Teks Nonfiksi Tentang Ekosistem

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi sesuai dengan fakta yang ada. Berbeda dengan teks fiksi yang berupa karangan hasil pemikiran penulis, teks nonfiksi ditulis berdasarkan data dan pengamatan sehingga memberikan informasi yang valid bagi pembaca.

Seperti teks lainnya, teks nonfiksi memiliki berbagai tema. Salah satunya teks nonfiksi tentang ekosistem. Berikut adalah contoh teks nonfiksi tentang ekosistem yang bisa kamu baca.

Permasalahan Ekosistem Sawah

Nonfiksi ekosistem
Sumber foto: romeuramosribeiro dari Pixabay

Pernahkah kamu mendengar kalau hama di lahan budidaya tidak seluruhnya harus dimusnahkan? Jika kamu pernah mendengar informasi tersebut, berarti kamu mengetahui kalau hama juga penyusun ekosistem. Ketika hama dimusnahkan semuanya, maka ketidakseimbangan ekosistem akan terjadi.

Baca juga: Unsur Cerita Nonfiksi

Apakah kamu sudah mengetahui apa itu ekosistem?

Ekosistem adalah hubungan semua jenis makhluk hidup yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi serta berinteraksi dengan lingkungannya sehingga membentuk suatu kesatuan. Sistem ekologi ini terbentuk karena adanya komponen abiotik dan komponen biotik. Misalnya adalah ekosistem sawah.

Di ekosistem sawah kita mengetahui ada lahan yang digarap oleh manusia termasuk ke dalam komponen abiotik. Sedangkan flora dan fauna yang berkembang di sana termasuk komponen biotik.

Walaupun ekosistem sawah dibuat oleh manusia, tetapi, ekosistem ini juga mempengaruhi manusia dan makhluk hidup lain. Padi bukan hanya menjadi sumber energi untuk manusia, tetapi juga untuk serangga. Serangga yang memakan padi seringkali mengundang para katak yang memangsa serangga. Para petani bukan cuma menyingkirkan serangga tetapi juga katak.

Jika petani menggunakan obat-obatan berbahaya, justru hal tersebut bisa membuat ekosistem terganggu. Seperti misalnya, rantai makanan yang terjadi di ekosistem sawah, dimulai dari produsen, konsumen I, konsumen II, konsumen III, sampai pengurai. Jika membasmi hama pake obat-obatan beracun dalam jumlah banyak, cacing yang menjadi pengurai di tanah pun akan ikut mati.

Apa yang terjadi jika cacing mati? Maka proses penguraian tidak berjalan baik dan nantinya akan menghambat panen. Maka dari itu, permasalahan tersebut harus menemukan jalan keluar yang aman bagi ekosistem.

Petani harus mencari alternatif lain untuk mengatasi hama tersebut. Misalnya dengan memberikan pupuk yang memiliki kandungan bakteri khusus sehingga memberikan nutrisi dan menjadi proteksi lebih bagi hama. Bukan cuma itu, petani juga bisa melepaskan hewan pemangsa hama, seperti misalnya laba-laba yang memakan serangga atau ular yang memakan katak, tentunya dalam jumlah yang secukupnya.

Baca juga: Contoh Cerita Fiksi

Jika kita mengelola ekosistem dengan bijak, maka kita bisa menjaga keseimbangan ekosistem. Ekosistem sawah juga tidak kalah penting untuk dijaga, karena sawah penghasil padi sebagai produsen atau sumber pangan untuk manusia

Di atas adalah contoh dari teks nonfiksi tentang ekosistem. Semoga bisa membantumu untuk belajar dan memahami teks nonfiksi.


Referensi:

Kurniawati, Santi. 2018. Ekosistem. Klaten: PT Intan Pariwara

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Suka apapun tentang dunia tulis menulis dan buku. Menamatkan kuliah di Sastra Indonesia UNJ dan kini menjadi content writer.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *