Home Seni & Musik Yuk Ketahui Cara Membuat Lagu

Yuk Ketahui Cara Membuat Lagu

Bagi penggemar musik atau yang sedang belajar musik mungkin ada satu pertanyaan klasik: Bagaimana caranya membuat lagu?

Sebuah lagu dapat menjadi perwakilan perasaan atau ungkapan perasaan atas yang dialami si penciptanya. Bisa juga pencipta lagu mendapat inspirasi  dari curahan hati orang lain.

Lagu yang indah bukan hanya mewakili perasaan pencipta atau penyanyinya saja, tetapi juga bisa menyentuh hati orang lain dan siapapun yang mendengarnya.

Oya, tolong camkan dahulu dalam pikiran kamu semua bahwa bedakan antara membuat lagu dengan keinginan membuat sebuah lagu hits. Karena tidak semua lagu akan menjadi terkenal atau hits.

Tapi yakinkan dirimu bahwa lagu yang akan kamu buat adalah cerminan dari dirimu dan jujur. Jangan mengejar popularitas atau uang, karena uang hanya bonus.

Percayalah bila memang lagu kamu indah dan dapat menyentuh hati banyak orang, maka cepat atau lambat lagu kamu akan dikenal oleh orang banyak.

Nah, kira-kira apa saja tips atau cara membuat lagu? Berikut pembahasannya:

Temukan Tema Lagu

Notations
Sumber: bernas.id

Hal yang pertama dapat kamu lakukan adalah mencari tema lagu. Tema ini bisa kamu dapatkan dari pengalamanmu sehari-hari, atau peristiwa yang kamu lihat sehari-hari.

Bisa juga dari kisah orang lain baik itu dari film, buku, atau curahan hati temanmu yang sedang galau misalnya.

Dari itu semua maka kamu bisa menentukan tema yang menarik. Misalnya tema cinta, keluarga, alam, lingkungan, pokoknya bisa dari mana saja.

Tingkatkan kepekaan kamu terhadap lingkungan sekitar dan apa reaksi kamu saat melihat peristiwa itu. Misalnya saat melihat berita kemudian kamu merasa marah atau sedih. Nah kamu bisa tuangkan perasaan itu dan mendapatkan tema dari lagu yang akan dibuat.

Buat Lirik Lagu dan Rangkaian Cerita

Cerita Lagu
Sumber: waltonparish.org.uk

Lirik adalah salah satu bagian yang menjadi kekuatan sebuah lagu. Lirik ini berfungsi menjadi pembawa pesan dari tema yang ingin kamu sampaikan. Kamu bisa bebas menuliskan kata-kata apapun dalam membuat lirik.

Apakah bisa sebuah kata-kata puitis atau kata-kata yang to the point. Bisa juga kamu menulis lirik bagai menulis puisi dengan rima yang senada di setiap akhir kalimat.

Bebaskan dirimu dalam menulis lirik. Bila sebuah susunan lirik kamu rasa kurang pas atau masih ada yang kurang atau misalnya terlalu berlebihan kamu bisa ubah kapanpun kamu mau.

Untuk mempermudah menulis lirik, kamu bisa bayangkan dirimu bercerita di depan orang lain. Tuangkan perasaanmu ke dalam kata-kata yang akan kamu tulis nanti.

Sambil menulis lirik kamu tentukan juga rangkaian cerita yang ingin kamu sampaikan. Rangkaian cerita bagaikan sebuah blue print dari lagu.

Buat aliran cerita yang dimulai dari pembuka, pertengahan, sampai klimaks. Dengan rangkaian cerita yang baik maka karyamu tidak akan membosankan untuk didengar.

Pendengar akan lebih mudah menangkap pesan, cerita, dan terbawa arus dari cerita yang ada dalam lagu kalian.

Cari Nada 

Mencari nada lagu
Sumber: anitanet.staff.ipb.ac.id

Dalam sebuah karya musik maka nada memegang peranan yang sangat penting. Nada adalah bunyi beraturan yang memiliki frekuensi tertentu.

Untuk mencari nada, kamu bisa menggunakan alat musik atau bahkan bisa juga menggunakan instrumen yang sudah kamu miliki selama ini yaitu suara vokal kamu.

Untuk mendapatkan referensi nada lagu yang banyak ada baiknya kamu dengarkan semua jenis lagu. Baik itu lagu Indonesia, lagu asing, lagu jazz, rock, dangdut, pop, RnB, dan sebagainya.

Karena semakin banyak referensi nada yang kamu miliki maka akan semakin kaya pilihan nada yang bisa kamu tuangkan untuk membentuk sebuah karya.

Cari Chord yang Sesuai

Chord lagu
Sumber: www.essm.net.au

Chord adalah tiga nada atau lebih yang dimainkan bersamaan.

Chord berfungsi menjadi pengiring dari lagu yang akan kamu mainkan.

Bila kamu bisa memainkan alat musik maka kamu bisa melakukan proses ini sendirian. Misalnya kamu mencari chord menggunakan gitar atau piano.

Baca juga: Mengenal Komposisi Musik

Sambil menyenandungkan nada atau lirik yang sudah kamu ciptakan kamu bisa tentukan chord apa yang sesuai.

Kamu bisa mulai dari nada dasar dulu. Misalnya suara kamu cocok di tangga nada C mayor misalnya maka kamu bisa mencari chord di dalam lingkaran dan urutan tangga nada tersebut.

Buat Struktur/Bentuk Lagu

song structure
Sumber: id.pinterest.com

Umumnya sebuah karya musik populer saat ini terdiri dari bentuk yang mencakup: Verse/Chorus/Verse/Chorus/Bridge/Chorus (ending).

Verse biasanya berfungsi menjadi pengantar. Bagian ini biasanya ada di awal dan menjadi pembuka dari tema lagu yang akan dinyanyikan.

Chorus adalah inti dari pesan lagu yang dimainkan. Biasanya di bagian ini sebuah klimaks atau bagian paling penting disimpan disini.

Emosi antara Verse dan Chorus biasanya lebih besar di bagian Chorus. Chord yang dimainkan dan nada yang dinyanyikan juga berbeda antara Verse dan Chorus.

Untuk memperindah terkadang pencipta menambahkan bagian Pre Chorus sebagai pengantar antara Verse dan Chorus.

Baca juga: Mengenal Akord

Banyak juga lagu yang menggunakan Bridge sebagai jembatan yang menghubungkan ke bagian Chorus terakhir. Bisa antara Chorus ke Chorus akhir atau dari bagian instrumen gitar solo menuju Chorus penutup.

Tentukan Aransemen

aransemen lagu
Sumber: youtube.com

Aransemen adalah penyesuaian komposisi musik dengan suara penyanyi (bisa kamu atau orang lain) atau penyesuaian antara instrumen yang digunakan berdasarkan komposisi yang sudah ada sebelumnya tanpa mengubah esensi musiknya.

Aransemen ini bisa berupa aransemen vokal misalnya lagu yang kamu ciptakan terdiri dari satu, dua atau lebih banyak suara.

Bisa juga aransemen instrumen sesuai dengan alat musik apa yang digunakan. Semakin banyak alat musik yang digunakan maka akan semakin banyak variasi yang dapat dihasilkan.

Atau aransemen campuran yang menggabungkan vokal dan alat musik. Disini biasanya vokal menjadi bagian yang ditonjolkan sedangkan instrumen menjadi pengiring.

Aransemen yang baik dan tepat akan membantu  pesan yang ada tersampaikan dengan baik.

Begitu juga emosi yang ada dalam lagu tersebut akan masuk ke dalam hati dan telinga pendengar.

Rekam Lagumu

Merekam lagu
Sumber: youtube.com

Setelah mendapatkan semua unsur di atas maka hal terpenting yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus rekam karyamu.

Tidak usah merekam dalam bentuk mewah dulu, karena jaman sekarang kamu bisa merekam bahkan dengan hanya menggunakan handphone.

Kamu tidak perlu ke studio mahal karena langkah merekam ini adalah “menyelamatkan” karyamu agar kamu tidak lupa.

Dari rekaman itu kamu bisa perbaiki atau ubah lagi susunan lagunya, atau bisa kamu kurangi atau tambahkan lirik atau struktur lagu bila dirasa kurang.

Bila kamu rasa sudah cukup matang kamu bisa rekam dengan hasil yang lebih baik. Banyak software untuk merekam rekaman yang umum seperti Nuendo, Pro Tools, atau bahkan lewat aplikasi handphone pun bisa menggunakan BandLab atau lainnya.

Bila kamu kesulitan memainkan alat musik, kamu bisa meminta bantuan ke teman-temanmu yang mampu bermain alat musik dengan baik.

Jadikan lagumu ini project bersama antara dirimuu dan temanmu. Dengan begini kamu bisa berkembang bersama-sama sembari saling memberi masukan.

Demikian sekilas mengenai cara membuat lagu. Perlu dicatat bahwa segala proses di atas kecuali proses merekam dapat dilakukan secara acak tidak dengan berurutan.

Bisa saja kamu sudah memiliki chord tetapi belum memiliki lirik yang tepat. Atau kamu sudah memiliki nada dan lirik tetapi belum menemukan chord.

Atau bahkan bisa saja kamu sudah mendapatkan sekaligus antara chord, nada, dan lirik. Tinggal kamu sesuaikan saja struktur lagunya yang mana Verse dan bagian mana Chorus dan sebagainya.

Intinya adalah mengalirlah sesuai kemana inspirasi menuntunmu. Jangan lupa dengarkan banyak lagu, banyak membaca buku, dan buka dirimu terhadap cerita dari siapapun.

Baca juga: Cara Membaca Not Balok

Selamat mencipta dan berkarya!

Baca juga artikel ini yuk untuk menambah wawasan belajar musikmu!


Sumber:

DuniaMandji. 2018. Cara Membuat Lagu Ala Anji. www.youtube.com/watch?v=1AyP6dobLl8

Avatar
Ario
Musisi profesional sejak 2005 sebagai drummer session. Sampai saat ini aktif menyediakan entertainment service untuk acara wedding, gathering, juga bermain reguler di rumah makan dan tempat wisata. Berpengalaman menjadi kepala sekolah ELfa Music School Depok tahun 2011 - 2014. Aktif mengajar alat musik drum private offline dan online. Dapat membaca not balok dan mengerti teori musik yang dapat diaplikasikan dengan praktis di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...