Karakteristik Negara Maju di Dunia

Halo, kembali lagi dengan mata pelajaran IPS kelas 9 yaa! Untuk semester satu ini kita akan belajar mengenai karakteristik negara maju di dunia. Menurut Dana Moneter Internasional terdapat 42 Negara Maju di dunia ini. Apakah negara favoritmu berada pada list negara maju di bawah ini?

Pengertian Negara Maju

karakteristik negara maju
Sumber: TheAndrasBarta from Pixabay

Negara maju adalah negara yang memiliki standar hidup tinggi yang dilihat dari kegiatan ekonomi industri, teknologi dan infrastruktur yang baik.

Baca juga: Contoh Kata Kerja dalam Bahasa Indonesia

Karakteristik Negara Maju

Lalu suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju harus memenuhi karakteristik apa yaa?

  1. Pendapatan Perkapita Tinggi

Pendapatan perkapita merupakan hasil dari pendapatan nasional yang dibagi dengan jumlah penduduknya. Oleh karena itu suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju apabila pendapatan masyarakatnya meningkat dari waktu ke waktu. Rata-rata pendapatan perkapita nilai maju minimal senilai U.S $ 12.375 (Menurut United States Trade Representative).

Tabel Pendapatan Per-Kapita 4 Negara pada tahun 2019.

NoNama NegaraPendapatan Perkapita per-Tahun
1Amerika SerikatUS $ 59,48­4
2InggrisUS $  42,33­8
3JermanUS $  46,46­7
4JepangUS $  40,26­3

Sumber: https://www.ceicdata.com/id/indicator/gdp-per-capita

  1. Angka Kematian Rendah dan Angka Kelahiran yang Rendah

Pasti kalian kaget ya? Ya benar, di negara maju angka kematian dan kelahiran cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh pelayanan kesehatan yang sangat baik dan didukung dengan lab serta teknologi kesehatan yang handal. Tahukah kamu bahwa angka harapan hidup rata-rata dunia berada pada 66,7 tahun? Menurut CIA World Factbook negara Jepang dan Singapura angka harapan hidupnya berada pada angka 82 tahun. Keren banget kan?

Lalu untuk angka kelahiran yang rendah diakibatkan oleh penundaan pernikahan karena masyarakat fokus terhadap karir dan rata-rata usia menikah cukup tinggi.

  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Sumber daya manusia dapat dikatakan berkualitas apabila melalui tingkatan pendidikan yang tinggi. Tingkatan pendidikan yang tinggi ini tidak hanya dilihat dari nilai tapi juga dilihat dari sistem pendidikan yang dianut oleh sebuah negara. Sebagai satu contoh yaitu negara Jepang yang dalam sistem pendidikannya diwajibkan untuk mengedepankan moral dan etika.

  1. Pengembangan Teknologi yang Mumpuni

Teknologi menjadi salah satu instrumen pada kegiatan perekonomian. Buktinya teknologi yang mumpuni akan menghasilkan kegiatan produksi yang lebih cepat. Teknologi dapat berkembang pesat dengan adanya nuansa kompetitif dimana manusia merasa kurang dengan hasil yang ada dan mengusahakan untuk menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa negara maju tidak memiliki sumber daya yang melimpah loh. Oleh karena itu mereka memilih fokus terhadap perkembangan teknologi yang nilainya sangat tinggi.

Contoh Negara Maju

Nah, karakteristik negara maju sudah paham kan? Lalu contoh negara maju itu apa aja yaa?

Amerika Serikat

negara maju amerika
Sumber: Image by Michael Pewny from Pixabay

Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan negara ini? Mungkin kalian tau Amerika serikat dari karya musik dan film-nya yaa. Hollywood juga menjadi salah satu pendapatan terbesar untuk Amerika Serikat loh. Namun, kamu perlu tahu lebih dalam mengenai Amerika Serikat. Amerika Serikat memiliki industri besar seperti komputer, mobil dan pesawat terbang. Selain itu juga ada industri teknologi skala tinggi seperti satelit, roket dan pesawat luar angkasa. Tidak hanya itu, pada sektor pertanian Amerika Serikat juga modern loh.

Pantas saja ya menjadi negara maju, pendidikan yang tinggi akan berdampak pada sumber daya manusia yang berkualitas dan nantinya akan menciptakan teknologi yang lebih terbaru dan bermanfaat bagi masyarakat dunia. Hal tersebut yang menjadikan Amerika Serikat sebagai negara terkuat di dunia. Keren!

Inggris

Inggris nih, apa yang kalian ingat dari negara Inggris? Harry Potter? Selain Harry Potter, Inggris punya 7 pusat industri penting. 7 pusat industri ini menjadikan Inggris sebagai negara maju.

  1. Pusat industri pesawat terbang dan mesin mobil yang ada di London serta Oxford.
  2. Pusat kereta api di Birmigham
  3. Industri galangan kapal di Newcastel
  4. Industri lokomotif dan baja di Glasgow
  5. Terdapat Pusat industri tekstil di Leicester
  6. Pusat industri galang kapal di Belfast
  7. Adanya Pusat industri baja di Midelsbrough dan Newport
negara maju inggris
Sumber: Image by skeeze from Pixabay

Selain memiliki banyak pusat industri besar, Inggris juga menawarkan kegiatan pariwisata. Inggris mempunyai kastil-kastil indah seperti Warwick Castle, Buckingham yang terkenal dengan arsitektur gaya kuno. Ada juga Big Ben dan Tower Bridge yang menjadi icon Inggris. Jadi setelah ini apa ada keinginan untuk berlibur ke Inggris?

Jerman

Negara Jerman terletak di Eropa Tengah. Jerman termasuk dalam jajaran negara maju hal ini dikarenakan dari 500 Perusahaan Terbesar di dunia, 37 perusahaan ada di Negara Jerman. Merk mobil-mobil terkenal dan mewah seperti Mercedez Benz dan Porsche berpusat di Jerman.

negara maju jerman
Sumber: Image by Gerd Rohs from Pixabay

Selain perusahaan mobil Jerman juga memiliki hasil tambang sebagai pemasok keuangan negara. Hasil tambang tersebut berupa batu bara, timah hitam, minyak bumi dan mangan. Energi batu bara dan minyak bumi inilah yang menggerakan kegiatan industri Jerman serta dapat menyumbang pendapatan negara hingga 98%. Jerman juga terkenal sebagai negara yang memiliki tenologi ramah lingkungan contohnya seperti teknologi Horsch yaitu teknologi untuk menggunakan lahan pertanian tanpa perlu dibajak serta pengolahan lahan tanah tanpa mengerosi lapisan humus.

Jepang

negara maju jepang
Sumber: Image by Masashi Wakui from Pixabay

Akhirnya kita beralih ke negara Asia Timur ya, ya kita membahas Jepang. Negara ini pasti sangat tidak asing buat kamu semua. Apa yang kamu ingat tentang Jepang? Anime? Boleh juga, tetapi berbicara tentang Jepang pasti yang teringat pasti teknologi uniknya. Banyak juga produk-produk unik yang sebelumnya tidak pernah kita lihat di Indonesia kan? Jepang memanfaatkan teknologinya untuk membantu mempermudah manusia dalam menjalankan hidupnya. Hal ini dikarenakan Jepang merupakah salah satu negara tersibuk di dunia. Kok bisa? Tingkat penganggurannya saja hanya 4% (data 2007). Teknologi unik, industri elektronik, motor dan mesin berat menjadikan Jepang nomor satu dalam kegiatan ekspor di dunia.

Singapura

Negara maju di Asia Tenggara? Ada dong, Singapura. Singapura terkenal dengan wilayah negaranya yang sangat kecil, iya kecil. Eits, tapi jangan salah, Singapura merupakan negara yang cukup dahsyat kegiatan perekonomiannya. Hal tersebut dikarenakan lokasi Singapura yang strategis serta di dukung oleh pelabuhan PSA Singapura dan bandara yang mumpuni sebagai penghubung perdagangan internasional.

negara maju singapura
Sumber: Image by Jason Goh from Pixabay

Selain itu pendapatan nasional Singapura didukung oleh ekspor elektronik, bahan kimia dan ilmu biomedis. Total perdagangannya pada tahun 2014 mencapai US $ 982,7 Milyar. Perdagangan yang sukses tersebut dikarenakan adanya perjanjian ACFTA (ASEAN-China Free Trade Agreement) yang membuat Singapura memiliki kerja sama yang baik dengan China. Hal ini ditunjukan dengan data tujuan ekspor Singapura adalah negara China sebesar 12,5% (Pada tahun 2015).

Baca juga: Jenis Tangga Nada Beserta Contohnya

Ya, jadi bagaimana? Sudah ada gambaran mengenai karakteristik negara maju? Menarik ya mempelajari negara-negara maju di atas, ada yang sudah punya keinginan untuk mengunjungi 5 negara tersebut? Yuk belajar makin giat lagi yuk! Jangan lupa untuk menabung juga ya untuk berlibur kesana!


Sumber:

Sugiharyanto.2007.Geografi dan Sosiologi SMP Kelas IX.Surabaya:Yudhistira

Ariobowo, M., Putranti, I. R., & Farabi, N. (2017). Pengaruh Perkembangan Kota Singapura terhadap Angka Pengungkapan Penyelundupan Barang Palsu di Pelabuhan PSA Singapura. Journal of International Relations3(4), 206-213. (media.neliti.com)

Silabus Geografi Negara Maju dan Berkembang : (staffnew.uny.ac.id)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2015. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX.Jakarta:BSE

Artikel Terbaru

Dewi Saraswati

Dewi Saraswati

• Fresh Graduate S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Universitas Negeri Malang• Tim Soal Olimpiade IPS Se-Jawa Bali• Teknis Lapangan untuk pengembangan media CARRD• Tim Seminar Internasional ICCOSEI pada tahun 2019

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *