Contoh Pidato Persuasif: Pengertian, Struktur, Jenis dan Ciri

Siapa sih yang tidak mau punya keahlian berbicara di depan umum dengan baik? Memiliki keahlian dalam berpidato menjadi nilai tambah di mata orang lain, terutama untuk pidato persuasif. Kemampuan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar merupakan salah satu skill yang bisa kamu asah. Disini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai pidato persuasif dan contoh pidato persuasif singkat, simak hingga selesai ya!

Pidato persuasif dikenal sebagai bagian dari eksposisi. Teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang digunakan untuk meyakinkan para pendengar dan pembaca berdasarkan argumen dari suatu sudut pandang yang kuat. Tentu saja perlu diimbangi dengan beberapa fakta dan bukti. Maka dari itu, apabila kamu bisa membuat teks eksposisi, maka kamu pun akan mudah menulis contoh teks pidato persuasif singkat.

Dapat dikatakan, pidato persuasif merupakan sebuah seni yang mengungkapkan pendapat secara jelas dan terlebih harus logis, contoh pidato persuasif juga akan membantu kamu untuk memahaminya. Supaya kamu semakin paham mengenai pidato persuasif, berikut adalah penjelasan mengenai pidato persuasif beserta contoh teks pidato persuasif.

Pengertian Pidato Persuasif

Pengertian Pidato Persuasif
Sumber foto: Irini L dari Pixabay

“Tuan-tuan, asalkan ada buminya, punya rakyatnya, dan juga terdapat pemerintahan, kemudian diakui oleh salah satu negara lain yang juga merdeka, hal tersebut sudah dikatakan sebagai negara yang merdeka. Sambut Indonesia yang merdeka. Merdeka!!” Apakah kamu masih asing dengan kalimat tersebut?

Baca juga: Contoh Teks Persuasi

Kalimat di atas merupakan penggalan pidato dari Bapak Proklamator kita, yaitu Soekarno yang diucapkan pada Rapat BPUPKI di tanggal 1 Juni 1945, lho. Pidato yang menggunakan kalimat yang penuh ajakan untuk mempengaruhi seseorang seperti pidato di atas, dapat dikatakan sebagai pidato persuasif. 

Pidato adalah penyampaian suatu gagasan, ide, ataupun pendapat melalui lisan kepada khalayak ramai. Sedangkan pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar agar dapat melakukan sesuatu dan juga bisa mempengaruhi tindakan seseorang tersebut. 

Secara garis besar, pidato persuasif berfokus untuk mempengaruhi, membujuk, dan mengajak audiens agar mengikuti kehendak dan keinginan kita sesuai yang diharapkan.

Struktur Pidato Persuasif

Struktur Pidato Persuasif
Sumber foto: Vgnk dari Pixabay

Apabila kamu ingin menyusun pidato persuasif, maka perlu mengetahui strukturnya terlebih dahulu. Karena pidato persuasif termasuk ke jenis teks eksposisi, maka pada umumnya terdapat pernyataan posisi, tahapan argumen, dan penguatan pernyataan posisi. Sedangkan mengacu kepada struktur pidato pada umumnya, terdapat pembukaan, isi, dan penutup. Berikut adalah struktur pidato persuasif.

  • Pembukaan

Dalam menyusun pidato, diperlukan paragraf pembukaan yang kuat. Setidaknya pembukaan pidato persuasif memerlukan pernyataan awal yang dapat merebut perhatian pembaca atau pendengar. Sampaikan juga perkenalan diri yang memukau. Bukan hanya itu saja, dapat dijelaskan terlebih dahulu tujuan yang ingin kamu utarakan. Dengan begitu, audiens akan menyimak pidatomu hingga selesai. 

  • Isi

Pada bagian isi, kamu dapat mengungkapkan gagasan yang disertai dengan alasan-alasan logis. Kamu dapat memaparkan fakta-fakta untuk mendukung pandanganmu. Susunlah kalimat secara runtut dan logis serta gunakan sumber tepercaya. 

  • Penutup

Bagian penutup dalam pidato persuasif dapat diisi dengan kalimat yang menarik dan mengesankan. Biasanya berupa pesan-pesan dan juga kesimpulan yang sudah dipaparkan. 

Ciri-ciri Pidato Persuasif

Ciri-ciri Pidato Persuasif
Sumber foto: Hebi B dari Pixabay

Ada beberapa ciri-ciri pidato persuasif yang bisa kamu kenali, yaitu:

  • Menggunakan kalimat yang bersifat mengajak atau mendorong tindakan seseorang.
  • Membawa topik permasalahan yang bisa dijelaskan.
  • Terdapat kalimat-kalimat yang bersifat membangun.
  • Memuat beberapa pendapat dan juga fakta.

Jenis-jenis Pidato Persuasif

Jenis-jenis pidato Persuasif
Sumber foto: Roché Oosthuizen dari Pixabay
  • Pidato Impromtu

Jenis pidato impromtu adalah pidato yang dilakukan secara mendadak, spontan, tiba-tiba, dan tanpa persiapan. Apabila kamu sudah mahir dalam berpidato, tentu pidato jenis ini sangat mudah untuk dilakukan. 

  • Pidato Manuskrip

Berbeda dengan jenis pidato impromtu, pidato manuskrip adalah pidato yang menggunakan skrip atau teks yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Nantinya, juru pidato atau orator akan membacakan isi dari teks pidato tersebut dari awal hingga akhir.

  • Pidato Memoriter 

Pidato memoriter adalah pidato yang menggunakan naskah, lalu kamu bisa menghafalkan kata per kata ketika saat berpidato. 

  • Pidato Ekstempore 

Jenis pidato ekstempore adalah pidato yang hanya terdiri dari pokok-pokok bahasan saja. Jadi, orator atau juru pidato hanya perlu mempersiapkan outline/inti bahasan yang akan dipaparkan. 

Contoh Teks Pidato Persuasif

Di bawah ini terdapat contoh pidato persuasif singkat dengan berbagai tema. Dimulai dari contoh pidato persuasif tentang pendidikan, lingkungan, narkoba, seminar, ekonomi, dan budaya.

Pidato Persuasif tentang Pendidikan

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua,

Hadiri yang saya hormati,

Pertama-tama, alangkah lebih baiknya kita mengucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atau limpahan rahmat dan rezeki-Nya. Pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan beberapa hal tentang pendidikan literasi di Indonesia yang patut kita analisis ulang.

Hadirin yang saya hormati,

Generasi masa depan negeri ini akan mengalami beragam tantangan hidup yang semakin berat. Arus globalisasi yang cepat, adanya proses teknologi dan industri yang berkembang, membuat setiap siswa didik harus selalu adaptif dan melek teknologi. Bukan hanya itu saja, ketangkasan dalam critical thinking dan berbagai macam soft skill lainnya turut menunjang akankah generasi muda dibutakan oleh teknologi atau tidak.

Salah satu yang bisa mendorong itu semua adalah kemampuan literasi siswa. Kemampuan literasi seperti membaca, menulis, dan berbicara merupakan kemampuan dasar yang perlu dipenuhi dan dimiliki oleh setiap siswa. Hal yang sederhana yang paling bisa membedakan seorang siswa memiliki tingkat literasi yang baik adalah ketika ia bisa membedakan mana berita hoax atau yang asli.

Di tengahnya arus informasi dari berbagai sumber media, pasti membuat para penggunanya sedikit kebingungan mencerna berita atau informasi yang ada. Siswa dengan memiliki tingkat literasi yang baik, akan membaca dengan seksama berita apa yang ditampilkan dan mempertanyakan apakah berita tersebut kredibel atau tidak.

Proses literasi ini lah yang perlu dilatih, baik dari pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah. Mari kita dekatkan anak-didik kita, anak-cucu kita pada buku dan bahan bacaan. Kalau perlu, jangan hanya jadikan kegiatan membaca sebagai hobi. tetapi jadikanlah kegiatan tersebut sebagai kebutuhan untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin hari, akan semakin berat.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga pertemuan orangtua dan guru ini dapat membuat anak-anak kita cinta literasi dan bisa mempersiapkan dunia teknologi dengan lebih baik.

Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, saya akan menyampaikan satu dan beberapa patah kata yang sangat penting untuk kita semua memperhatikannya. Yaitu masalah mengapa manusia masih tidak mempedulikan lingkungan.

Hadirin semua,

Apakah kalian sudah menjaga lingkungan di sekitar kalian? Bagaimana kalian menyikapi orang yang buang sampah sembarangan? Atau justru kalian lah yang menjadi oknum pembuang sampah yang sembarangan?

Dari beberapa riset, khususnya dalam penelitian yang dilakukan oleh Saras Dewi dari UI menyatakan bahwa tidak adanya keintiman dengan alam, menjadi salah satu dampak manusia tidak menjaga dan memedulikan lingkungan. Ilmu yang mempelajari ini lah disebut dengan ekofenomenologi.

Ilmu ini memperlihatkan bahwa kedekatan kita dengan alam, akan membuat kita sadar dengan alam dan lingkungan tersebut. Contohnya ialah para aktivis lingkungan. Berbeda dengan kita yang hanya menjadikan alam sebagai objek belaka. Para aktivis dan orang yang telah sadar lingkungan, menjadikan alam sebagai sebuah subjek, dalam artian posisinya sejajar dengan manusia. Lingkungan hidup hanya kita saja yang tidak menyadarinya.

Hadirin yang saya hormati, maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk mendekatkan tubuh kita dengan alam. Mulailah membuat kebun di belakang rumah, mengelola sampah rumah tangga dengan bijak, bermain dan ramah dengan binatang, dan lain sebagainya. Bersama, kita bisa wujudkan lingkungan Indonesia yang asri. Kalau bukan kita yang selamatkan bumi ini, lalu siapa lagi?

Hanya itulah yang bisa saya sampaikan, walau sederhana tapi dampaknya semoga dapat luar biasa. Lingkungan sudah menjadi tempat tinggal kita, dan hanya kitalah yang bisa merawatnya. Jaga lingkungan, jaga kehidupan!

Selamat sore saudara-saudara!

Pidato Persuasif tentang Narkoba

Assalamu’alaikum WR.WB

Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita selalu dalam rahmat dan lindungan-Nya. Pertama, mari kita haturkan syukur kepada rahmat Allah SWT yang telah memberikan karunia-Nya sehingga kita berkumpul di aula sekolah ini.

Anak-anakku sekalian,

Tidak bosan-bosannya, saya menyampaikan bahwa dampak penyalahgunaan narkoba bukanlah main-main. Tapi, tahukah kalian, bahwa narkoba mempunya manfaat dan khasiat yang sangat ampuh dalam dunia kesehatan apabila digunakan dengan dosis yang tepat.

Obat golongan Narkotika memang dapat mengurangi rasa nyeri, khususnya dalam proses operasi. Bisa dibayangkan, apabila tidak ada obat narkotika untuk membius pasien, tentu pasien tersebut akan merasakan kesakitan yang luar biasa.

Di sinilah kesenjangannya. Para generasi muda yang memiliki rasa penasaran tinggi, hanya mengambil jalan pintas untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita dengan penyalahgunaan narkoba. Beberapa penelitian menyatakan, bahwa dari anak-anak muda yang menyalahgunakan narkoba memang didasari oleh rasa penasaran juga sebagai perasaaan depresi.

Anak-anakku, penyalahgunaan narkoba bukan hanya merugikan orang lain. Tetapi juga diri sendiri. Di balik memunculkannya tindakan kriminalitas seperti mencuri, menjambret untuk membeli narkoba, keselamatan dan kesehatan diri sendiri pun lebih terancam. Orang pengguna narkoba rentan dengan kecanduan, perubahan perilaku, berbagai macam gangguan kesehatan, bahkan sampai ada yang terkenal HIV/AIDS melalui jarum suntik.

Maka dari itu anak-anakku, saya tidak menentang kalian bergaul dengan siapa pun. Hanya saja, kalian tentunya sudah dewasa dan dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Jangan ragu untuk mengikuti kegiatan sekolah dalam mengisi kenangan masa sekolah kalian. Sampaikan lah keluh kesah kalian ke guru-guru BP atau guru-guru lainnya, karena kami semua di sini adalah orang tua kalian juga.

Cukup sudah ratusan ribu orang yang meninggal karena penyalahgunaan narkoba di Indonesia, janganlah kalian juga ikut menyesal nantinya. Demikian pidato yang dapat disampaikan. Semoga pidato persuasif singkat ini dapat kalian serap dengan seksama. Assalamualaikum WR. WB

Pidato Persuasif tentang Seminar

Salam sejahtera bagi para hadirin.

Terima kasih telah hadir dalam acara seminar teknologi yang digagas oleh Panitia Seminar Nasional Dunia Digital pada hari ini. Pertama-tama dan yang paling utama, mari kita panjatkan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan kuasa-Nya sehingga kita berkumpul di acara ini.

Hadirin dan bapak-ibu yang saya hormati,

Industri 4.0 sudah ada di depan mata. Perubahan teknologi yang tadinya dari manusia bisa berubah dengan mesin dan rekayasa teknologi lainnya. Sudah berapa banyak pegawai di tempat trasnportasi umum yang menjual tiket diganti dengan mesin, berapa banyak pegawai di pabrik diganti dengan robot yang lebih andal. Tentu saja hal itu dapat berdampak kepada merosotnya lapangan pekerjaan, bukan?

Saat ini, waktunya kita berbenah. Pasang alarm untuk memperingati bahwa ini bukan lah sesuatu yang biasa-biasa saja. Perlu adanya persiapan yang sangat matang agar kita menjadi negara yang tidak ketinggalan teknologi.

Sebagai pembicara dalam seminar ini, saya ingin mengarahkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kita semua. Banyaknya para insinyur-insinyur muda perlu kita kerahkan dengan semaksimal mungkin. Berikan mereka pemberdayaan, berikan mereka tunjungan, dan berikan mereka arahan untuk membangun Indonesia dalam bidang IPTEK. Betapa kaya nya Indonesia bila diimbangi dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mumpuni.

Jangan sebaliknya, justru orang-orang cerdas asal Indonesia tidak pernah ditengok oleh pemerintah. Hal itu sangat disayangkan. Maka dari itu dalam seminar ini, bersama kita wujudkan kemajuan IPTEK melalui para generasi muda bangsa.

Demikian gagasan yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Satu pesan saya, tetap wujudkan Indonesia melek teknologi, bukan hanya penikmat, tetapi juga pencipta. Selamat siang para hadirin.

Pidato Persuasif tentang Ekonomi

Assalamualaikum WR WB. Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati kepala kementerian perekonomian dan para staffnya, serta para penggiat UMKM yang selalu semangat merintis usahanya. Marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam acara.

Izinkanlah saya sebagai ketua acara menyampaikan beberapa patah kata mengenai kondisi UMKM di Indonesia dan memberikan semangat untuk bangkit.

Menurut data yang diambil dari BPS, UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Angka yang cukup fantastis, bukan? Saat ini bidang usaha UMKM didominasi oleh perdangan besar dan eceran, industri pengolaan, penyedia makanan minuman, dan lain sebagainya.

Melalui bidang-bidang itulah, kita harus ikut turut serta membantu mereka mewujudkan perekonomian negara yang stabil. Hal sederhana yang dapat dilakukan oleh kita semua adalah menggunakan produk dalam negeri untuk membangun UMKM.

Saat ini, produk-produk dalam negeri pun dapat bersaing dengan produk luar negeri. Contohnya adalah dalam bidang kecantikan. Belakangan ini produk kecantikan asal Indonesia seperti skincare ataupun make up sedang digandrungi oleh masyarakat. Padahal sebelumnya, produk-produk kecantikan yang banyak diagung-agungkan oleh masyarakat adalah produk luar negeri, seperti produk Korea, Jepang, ataupun Eropa.

Hal tersebutlah yang perlu kita dorong terus untuk tetap memaksimalkan produk dalam negeri dan UMKM. Hingga, nantinya produk dalam negeri pun dapat melebarkan sayapnya ke kancah internasional melalui ekspor. Pastinya, itu adalah keuntungan yang berlipat ganda bagi Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Mengembangkan, menggunakan, dan mencintai produk dalam negeri memberikan dampak yang luar biasa bagi bangsa Indonesia ini. Apabila semua kebutuhan sudah terdapat dan terpenuhi di dalam negeri, untuk apa kita berfokus kepada produk-produk luar negeri.

Itulah yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat dimengerti oleh semua. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Tetap cintai produk Indonesia!

Assalamualaikum WR. WB

Pidato Persuasif tentang Budaya

Assalamualaikum WR WB, Shalom dan Salam sejahtera, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, serta Salam Kebajikan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan rahmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul bersama dalam acara ini.

Pada kesempatan ini, saya memohon izin untuk menyampaikan pesan dan gagasan saya terkait budaya Indonesia yang sekarang sudah mulai luntur, yaitu nilai kesetiakawanan dan gotong royong.

Sebagaimana yang kita rasakan dan ketahui bersama, perkembangan zaman menimbulkan berbagai macam dampak positif maupun negatif. Sudah tentu dampak positifnya akan berpengaruh terhadap kualitas ekonomi dan kenegaraan. Tetapi, kita perlu mengoptimalkan agar dampak negatif tidak mempengaruhi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara.

Salah satu perubahan kehidupan yang mencolok adalah adanya aplikasi penggunaan media sosial,seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Para ahli menyatakan bahwa media sosial bagaikan pisau yang bermata dua. Di satu sisi kita bisa mendapatkan segala informasi yang kita inginkan, tetapi di sisi lain dapat melunturkan nilai persaudaraan dan juga kesetiakawanan, karena terbatasnya interaksi yang hanya melalui virtual.

Hadirin yang saya banggakan,

Selanjutnya yang perlu digarisbawahi adalah bahwa negara kita sudah terkenal sebagai negara yang memiliki semangat gotong royong yang sudah tertulis dalam sejarah. Maka dari itu, sifat individualistik dan egois tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita. Namun, saat ini, dengan maraknya media sosial yang ada, sikap egois dan sifat indualistik tersebut seolah merebak dari teknologi itu.

Budaya yang sudah berkembang itu harus tetap kita lestarikan. Nilai-nilai tersebut seperti identitas bangsa Indonesia kita sendiri. Sangat disayangkan bahwa budaya dan nilai yang bagus harus tergerus karena arus perubahan zaman. Yang ada seharusnya, melalui perubahan zaman itulah, kita tetap menyebarkan nilai-nilai tersebut.

Untuk itu, marilah kira jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan dan gotong royong terus tumbuh di negeri pertiwi ini. Tidak peduli seberapa cepat perubahan zaman, kita perlu memanfaatkan perubahan zaman tersebut untuk sesuatu yang lebih baik.

Sayangnya beberapa pesan saya hanya bisa dicukupkan sampai di sini. Mohon maaf apabila ada beberapa patah kata yang kurang berkenan. Selamat sore. Wassalamualaikum WR WB, Shalom dan Salam sejahtera, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, serta Salam Kebajikan.

Baca juga: Contoh Teks Berita

Beragam contoh teks pidato persuasif singkat di atas dapat kamu cermati dengan baik agar semakin memahami tentang materi tersebut. Itulah penjelasan lengkap tentang pidato persuasif singkat dan contohnya, semoga dapat membantumu untuk membuat contoh teks pidato persuasif singkat lainnya ya. Selamat belajar dan selamat mencoba!


Referensi:

Sawali, dkk. 2016. Mahir Berbahasa Indonesia, Jilid 3 Kelas IX SMP/MTS. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *