Home Tugas Perbedaan Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Perbedaan Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Dalam penelitian, skripsi atau desertasi yang kamu buat, ada satu bagian atau bab dimana akan membahas tentang tujuan dan manfaat dalam penelitian. Selain pertanyaan mengenai apa yang sedang kamu teliti dan bagaimana penelitian kamu itu dikerjakan, pertanyaan apakah penelitianmu itu bermanfaat dan berkontribusi terhadap bidang keilmuan itu sangat penting. Lalu, apa perbedaan antara tujuan dan manfaat penelitian itu? kalau sama-sama memberi informasi tentang pengaruh penelitian itu mengarah.

Tujuan Adalah Destinasi Penelitianmu

Tujuan
Sumber: pixabay.com

Jika para ahli mengintrepretasikan penelitian sebagai kegiatan yang memiliki tujuan dan manfaat terhadap bidang keilmuan. Seperti salah satu ahli bernama Soerjono Soekanto dimana ia mendefinisikan penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan berdasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis, konsisten, dan bertujuan untuk menunjukkan kebenaran sebagai salah satu bentuk keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

Secara umum tujuan penelitian antara lain untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru. Kedua, sebagai pembuktian atau pengujian tentang kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada. Dan ketiga, sebagai pengembangan pengetahuan suatu bidang keilmuan yang sudah ada. Intinya semua penelitian yang dilakukan oleh seseorang pasti memiliki tujuan tertentu.

Tujuan itu sendiri merujuk apa yang ingin kamu dapatkan dalam penelitian yang dilakukan. Dalam proses penelitian itu ibarat kamu sedang mengendari motor menuju tujuan atau destinasi akhir dari perjalananmu yang berupa kesimpulan. Jika dalam penelitian tidak ada fokus atau tujuan yang ingin diraih maka penelitianmu hanya akan menguras tenaga, waktu dan juga dana untuk hal yang tidak ada gunanya.

Tujuan penelitian itu secara khusus ada beberapa kategori antaranya penelitian yang bertujuan eksploratif yang menggali suatu hal atau permasalahan yang sedang ditelliti. Lalu ada juga yang bertujuan untuk pengembangan dimana peneliti ingin mengembangkan teori, pandangan ilmiah tertentu menjadi lebih luas sebagai sarana pemecahan berbagai masalah di masyarakat.

Kemudian yang terakhir tujuannya menguji atau memverifikasi suatu topik atau permasalahan dimana hasilnya bisa memperkuat teori atau pandangan tertentu dan juga bisa menolak hasil teori atau pandangan itu.

Penggunaan tujuan penelitian bisa sebagai sarana untuk mencari dan menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Penelitian jenis ini disebut juga dengan applied research.

Ada juga penelitian yang tujuannya hanya untuk mengetahui satu hal. Pengetahuan yang diperoleh dari bentuk penelitian seperti ini tidak dapat dimanfaatkan secara langsung atau secara praktis. Banyak peneliti yang menamainnya sebagai basic research.

Setelah peneliti mengetahui apa yang ingin dicari dari kegiatan penelitiannya, biasanya akan mencari tujuan penelitiannya. Dari tujuan itu biasanya mereka akan menemukan cara-cara yang bisa diambil atau ditempuh demi mencapai tujuan dari penelitianmu. Cara-cara itu yang biasanya disebut sebagai metode penelitian.

Baca juga: Yuk Ketahui Etika Penelitian

Manfaat Adalah Kontribusi Penelitianmu

benefit
Sumber: bootup.ai

Setelah mengetahui apa itu tujuan penelitian, kita akan beralih membahas tentang manfaat penelitian. Manfaat ini adalah apa yang akan orang lain/pembaca rasakan termasuk kamu sebagai peneliti tentang apa yang sudah kamu capai atau gali dalam penelitian itu.

Manfaat disini adalah kontribusi penelitian kamu terhadap bidang keilmuan yang dipelajari, bisa juga manfaat untuk budaya atau masyarakat tertentu. Sesuatu yang kamu hasilkan dalam penelitian bisa membawa dampak tertentu terhadap pembaca (harapannya adalah hal yang positif) terhadap permasalahan penelitianmu.

Dalam penelitian terddapat manfaat teoritis dimana manfaat ini berlatar dari tujuan penelitian varifikatif untuk memverivikasi teori yang sudah ada. Apakah akan memperkuat atau menggugurkan teori tersebut. Manfaat teoritis ini biasanya muncul karena peneliti tidak puas atau ragu terhadap suatu teori tertentu. Ada juga manfaat praktis dimana manfaat ini bisa berguna untuk memecahkan masalah secara pratikal atau sebagai alternatif solusi suatu permasalahan.

Dilain sisi sebenarnya penelitian yang sedang kamu jalani tidak hanya memberi kontribusi terhadap masyarakat. Kontribusi ini juga memberi manfaat terhadap dirimu sebagai peneliti, apa saja manfaat penelitian bagi peneliti? Berdasarkan pada jurnal yang terbit tahun 2008 secara online manfaat penelitian bagi peneliti yaitu peneliti bisa mentoleransi hambatan yang terjadi tidak hanya pada penelitian tetapi pada kehidupan sehari-hari, peneliti bisa belajar bekerja secara mandiri, peneliti bisa memahami bagaimana pengetahuan dibangun serta membangun kepercayaan diri terhadap ilmu yang dipelajari.

Peneliti juga bisa memahami segala pernyataan membutuhkan bukti yang mendukung dan bisa jadi penelitian yang dilakukan oleh peneliti menjadi cara menuju jalur karier yang diinginkan.

Contoh manfaat penelitian bisa dilihat sebagai berikut:

Berdasarkan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat dalam pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:

Manfaat teoritis

Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat yaitu:

  1. Memberikan sumbangan pemikiran bagi pembaharuan kurikulum di taman kanak-kanak yang terus berkembang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.
  2. Memberikan sumbangan ilmiah dalam ilmu Pendidikan anak usia dini, yaitu membuat inovasi penggunaan metode eksperimen dalam peningkatan kemampuan sains anak.
  3. Sebagai pijakan dan referensi pada penelitian-penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan sains pada anak usia dini serta menjadi bahan kajian lebih lanjut.

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Penelitian

Manfaat praktis

Secara praktis penelitian ini dapat bermanfaat sebagai berikut:

  1. Penulis dapat menambah wawasan dan pengalaman secara langsung cara meningkatkan kemampuan anak melalui metode eksperimen.
  2. Bagi pendidik dan calon pendidik yaitu dapat menambah pengetahuan dan sumbangan pemikiran tentang cara mengembangkan kemampuan sains khususnya melalui metode eksperimen.
  3. Bagi anak didik sebagai subyek penelitian, diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung mengenai pembelajaran secara aktif, kreatif dan menyenangkan melalui metode eksperimen serta anak dapat tertarik mempelajari sains sehingga perkembangan kemampuan sains anak dapat meningkat.
  4. Bagi sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran serta menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan sains anak.

Jadi, tujuan dan manfaat penelitian itu saling terkait satu sama lain. Dengan penelitian yang sedang kamu jalani ada kontribusi bagi banyak orang dan bidang keilmuan yang sedang kamu jalani serta manfaat untuk dirimu sendiri. Jangan tunda lagi ya!


Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4739295/

Avatar
Dindahttps://www.dindapranata.com
Selenophile, and Bibliophile Enjoying petrichor before rain comes by reading and writing with a cup of a coffee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Perencanaan Kreatif Periklanan

Salah satu komponen paling penting dalam komunikasi pemasaran adalah pesan yang ada di iklan. Tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi pesan yang ada di...

Yuk Mengenal Musik Ansambel Serta Jenisnya

Pertunjukan musik bisa dilakukan dalam berbagai format, salah satunya adalah musik ansambel.  Apa itu ansambel? Apa saja jenis musik yang bisa dimainkan serta apa saja...

Contoh SOP Perusahaan Serta Cara Membuatnya

Banyak di antara kita sering menyebut kata SOP tanpa tahu kepanjangannya, apalagi artinya. Kalaupun tahu yang dimaksud dengan SOP, yang mereka ketahui hanya secara...

Psikologi Perkembangan: Manusia dan Tahapan Perkembangan

Hallo readers tambah pinter! Artikel kali ini akan membahas mengenai perkembangan manusia dari aspek fisik, kognitif, psikososial, psikoseksual, hingga moral yang berperan penting dalam...

Persebaran Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan faunanya, baik yang hidup di darat maupun di laut. Flora dan fauna tersebut tersebar di...