Contoh Teks Deskripsi: Pengertian, Struktur dan Ciri

Pernahkah kamu membaca atau mendengar teks tentang menjelaskan sesuatu secara rinci? Bisa jadi, teks tersebut ialah jenis teks deskripsi.

Teks deskripsi bisa ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah atau program televisi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi
Sumber: Pexels dari Pixabay

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi merupakan pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci; uraian.

Dalam artian Secara etimologis kata ‘deskripsi’ berasal  dari bahasa latin ‘describere’ yang artinya adalah menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai suatu hal.

Menurut akademisi bahasa Indonesia Henry Guntur Tarigan (1994), teks deskripsi diartikan sebagai tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah. Tujuannya untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, menikmati, dan merasakan objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

Pengertian tersebut sejalan dengan pengertian teks deskripsi menurut Gorys Keraf (1982), deskripsi  adalah suatu wacana yang digunakan untuk menyampaikan objek pembicaraan sehingga para pembaca seolah melihat  dan mengetahui sendiri objek tersebut secara langsung.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teks deksripsi adalah teks yang menjelaskan objek atau sesuatu secara terperinci dan jelas. Tujuannya adalah untuk memberikan sebuah pengalaman pada pembaca dan memberikan identitas atau informasi tentang sebuah objek sehingga pembaca dapat mengenali objek tersebut.

Baca juga: Contoh Teks Berita

Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi
Sumber foto: Hans Braxmeier dari Pixabay

Struktur sangat berguna untuk memudahkan orang mengidentifikasi dan membedakan teks tersebut dengan teks lainnya. Dengan begitu, struktur teks deskripsi ialah sebagai berikut.

Identifikasi

Ialah berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, dan pernyataan umum tentang objek.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi perincian bagian objek tetapi juga bisa diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Pada bagian ini bisa berisi apa yang dilihat oleh penulis, apa yang didengar oleh penulis terhadap objek tersebut, dan juga berisi apa yang dirasakan oleh penulis ketika mengamati objek tersebut.

Simpulan/Kesan

Ialah bagian di mana penulis akan menyimpulkan terhadap suatu objek yang sudah dijelaskan. Biasanya juga penulis akan memberikan kesan terhadap objek tersebut.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Ciri Teks Deskripsi
Sumber foto: Katrina_S dari Pixabay
  • Berisi teks yang menggambarkan atau menjelaskan sesuatu.
  • Menggunakan kalimat perincian untuk menjelaskan.
  • Menggunakan kalimat yang menggunakan cerapan pancaindra. Hal tersebut agar dapat seolah-olah dilihat, dirasakan, atau didengar oleh pembaca.
  • Teks deskripsi pada umumnya  mengungkapkan ciri-ciri fisik objek. Misalnya mencantumkan ukuran, warna, bentuk, dan sifat.
  • Isi teks deskripsi bersifat personal dengan adanya kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat dan menggunakan majas.

Contoh Teks Deskripsi

Kucing Sphynx

Kucing Sphyxn merupakan jenis kucing yang agak berbeda dengan kucing lainnya. Jika pada kucing lain tubuhnya dipenuhi bulu, maka tubuh kucing sphyxn ciri fisik utamanya ialah tidak terlihat memiliki bulu. Namun, jika diperhatikan lebih seksama, kucing ini pun memiliki bulu, walaupun pendek dan kecil.

Ciri fisik lainnya dari kucing ini ialah memiliki tubuh yang ramping dan ekor yang pendek. Kucing ini pun sangat lincah dan senang untuk diajak bermain. Kamu memerlukan uang yang cukup untuk membeli kucing ini, yaitu sekitar Rp.15.000.000.

Jika kamu bisa mengurus dan menyukai binatang, tentunya kucing ini bisa menjadi pilihan untuk menjadi binatang peliharaan.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi

Kampung Toga Sumedang

Wisata keluarga di daerah Sumedang salah satunya ialah Kampung Toga. Kampung Toga ialah wahana permainan yang terdiri waterboom, tempat paralayang, outbond, dan lain-lain. Alamat Kampung Toga ialah berada di  Sukajaya, Sumedang Selatan, Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311.

Kampung Toga memiliki struktur tempat yang berupa perbukitan. Makanya, tidak aneh menjadi tempat wisatawan untuk bermain paralayang. Tempat ini pun menampilkan pemandangan pegunungan yang menyejukkan mata. Gunung tersebut ialah Gunung Tampomas.

Tempat tersebut menjadi wahana andalan masyarakat Sumedang maupun orang dari luar Sumedang. Kampung Toga pun dilengkapi dengan vila-vila yang bisa disewakan agar liburan keluarga tambah seru dan menyenangkan.

Pesona Pulau Sangiang

Pulau Sangiang terletak di Provinsi Banten, lebih tepatnya di Kecamatan Anyer. Pulau Sangiang memiliki pesona yang indah karena terdapat tebing dan pantai. Tebing-tebing tersebut bisa dijelajahi oleh wisatawan. Terdapat juga pantai berpasir putih yang dilengkapi dengan koral dan cangkang kerang.

Ketika matahari terbenam, pemandangan menakjubkan akan terlihat. Perpaduan warna oranye dan biru di langit sangat memesona. Terlebih dengan dapat dilihatnya Gunung Anak Krakatau dari kejauhan.

Menuju Pulau Sangiang, Anda harus pergi menggunakan perahu listrik selama kurang lebih dua jam. Pemandangan laut biru pun tak kalah menakjubkan. Hanya saja, terkadang pasti terlihat sampah di laut yang kurang mengenakan pandangan.

Penjurusan di SMA

Ketika memasuki jenjang SMA, tentunya akan mendapatkan pilihan tentang jurusan. Ada beberapa jurusan di SMA, yaitu jurusan MIPA, IPS, dan Bahasa.

Jurusan MIPA merupakan singkatan dari Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Pada jurusan ini, siswa akan belajar lebih khusus tentang ilmu-ilmu sains seperti misalnya Fisika, Biologi, dan Kimia.

Jurusan IPS adalah jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Mata pelajaran pokoknya ialah Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa mempelajari ilmu bahasa dan sastra.

Setiap jurusan di SMA harus dipikirkan baik-baik. Karena penjurusan tersebut menentukan minat dan bakat peserta didik. Maka dari itu, penjurusan juga menjadi sangat penting dalam kemampuan peserta didik.

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Aliran sungai ini melintasi dari wilayah Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan juga Kota Samarinda di bagian hilirnya. Panjang sungai ini yaitu mencapai 920 kilometer dan luasnya sekitar 149.277 km persegi.

Sungai Mahakam menjadi tumpuan hidup masyarakat sekitar sungai. Banyak penduduk yang bergantung dengan sungai ini. Sungai ini pun menjadi objek pariwisata. Setiap sore hari di Samarinda, sepanjang sungai ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang sekadar bermain dan menongkrong di area pinggir sungai.

Mengenal Kunto Aji

Kunto Aji adalah salah satu musisi Indonesia. Pria berusia 33 tahun itu merupakan jebolan dari salah satu ajang pencarian bakat di Indonesia. Ia mulai aktif menyanyi di dunia hiburan pada tahun 2008. Ciri fisik dari Kunto Aji ialah berambut ikal, menggunakan kaca mata, dan berpostur tubuh berisi.

Suara yang enak didengar dan penampilannya yang sederhana menjadi daya tarik Kunto Aji. Penyanyi tersebut mengeluarkan single pertamanya yaitu Terlalu Lama Sendiri pada tahun 2014. Ia semakin melejit dengan album ‘Generation Y’ dan juga ‘Mantra-mantra’.

Lagu-lagunya diminati oleh kawula muda karena mengisahkan tentang self-improvement dan juga kisah percintaan.

Anggrek Bulan

Bentuk dan warnanya yang cantik, tidak lain tidak bukan ialah anggrek bulan. Tanaman ini memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis. Maka dari itu, tak heran tanaman ini merupakan tanaman nasional yang dijuluki sebagai puspa pesona.

Biasanya, anggrek bulan berwarna putih atau ungu. Kelopaknya bisa berukuran sampai 10 cm. Daunnya berwarna hijau dan memanjang. Anggrek ini menyukai tempat yang sedikit terkena matahari. Maka dari itu, jangan menaruhnya di tempat yang terkena matahari secara langsung.

Media Komunikasi WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi layanan chat yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antar sesama. Jika dahulu alat komunikasi berupa surat atau telegraf yang membutuhkan waktu lama. Tetapi zaman sekarang tidak perlu menunggu lama untuk saling berkomunikasi.

Fitur yang disediakan aplikasi WhatsApp diantaranya ialah fitur Chat, Video call, Call, dan juga story WhatsApp. WhatsApp juga dilengkapi dengan fitur pengiriman gambar, video, suara, dan juga dapat berbagi lokasi yang disinkronkan dengan GPS.

Mengunduh WhatsApp sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunduhnya di Playstore untuk HP android dan juga App store untuk HP Iphone.

Burung Garuda

Burung garuda merupakan burung yang menjadi lambang negara Indonesia. Apabila diamati, burung garuda memiliki 17 helai bulu di masing-masing sayap, 8 helai bulu di ekornya, dan juga 45 helai bulu di lehernya. Hal itu melambangkan hari kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Berdasarkan cerita Hindu, burung garuda ialah sosok yang gagah. Burung tersebut ialah kendaraan Dewa Wisnu. Dari cerita tersebut, membuat Soekarno menjadi terinspirasi untuk menjadikan burung garuda lambang negara. Sampai sekarang, burung garuda tetap menjadi lambang negara dan perlu diperkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia.

Puncak Bogor

Puncak bogor ialah wisata alam dan pegunungan yang menjadi daya tarik wisatawan. Pegunungan tersebut ialah Gunung Gede-Pangrango. Berdasarkan wilayah, puncak Bogor berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Suasana yang sejuk dan dipenuhi kebun teh, bisa membuat wisatawan betah di sana. Maka dari itu, banyak pemilik villa yang menyewakannya untuk para wisatawan. Para wisatawan biasanya berasal dari luar Bogor.

Bukan hanya itu saja, Puncak Bogor memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Misalnya, Taman Safari, Taman Bunga Nusantara, Taman Wisata Matahari, kebun Raya Cibodas, dan masih banyak lagi. Puncak bogor menjadi pilihan hiburan di setiap akhir pekan atau libur panjang.

Pempek Palembang

Seperti namanya, pempek palembang adalah makanan yang berasal dari Palembang, Sumatra Selatan. Makanan tersebut sangat terkenal dan memang memiliki citra rasa yang khas.

Pempek terbuat dari ikan tenggiri yang digiling dan juga tepung kanji/tepung sagu. Kuah pempek pun menjadi daya tarik yang membedakan pempek dengan makanan lain. Kuahnya dibuat dari cuka.  Cuka tersebut dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, garam, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, dan bawang putih.

Mengenal Gus Dur

Gus Dur merupakan salah satu tokoh penting di Indonesia. Gus Dur yang bernama lengkap Dr. (H.C.) K. H. Abdurrahman Wahid adalah presiden ke empat Indonesia.

Ciri fisiknya saat ia telah menjabat jadi presiden ialah ia sudah berusia 59 tahun. Perawakannya yang agak ringkih tetap membuatnya semangat untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Terlebih saat kekacauan pada tahun 1998. Ia pun selalu mengenakan kaca matanya. Ia adalah sosok yang pintar dan bahkan meraih gelar doktor dan beberapa kali meraih penghargaan.

Hanya saja, masa jabatannya sebagai presiden hanya bertahan dua tahun. Yaitu dari 1999-2001. Setelah masa kepresidenannya berakhir, ia masih tetap berkecimpung di dunia politik.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur

Begitulah Teks Deskripsi yang bisa kamu pelajari. Dengan memahami teks deskripsi, kamu pun akan bisa menulis atau membuat deskripsi. Semoga bermanfaat, ya.

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *