Contoh Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur & Jenis

Tahukah kamu, tanpa kamu sadari, kamu sering membaca teks eksposisi? Jenis teks ini bisa kamu temukan dimana pun dan kapan pun.

Saat ini, banyak bentuk teks eksposisi yang bisa kamu temukan, terutama di media massa. Terlebih lagi di zaman digital seperti sekarang ini. Teks eksposisi bukan hanya bisa ditemukan di buku, koran, jurnal ataupun esai. Tapi juga bisa berbentuk debat, caption ataupun thread di twitter, lho!

Yuk pelajari selengkapnya tentang teks eksposisi, sehingga kamu paham dan bisa membedakannya dengan jenis teks lain.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Sumber foto: Aaron Burden on Unsplash

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan.

Teks eksposisi menurut Keraf (1995:7) adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menguraikan objek, sehingga dapat memperluas pengetahuan dan pandangan pembaca.

Menurut Nasucha (2009:50) teks eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, mengajarkan menyampaikan informasi, dan juga menerangkan sesuatu.

Dari beberapa pendapat ahli yang sudah dipaparkan, bisa disimpulkan bahwa teks eksposisi ialah teks yang mengemukakan sejumlah argumen dan fakta-fakta yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu dan terkadang juga bersifat ajakan kepada pembaca.

Maka dari itu, tak usah heran apabila kamu menemukan  teks eksposisi yang bukan hanya berisi fakta dan argumen, tapi juga dilengkapi dengan sugesti dan penilaian penulis itu sendiri.

Struktur Teks Eksposisi

Seperti jenis teks lainnya, teks eksposisi pun memiliki struktur yang menjadi bagian dari teks tersebut. Struktur ataupun unsur tersebut ialah hal yang membedakan teks eksposisi dengan teks lainnya.

Tesis

Struktur yang pertama disebut dengan tesis. Tesis ialah pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan penulis secara umum mengenai objek yang dibahas.

Rangkaian Argumen

Pada bagian ini terdapat fakta-fakta yang digunakan untuk memperkuat argumen penulis. Pada bagian ini pula dijelaskan lebih detail tentang argumen atau pendapat penulis untuk memperdalam tesis yang sudah dikemukakan.

Penegasan Kembali

Struktur terakhir bisa dibilang ialah sebagai penutup dari teks eksposisi. Pada bagian ini berisi kesimpulan dan juga rangkuman terkait bahasan yang sudah dipaparkan. Pada bagian ini pula sering disisipkan ajakan agar pembaca ikut menyetujui apa yang sudah dijelaskan.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

jenis teks eksposisi
Sumber foto: Brian McGowan on Unsplash

Eksposisi Definisi

Seperti namanya, teks eksposisi definisi adalah eksposisi yang memaparkan dan menjelaskan pengertian dari topik yang dibahas. Hal yang menonjol pada teks ini adalah adanya kalimat yang memaparkan karakteristik dari topik tersebut. Contohnya ialah:

“Istana Wilanowi adalah sebuah istana di Polandia. Nama lain dari istana ini ialah Palace Wilanowie. Terletak kurang lebih 15 km dari pusat kota Polandia. Istana ini pun menjadi objek wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan lokal maupun internasional.”

Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita berisi tentang informasi yang berasal dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu. Teks eksposisi jenis ini biasanya kamu temukan di media cetak atapun media online. Contoh dari teks eksposisi ini ialah:

“Pada 20 Juni 2020 telah diadakan ‘Nyastra Santai’ bersama penulis Dyah Ningsih di Ruko Jati Kemang. Acara tersebut dihadiri para kontributor yang senang dan sedang memperdalami sastra. Dengan diadakannya penerbitan buku antologi tersebut bisa menjadi menambah semangat masyarakat Jati Kemang dalam dunia literasi.”

Eksposisi Ilustrasi/Penggambaran

Teks eksposisi ilustrasi ialah paragraf yang biasanya menggunakan bahasa pengandaian terhadap sesuatu. Maksudnya ialah, kalimat yang digunakan pada teks eksposisi jenis ini berupa kalimat penggambaran sederhana pada topik yang akan diangkat. Ciri pada teks ini ialah menggunakan kata ‘seperti’ atau ‘bagai’. Berikut ialah contohnya:

“Program tersebut seperti harapan orang tua untuk membantu pendidikan anak. Pertukaran siswa SMP ini bisa menjadi wadah apresiasi dan sarana untuk menanamkan nilai kerukunan dan toleransi. Sehingga, para anak dapat mengamalkannya di manapun ia berada, terlebih sehabis selesainya program pertukaran siswa tersebut.”

Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah paragraf yang bertujuan menyampaikan informasi tentang tahapan, cara atau langkah melakukan sesuatu. Kamu akan menemui jenis teks ini di buku petunjuk  ataupun cara penggunaan. Contoh eksposisi proses ialah sebagai berikut:

“Buah lemon dapat membantu untuk mempercantik kulit wajah. Proses yang bisa dilakukan ialah dengan mengiris lemon yang sudah disiapkan. Selanjutnya ialah, peras lemon tersebut di piring atau wadah. Berikutnya campurkan satu sendok madu ke dalam satu sendok perasan lemon, lalu aduk hingga merata. Berikutnya ialah oleskan campuran lemon dan madu tersebut ke daerah yang berjerawat, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.”

Eksposisi Komparatif/Perbandingan

Jenis teks ini berisi tentang narasi atau paragraf informasi yang dijelaskan dengan cara membandingkan suatu hal dengan hal yang lain.  Eksposisi komparatid penulis seolah memberikan informasi dengan cara membandingkan agar bisa dimengerti oleh pembaca. Contohnya ialah sebagai berikut.

“Di Indonesia, kurva jumlah kasus positif terus naik. Hal tersebut karena melonggarnya PSBB dan juga tidak tertibnya masyarakat terhadap peraturan yang berlaku. Padahal, di Vietnam, telah berhasil menangani kasus virus korona di negaranya, karena peraturan dan protokol kesehatan dijalani oleh segenap pemerintah maupun masyarakatnya. Jika saja Indonesia mampu mengendalikan penyebaran virus tersebut, bisa jadi kasus pun tidak semakin melonjak”

Eksposisi Pertentangan

Pada eksposisi ini kamu akan menemui paragraf atau narasi yang berisi pertentangan antar sesuatu dengan sesuatu lainnya. Biasanya, frasa yang digunakan dalam eksposisi ini ialah frasa penghubung seperti ‘akan tetapi’, ‘meskipun begitu, ‘namun’ dan ‘sebaliknya’. Contoh teksnya ialah berikut ini

“Indonesia dianugrahi keragaman dan kekhasan flora dan fauna. Baik dari sabang sampai merauke memiliki flora dan fauna yang khas. tiga wilayah persebaran tersebut yaitu, Asiatis, Peralihan, dan Australilis Meskipun begitu, flora dan fauna tersebut terus mengalami kepunahan. Contohnya ialah badak bercula satu sebagai fauna khas asiatis. Perlu adanya kesadaran dari masyarakat dan pengembangan yang terus berlanjut dari pemerintah.”

Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi klasifikasi ialah teks ataupun paragraf yang narasinya tentang mengelompokan atau membagi sesuatu sesuai kategori. Contoh dari teks eksposisi klasifikasi ialah seperti di bawah ini.

“Kekuatan budaya bangsa dapat dilihat dari tingkat literasi. Namun, fakta yang ada saat ini ialah  anak-anak semakin kurang gemar membaca dan kurangnya bahan literasi untuk anak. Maka dari itu, dengan menggunakan hikayat, diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi yang dimulai sejak dini.

Hikayat yang ada dapat dikelompokkan sesuai zaman, yaitu hikayat pada zaman asli sampai zaman Islam. Setiap zaman akan mencerminkan kebudayaan. Sesuai teori dari Yock Fang, seorang ahli Sastra. Maka, apabila disampaikan kepada anak-anak, akan menambah pengetahuan terkait dunia sastra dan budaya.”

Contoh Teks Eksposisi

Teks Eksposisi Pendidikan

Jenis Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi di Indonesia adalah pendidikan lanjutan setelah sekolah menengah atas. Pada jenjang ini, mempersiapkan peserta didik menjadi masyarakat yang mempunyai kemampuan bersifat akademi atau teknisi dengan menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan IPTEK, seni, dan pembangunan nasional.

Di Indonesia sendiri, pendidikan tinggi untuk strata 1 atau sarjana terdapat tiga jenis. Yang pertama yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang kedua yaitu PTS (Perguruan Tinggi Swasta), dan yang ketiga yaitu PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan). Ketiga jenis perguruan tinggi tersebut diharapkan menjadi sarana atau wadah untuk menciptakan masyarakat yang unggul dan bisa memajukan Indonesia.

Teks Eksposisi Lingkungan

Pencemaran Udara di Puncak

Puncak Bogor selalu menjadi kawasan yang sering dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi saat musim liburan dan weekend. Dengan banyaknya wisatawan tersebut, maka makin banyak pula kemungkinan pencemaran yang akan terjadi.

Greg Garrad selaku akademisi yang berkecimpung di dunia ekologi, menyatakan enam konsep tentang lingkungan, salah satunya ialah terkait pencemaran. Pencemaran yang terjadi di kawan Puncak Bogor yang menjadi keprihatinan ialah pencemaran udara. Makin padatnya jalanan puncak dengan kendaraan, justru polusi pun semakin meningkat. Kondisi tersebut sangat disayangkan. Karena dapat mengganggu kesehatan pernafasan dan juga aktivitas warga.

Teks Eksposisi Kesehatan

Physical Distancing bagi Kesehatan

Covid-19 menjadi pandemi yang menyerang hampir semua negara, tak terkecuali di Indonesia. Total kasus di Indonesia per 15 Juni 2020 sendiri sudah mencapai angka 39.294. Angka yang sangat fantastis, bahkan pernah per hari pelonjakan kasus positif mencapai 1000 orang.

Rawannya kondisi Indonesia saat ini, menjadi tantangan bagi setiap individu untuk menjaga kesehatannya masing-masing dan tidak melanggarnya aturan PSBB yang sudah ditetapkan pemerintah. Contohnya ialah dengan semakin rajin mencuci tangan dan tetap menerapkan physical distancing.

Physical distancing adalah pembatasan fisik. Kata tersebut digunakan untuk mengganti kata social distancing atau pembatasan sosial. Dengan adanya pembatasan fisik dan tidak berdekatan, maka akan menjaga kesehatan masyarakat agar terhindar dari virus korona yang biasanya tersebar melalui droplet. Kita pun perlu melihat petugas kesehatan yang sudah berjuang bagi kesembuhan para pasien seharusnya dihargai dan dijunjung tinggi oleh segenap masyarakat.

Teks Eksposisi Berita

Free Cargo Literacy dari Pos Indonesia

Pemerintah melalui PT POS Indonesia (Persero) meluncurkan program ‘Gerakan Literasi Nasional Pos Indonesia’ pada tanggal 17 Juni 2017 di Kantor Pos Jakarta Timur. Program yang dicanangkan oleh Pos Indonesia adalah program pengiriman donasi buku secara gratis. Kegiatan ini pun dilengkapi dengan gelar wicara untuk menarik perhatian pengunjung.

Melalui program ini, pengirim donasi buku yang merupakan pegiat literasi serta masyarakat umum dapat menyumbangkan berbagai koleksi atau buku bacaan kepada pengelola Taman bacaan Masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya.

Teks Eksposisi Politik

Diplomatik Indonesia dan Jepang

Indonesia salah satu negara yang menerapkan hubungan diplomatik dengan berbagai negara. Salah satunya ialah Jepang. Dengan mengesampingkan sejarah kelam terkait penjajahan dahulu, Indonesia dan Jepang berusaha menjalani hubungan yang baik untuk memajukan negara bersama.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang   dilihat dari lingkup ASEAN. Dengan sama-sama negara kepulauan, kedua negara tersebut saling mendukung dari berbagai bidang. Dilihat dari kondisi politik kedua negara saat ini, hubungan politik tersebut bersifat multi track, bukan hanya perihal antar pemerintah, melainkan juga termasuk ke ranah perusahaan, non-governmental organization, bahkan masyarakat sipil.

Teks Eksposisi Ekonomi

Diskon sebagai Gejala Permintaan

Harga barang pada diskon di platform belanja online, dapat membuat pembeli tertarik untuk membeli barang di toko Anda. Hal ini dikarenakan adanya hukum permintaan. Seperti rumus yang cukup kita kenali, bahwa apabila harga barang turun, maka jumlah permintaan barang akan naik. Begitupun sebaliknya, apabila harga barang naik, maka jumlah permintaan akan turun.

Fenomena diskon gila-gilaan justru akan membuat permintaan barang akan semakin banyak. Hanya saja, dalam menjalankan bisnis, Anda perlu mencatat dan jangan sembarang memberikan diskon. Perlu adanya perencanaan dan melihat kondisi pasar juga agar usaha Anda tidak merosot dan  malah gulung tikar.

Teks Eksposisi Hukum

Peran dan Jenis Pengacara

Peran pengacara sangat dibutuhkan dalam dunia hukum di berbagai negara. Profesi tersebut berguna untuk memastikan bahwa tersangka/terdakwa mendapat kepastian hukum. Bila tidak ada dukungan dari pengacara, dikhawatirkan pihak pengadilan bertindak sewenang-wenang.

Perlu diketahui juga, pengacara ada dua jenis, yaitu pengacara litigasi dan nonlitigasi. Pengacara litigasi merupakan sebutan untuk pengacara yang bekerja dan berjuang untuk kliennya di pengadilan. Sedangkan pengacara nonlitigasi adalah pengacara yang bergerak di luar pengadilan, seperti corporate lawyers (pengacara perusahaan), pengacara pasar modal, dan pengacara hak merk.

Teks Eksposisi Sosial

Vlogger dalam Kehidupan Sosial

Istilah vlog, vlogging, ataupun vlogger belakangan ini menjadi semakin booming di kalangan pengguna media sosial. Banyak vlogger baru yang bermunculan dengan isi konten yang bervariasi. Dilihat dari banyaknya vlogger di Indonesia, hal tersebut dapat membuat kontruksi sosial baru, yang mana masyarakat menjadi gemar menonton video vlog tersebut sesuai dengan vlogger kesuakaannya masyarakat masing-masing.

Vlogger yang mana bisa menjadi seorang influencer perlu menanamkan pengaruh yang baik untuk para penontonnya. Jika ia memberikan konten yang positif, maka hal tersebut pun akan memberikan dampak kepada penonton. Contohnya ialah menjadi termotivasi.  Apabila kontennya bersifat negatif dan cenderung tidak berfaedah, maka kemungkinan hal tersebut akan berpengaruh kepada penontonnya.

Penonton yang sudah terpengaruh akan meniru dan menyebarkan kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan oleh vlogger tersebut. Hal ini sangat disayangkan, karena fenomena sosial melalui media saat ini semakin sering terjadi dan mempengaruhi kehidupan masyarakat, secara sadar ataupun tidak sadar.

Begitulah pengertian, struktur, jenis, dan contoh lengkap tentang teks eksposisi. Dengan penjelasan di atas, kamu sudah bisa membaca dan menulis teks eksposisi dengan tepat, ya.


Sumber:

Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Grasindo.

Kosasih dan Endang Kurniawan. 2018. Jenis-jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Nasucha, Yakub. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: Media Perkasa.

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *