluasi yang dapat berguna bagi penulis dan pembaca untuk kedepannya.

 

Boyolali, 31 Agustus 2019

Panitia

 

Kata Pengantar

Puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Semesta Alam karena curahan berkat dan rahmat-Nya yang melimpah, laporan kunjungan ini dapat terlaksana. Laporan ini berjudul: Kunjungan Industri SMK Wawasan Gemilang 2020.

Selesainya laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1.      Drs. Adnan Olivier, MM., selaku kepala SMK Wawasan Gemilang.

2.      Bapak Yulyo Utomo, MM., selaku guru otomotif serta ketua pelaksana kunjungan industry 2020.

3.      Bapak dan ibu guru SMK Wawasan Gemilang yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan.

4.      Teman-teman kelas XI “Oto ya Motif” yang selalu membawa keceriaan dan solidaritas.

5.      Terakhir, ayah dan bunda yang telah memberikan restu untuk berangkat kunjungan industri ini.

Penulis sadar bahwa laporan ini jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun yang akan diterima dengan keterbukaan. Akhir kata, penulis berharap laporan kunjungan industri ini dapat menjadi manfaat yang dapat berguna bagi adik-adik kelas dan pembaca.

Solo, 4 Mei 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar KKN

Kata Pengantar

Puji dan syukur tim penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan berkat dan karunia-Nya, tim penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Plumutan Kab. Semarang Tahun 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan ini berlangsung mulai dari tanggal 12 Agustus sampai 12 September 2019 yang berlangsung di desa Plumutan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tujuan diadakannya KKN ini adalah sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diambil serta untuk mengamalkan ilmu yang sudah didapat di bangku perkuliahan.

Tim penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1.      Bapak Rektor Universitas Tambahpinter yang telah memberikan izinnya untuk tim melaksanakan kegiatan ini.

2.      Bapak dosen pembimbing tim KKN desa Plumutan Kab. Semarang 2019 yang telah memberi arahan dan masukan kepada tim untuk melaksanakan tugas.

3.      Bapak kepala desa Plumutan Kabupaten Semarang yang telah menerima dan mengajarkan tim penulis ilmu yang sangat bermanfaat.

4.      Anggota tim penulis yang tetap kompak dan ceria di kala keadaan sedih maupun senang.

5.      Serta berbagai pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Tim penulis sadar bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, sehingga tim penulis menerima dengan terbuka lebar segala kritik dan saran yang membangun. Semoga dengan adanya Kuliah Kerja Nyata ini dapat memberi manfaat bagi kedua belah pihak.

Kabupaten Semarang, 25 September 2019

Tim Penulis

 

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayahnya sehingga penyusunan laporan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini dapat terselesaikan dengan baik.

Dalam kesempatan kali ini, tim penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1.       Prof. Dr. Jaya Senta, M. Pd selaku Rektor Universitas.

2.       Prof. Iftarudin F., M.Pd. selaku kepala Pusat Pengembangan KKN Universitas.

3.       Dr. Dendi Aliadi, S. Sn., M. Hum., selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

4.       Bp. Suti Hartoto selaku Kepala Desa Sejahtera.

5.       Seluruh warga Desa Sejahtera yang telah membantu pelaksanaan program tim.

6.       Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu terlaksananya Kuliah Kerja Lapangan ini hingga berjalan dengan baik dan lancar.

Tim penulis menyadari bahwa laporan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini masih terdapat kekurangan. Maka dari itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan laporan ini dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.

Sejahtera, 20 Juni 2020

TIM KULIAH KERJA NYATA

Contoh Kata Pengantar Laporan study tour

Kata Pengantar

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan study tour yang berjudul “Laporan Study Tour SMP Alam Raya di Lembang, Bandung, Jawa Barat 2019”.

Terima kasih penulis sampaikan kepada:

1.      Ibu Dwi Alam selaku kepala sekolah SMP Alam Raya Jakarta.

2.      Ibu Wanda Amidya selaku wali murid kelas VIII Sains 2 Alam Raya Jakarta.

3.      Teman-teman dan seluruh pihak yang telah membantu penulis.

Penulis menyadari bahwa laporan study tour ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kebaikan. Akhir kata, penulis berharap laporan study tour ini dapat menjadi manfaat untuk semua kalangan.

Jakarta, 3 Februari 2019

Penulis

 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Pencipta karena atas kebaikan dan kemurahan hati-Nya, penulis mampu menyelesaikan laporan yang berjudul Laporan Study Tour SMA Cahaya 2019.

Study tour yang berlangsung di kota pelajar, Yogyakarta, bertujuan sebagai studi yang dilakukan di berbagai tempat sejarah dan museum terkenal. Sebagai rasa terima kasih, penulis menyampaikan kepada Ibu Elia Faiza selaku wali kelas yang telah membantu dan membimbing penulis selama masa study tour. Tak lupa penulis menyampaikan terima kasih kepada teman-teman kelas XI IPA 2 yang memberikan keceriaan selama di perjalanan.

Penulis menyadari bahwa laporan study tour ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi penulisan yang akan datang. Akhir kata, penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.

Wonosobo, 2 Mei 2019

Penulis

Itulah berbagai contoh kata pengantar makalah, contoh kata pengantar laporan PKL, contoh kata pengantar laporan praktikum, contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar laporan magang, contoh kata pengantar laporan kegiatan,  contoh kata pengantar proposal penelitian, contoh kata pengantar laporan observasi, contoh kata pengantar laporan kegiatan sekolah, contoh kata pengantar laporan kunjungan industri, contoh kata pengantar laporan KKN, dan contoh kata pengantar laporan study tour.

Baca juga: Contoh Makalah

Kalau menurut kamu, contoh mana yang paling sesuai dengan topik karya tulis kamu? Semoga pembahasan artikel kali ini bisa bermanfaat, ya.


Sumber:

Cambridge Dictionary
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Lexico Dictionary

Artikel Terbaru

Verent

Verent

Hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner baru. Ilmu sastranya? Saya sampaikan melalui tulisan. Semoga bermanfaat!

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *