Home Seni & Musik 5 Cara Melakukan Pemanasan Suara

5 Cara Melakukan Pemanasan Suara

Seperti ketika Anda ingin berolahraga, bernyanyi pun membutuhkan pemanasan suara. Bukan hal yang berlebihan, karena memang poin ini sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk membuat suara supaya lebih merdu ketika menyanyi, pemanasan juga mencegah timbulnya sakit pada pita suara. Mirip sekali seperti pemanasan olahraga yang dilakukan untuk mencegah cedera atau kram.

Disini kami bagikan beberapa teknik untuk pemanasan suara sebelum bernyanyi. Jadi untuk Kamu yang ingin all-out ketika tampil menyanyi, simak baik-baik ya. Ulasan ini penting sekali untuk Kamu!

Teknik Bergumam (Hamming)

teknik hamming
Sumber foto : offset.com

Inilah dia teknik pertama yang bisa Kamu lakukan untuk pemanasan suara. Caranya cukup mudah kok, Kamu hanya perlu bergumam dengan nada-nada. Kamu tutup mulut kemudian mendengung mulai dari nada rendah ke tinggi. Kalau sudah bisa, Kamu ulangi dari awal, tapi usahakan untuk tidak terlalu memaksakan. Kalau memang tak bisa mencapai nada tertinggi maka lakukan semampumu saja.

Bernapas di Air

bernapas di air
Sumber foto : unsplash.com

Teknik kedua yang bisa Kamu lakukan adalah bernapas di air dengan batas ketinggian air maksimal sampai dada. Ini jadi salah satu teknik untuk pemanasan suara karena dipercaya bisa membuat suara yang lebih panjang dan merdu. Terutama kalau Kamu melakukannya secara rutin, efeknya akan semakin terlihat. Memang biasanya pada tahap awal napasnya akan terdesa-desa, tapi itu akan membaik seiring Kamu terus berlatih.

Baca juga: Mengenal Ketukan Musik

Pengucapan Vokal

Pengucapan Vokal
Sumber foto : newswire.sg

Cara ketiga yang bisa Kamu lakukan adalah melatih pengucapan vokal. Bagusnya lagi adalah teknik ini juga membantu Kamu untuk lebih percaya diri ketika menyanyi lho! Karena saat Kamu rutin melakukannya, cenderung membuatmu lebih lancar ketika nantinya tampil. Caranya cuma dengan Kamu ucapkan lima huruf vokal ( AIUEO) dengan sekuat mungkin.

Ketika melakukan teknik ini, akan lebih baik kalau Kamu buka mulut selebar-lebarnya. Memang rasanya akan cepat lelah, tapi justru itu akan semakin efektif. Kalau sudah cukup lancar melakukan ini berulang kali, bisa dicoba dengan tambahan variasi. Misalkan Kamu lafalkan nada tinggi lalu tiba-tiba ganti nada rendah. Itu bukan hanya menyiapkan suara, nantinya juga membuat Kamu lebih lincah dengan beragam dinamika nada.

Peregangan Otot-otot Kepala

Meregangkan otot kepala
Sumber foto : care2.com

Ini juga jadi salah satu teknik untuk pemanasan suara supaya siap untuk bernyanyi atau pidato. Di bawah ini tahap untuk Kamu meregangkan otot kepala:

  • Lubang hidung kanan ditutup
  • Hirup udara sedalam-dalamnya lewat lubang hidung sebelah kiri
  • Lalu tutup juga lubang hidung kiri itu
  • Lubang hidung kanan yang tadi ditutup, dibuka, lalu hembuskan napas lewat lubang itu
  • Lalu tutup lagi lubang hidung kanan, lubang hidung kiri dibuka, ulangi lagi proses ini sampai beberapa kali.

Latihan Diafragma

Latihan diafragma
Sumber foto : robertwimer.com

Menyanyi akan jauh lebih bagus hasilnya kalau menggunakan tipe pernapasan diafragma. Sayangnya ini tak begitu mudah dilakukan dan menuntut latihan. Kalau Kamu ingin bisa pernapasan diafragma dengan baik, bisa lakukan pemanasan dengan beberapa tahap di bawah ini :

  • Ucapkan F – S – T – SH dengan sekuat mungkin
  • Lalu coba ucapkan da – di – du – de – do juga dengan sekuat-kuatnya
  • Angkat bagian atas mulut dan angkat bagian atas kepala, ucapkan : ga – gi – gu – ge – go
  • Gantung bagian rahang supaya longgar lalu ucapkan : ja – ji – ju – je – jo

Baca juga: Cara Belajar Not Balok untuk Pemula

Jadi itu beberapa teknik untuk pemanasan suara yang bisa Kamu coba lakukan. Ingat bahwa setiap keterampilan dibentuk dari semangat dan ketekunan untuk terus berlatih. Jadi untuk Kamu yang sedang belajar mengembangkan keterampilan vokal, jangan menyerah ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...