Home Tugas Contoh Essay Serta Cara Membuatnya

Contoh Essay Serta Cara Membuatnya

Selain paper dan artikel ilmiah, karya tulis juga bisa berupa essay. Pasti kamu juga tidak asing dengan istilah essay bukan? Kompetisi nasional tentang esai juga sering diadakan untuk melatih kemampuan menulis bagi siswa ataupun mahasiswa. Selain itu, untuk persyaratan beasiswa biasanya juga dipersyaratkan untuk membuat esai.

Berikut ini terdapat contoh essay beasiswa, contoh essay ilmiah, contoh essay pendidikan, dan contoh essay lainnya yang bisa membantu kamu dalam menyusun essay.

Namun sebelum itu, ada baiknya tahu lebih dahulu mengenai pengertian, struktur, dan cara menulis essay.

Pengertian Essay

Pengertian essay
Sumber: Markus Winkler from Pixabay

Essay adalah salah satu jenis karya tulis yang berisi kombinasi antara fakta dan opini. Essay lebih bersifat subjektif dari sudut pandang penulisnya yang bersifat analitis, spekulatif, dan interpretatif. Essay mencakup narasi yang bisa berupa kritik, argumen, sastra dari pengamatan kehidupan sehari-hari dan refleksi penulis.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, esai merupakan karangan prosa yang membahas suatu persoalan dari sudut penulis secara sepintas. Sedangkan menurut ilmu jurnalistik, essay adalah tulisan yang memuat pendapat seseorang tentang suatu persoalan ditinjau secara subjektif.

Baca juga: Contoh Artikel Ilmiah

Struktur Essay

Sama seperti karya ilmiah yang lain, essay juga memilki struktur dalam penulisannya. Menurut Budiharso dalam Nugraheni (2019), struktur esai terdiri dari satu paragraf pendahuluan, beberapa paragraf pengembang, dan satu paragraf penyimpul.

Paragraf Pendahuluan

Paragraf pendahuluan memiliki tujuan untuk mengenalkan topik dalam essay, menjelaskan latar belakang topik secara umum, memberikan gambaran essay secara keseluruhan, dan membangkitkan minat pembaca. Tulisan pada paragraf pendahuluan perlu disajikan semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian pembaca.

Biasanya, paragraf pendahuluan dibuka dengan pernyataan atau diskusi umum tentang topik, kemudian lebih fokus menyempit pada topik yang dibahas. Kalimat pembuka paragraf menjadi anak kunci tulisan atau pemancing perhatian pembaca. Kalimat selanjutnya berisi pendapat, gagasan, dan sikap penulis terhadap suatu topik.

Paragraf Pengembang

Paragraf pengembang atau paragraf batang menjelaskan dan menguraikan argumen penulis lebih detail yang telah disampaikan di paragraf pendahuluan. Pada paragraf ini menjawab pertanyaan siapa, apa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Data atau fakta pendukung juga perlu dimasukkan dalam bentuk kutipan secara ringkas, lengkap, dan objektif.

Pengembangan paragraf pada bagian ini bisa dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu kronologis, uraian berdasarkan derajat kepentingan, perbandingan, atau kombinasi dari ketiganya. Penjelasannya harus disusun secara fokus dan terpadu. Serta setiap paragraf berisi pembahasan satu pokok bahasan.

Pada paragraf pengembang, dalam satu paragraf terdiri dari kalimat topik, kalimat pendukung, kalimat peralihan untuk menuju paragraf selanjutnya, dan kalimat simpulan jika perlu. Kalimat peralihan bisa berupa kalimat, frase, atau kata yang menyatakan kesinambungan gagasan.

Paragraf Penyimpul

Paragraf penyimpul atau paragraf penutup merupakan paragraf terakhir dari suatu esai. Pada bagian ini dapat berisi ringkasan mengenai hal-hal penting yang telah dibahas pada paragraf pengembang. Selain itu, dapat juga ditambahkan dengan komentar atau saran penulis tentang pokok masalah yang telah dijelaskan. Pada bagian ini, tulisan perlu disajikan sedemikian rupa supaya pembaca memperoleh pandangan atau kesan tersendiri tentang topik yang telah di bahas.

Cara Menulis Essay

Cara menulis essay
Sumber: Jan Vašek from Pixabay

Penulis perlu memperhatikan langkah-langkah membuat essay untuk memuat tulisan yang baik. Esai yang baik dapat dilihat dari ketajaman analisis, pemaparan yang baik, refleksi, disertai dengan uraian yang dalam dan argumentasi yang kuat. Esai yang ditulis juga harus mudah dipahami oleh pembaca. Berikut ini uraian singkat cara menulis essay.

Menentukan Tujuan Penulisan Essay

Tujuan penulisan essay bisa bermacam-macam. Essay untuk beasiswa tentu berbeda dengan essay ilmiah. Tahap ini bertujuan untuk mempermudah dalam menemukan gagasan dan menentukan format essay yang akan di buat.

Menentukan Tema Tulisan Essay

Tema essay biasanya diangkat dari suatu permasalahan untuk dicarikan sebuah solusinya. Tema sebaiknya dipilih sesuai dengan apa yang dipahami, disukai, atau dikuasai oleh penulis. Hal tersebut dilakukan supaya penulis dapat menyajikan tulisan secara luwes karena sesuai dengan bidangnya.

Membuat Kerangka Tulisan atau Outline

Outline dapat membantu penulis dalam memetakan gagasan. Outline ini dapat dibuat dalam bentuk daftar kalimat singkat atau diagram alir. Penulis harus banyak membaca dan mencari informasi untuk memperkaya suatu gagasan. Ketika membuat kerangka tulisan, sebaiknya juga penulis menentukan batasan tema yang akan dibahas supaya tema yang telah dipilih dapat dibahas secara mendalam.

Mengembangkan Tulisan Sesuai Struktur

Gagasan/ide pada esai yang baik disajikan sesuai dengan struktur esai yang jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Penggunaan bahasa yang baik dan benar perlu diperhatikan. Selain itu, penggunaan ejaan, tanda baca, diksi yang baik, dan kalimat efektif juga perlu diperhatikan.

Dalam mengembangkan tulisan essay, pastikan setiap paragraf memuat kalimat utama. Kalimat utama ini akan menjadi fokus dari argumentasi yang akan disampaikan. Kalimat utama ini selanjutnya diikuti dengan kalimat-kalimat pendukung yang mampu mengembangkan argumentasi.

Bukti dan contoh yang efektif juga perlu disampaikan untuk meyakinkan pembaca. Bukti dapat berupa pernyataan para akar atau penulis lain. Namun, perlu diperhatikan bahwa apabila penulis mengutip pernyataan dari orang lain harus menyertakan referensi yang digunakan. Gunakan cara penulisan kutipan yang efektif dan konsisten.

Selain itu, penggunaan kata transisi perlu diperhatikan supaya tulisan dapat mengalir dan enak dibaca. Kata transisi yang dapat digunakan contohnya oleh karena itu, selain itu, dan di sisi lain.

Menyunting Tulisan

Penulis perlu melakukan kegiatan menyunting sebelum mengakhiri proses penulisan. Hal ini dilakukan supaya essay yang disusun dapat memenuhi persyaratan essay yang baik dan menarik. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam menyunting tulisan di antaranya, yaitu meneliti bahasa yang digunakan, meneliti format penulisan, meneliti kesatuan dan kepaduan penggunaan paragraf dalam menyampaikan gagasan, dan meneliti tulisan secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Mengutip dari Internet

Contoh Essay

Contoh Essay
Sumber: Светлана Бердник from Pixabay

Berikut ini terdapat beberapa contoh essay yang dapat membuat kamu lebih mudah memahami cara membuat essay yang baik.

Contoh Essay Beasiswa

Kontribusiku Bagi Indonesia

Saya menyelesaikan studi Sarjana di Universitas Brawijaya tahun 2016 dengan spesialisasi ilmu dan teknologi pangan. Semasa kuliah, saya aktif organisasi kepenulisan sebagai ketua umum. Keaktifan di organisasi ini mengasah kemampuan kepemimpinan saya dan membangun jiwa kepedulian saya mengenai lingkungan sekitar dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Prestasi yang berhasil saya raih adalah terpilih sebagai delegasi kampus dalam mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Nasional dan menjuarai beberapa kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional.  Selama berproses dalam kegiatan ini terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat saya peroleh, di antaranya adalah manajemen waktu dan bersosialisasi dengan pihak-pihak luar kampus sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan.

Pada tahun 2018, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan guru kejuruan yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selama satu tahun. Di sini saya diajari bagaimana menjadi seorang guru yang profesional dan berkepribadian sehingga menjadi panutan bagi siswa serta lingkungan sekitar.

Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan magister saya dengan spesialisasi ilmu dan teknologi pangan. Di sini, saya belajar lebih mendalam mengenai bidang saya untuk bisa lebih berguna dan dapat diaplikasikan di hari esok.

Saya memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang pendidik yang bisa membuat siswanya cerdas dan beradab. Karena cerdas dan beradab itu adalah bekal bagi mereka untuk menjalani kehidupan mereka di masa mendatang. Orang yang cerdas namun tidak beradab dapat merugikan orang lain. Sedangkan orang yang cerdas dan beradab dapat memberikan manfaat dengan mempertimbangkan kesejahteraan banyak pihak.

Apabila saya berkesempatan mendapatkan beasiswa ini, saya ingin mengambil peran sebagai guru di sebuah sekolah kejuruan. Saya juga ingin berkontribusi dengan menjadi pembina unit-unit Usaha Kecil Menengah supaya mereka dapat bersaing di perekonomian nasional bahkan internasional.

Contoh Essay Ilmiah

Preferensi Makanan Terhadap Kemungkinan Penyakit

Perubahan gaya hidup di era globalisasi ini telah memengaruhi kebiasaan makan seseorang dan memaksa untuk mengonsumsi makanan cepat saji berkalori tinggi, seperti junk food. Karena itulah terjadi peningkatan penyakit obesitas di negara berkembang. Makanan yang tidak sehat, tinggi kalori, dan tinggi lemak adalah faktor penting dalam kontribusinya.

Pilihan makanan dan pasar makanan terus berubah beberapa dekade ini. Hal tersebut sebagai tanggapan terhadap kenyamanan, keterjangkauan, dan kegembiraan berdasarkan preferensi konsumen. Konsumen menunjukkan reaksi positif terhadap keragaman pilihan makanan tersebut. Mereka bisa memilih makanan yang mereka sukai. Hal ini membuat intake diet mereka didominasi oleh komposisi makanan yang mereka sukai saja.

Konsumen yang memilih diet sesuai dengan preferensi mereka tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi dapat menimbulkan masalah kesehatan. Diet yang tidak seimbang ini mengarah pada munculnya penyakit, seperti aterosklerosis, obesitas, diabetes, hipertensi, dan osteoporosis. Kemungkinan terjadinya penyakit tersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola diet seimbang.

Diet seimbang yang dimaksud adalah diet yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Kebutuhan nutrisi untuk setiap orang pun berbeda-beda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing. Biasanya kebutuhan gizi tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, berat badan, dan tinggi badan.

Kesimpulannya, yaitu penerapan gaya hidup sehat dengan memilih makanan dengan nutrisi seimbang dapat mencegah terjadinya penyakit di masa datang. Sehat itu adalah aset yang harus dijaga sejak dini. Tubuh yang sehat dapat menghasilkan sumber daya manusia yang lebih produktif. Oleh karena itu, pola hidup sehat perlu digalakkan di zaman yang serba instan.

Contoh Essay Pendidikan

Dilema Sekolah Online Di Masa Pandemi

Wabah covid-19 sampai saat ini masih terus melanda dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan sampai dengan tanggal 15 Juli 2020 ini, pasien positif covid-19 di Indonesia mencapai  80.094 kasus. Begitu cepatnya penyebaran wabah ini  membuat semua negara membuat upaya preventif, kuratif, dan promotif kepada warga negaranya.

Upaya negara dalam menghambat penyebaran virus juga merambah ke dunia pendidikan. Berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, memberi himbauan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring atau pembelajaran dari rumah.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dari rumah biasanya dilakukan menggunakan google classroom, grup whatsapp, grup telegram, atau media yang lainnya. Melalui media pembelajaran daring tersebut guru berusaha menyampaikan materi kepada siswa. Kelebihan pembelajaran daring ini adalah tidak terikat ruang dan waktu. Sehingga kapan saja dan dimana saja siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran dari guru.

Akan tetapi, pada kenyataannya kegiatan pembelajaran daring ini tidak mudah diterapkan di Indonesia. Banyak keterbatasan dan permasalahan yang terjadi di lapangan. Beberapa di antaranya yaitu dari segi pendidik, beberapa guru yang belum memiliki kemampuan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang mereka punya. Dari segi siswa, tidak semua siswa memiliki android atau laptop untuk mengakses materi pembelajaran. Selain itu, di daerah pelosok misalnya, tidak semua siswa berasal dari keluarga yang mampu untuk bisa membeli kuota internet setiap waktu.

Kita tahu bahwa Indonesia ini adalah negara yang luas dan tidak semua warganya ada di daerah perkotaan. Mereka yang tinggal di daerah pedalaman, terkadang masih belum terjangkau oleh listrik dan internet. Oleh karena itu, tidak tepat sepertinya apabila kebijakan pembelajaran dari rumah ini dipukul rata untuk semua wilayah Indonesia.

Kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran dari rumah ini merupakan kebijakan yang bagus untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas sekaligus memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Akan tetapi, saran dari penulis, untuk sekolah-sekolah yang berada di daerah pedesaan yang diprediksi tidak ada penyebaran virus di sana, sebaiknya diizinkan untuk tetap melaksanakan pembelajaran di sekolah. Selain itu, penyebaran informasi yang benar kepada guru juga perlu dilakukan supaya para guru tidak panik sehingga kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: Contoh Makalah Serta Cara Membuatnya

Contoh Essay Ekonomi

Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia

Virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap perubahan tatanan kehidupan manusia. Tidak hanya merugikan di bidang kesehatan,  dampak covid-19 ini turut memengaruhi perekonomian negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

United Nation Development Program memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 ini dapat meningkatkan kemiskinan dan menurunkan kesejahteraan masyarakat. Apabila dampak ekonomi ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat berakibat meningkatkan penderitaan global serta membahayakan kehidupan dan mata pencaharian selama bertahun-tahun yang akan datang.

Di Indonesia pemerintah mencoba menerapkan berbagai usaha untuk menekan dampak virus covid-19 ini terhadap perekonomian negara. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan bekerja dari rumah. Bahkan sekolah-sekolah pun juga belajar dari rumah. Karena hal tersebut, banyak industri-industri yang merumahkan karyawannya.

Selain itu, adanya covid-19 ini meningkatkan penggunaan uang digital. Seperti diketahui bahwa virus corona dapat menempel di benda, salah satunya uang. Sehingga masyarakat beralih menggunakan uang digital untuk menekan penyebaran virus. Di sisi lain, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan di bidang ekonomi seperti menanggung pajak penghasilan, kelonggaran membayar kredit, dan melakukan subsidi listrik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya covid-19 ini memiliki dampak positif dan negatif. Meskipun demikian, dampak negatif dari covid-19 perlu segera diatasi supaya tidak menimbulkan efek negatif panjang di tahun-tahun berikutnya.

Contoh Essay Psikologi

Contoh essay psikologi
Sumber: Gino Crescoli from Pixabay

Mental Illness yang Terabaikan

Sam Pillersdorf, seorang spesialis di bidang kesehatan mental, menyatakan bahwa mental illness adalah mengerikan, menyebalkan, bahkan sangat tidak menyenangkan. Apa itu mental illness? Kenapa hal itu bisa terjadi? Tidak semua orang mengerti tentang mental illness. Hanya mereka yang mengalami yang dapat merasakan.

Mental illness atau bisa juga disebut penyakit mental merupakan salah satu gangguan kesehatan mental. Penyakit mental merujuk pada berbagai kondisi kesehatan yang memengaruhi suasana hati, pikiran, dan perilaku. Contoh penyakit mental, yaitu depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan, dan perilaku adiktif.

Penyakit mental dapat membuat penderita sengsara dan menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kebanyakan kasus, gejala penyakit mental ini dapat dikelola dengan kombinasi obat dan terapi bicara bersama dengan psikoterapi.

Gejala mental illness yang terjadi dapat menyerang fisik maupun kondisi psikologis, serta berpengaruh pada emosi dan pikiran. Contohnya antara lain, yaitu perasaan sedih dan sulit merasa bahagia, bingung saat berpikir serta menurunnya kemampuan untuk konsentrasi, perasaan cemas yang berlebihan, sering merasa takut, perasaan bersalah terus menerus, suasana hati yang sering berubah-ubah, terpisah dari kenyataan, dan lain-lain.

Mental illness dapat disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Penyakit ini bisa diwariskan dari gangguan keturunan. Selain itu, paparan zat kimia berbahaya atau obat-obatan selama dalam masa kandungan serta adanya gangguan pada jaringan saraf dan zat kimia otak juga dapat memicu terjadinya mental illness.

Penyakit mental ini sama dengan penyakit lain yang harus segera ditangani oleh dokter apabila dirasa sudah parah. Apabila terus dibiarkan bisa membahayakan penderita bahkan menyebabkan kematian bagi penderita. Karena penderita penyakit mental ini bisa saja mengambil sikap untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Contoh Essay Manajemen

Manajemen Keuangan Mahasiswa Untuk Menjadi Produktif

Tidak bisa di pungkiri bahwa kebutuhan ketika menjadi mahasiswa tidak sama dengan kebutuhan ketika masih menjadi siswa SMA. Kebutuhan sebagai mahasiswa bisa dikatakan lebih banyak karena tuntutan tugas kuliah, kebutuhan organisasi, dan kebutuhan pokok untuk hidup itu sendiri. Sebagian mahasiswa yang beruntung mendapatkan beasiswa, mungkin merasa cukup memenuhi kebutuhan itu semua. Akan tetapi, bagi yang masih meminta kepada orang tua, terkadang perlu mengelola keuangan mereka sedemikian rupa supaya tidak terus menerus merepotkan orang tua.

Adjie Wicaksana, CEO Halofina dan Digital Financial Advisor, menyatakan bahwa mahasiswa penting memahami perilaku dalam mengelola keuangan. Mahasiswa yang disiplin mengelola keuangan sejak mahasiswa dapat dilanjutkan saat sudah bekerja atau mandiri secara finansial.

Banyak di antara mahasiswa yang belum bisa mengelola keuangan mereka dengan baik. Pengeluaran mereka lebih besar daripada pemasukan. Hal tersebut apabila terus menerus terjadi dan dibiarkan akan berpengaruh pada kehidupan masa depan mereka. Sehingga perlu sekali bagi mahasiswa untuk belajar mengelola keuangan mereka sejak dini.

Strategi yang dapat diterapkan dalam mengelola keuangan bagi mahasiswa, yaitu rencanakan pengeluaran, catat pengeluaran, bedakan kebutuhan dan keinginan, rutin menabung, siapkan dana cadangan, dan cari tambahan pemasukan. Perencanaan anggaran ini perlu untuk mengontrol keuangan mahasiswa. Sementara catatan keuangan bisa membantu untuk mengetahui dari mana uang berasal dan keluar kemana. Selain itu, menabung atau investasi juga perlu bagi mahasiswa sebagai bekal kehidupan selanjutnya.

Kesimpulannya, untuk menjadi mahasiswa yang produktif perlu menunda kesenangan dalam hal mengatur keuangan. Hal tersebut dilakukan dengan penuh kedisiplinan dan ketelatenan. Menunda kesenangan di awal lebih baik daripada susah di hari tua.

Contoh Essay Motivasi

Motivasiku Menjadi Seorang Pendidik

Saya memiliki banyak impian yang ingin dicapai dalam hidup ini. Salah satunya adalah dengan berkarya di lingkungan yang dinamis, penuh tantangan, diisi oleh orang-orang yang cakap dan agamis, serta menyimpan banyak kesempatan baru untuk dijelajahi. Menurut saya, hal tersebut bisa saya dapatkan melalui dunia pendidikan.

Pendidikan adalah kegiatan penting untuk mentransfer ilmu kepada masyarakat luas guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ilmu sendiri adalah salah satu senjata manusia untuk menjalani kehidupannya.

Selain mengajarkan ilmu, sebagai pendidik, saya juga mengajarkan iman kepada orang-orang yang saya didik. Sebagai orang yang beragama, iman adalah kunci penting untuk meraih ketenangan jiwa. Orang yang berilmu tetapi jiwanya tidak tenang, dia tidak bisa menggunakan ilmunya untuk menciptakan maslahat bagi orang banyak. Sementara orang yang berilmu dan berjiwa tenang, maka dia akan bisa menebarkan banyak manfaat bagi masyarakat.

Sebagai seorang pendidik, saya memiliki kesempatan untuk terus mengambil tantangan baru di bidang pengajaran ataupun pengabdian. Selain belajar dan mengajar teori, saya bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat luas. Serta sebagai pendidik inilah saya bisa berkontribusi untuk negara ini dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Contoh Essay tentang Pertanian

Solusi Pangan Di Masa Pandemi Dengan Menjaga Ketahanan Pangan Dari Rumah

Isu tentang ketahanan pangan masih hangat untuk dibicarakan. Terlebih di saat pandemi covid-19, terdapat beberapa daerah, terutama daerah perkotaan, mengalami kesulitan mendapatkan bahan makanan. Adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat petani bahan makanan, seperti sayuran, mengalami kesulitan mendistribusikan hasil panen mereka.

Pembahasan mengenai ketahanan pangan pada dasarnya berkaitan dengan terjaminnya akses pangan untuk setiap individu. Persediaan pangan yang cukup di tingkat nasional tidak menjamin ketersediaan pangan pada rumah tangga. Hal ini dipengaruhi oleh distribusi dan akses pangan itu sendiri. Ketika distribusi dan akses pangan terhambat, maka bahan makanan tersebut tidak dapat sampai pada rumah tangga.

Ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Sebagai tiap individu, kita juga bisa berkontribusi dalam menciptakan ketahanan pangan itu sendiri. Hal ini bisa dimulai pada skala rumah tangga.

Ketahanan pangan skala rumah tangga dapat dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan yang ada di sekitar rumah. Bagi masyarakat perkotaan yang tidak memiliki pekarangan dapat memanfaatkan teknologi hidroponik di salah satu sudut rumah mereka. Dari pekarangan atau sudut kecil itulah ketahanan pangan rumah tangga dapat tercapai.

Contoh Essay tentang Parenting

Pentingnya Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak Balita Dalam Bermain Gadget

Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama yang berpengaruh besar bagi perkembangan anak. Anggota keluarga yang biasanya dekat dengan seorang anak adalah ibu. Namun, seorang ibu yang sibuk dengan pekerjaannya seringkali mengabaikan kewajibannya dalam mengasuh anak. Dalam hal ini sering terlihat mereka membiarkan anak-anaknya yang masih balita bermain sendiri dengan gadgetnya.

Memberikan mainan gadget pada anak bisa diam dan tenang, namun jika anak mengalami kecanduan hal ini akan berakibat pada perkembangan otaknya. Karena seorang balita itu mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mereka cenderung meniru apa yang sering mereka dengarkan. Pada usia-usia ini pola asuh yang baik dari orang tua sangatlah diperlukan dan keterlibatan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya tidak kalah penting untuk dilakukan.

Pengguna telepon seluler di Indonesia mencapai 371,4 pengguna atau 142 persen dari total populasi sebanyak 262 juta jiwa (Dkatadata.co.do, 29 Agustus 2017) dalam data tersebut tentunya akan semakin bertambah setiap tahunnya, apalagi pada tahun 2019 ini tentunya pengguna telepon seluler semakin meningkat. Karena banyaknya fitur-fitur dalam telepon seluler yang selalu berinovasi, membuat banyak orang terpikat.

Pada masa ini telepon seluler biasa disebut dengan smartphone yang kepopulerannya tidak diragukan lagi, hampir semua orang di Indonesia pasti memiliki smartphone, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Dari besarnya angka pengguna smartphone di Indonesia tidak menutup kemungkinan bahwa anak yang berusia di bawah lima tahun pun akan memakai smartphone juga.

Pengaruh buruk gadget atau smartphone bagi tumbuh kembang anak, misalnya seperti mereka akan susah tidur akibat bermain gadget terlalu lama, karena layar gadget mengeluarkan blue light yang dapat mengirimkan sinyal yang salah pada otak anak. Bermain gadget menjadikan anak kurang gerak, pada dasarnya anak balita itu aktif bergerak, jika anak balita kecanduan dengan gadget, dia akan bertahan dalam waktu yang lama dalam posisi duduknya. Padahal jika anak balita kurang bergerak, maka dapat menyebabkan obesitas.

Oleh karena itu, keterlibatan orang tua sangatlah penting dalam memengaruhi perkembangan anak, terutama anak balita. Anak balita yang mendapatkan kasih sayang dan didikan yang benar dari orang tua akan memiliki proses perkembangan interaksi diri yang lebih baik. Selain itu, peran aktif orang tua dalam mengawasi anak-anaknya perlu dilakukan terutama dalam hal penggunaan gadget untuk menghindari dampak buruk penggunaan gadget.

Contoh Essay tentang Agama

Al Quran Menyimpan Jawaban dari Setiap Cobaan

Manusia hidup itu tidak lepas dari ujian kehidupan. Ada yang diuji dari keluarganya, pasangannya, anaknya, pekerjaannya, hartanya, dan perasaannya. Ujian itu adalah bentuk cinta Allah kepada hamba-Nya. Dia yang paling bertakwa balasannya adalah surga, tempat terbaik di sisi Allah SWT. Memang, terkadang ujian itu terasa menyesakkan dada. Sampai-sampai orang yang diuji merasa sendiri, tidak punya siapa-siapa. Bagi mereka yang tidak pernah berputus asa bisa melewati segala ujian tersebut. Namun, bagi mereka yang kurang beruntung mendapat hidayah, bisa jadi akan mengakhiri hidupnya.

Ketika diuji, manusia sering lupa kalau mereka sebenarnya tidak pernah sendiri. Pasti ada satu dua orang yang peduli, tetapi tidak disadari. Selain itu, bukankah Allah tidak pernah meninggalkan seorang hamba sendiri. Allah itu dekat, sedekat urat nadi. Bahkan ketika seorang hamba menuju kepada Allah dengan cara berjalan, Allah akan menghampirinya dengan berlari.

Sebagai seorang muslim, kita memiliki kitab suci yaitu Al Quran. Sebenarnya, di dalam Al Quran itulah terdapat jawaban atas segala persoalan hidup. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mencari jawaban atas persoalan hidup yang menimpanya menggunakan Al Quran.

Adapun cara menggunakan Al Quran untuk menghadapi persoalan hidup, yaitu dengan membersihkan hati terlebih dahulu. Hati dapat dibersihkan dengan kita menyerahkan segala urusan kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan menghilangkan berbagai penyakit hati yang menghampiri.

Langkah awal untuk membersihkan hati yaitu dengan melakukan ibadah, seperti sholat, kemudian dilanjutkan berdoa dan membuka Al Quran. Hal ini dilakukan dengan berniat memohon petunjuk kepada Allah SWT. Dengan membaca ayat Al Quran yang pertama terbuka dan mentadaburi isinya, atas izin Allah, di situlah letak jawaban yang kita cari.

Jadi, ketika kegelisahan menghampiri kita, sebaiknya hal tersebut kita serahkan kepada Tuhan yang Maha Besar serta kita tenangkan hati kita dengan membaca kitab suci Al Quran.

Baca juga: Contoh Paper

Nah, itulah contoh essay beasiswa, contoh essay ilmiah, contoh essay pendidikan, dan contoh essay lainnya yang dapat kamu gunakan untuk lebih memahami bagaimana cara membuat essay yang baik. Secara umum, hampir sama dengan karya tulis yang lain, essay memiliki bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Hanya saja penyajiannya berbeda dengan artikel ilmiah atau paper, dan esai lebih berisi pada opini penulisnya sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat ya!


Sumber:

Cahyadi. 2019. Bagaimana Cara Menulis Essay?. https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/bagaimana-menulis-esai-. Diunduh pada 14 Juli 2020

Essays, UK. (November 2018). The Role Of Parents In School Education Essay. Retrieved from https://www.ukessays.com/essays/education/the-role-of-parents-in-school-education-essay.php

Nugraheni, A. S. (2019). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Prenada Media.

Rahardi, F. (2006). Panduan lengkap menulis artikel, feature dan esai: modul dasar pelatihan jurnalistik bagi pemula dilengkapi dengan aneka contoh tulisan. Kawan Pustaka.

Setiawati, F.P. 2018. Pengembangan Modul Menulis Esai Argumentatif Berperspektif Logika Toulmin dan Paradigma Pembelajaran Pedagogi Reflektif Pada Program Studi Farmasi Universitas Sanata Dharma. Skripsi

Devi
Devi
Saya adalah mahasiswi dari Universitas Brawijaya. Bisa menulis artikel ilmiah itu menjadi bekal penting dalam dunia pendidikan terutama di perguruan tinggi untuk bisa berprestasi dan mengembangkan diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Ketahui Secara Lengkap Etika Media Massa

Apakah kamu pernah tidak sengaja mengklik berita dengan judul “5….Nomor 3 Bikin Tercengang!” atau “Seorang Banci Ditunggangi……”? Seringkali kita lihat banyak pemberitaan, terutama di...

4 Contoh Surat Peringatan Serta Ketentuannya

Kamu tentu sering mendengar tentang surat peringatan. Apalagi di dunia kerja, surat ini bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kamu, walaupun sebenarnya bisa juga...

Contoh Kuesioner Kinerja Karyawan Serta Cara Membuatnya

Dalam berbagai bidang usaha, peran pekerja atau karyawan tidak bisa dianggap remeh. Ada unsur penyebab yang saling menggantungkan diri antara pengusaha dan karyawannya. Ketika...

Mengenal Tata Nama Senyawa

Tahukah kamu apa itu senyawa? Senyawa merupakan zat yang terdiri dari dua unsur atau lebih dalam suatu perbandingan yang tetap. Senyawa tidak akan pernah...

Komunikasi Internal dalam Organisasi

Jika kamu sudah membaca beberapa artikel tentang humas (hubungan masyarakat) atau PR (public relations), kamu sudah pasti tahu bahwa tugas mereka tidak hanya menjaga...