Home Bahasa Indonesia Kelas XII Contoh Teks Berita: Pengertian, Struktur, Unsur Serta Ciri

Contoh Teks Berita: Pengertian, Struktur, Unsur Serta Ciri

Berita masih menjadi narasi yang dibutuhkan oleh siapapun. Karena berita memuat informasi yang bisa membuat pembacanya menjadi tahu kabar atau peristiwa yang telah atau sedang terjadi. Dalam kehidupan sosial tentunya kita perlu mengetahui perkembangan.

Tentunya, kamu pun pernah mendengar atau membaca berita, kan? Sudah tau bagaimana pengertian, struktur, ciri, atau pun contoh teks berita? Baca terus artikel ini sampai tuntas, ya!

Pengertian Teks Berita

Pengertian Teks Berita
Sumber foto torstensimon dari Pixabay

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Dapat juga diartikan sebagai laporan, pemberitahuan, dan juga pengumuman.

Apabila secara asal-usul kata/etimologi, berita berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu vrit yang berarti ada atau terjadi atau juga berasal dari kata vritta  yang berarti kejadian atau
peristiwa.

Ada beberapa pengertian berita menurut ahli. Yang pertama ialah Purnama Kusumaningrat (2005:39) beliau mengatakan dalam bukunya bahwa Berita merupakan sesuatu atau seseorang yang dipandang oleh media merupakan subjek yang layak untuk
diberitakan.

Yang kedua ialah menurut Michael V. Charnley dalam Apriadi Tamburaka
(2003:35), berita ialah sebuah  laporan tercepat dari suatu peristiwa atau
kejadian yang faktual, aktual, penting, dan juga menarik bagi sebagian besar pembaca
serta menyangkut kepentingan mereka.

Dari beberapa pengertian tentang berita tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks berita ialah sebuah tulisan yang melaporkan sebuah kejadian atau sesuatu dengan tujuan untuk disebarkan ke khalayak umum.

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita lebih mudah dikenali dibanding teks lainnya. Karena sifatnya menggunakan sistem piramida terbalik. Untuk lebih jelasnya, struktur teks berita diklasifikasikan sebagai berikut.

Orientasi Berita

Pada bagian ini terdapat gambaran isi berita secara umum. Dengan begitu, pembaca akan mengetahui berita apa yang dibahas.

Peristiwa

Peristiwa yang dimaksud dalam teks berita adalah berisi proses kejadian dari awal sampai akhir sesuai dengan urutan kronologis. Pada bagian ini pun dilengkapi dengan fakta yang ada.

Sumber Berita

Bagian ini biasanya berupa darimana berita tersebut ditulis atau dimuat. Bisa berupa nama media yang digunakan atau nama wartawan yang menulisnya

Unsur Teks Berita

Unsur Teks Berita
Sumber foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Unsur-unsur teks berita ialah pokok-pokok informasi yang membangun teks berita. Pokok-pokok informasi tersebut didapat dari pertanyaan 5W+1H. Yaitu What, Who, Where, When, Why, dan How. Dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menyingkatnya dengan ADIKSIMBA. Yaitu kepanjangan dari Apa, Di mana, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana.

What

Unsur yang pertama ialah What, yaitu akan menjawab apa peristiwanya?

Who

Unsur yang kedua ialah Who, yaitu akan menjawab pertanyyan siapa yang mengalami peristiwa itu?

Where

Unsur yang ketiga ialah Where, yaitu berupa menjawab pertanyaan dimana peristiwa tersebut terjadi?

When

Unsur yang keempat ialah Where, yaitu berupa menjawab pertanyaan kapan terjadinya peristiwa itu?

Why

Unsur yang kelima ialah Why, yaitu berupa menjawab pertanyaan mengapa peristiwa itu terjadi?

How

Unsur yang terakhir yaitu How, berupa menjawab pertanyaan bagaimana proses peristiwa itu?

Pola Teks Berita

Pola teks berita dapat dikenali dengan istilah Piramida Terbalik. Piramida terbalik ialah pola penyajian berita atau penyajian informasi yang efektif dan digunakan oleh jurnalis-jurnalis di seluruh dunia.

Kepala Berita (Lead)

Pada kepala berita ditulis informasi-informasi paling penting. Biasanya memuat jawaban pertanyaan ‘Apa’, ‘Kapan’, ‘ Siapa’, dan ‘Dimana’. Kepala Berita dimaksudkan untuk menangkap perhatian dan menarik pembaca berita itu. Kepala berita bisa kamu temukan di paragraf awal dalam sebuah teks berita.

Tubuh Berita

Pada tubuh berita memuat informasi yang penting. Tubuh berita menyajikan peristiwa dan kronologis yang terjadi. Maka dari itu, pada tahap ini menjawab pertanyaan ‘Bagaimana’ dan ‘Mengapa’. Namun, ada pula berita yang mencantumkan ‘Kapan’, ‘ Siapa’, dan ‘Dimana’. pada bagian ini. Tubuh berita akan kamu temukan di paragraf-paragraf isi.

Ekor Berita

Ekor berita ialah berisi tentang informasi yang kurang penting. Biasanya ialah berupa uraian dari tubuh berita. Kamu akan mudah menemukan ekor berita, karena letaknya berada di paragraf-paragraf terakhir.

Ciri-ciri Teks Berita

Ciri Teks Berita
Sumber foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Terdapat ciri-ciri teks berita yang bisa kamu pelajari, diantaranya adalah:

  • Bersifat faktual dan bukan gagasan atau pendapat penulis
  • Berita yang diangkat bukan sesuatu yang umum terjadi
  • Bersifat aktual, yaitu peristiwa yang ditulis baru terjadi dan masih segar, bukan peristiwa lampau
  • Menggunakan data yang lengkap dan kredibel atau bisa dipertanggungjawabkan
  • Menggunakan bahasa yang yang standar dan juga kata baku.
  • Memakai kalimat langsung
  • Menggunakan jenis konjungsi temporal dan kronologis

Jenis-jenis Teks Berita

Straight News

Straight news bisa disebut juga berita langsung. Jenis berita ini menggunakan kata-kata yang lugas dan singkat. Bukan hanya itu saja, sifat berita ini pun sangat cepat dan bergantung waktu terbitnya. Straight news sendiri biasanya dapat ditemui di halaman depan koran. Terdapat dua jenis straight news, yaitu hard news dan soft news.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi

Hard news mengandung berita yang sangat penting sehingga harus segera diketahui pembaca. Selain itu juga menggunakan kata-kata yang to the point.  Sedangkan soft news merupakan jenis berita pendukung dan diinformasikan tidak langsung.

Depth News

Depth news ialah jenis berita yang sifatnya lebih mendalam. Berita depth news lebih berfokus untuk mengulik mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Sehingga, akan banyak ulasan terkait peristiwa tersebut.

Investigation News

Jenis berita ini dikembangkan berdasarkan adanya penyelidikan atau penelitian terhadap suatu kasus atau peristiwa. Berita investigasi berfokus kepada suatu masalah dan bagaimana menyelesaikannya. Reporter yang menulis berita ini perlu menggali lebih dalam tentang peristiwa dan mencari dari beberapa sumber.

Interpretative News

Interpretative News dikembangkan dari straight news. Karena jenis berita ini seperti berita langsung tetapi memuat informasi tambahan tentang  pendapat atau penelitian para ahli. Informasi tambahan tersebut bisa dalam berbentuk hasil wawancara, latar belakang peristiwa atau data-data terkait mengenai peristiwa tersebut.

Opinion News

Berita opini ialah jenis berita yang memuat pendapat atau opini tentang suatu kejadian yang terjadi. Pendapat tersebut bisa berasal dari para ahli, masyarakat, atau pun akademisi sehingga dimuat oleh penulis dalam bentuk berita.

Contoh Teks Berita

Berita Kebakaran

Hutan Wilayah Riau Terbakar 1,5 Hektar

Sabtu (15/4/2015), asap menyelimuti wilayah Riau karena terjadi kebakaran hutan. Hutan 1,5 hektar tersebut hangus terbakar dan hanya menyisakan abu. Petugas Kehutanan bekerja sama dengan Damkar berusaha menghilangkan titik api sejak pukul 16.00 WIB. Tetapi api benar-benar padam pukul 20.30 WIB.

Kebakaran tersebut diakibatkan karena kemarau panjang yang sudah terjadi sejak lima bulan terakhir. Selain itu, ditemukan juga puntung rokok di sebelah kiri hutan yang berseberangan langsung dengan perumahan warga.

“Kami berusaha mencari tahu apakah terdapat unsur kesengajaan atau tidak terkait kasus kebakaran hutan ini” ujar Mulyanto selaku Kapolsek setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran hutan kali ini. Hanya saja disinyalir terjadi rusaknya vegetasi alami yang terdapat di hutan tersebut.

Berita Banjir

Banjir Bandang Susulan di Waluh

Banjir bandang kembali menyerang kecamatan Waluh, Kabupaten Bogor pada Jumat, 7 Januari 2019. Setelah sebelumnya terjadi pertama kali pada tanggal 30 Desember 2018. Intensitas curah hujan yang tinggi serta terdapatnya longsor di hulu Sunga Ciangin menjadi penyebab banjir bandang tersebut.

Warga yang sudah berantisipasi bisa menyelamatkan barang-barangnya dan pergi ke pengungsian. Tak ada korban jiwa dan  kerugian yang besar untuk banjir bandang kali ini. Hanya terdapat dua rumah yang roboh dan terbawa arus.

Warga di luar kecamatan Waluh dengan sigap memberikan pertolongan berupa bantuan materil. Seperti, pakaian, makanan, minuman, dan sejumlah uang diserahkan melalui posko kecamatan.

Berita Kekeringan

NTT dan NTB Mengalami Risiko Kekeringan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat berkoalisi untuk memecahkan kekeringan. 30 Mei 2020, BNPB menyebutkan ada 160 wilayah di kedua provinsi tersebut yang memiliki risiko kekeringan. 80 wilayah di Nusa Tenggara Barat dan 80 wilayah di Nusa Tenggara Timur.

Kekeringan ini terjadi dikarenakan musim penghujan yang akan datang terlambat. Hal tersebut pun diklaim oleh BMKG wilayah setempat. Curah hujan di kedua wilayah tersebut hanya mencapai 100 mm. BPBD pun  bekerja sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mencari tahu pennyelesaian masalah kekeringan.

“Kami mencoba mencari cara yang efektif untuk mengatasi kekeringan. BNPB pun selalu memberikan arahan dan juga dorongan materil untuk kekeringan di wilayah NTT dan NTB.” jelas Ario Wibowo selaku ketua BPBD Provinsi NTT.

Saat ini, BPBD kedua provinsi tersebut membuat ‘Kampanye Hemat Air’ untuk sementara waktu. Rencana selanjutnya ialah pembuatan sumur bor di setiap desa dan distribusi air bersih satu minggu sekali.

Berita Cuaca

Ramalan Cuaca

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Banten memprediksi akan terjadi hujan badai pada Senin 17 April 2015 di lima daerah di Banten. Sedangkan wilayah lainnya hanyalah hujan sedang. Lima daerah tersebut ialah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Rangkas.

Hujan badai tersebut diakibatkan karena gejala la nina yang terjadi akibat musim penghujan. BMKG pun mengumumkan untuk masyarakat tetap waspada dan tetap berdiam diri di rumah.

“Diharapkan warga tidak panik dan tetap waspada. Prediksi hujan badai tersebut sekitar 60% benar.” imbau Yanto Prayaagung selaku pimpinan BMKG Provinsi Banten yang ditemui Minggu 16 April 2015 di kantor BMKG.

Hujan badai hebat pernah terjadi di wilayah Banten pada tahun lalu. Hujan badai tersebut pun mengalami kerugian besar sekitar 100 juta rupiah dan menelan korban jiwa 10 orang.

Berita Pendidikan

Peran Kurtilas Menggantikan KTSP 2006

Dengan dilantiknya Muh Nuh sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan terbaru, beliau merombak KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013. Kurikulum tersebut mulai berlaku 15 Juli 2013 dan  siap untuk tahun ajaran 2013-2014.

Kurikulum 2013 (Kurtilas) baru diimplemantasikan pada beberapa sekolah dan belum serentak di seluruh wilayah di Indonesia.  Jumlah sekolah tersebut ialah sebanyak 6.326 di beberapa wilayah Indonesia yang sudah menerima pelatihan dan pengembangan dari kementrian.

Salah satu yang berbeda dari Kurtilas dengan kurikulum sebelumnya ialah aspek penilaian. Pada kurtilas terdapat empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sosial, dan aspek spiritual.

Berita Sosial

Konseling Virtual untuk Perempuan

Komisi Nasional Perempuan  (Komnas Perempuan) membuat program Konseling Virtual melalui aplikasi Zoom. Program tersebut dirilis pada tanggal 12 Maret 2020 dengan diresmikan langsung oleh ketua Komnas Perempuan yaitu Sri Mawarti.

Konseling virtual itu bisa digunakan oleh seluruh perempuan di Indonesia dengan registrasi melalui situs www.komnasperempuan.go.id. Sebagai mana yang kita tahu, masih banyaknya kasus kekerasan pada perempuan, membuat Komnas Perempuan ingin terjun secara langsung mengarahkan dan menjadi tempat perlindungan bagi para korban, salah satunya dengan cara virtual.

“Yang berminat bisa mengkases  web tersebut dan hanya mengisi form. Nanti ditentukan janji temu untuk konselingnya dan dibimbing dengan konselor dari kami” ujar Sri Mawarti

Konseling virtual ini diharapkan mampu menjadi sarana yang efektif untuk membantu permasalahan para perempuan di Indonesia. Walaupun dalam keadaan genting terkait penyebaran virus korona ini.

Berita Ekonomi

Rupiah Menguat Dollar Melemah

30 Juni 2020, nilai tukar rupiah menguat sekitar Rp. 13.939 per dolar AS. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Sri Mulyani, selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Dengan menguatnya rupiah per dolar AS, salah satu faktornya dikarenakan pengaruh keteganagan antara AS dan China yang semakin memanas.

“Ketegangan antara AS dan China terus meningkat serta turut memicu pelemahan nilai tukar dolar AS terhadap nilai tukar mata uang lainnya, salah satunya ialah rupiah. Hal tersebut dikarenakan hubungan AS dan China yang semakin memburuk, sehingga terjadilah pelemahan ekonomi As,” Ujar Ariston dikutip dari Antara, Jumat (29/5/2020).

Berita Infotainment

Selamat Tinggal Vincent Desta Show

Vincent Desta Show With Hesti dan Enzy dikabarkan berhenti tayang di Youtube pada tanggal 27 Mei 2020. Acara komedi tersebut merupakan sebuah program live di Youtube pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu pukul 21.00 WIB.

Keempat host komedian tersebut beralih ke Tonight Show kembali pada 1 Juni 2020. Setelah sebelumnya hiatus selama bulan Ramadan.

Program live tersebut menjadi sarana hiburan bagi masyarakat dengan kejenakaan keempat hostnya. Bintang tamu yang pernah diundang dalam program tersebut salah ialah Ari Lasso, Dokter Boyke, dan juga kerabat-kerabat dekat Vincent atau Desta.

Berita Wisata

Curug Cikuluwung Destinasi Wisata Baru

Bogor selalu menambah pesona dengan keindahan alamnya. Salah satunya ialah Curug Cikuluwung yang berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug Cikuluwung dibuka untuk umum pada tahun 2017 dan langsung menjadi sorotan para wisatawan.

Camat Pamijahan mencantumkan Curug Cikuluwung sebagai curug destinasi wisata yang ada di wilayahnya. Saat ditemui di kantornya Senin (1/4/2017), Camat Pamijahan berupaya untuk melegalkan curug tersebut ke Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor. Ia juga berpesan kepada masyarakat sekitar dan wisatawan untuk menjaga kebersihan dan keasrian Curug Cikuluwung.

Tak ada biaya masuk untuk mengunjungi Curug Cikuluwung. Hanya membayar parkir sebesar RP.5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Selain itu, disewakan juga jaket pelampung seharga Rp.20.000.

Berita Kuliner

Nasi Liwet Primadona di Australia

Kuliner khas nusantara menjadi pesona di luar negeri, salah satunya ialah Nasi Liwet. Dalam acara The Food Festival Sydney, Australia pada tanggal 23 Juni 2018, pondok nasi tumpeng Mbok Rim laku terjual habis.

Mbok Rim selaku pemilik rumah makan di Sydney mengaku terharu, karena masakannya disukai banyak orang di negeri kangguru ini. Nasi liwet yang dilengkapi ikan asin, sambal, dan lalapan tersebut dijual dengan harga 10 dollar Australia atau setara dengan Rp.100.000

“Ini festival kedua yang kami ikuti. Di tahun yang lalu pun kami menghabiskan 200 porsi dalam sehari. Tahun ini kami membuat lebih banyak, yaitu 300 porsi” Ujar Mbok Rim, pengusaha kuliner yang sukses di Australia.

Berita Lalu Lintas

Tabrakan Beruntun Berujung Kemacetan

Kemacetan terjadi di Tol Jagorawi Km 42 pada tanggal 20 Juni 2016, pagi hari. Kemacetan sepanjang empat kilo meter tersebut dikarenakan adanya tabrakan beruntun sejumlah tiga mobil.

Mobil losbak yang berisi sayuran dari arah Bogor ke Jakarta tetiba mengerem mendadak dan membuat 3 mobil avanza dengan series berbeda saling tabrak beruntun. Hal itu dikarenakan pengemudi losbak mengantuk. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Hanya saja, kemacetan semakin parah pada pukul 7.00 WIB karena jam masuk kantor.

Petugas kepolisian berhasil evakuasi pada pukul 8.00 WIB dan jalan tol kembali lancar walaupun puing-puing mobil masih berbekas di lokasi.

Berita Gempa

Gempa 4,2 SR di Yogyakarta

15 Juli 2019, BMKG mengumumkan adanya gempa 4,2 skala richter di Yogyakarta dan sekitarnya. BMKG mengonfirmasi, gempa tersebut terjadi pada pukul  18.20.23 WIB.

“Jika dilihat dari episentrumnya, gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal. Jadi diharapkan warga tidak panik.” ujar Satyo Wiranto kepala BMKG Yogyakarta.

Beliau pun menambahkan gempa bumi tersebut tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Merapi dan murni gempa tektonik.

Berita Internasional

Semarak Halloween di Hollywood

Tokoh Hollywood seperti Tom Brady dan LeBron James mengikuti semarak Halloween pada 30 Oktober 2019. Pesta Halloween tersebut diselenggarakan di Gedung Dolby  Hollywood, Los Angeles.

Pesta Halloween tersebut  merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Hollywood. Para aktor dan artis berhias semenyeramkan mungkin sesuai tema yang diangkat, yaitu ‘Hollywood in The Horror’.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi

Selain Tom Brady dan Le Bron James, banyak para artis lainnya yang mengenakan kostum horor kebanggaannya. Seperti memerankan Valak, Badut IT, ataupun hal lainnya.

Itulah penjelasan tentang teks berita, dengan begitu kamu semakin bisa memahami teks berita, ya. Selamat belajar!


Sumber:

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia  SMP/MTS kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Satyaningsih, Ika. 2019. Mengenal jenis-jenis Teks. Klaten: PT Intan Pariwara.

Zia
Zia
Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Pakaian Adat Bangka Belitung Serta Pembahasannya

Bangka Belitung sudah lama terkenal sebagai daerah yang punya pantai-pantai cantik, penghasil timah, serta kerukunan masyarakatnya meskipun hidup dengan berbeda-beda etnis. Namun, selain hal...

Pakaian Adat Kalimantan Utara Serta Penjelasannya

Kalimantan Utara tergolong salah satu provinsi yang baru terbentuk sejak proses pemekaran dari Kalimantan Timur yang dilakukan pada awal tahun 2000-an. Meskipun terbentuknya provinsi...

Pakaian Adat Sulawesi Barat Serta Pembahasannya

Sebuah pakaian pastinya mempunyai fungsi utama sebagai penutup tubuh. Namun, terkadang suatu pakaian juga mempunyai fungsi lainnya seperti pada pakaian adat yang punya fungsi...

Pakaian Adat Sulawesi Tengah Serta Penjelasannya

Berlokasikan di tengah Pulau Sulawesi, Sulawesi Tengah ternyata mempunyai wilayah terluas dari wilayah Sulawesi Lainnya. Luasnya wilayah yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah ini membuat...

Contoh Bioteknologi dalam Kehidupan

Apakah kamu suka minum yoghurt? Tahukah kamu jika yoghurt itu adalah contoh produk dari bioteknologi? Lalu, apakah kamu tahu apa bioteknologi itu? Di SMP kamu...