Home Penghasilan Dunia Kerja 8 Cara Agar Disiplin Kerja

8 Cara Agar Disiplin Kerja

Menghadapi orang yang tidak tahu bagaimana cara untuk disiplin memanglah suatu hal yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak? Coba bayangkan, sobat memiliki partner kerja yang selalu saja datang terlambat sedangkan sobat sendiri sudah berusaha semaksimal mungkin untuk selalu tepat waktu. Atau mungkin, sobat sendiri adalah orang tersebut? Nah, kalau memang sobat menjadi salah satu orang yang kurang disiplin, sobat harus pertimbangkan ini: ketidak-disiplinan kalian tidak hanya sobat yang rasakan, namun juga orang-orang di sekitar kalian.

Seringkali orang yang tidak disiplin akan merugikan bukan hanya diri mereka sendiri, namun juga orang lain. Terutama jika kita membicarakan disiplin kerja. Ingat sobat, kalian tidak pernah berkerja sendirian, karenanya disiplin kerja juga termasuk bentuk kalian menghargai partner kerja.

Kedisiplinan juga menjadi faktor penting dari kesuksesan seseorang. Coba saja lihat contoh kehidupan tokoh-tokoh penting seperti Elon Musk dan Bill Gates, apakah ada diantara kedua orang itu yang hidup se-enaknya dan bermalas-malasan?

Jawabannya tentu saja tidak! Jika sukses adalah tujuan utama kalian, maka hal pertama yang harus sobat perbaiki adalah masalah kedisiplinan. Terus, bagaimana cara agar kita agar dapat meningkatkan kedisiplinan kerja sehari-hari? Yuk, tanpa perlu berlama-lama ini dia delapan cara agar disiplin kerja.

Jangan Menunggu Motivasi

Motivation on going.
Sumber: st2.depositphotos.com

Menunggu motivasi datang sama halnya bagaikan pungguk merindukan bulan. Jika alasan sobat untuk tidak disiplin adalah karena kalian sedang “menunggu” motivasi untuk datang, maka ketahuilah, motivasi yang kalian tunggu-tunggu tidak akan pernah datang.

Mencari kata-kata motivasi dari orang-orang ternama dan hebat memang kadang dapat memicu datangnya motivasi dalam diri, namun untuk tetap mempertahankan motivasi itu untuk tetap menyala, itu adalah tugas kalian sendiri.

Jika dari dalam diri kalian sendiri tidak pernah ada motivasi untuk bangkit dan berjuang, maka selamanya kalian akan berada dan terjebak di posisi kalian saat ini. Mulailah membakar diri kalian dari dalam, pikirkan berbagai hal di masa depan – segala sesuatu yang kalian impikan merupakan salah satu motivasi terbaik yang bisa kalian gunakan.

Bertahan Menghadapi Segala Godaan

Resist the temptation.
Sumber: livelikepros.com

Jika kita ingin sekali melakukan perbuatan yang baik, maka seringkali disana pula kita akan menjumpai berbagai godaan untuk merelakan “hal baik” yang sudah hendak kita lakukan. Hal ini sudahlah umum diketahui oleh orang banyak. Nah, sekarang, hasil akhir semuanya berada di tangan kalian masing-masing, sobat.

Apakah sobat bisa menahan godaan-godaan yang menyapa ramah di depan kalian, ataukah kalian tetap kukuh mempertahankan hal baik ini. Begitupula dengan kedisiplinan. Apakah sobat berani tetap mempertahankan kedisiplinan sobat di depan “si perayu”?

Mulailah dari Hal-Hal Kecil

Memulai dari hal yang kecil.
Sumber: i.pinimg.com

Adakah hal besar dimulai dari hal besar juga? Semua hal di dunia ini selalu dimulai dari hal-hal kecil. Mulailah untuk setia melakukan hal-hal yang kecil sobat, jangan hanya karena “bentuknya” yang kelihatan kecil dan sepele, maka sobat mengabaikannya begitu saja. Jika dalam hal kecil sobat bisa menjalankannya dengan bertanggung jawab, maka tidak akan heran suatu saat nanti, kalian akan dipasrahkan dengan hal yang lebih besar!

Baca juga: 7 Cara Beradaptasi Di Kantor Baru

Jangan berpikir terlalu muluk-muluk bahwa hal besar akan datang sejak awal karir sobat, karena hal itu tidak akan pernah terjadi. Setialah terhadap hal-hal kecil, maka hal-hal besar akan menanti di masa depan!

Buatlah Jadwal Rutinitas Sehari-Hari

Membuat schedule rutin.
Sumber: orchidadhd.com

Pada umumnya, ciri khas orang-orang yang tidak atau kurang disiplin adalah kekurang-mampuan mereka dalam management waktu. Ya, mengatur waktu merupakan kelemahan utama dari orang-orang yang tidak disiplin. Kami yakin, hal ini jugalah yang sobat alami dalam kehidupan sehari-hari. Sobat ingin sekali menjadi orang yang bisa mengatur waktu dengan baik, tapi apa daya, kalian selalu gagal.

Nah, kami akan memberikan tips yang cocok untuk mengatasi hal yang satu ini. Mulailah secara rutin untuk membuat schedule di buku note kalian atau di ponsel kalian masing-masing. Rencanakan hal-hal penting yang hendak dilakukan mulai dari bangun tidur, kerja, hingga nantinya kalian beristirahat di malam hari. Jangan diremehkan, hal ini terbukti sangat bermanfaat, loh!

Fokuslah Pada Hal yang Ada di Depan

Lihatlah ke masa depan.
Sumber: image.freepik.com

Harus kita akui dengan jujur, jika kita hanya melihat kondisi kita saat ini, tak ada satupun yang dapat membangkitkan semangat juang kita. Nah, justru karena inilah, fokuskan pandangan kalian ke masa depan. Ke waktu jangka panjang yang belum dapat kalian lihat. Mulailah untuk merangkai impian dan masa depan kalian; apa saja banyangan yang ada di dalam pikiran kalian di masa depan.

Lalu selanjutnya, mulailah untuk membangun kedisiplinan sobat untuk mencapai semua gambaran yang telah sobat rangkai. Jangan menoleh ke lain arah, tetap memandang lurus ke depan dan fokus melihat hal-hal di depan yang ingin kita semua capai!

Jangan Biarkan Dirimu Mencari Banyak Alasan

Mencari-cari alasan.
Sumber: cloudfront.net

Hal selanjutnya yang perlu dipahami untuk memulai hidup disiplin adalah jangan pernah membiarkan dirimu sendiri mencari-cari alasan. Mencari sebuah alasan merupakan salah satu mekanisme tubuh kita untuk melindungi diri kita dari masalah. Namun, hal ini tidak tepat untuk memulai suatu pola kehidupan yang baru.

Kunci utama untuk membangun sebuah kedisiplinan adalah sobat harus belajar menjadi “keras” terhadap diri sobat sendiri. Katakan tidak pada sesuatu yang dapat memanjakan kehidupan lama sobat yang tidak berkualitas. Karena selama sobat tidak mencoba “menghajar” diri kalian sendiri, maka selama itu pula kalian tidak akan melihat perubahan apapun terjadi!

Saring Berbagai Hal yang Masuk

Positif dan negative.
Sumber: cdn.tinybuddha.com

Penuhi diri dengan segala pemikiran yang positif tentunya akan menjadi pondasi yang sangat kuat. Katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa melakukannya, tak ada sesuatu yang mustahil, dan hal-hal positif lainnya. Namun, jika kamu hanya terjebak pada pemikiran negative, maka kamu akan menjadi pesimis terlebih dahulu – bahkan sebelum kamu memulainya!

Contoh Berbagai Tokoh Inspiratif bagi Kamu

Tokoh inspiratif kamu.
Sumber: amazonaws.com

Mengambil tokoh-tokoh inspiratif ternyata menjadi salah satu cara yang lumayan efektif sebagai bahan bakar motivasimu, loh. Ambilah contoh tokoh yang menurut kamu relevan dengan apa yang kamu cita-citakan, lalu mulailah mencontoh bagaimana orang tersebut hidup hingga akhirnya mereka menjadi orang yang sukses.

Baca juga: Apa Itu Kinerja Karyawan? Yuk Ketahui

Dengan itu, kamu juga bisa lebih termotivasi dan melihat bahwa masa depan-mu akan bisa sama seperti orang tersebut, dimulai dari membangun kedisiplinan mulai dari esok.

Sumber foto: elegantthemes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa itu HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Penjelasannya

Seorang praktisi bisnis perlu memahami apa itu HPP dan bagaimana cara menghitungnya. Ini akan memberikan keuntungan bagi pebisnis tersebut dalam mengatur sumber daya dan...

Mengenal Apa Itu Jurusan Sastra Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Kridalaksana, atau Gorys Keraf? Nama-nama tersebut tentunya sudah gak...

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...