Contoh Teks Persuasi: Pengertian, Struktur dan Cara Penyusunan

Teks Persuasi adalah teks yang berisi bujukan, ajakan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan suatu tindakan. Menurut KBBI persuasif bermakna membujuk secara halus untuk meyakinkan pembaca atau pendengar.

Persuasi juga dikatakan sebagai karangan yang bertujuan membuktikan pendapat. Umumnya teks persuasi bersifat subjektif, artinya menurut sudut pandang pengamat penulis.

Untuk meyakinkan pembaca, penulis harus menggunakan data-data pendukung lain. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan pembaca atas suatu kebenaran dari teks persuasi.

Struktur Teks Persuasi

Terdapat 3 bagian struktur teks persuasi. Agar kamu gak bingung dalam menyusun teks persuasi, berikut penjelasannya.

Pengenalan isu

Struktur pertama adalah pengenalan isu. Pengenal isu akan membahas pengantar atau kalimat awal dalam teks persuasi tentang isu atau suatu permasalahan yang akan dibahas dalam teks tersebut

Rangkaian Argumen

Bagian ini berisi pendapat atau opini penulis mengenai suatu isu yang telah dikenalkan sebelumnya. Selain itu, penulis juga menjelaskan fakta atau data yang sebenarnya guna mendukung argumen yang ada.

Pertanyaan Ajakan

Dalam suatu teks persuasi, pernyataan ajakan bersifat memengaruhi atau membujuk pembaca serta pendengar untuk melakukan sesuatu yang diinginkan penulis. Pernyataan tersebut dapat berupa ajakan yang tampak (tersurat) ataupun tersirat (tak tampak) pada suatu teks persuasi.

Penegasan Kembali

Terakhir yaitu penegasan kembali. Pada penegasan kembali berisi tujuan untuk memperkuat suatu pernyataan yang sudah disampaikan pada bahasan sebelumnya.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Contoh Teks Persuasi Politik
ilustasi : Pixabay.com /pergi/human/

Menurut pengertiannya, paragraf persuasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Paragraf persuasi mencoba untuk meyakinkan pembaca atau pendengarnya.
  2. Memiliki tujuan agar pembaca atau pendengar melakukan hal yang diinginkan setelah membaca atau mendengarnya.

Syarat Menyusun Paragraf Persuasi

Dalam membuat atau menyusun teks persuasi, ada beberapa hal (syarat) yang harus ditempuh agar orang lain mau mengikuti apa yang kita inginkan dalam teks. Apa saja sih syaratnya?

  1. Pilihan kata, penulis harus memahami isu atau masalah yang akan ditulisnya. Dalam teks persuasi pilihan kata menjadi hal penting. Oleh karena itu, pilihlah diksi atau kata yang sesuai.

Contohnya : kamu akan menulis persuasi tentang pendidikan, maka gunakanlah kata-kata (diksi) yang berkaitan dengan  dunia pendidikan.

  1. Mengaduk emosi pembaca atau pendengar. Penulis juga harus bisa mengaduk emosi pembaca atau pendengar, baik meredam emosi melalui tulisan yang dibuat maupun meninggikan emosi.
  2. Disertai bukti dan fakta, adanya bukti atau fakta pada teks persuasi ini bertujuan untuk menambah keyakinan pembaca terhadap teks yang ditulis.

Langkah-langkah Menyusun Paragraf Persuasi

Agar kamu nggak bingung nih, gimana caranya membuat teks persuasi yang baik dan benar, yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai langkah-langkah menyusun paragraf persuasi.

  1. Mentukan topik dan tujuan
  2. Mengatur strategi yang menarik
  3. Mengumpulkan data-data atau fakta agar menambah keyakinan
  4. Kesimpulan dari teks yang dibuat

Contoh Teks Persuasi

Berikut ini disajikan contoh teks persuasi dengan berbagai topik, yaitu teks persuasi politik, contoh teks persuasi pendidikan, contoh teks persuasi kesehatan, dan contoh lainnya. Yuk, lihat.

Contoh Teks Persuasi Politik

Saat ini, negeri kita sedang mengalami masa gelisah. Ditandai dengan bentuk nyata anak-anak yang putus sekolah lantaran ekonomi, pemuda-pemudi kehilangan pekerjaan, dan banyak warga yang kelaparan. Selain itu, bukan hal tabu lagi bila negeri ini memiliki tikus. Hukuman diberlakukan kepada yang memiliki. Apakah itu yang dinamakan keadilan?

Fakta juga menyebutkan bahwa menurut Badan Statistik Penduduk jumlah jiwa yang hidup lebih dari 250 juta masih jauh dari taraf layak kehidupan yang sebenarnya. Hal tersebut sangat menyadarkan kita bahwa jumlah penduduk yang besar ini membutuhkan sebuah perubahan besar.

Pada tanggal 19 April 2020 salah satu momentum yang tak boleh dilewatkan oleh penduduk Indonesia yang sudah berusia 17 tahun. Indonesia akan  mengadakan pemilihan umum calon Presiden dan wakil Presiden secara serentak.  Di antara calon-calon pemimpin dan wakil pemimpin, sebaiknya kamu gunakan suara hati.

Karena sudah saatnya Indonesia membutuhkan pemimpin baru yang mampu membawa perubahan besar terhadap bangsa ini.

Perubahan yang dimulai dari hati, dengan niat tulus dan rencana yang besar. Pemilihan pemimpin yang baik dipilih oleh rakyat yang ikut berpartisipasi dalam menggunakan haknya pada pemilu. Untuk itu, demi kemajuan Indonesia yang lebih baik dan maju, serta masyarakat sejahtera. Ayo mari bersama-sama kita gunakan hak suara untuk memilih calon pemimpin masa depan bangsa ini. Suaramu, adalah masa depan bangsa besar.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Menurut Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan memiliki arti sistem usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan anak menjadi lebih baik. Sebab itu, pendidikan sangat penting. Anak merupakan tumpuan bangsa untuk masa depan. Pendidikan pertama itulah dimulai dari orang tua.

Orang tua merupakan ladang awal pendidikan pertama dan utama pada anak. Anak akan melihat kemudian meniru apa yang didengar dan dilakukan. Hal itu tentu akan tersimpan dalam ingatan hingga ia dewasa.

Tak hanya mengajarkan menjadi manusia cerdas, orang tua juga bertanggung jawab membentuk karakter dan membentuk diri anak. Pembentukan perilaku anak pertama kali dibentuk oleh keluarga. Karena itu, orangtua tidak semata-mata melepas hanya ke sekolah formal saja. Dan mempercayakannya begitu saja. Dengan lingkungan yang baik maupun pendidikan yang baik anak akan membentuk karakter yang baik pula. Itulah mengapa keluarga khususnya orang tua harus mengajarkan hal positif kepada anak.

Oleh karena itu, marilah kita sebagai keluarga khususnya orang tua bersama-sama membangun generasi anak yang berlandaskan Pancasila dan jiwa agamis agar anak-anak dapat membangun bangsa ini. Juga, ciptakanlah lingkungan yang positif agar anak membentuk karakter dan sikap yang baik.

Baca juga: Mengenal Kalimat Majemuk

Contoh Teks Persuasi Sosial

Senin, 13 Juli 2020 di Kecamatan Masamba, Kabupaten Sulawesi Selatan terjadi banjir bandang pada malam hari. Warga yang tertimpa bencana tersebut langsung mengungsi dan melarikan diri. Mereka takut jikalau banjir datang kembali. Seminggu kejadian banjir itu telah berlalu. Namun, masih banyak warga yang didapati masih membutuhkan makanan dan kebutuhan hidup lainnya. Bantuan yang diberikan pemerintah setempat tidak cukup untuk menampung jumlah warga yang terdampak. Karena itu, dibutuhkan uluran tangan dari saudara se-Indonesia.

Dalam sebuah hadits, dikatakan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat. Semakin tinggi ia bermanfaat, maka semakin tinggi juga derajat manusia di hadapan Tuhan. Manusia juga diciptakan sebagai makhluk sosial dan saling membutuhkan. Atau dengan kata lain tidak dapat hidup sendiri. Sebagai makhluk yang memiliki hati nurani, sudah saatnya kita tergerak untuk menyalurkan tangan.

Kita harus selalu berupaya untuk melakukan perbuatan baik kepada siapapun. Melakukan perbuatan sosial itu sebenarnya untuk membahagiakan dan mengurangi beban orang lain sehingga kita benar-benar ikut merasakan penderitaan mereka. Hendaknya kita sebagai satu saudara ikut berpartisipasi secara benar.

Contoh Teks Persuasi Kesehatan

Senin, 03 Agustus 2020 jumlah kasus Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 1.679 jiwa. Kini ada 113.134 jiwa yang terpapar Covid-19. Kasus ini bermula dari Wuhan, Tiongkok dan menyebar hingga ke seluruh dunia. Dan ditetapkan sebagai pandemi global. Virus ini masih satu keluarga dengan MERS CoV dan SARS CoV.

Virus ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) yang ke luar dari hidung atau mulut seseorang. Contonya bersin, batuk, air liur dan lainnya. Menular dengan sangat cepat tanpa memandang usia. Penderita rentan virus ini yaitu ibu hamil, anak-anak, dan lansia. Namun, bukan berati anak muda tidak dapat terkena. Menurut data Gugus Satgas Penanganan Covid-19, tingkat kematian yang diakibatkan virus ini sebesar 5%. Dengan porsentase 59,4% penderita yang meninggal adalah laki-laki dan 40,6% perempuan.

Gejala seseorang menderita virus ini yaitu demam tinggi, pilek, batuk kering, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Namun, hal itu dapat membaik atau memburuk. Seseorang yang terkena virus ini dengan tingkat buruk, akan mengalami sesak napas, nyeri dada, bahkan dapat mengeluarkan dahak berdarah.

Oleh sebab itu, kita sebagai masyarakat yang baik sudah saatnya sama-sama saling menjaga dan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus ini. Beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, yaitu: (1) sering-sering mencuci tangan, (2) menggunakan masker jika berpergian, (3) hindari bersentuhan dengan orang lain, (4) tetap diam di rumah jika tidak berkepentingan dan tidak ke luar jika sakit, dan (5) tutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk.

Mungkin kamu tidak sadar, jika kamu tidak melakukan beberapa upaya di atas, maka kamu akan membahayakan satu nyawa. Kamu mungkin membahayakan orang-orang di rumahmu yang rentan terpapar. Selain cara-cara pencegahan di atas, marilah kita rajin berolahraga agar meningkatkan imunitas tubuh. Menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Benarlah ada istilah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Marilah kita bersama-sama saling menerapkan anjuran pemerintah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Indonesia pasti bisa!

Contoh Persuasi Hidup Sehat

Hari yang berenergi di awali dengan sarapan. Hal ini diungkapkan oleh beberapa studi, para ahli, dan penelitian yang mengatakan sarapan pagi sangat bermanfaat untuk memberikan energi saat beraktivitas dan meningkatkan konsentrasi serta menambah kinerja. Sayangnya, banyak orang yang lupa pun menyepelekan pentingnya sarapan. Entah karena terburu-buru, malas, atau lainnya.

Sebanyak 15 hingga 30 persen gizi harian terpenuhi karena sarapan. Sarapan dapat mengurangi berat badan tubuh. Biasanya, orang yang melewatkan sarapan cenderung merasa lapar sehingga makan dengan porsi yang banyak. Berbeda jika sarapan pagi, seseorang tidak mendapatkan kalori dan kadar gula berlebih.

Selain itu, sarapan juga dapat mengurangi terjadinya luka lambung atau maag. Asupan pada pagi hari dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih seimbang. Otak juga akan berpikir lebih cepat jika nutrisi sudah dipenuhi.

Kamu akan melewati hari yang lebih baik jika membiasakan diri sarapan di pagi hari. Karena itu, kamu dapat berjalan dan melaju bila tubuh diisi dengan asupan yang tepat agar memberikan kekuatan selama beraktivitas sepanjang hari. Sarapan di pagi hari juga dapat meningkatkan hubungan keharmonisan seseorang dan keluarga. Jadi, jangan sampai lupa untuk sarapan pagi dengan sarapan sehat.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi

Nah, itulah artikel mengenai teks persuasi beserta pengertian, struktur, dan contoh-contohnya. Semoga artikelnya dapat menambah wawasan kamu, ya.

Artikel Terbaru

Avatar

Rufaidah

Halo perkenalkan saya Rufaidah. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta yang sedang menempuh skripsi

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *