Home Seni & Musik Yuk Mengenal Musik Ansambel Serta Jenisnya

Yuk Mengenal Musik Ansambel Serta Jenisnya

Pertunjukan musik bisa dilakukan dalam berbagai format, salah satunya adalah musik ansambel. 

Apa itu ansambel? Apa saja jenis musik yang bisa dimainkan serta apa saja alat musik yang dapat digunakan dalam format ansambel? 

Yuk simak terus artikel ini agar kamu mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai musik ansambel.

Pengertian Musik Ansambel

musik orchestra
Sumber: Photo by Matheus Viana from Pexels

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah definisi dari ansambel itu sendiri. 

Ansambel dari segi bahasa diambil dari bahasa Perancis yaitu ensemble yang memiliki arti sebuah “rombongan musik”. 

Selain itu istilah ansambel juga berasal dari istilah Latin yaitu insimul. 

Bila merujuk kepada kamus Merriam-Webster, istilah ansambel memiliki beberapa definisi. Di antaranya adalah:

  • Sekelompok orang yang melakukan pertunjukan musik yang memiliki dua orang pemain musik atau lebih.
  • Satu kelompok atau sekelompok orang yang menggunakan busana dan aksesoris yang harmonis sehingga indah dipandang.
  • Sekelompok musisi yang menampilkan sebuah pertunjukan musik ansambel.
  • Satu buah grup penyanyi, penari, atau pemain musik.
  • Pertunjukan yang memberi perhatian kepada keseluruhan bukan hanya pada satu personel atau satu orang saja.

Bila melihat definisi di atas maka bisa disimpulkan bahwa musik ansambel adalah sebuah pertunjukan atau pementasan musik yang ditampilkan secara bersama-sama. 

Jumlah pemain musik yang berada dalam satu pertunjukan musik ansambel terdiri dari dua orang pemain musik atau lebih.

Baca juga: Mengenal Melodi Musik

Jenis-Jenis Musik Ansambel

Sumber: www.pexels.com

Musik ansambel sendiri dikelompokkan menjadi berbagai jenis. Pengelompokan ini berdasarkan cara penyajiannya, berdasarkan fungsi dari alat musik yang dipakai, berdasarkan jenis golongan alat musiknya, serta dari jumlah personel yang terlibat.

Kita bahas satu persatu ya, agar kamu mendapatkan pemahaman yang lengkap mengenai apa saja jenis-jenis ansambel yang ada.

Musik Ansambel Berdasarkan Cara Penyajian

Ansambel sejenis
Sumber: Pexels

Bila melihat dari cara penyajiannya, maka musik ansambel terbagi lagi menjadi dua yaitu:

  • Ansambel dengan alat musik sejenis

Ansambel ini adalah sebuah pertunjukan atau komposisi ansambel yang menggunakan alat musik yang sama atau satu jenis alat yang sama yang digunakan oleh sekelompok pemain musik. 

Contohnya adalah dalam satu pertunjukan terdiri dari dua orang atau lebih pemain musik yang menggunakan alat musik yang sama misalnya semua pemain menggunakan gitar, atau recorder semua, atau piano semua dan lain sebagainya.

  • Ansambel campuran

Berbeda dari ansambel sejenis, ansambel campuran adalah satu buah penyajian musik yang menggunakan berbagai alat musik yang berbeda jenis antara satu sama lain.

Sebagai contoh, dalam sebuah pertunjukan ansambel campuran terdiri dari berbagai alat musik ansambel seperti gitar, pianika, cymbal, dan tamborin.

Ansambel berdasarkan Peran dan Fungsinya

Jenis Ansambel
Sumber: pexels.com

Bila menilik dari peranan serta fungsinya maka ansambel dapat dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Ansambel Melodis

Apa itu musik ansambel melodis? Maksudnya adalah sebuah pertunjukan musik yang dimainkan oleh dua orang atau lebih di mana alat musik yang digunakan adalah alat musik melodis atau alat musik yang mampu menghasilkan nada yang menjadi melodi sebuah lagu.

Contoh alat musik ansambel melodis adalah:

  1. Harmonika
  2. Recorder
  3. Pianika
  4. Biola
  5. Flute
  6. Saxophone
  • Ansambel Ritmis

Ansambel ritmis adalah sebuah pertunjukan musik atau komposisi yang menggunakan alat musik yang berfungsi untuk menentukan ritme atau irama dari sebuah lagu. 

Contoh alat musik yang biasa digunakan dalam ansambel ritmis adalah:

  1. Drum
  2. Gong
  3. Tamborin
  4. Gendang
  5. Djimbe
  6. Serta alat perkusi lain
  • Ansambel Harmonis

Jenis ketiga berdasarkan peranan dan fungsi dari alat yang digunakan adalah ansambel harmonis. Apa itu ansambel harmonis?

Maksudnya adalah sebuah pertunjukan ansambel yang menggunakan alat musik yang berfungsi sebagai penghasil nada juga dapat menentukan ritmis. 

Selain itu alat musik yang digunakan juga mampu menghasilkan nada yang harmonis dalam bentuk chord ketika ditekan bersamaan sebanyak tiga nada atau lebih. 

Contohnya alat musik ansambel harmonis adalah:

  1. Gitar
  2. Piano
  3. Keyboard

Ansambel Berdasarkan Golongan

Sumber: www.pexels.com

Setelah mempelajari dua jenis pembagian ansambel beserta contoh alat musik yang digunakan, kini kamu perlu mengetahui berdasarkan golongannya. 

Penggolongan ini berdasarkan sumber bunyinya serta dari cara memainkan alat musik yang digunakan. 

Mari simak penjabaran di bawah ini.

  • Berdasarkan sumber bunyinya

1. Akrofon

Alat musik akrofon adalah sebuah alat musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari udara di mana dari hembusan udara ini menghasilkan getaran di dalam alat musik tersebut. 

Contohnya adalah terompet, seruling, saxophone.

2. Membranofon

Membranofon adalah alat musik yang menggunakan lapisan membran untuk menghasilkan bunyi. Dengan kata lain, membran inilah yang menjadi sumber bunyi dari alat musik membranofon. 

Contoh instrumennya antara lain timpani, djimbe, rebana, dan drum.

3. Kordofon

Alat musik kordofon adalah instrumen yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari senar atau dawai. Tentu kamu sudah tidak asing bukan dengan alat musik jenis ini.

Contoh alat musik ansambel yang tergolong sebagai kordofon adalah biola, gitar, ukulele dan alat musik berdawai lainnya. 

4. Idiofon

Idiofon adalah jenis alat musik yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari alat musik itu sendiri. Instrumen jenis ini tidak menggunakan alat bantu seperti membran atau dawai. 

Contoh instrumen yang tergolong sebagai idiofon adalah angklung, gong, dan kolintang.

5. Elektrofon

Golongan alat musik yang digunakan dalam ansambel salah satunya adalah elektrofon. Alat musik yang tergolong sebagai elektrofon adalah instrumen yang bersumber bunyi dari tegangan listrik untuk menghasilkan suara. 

Contohnya adalah organ listrik, biola elektrik, bass dan gitar elektrik. 

  • Berdasarkan cara memainkannya

  1. Dipukul. Untuk menghasilkan bunyi maka alat musik ini harus dipukul. Contohnya adalah drum, conga, timpani, djimbe, dan bell.
  2. Ditiup.  Instrumen yang digunakan adalah alat musik yang ketika ditiup maka akan menghasilkan bunyi. Contohnya adalah flute, klarinet, bassoon, trombone, dan lain sebagainya.
  3. Dipetik. Instrumen ini harus dipetik untuk menghasilkan bunyi dan memiliki dawai. Contoh yang paling populer adalah kecapi dan gitar.
  4. Digoyangkan. Instrumen yang harus digetarkan sehingga berbunyi. Contohnya adalah alat musik khas Indonesia yaitu angklung. Kemudian ada juga maracas dan tamborin.
  5. Digesek. Agar alat musik ini menghasilkan bunyi maka perlu digesek menggunakan sebuah bow atau busur. Contoh yang sering ditemui adalah biola, viola, cello, dan rebab.

Baca juga: Mengenal Instrumen Orkestra

Ansambel Berdasarkan Jumlah Orang yang Memainkannya

Ansambel kecil
Sumber: www.pexels.com

Selain berpatokan pada perbedaan alat musik baik dari bentuk atau bahan yang digunakan serta fungsi, ansambel juga bisa dibedakan berdasarkan jumlah personel yang memainkan alat musik.

Berikut di antaranya:

  • Ansambel Kecil

Ansambel kecil adalah sebuah penampilan seni musik yang memiliki jumlah pemain musik berkisar antara dua sampai dengan delapan orang. Komposisi kecil ini dibagi lagi menjadi beberapa klasifikasi. 

Diantaranya adalah:

  1. Duet. Sebuah penampilan ansambel yang dimainkan oleh dua orang pemain musik. 
  2. Trio. Trio adalah penampilan yang dipertunjukkan oleh tiga orang pemain musik. Alat musik yang digunakan bisa merupakan alat musik yang sejenis maupun berbeda. Misalnya penampilan biola, cello, dan contrabass. 
  3. Quartet. Dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebaknya. Ya, quartet adalah sebuah penampilan yang dimainkan oleh empat orang pemain musik. Formasi string quartet merupakan salah satu format yang paling sering digunakan dalam pertunjukan musik klasik. Contohnya Beethoven String Quartet No. 14. Op 131 dan Dvorak String Quartet No. 12 Op. 96.
  4. Quintet. Adalah sebuah penampilan musik yang terdiri dari lima orang pemain musik. Misalnya dari format quartet yang terdiri dari biola, cello, viola dan bass kemudian ditambahkan instrumen piano.
  5. Sextet. Ini adalah penyebutan jumlah pemain alat musik ansambel berjumlah enam orang. Contohnya dua biola, dua viola, satu contrabass, satu piano. Atau dua orang pemain timpani, dua orang pemain cymbal, satu orang triangle, dan satu orang pemain bell. 
  6. Septet. Mungkin kamu sudah bisa menebak. Ya, tepat sekali, septet adalah sebutan untuk musik ansambel yang dimainkan oleh tujuh orang pemain. Biasanya dalam jumlah ini jenis alat yang dimainkan cukup bervariasi. Misalnya saja flute, bassoon, klarinet, biola, piano dan kontrabass. 
  7. Octet. Octet adalah istilah untuk menyebutkan sebuah pertunjukan musik yang dimainkan oleh delapan orang. Misalnya sebuah grup string dimana terdiri dari dua orang pemain cello, empat orang pemain biola, dan dua orang memainkan viola.
  • Ansambel Besar

Bila jumlah musisi sudah melebihi delapan orang antara sepuluh sampai dengan puluhan dan ratusan orang, maka bisa disebut sebagai ansambel besar. 

Ansambel besar kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

  1. Chamber Orchestra. Dalam format ini biasanya memiliki jumlah pemain musik berkisar antara sepuluh sampai dengan maksimal 40 orang pemain musik. Chamber orchestra disebut juga sebagai orkestra kecil. 
  2. Symphony Orchestra. Di dalam simfoni orkestra biasanya memiliki jumlah pemain sampai dengan 100 orang personel. Alat musiknya biasanya sudah terdiri dari berbagai jenis, baik itu alat musik yang berdawai, alat musik bermembran, atau alat musik harmonis. 
  3. Concert Band. Dari namanya maka bisa dikatakan bahwa sebuah concert band adalah komposisi yang lebih modern dari orkestra. Bisa merupakan penggabungan antara musik orkestra dengan musik band modern atau yang lainnya. Bila menggunakan seorang conductor maka bisa disebut sebagai concert band. Namun bila dimainkan di lapangan terbuka serta ditambahkan koreografi serta kostum maka disebut sebagai marching band. 
  4. Band. Tahukah kamu bahwasanya sebuah grup band juga merupakan ansambel? Sebab bila dilihat dari komposisi yang ada maka sudah memenuhi syarat sebuah ansambel karena di dalam band modern saat ini biasanya menggunakan berbagai jenis instrumen. Alat musik berdawai diwakili oleh gitar dan bass (bisa elektrik atau akustik), alat musik harmonis diwakili oleh piano atau keyboard, dan alat musik ritmis diwakili oleh drum. 

Begitulah penjelasan singkat mengenai ansambel. Kamu harus ingat bahwa unsur penting di dalam ansambel adalah jumlah pemainnya yang lebih dari satu orang. 

Kemudian jenis alat musik yang digunakan bisa berupa alat musik sejenis baik dari fungsi atau cara penyajiannya, juga dari berapa banyak pemain yang terlibat dalam sebuah komposisi musik yang dimainkan. 

Baca juga: Mengenal Akord Musik

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu lebih jauh mengenai apa itu musik ansambel. 

Selamat belajar dan menjadi tambah pintar!


Sumber referensi:

gramaphone.co.uk

wikipedia.org

Ario
Ario
Musisi profesional sejak 2005 sebagai drummer session. Sampai saat ini aktif menyediakan entertainment service untuk acara wedding, gathering, juga bermain reguler di rumah makan dan tempat wisata. Berpengalaman menjadi kepala sekolah ELfa Music School Depok tahun 2011 - 2014. Aktif mengajar alat musik drum private offline dan online. Dapat membaca not balok dan mengerti teori musik yang dapat diaplikasikan dengan praktis di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Pakaian Adat Banten Serta Pembahasannya

Banten sebagai provinsi yang dulunya menjadi bagian dari Jawa Barat memiliki kebudayaan yang pastinya dipengaruhi oleh budaya Jawa Barat atau Sunda. Seperti pada pakaian...

5 Pakaian Adat Kalimantan Tengah Serta Pembahasannya

Tidak banyak yang tahu jika Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang masih menyimpan banyak keragaman hayati di Taman Nasional Tanjung Puting. Selain keragaman hayati yang...

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat Serta Pembahasannya

Nusa Tenggara Barat atau seringkali disingkat menjadi NTB terdiri dari beberapa suku yang mendiami wilayah tersebut. Suku-suku tersebut adalah suku Sasak, suku Bima, dan...

Contoh Cover Makalah

Sebagai siswa atau mahasiswa, mungkin kamu sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah, baik secara individu ataupun kelompok. Dan pasti tidak terlepas dari pembuatan cover...

Siklus Batuan Beserta Penjelasannya

Batuan mengalami siklus yang biasa disebut siklus batuan. Batu dikenal sebagai benda yang cukup keras. Ketika kamu menemukan batu di halaman rumah, cobalah untuk...