Home Tugas Contoh Laporan Pertanggungjawaban

Contoh Laporan Pertanggungjawaban

Kamu pernah mendengar tentang laporan pertanggungjawaban? Untuk apa sih kegunaannya? Di artikel kali ini, kamu akan disajikan pembahasan tentang format umum dan kumpulan contoh lpj kegiatan. Contoh laporan pertanggungjawaban tersebut mulai dari contoh LPJ keuangan, contoh LPJ OSIS, dan contoh LPJ organisasi. Seperti apa? Yuk disimak.

Format Umum

laporan pertanggungjawaban
Sumber: freepik.com

Laporan pertanggungjawaban adalah dokumen tertulis yang bertujuan untuk memberikan laporan tentang hasil pelaksanaan suatu kegiatan. Selain itu, laporan ini juga bertujuan sebagai evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan yang akan datang. Laporan pertanggungjawaban biasanya ditujukan kepada unit organisasi yang lebih tinggi atau sama derajatnya.

Laporan pertanggungjawaban kegiatan memiliki format penulisannya tersendiri yang menunjang penampilan lpj tersebut. Meskipun format tersebut tidak baku, tetapi secara umum laporan pertanggungjawaban kegiatan ditulis dalam format sebagai berikut:

Kuarto

Kuarto adalah ukuran kertas dengan lebar 21 cm dan panjang 29 cm. Ukuran ini biasa disebut juga dengan kertas A4. Kertas A4 sering digunakan sebagai ukuran kertas karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Margin 4343

Laporan pertanggungjawabaan kegiatan ditulis dalam ukuran margin 4343. Hal itu memiliki maksud dengan ukuran bagian atas berjarak 4 cm, kiri 3 cm, bawah 4 cm, dan kanan 3 cm. Selain itu, jarak antara garis dan spasi paragraf adalah 1,5 cm.

Sistematis

Laporan pertanggungjawaban kegiatan disusun secara sistematis. Susunan ini dimulai dari sampul depan laporan kegiatan, lembar pengesahan, pendahuluan, isi, dan penutup. Jika memiliki keterangan tambahan seperti foto, dapat diletakkan di lampiran yang berada di halaman akhir laporan. Tidak jarang ketika laporan pertanggungjawaban memiliki lembar yang banyak, dibuat daftar isi sebelum halaman pendahuluan.

Komprehensif

Laporan pertanggungjawaban kegiatan ditulis sesuai dengan informasi yang perlu diketahui. Informasi tersebut menjawab pertanyaan dari 5W1H (what: apa, when: kapan, who: siapa, where: di mana, why: kenapa, how: kenapa).

Baca juga: Cara Membuat Kerangka Pemikiran 

Contoh LPJ Kegiatan

Penyusunan laporan pertanggungjawaban yang baik dapat memberikan informasi yang sesuai dengan pelaksanaan suatu kegiatan. Sebagai tanggung jawab, laporan ini tidak boleh dibuat secara asal-asalan apalagi mengada-ada. Nah, agar lebih jelas, berikut ini berbagai kumpulan contoh LPJ kegiatan yang detail dan lengkap mulai dari contoh lpj keuangan, contoh lpj osis, dan contoh lpj organisasi.

Contoh LPJ Keuangan

Laporan pertanggungjawaban keuangan biasanya diurus oleh bendahara atau bagian yang terkait dengan keuangan suatu organisasi atau kegiatan. Secara umum, laporan ini memberikan keterangan yang rinci mengenai sumber pemasukan, pengeluaran, dan penggunaannya. Berikut ini adalah contoh LPJ keuangan dalam suatu kegiatan kemahasiswaan.

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

KEUANGAN

PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA BARU

FAKULTAS BAHASA

UNIVERSITAS TAMBAH PINTER

2019

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan pertanggungjawaban keuangan ini telah disahkan pada:

Tanggal           : 15 September 2019

Tempat            : Fakultas Bahasa

 

Bendahara,                                                                             Ketua Pelaksana,

 

Kaila Wafda Putri                                                                      Aldo Pablo

NIM 34345656                                                                        NIM 34346767

 

Mengetahui,

Dekan Fakultas Bahasa

 

Drs. Welinda Amasita, M.M.

NIP 1234567890

 

  1. PENDAHULUAN

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan pertanggungjawaban keuangan pada kegiatan: Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Baru, Fakultas Bahasa, Universitas Tambah Pinter 2019”.

Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk melatih rasa kepemimpinan kepada mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru. Sumber dana yang didapat berasal dari dana tunggal fakultas yang telah dirancang dalam rapat kegiatan tahunan fakultas. Dana tersebut digunakan untuk mempersiapkan kebutuhan saat kegiatan, seperti buku; pulpen; tas jinjing untuk suvenir peserta, makanan ringan, biaya narasumber, dan penunjang lainnya.

Laporan pertanggungjawaban keuangan ini kami harap dapat menjadi hasil dan bukti valid tentang arus keuangan pada acara yang berlangsung dari tanggal 27 sampai 29 Agustus 2019. Kami sertakan pula bukti berupa nota dan kwitansi yang telah dipindai dan diletakkan di halaman lampiran.

2. TEMPAT DAN TANGGAL PELAKSANAAN

kegiatan ini berlangsung di:

tempat         : Ruang Serbaguna Fakultas Bahasa

tanggal         : 27 – 29 Agustus 2019

3. DANA MASUK

Sumber dana kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa Universitas Tambah Pinter 2019, berasal dari satu sumber utama, yaitu Fakultas Bahasa. Dana yang diberikan bendahara fakultas sebesar Rp 6.000.000,00 yang diberikan kontan di awal perencanaan.

4. DANA KELUAR

Dari dana masuk tersebut, digunakan untuk membeli dan menyiapkan kebutuhan yang diperlukan saat kegiatan berlangsung. Berikut ini kami jabarkan rincian penggunaan dana tersebut.

NO TANGGAL KEGUNAAN HARGA JUMLAH
Dana Masuk
1 13 Juli 2019 6.000.000
Dana Keluar
2 14 Juli 2019 Suvenir mahasiswa (buku, pulpen, tas jinjing) @200 mahasiswa Rp 18.000/item 3.600.000
3 15 Juli 2019 Stiker kegiatan @20 lembar Rp 6.000/lembar 120.000
4 1 Agustus 2019 Plakat narasumber @1 orang Rp 50.000 50.000
5 20 Agustus 2019 Makanan ringan @200 mahasiswa Rp 10.000/box 2.000.000
6 20 Agustus 2019 Makanan ringan @5 orang Rp 15.000/box 75.000
TOTAL 5.485.000
SISA PENGGUNAAN 155.000

 

Keterangan: Sisa penggunaan dana akan dikembalikan kepada bendahara Fakultas bersamaan dengan Laporan Pertanggungjawaban ini beserta bukti lainnya.

5. PENUTUP

Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami buat sebagai wujud pertanggungjawaban bendahara kegiatan. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga terlaksananya kegiatan dan terselesaikannya laporan keuangan ini. Semoga laporan ini dapat berguna untuk semua pihak.

6. LAMPIRAN

Pindai nota dan kwitansi

Contoh LPJ OSIS

Di bawah ini adalah contoh LPJ OSIS. Laporan pertanggungjawaban ini terdiri dari pendahuluan, struktur organisasi, program kerja dan keterangan, hambatan dalam pelaksanaan, solusi, dan penutup.

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN (LPJ)

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA KARYA BANGSA SEJAHTERA

PERIODE 2017-2018

SMA KARYA BANGSA SEJAHTERA

Jalan Nakula Sadewa 1 Jakarta

Website: www.smakaryabangsasejahtera.sch.id Email: SMAKaryaBS@yahoo.com 

HALAMAN PENGESAHAN

Telah disahkan di Jakarta,

Pada tanggal : 14 Juli 2018

 

Sekretaris,                                                                               Ketua OSIS,

 

Marissa Eka Wati                                                                       Erlangga Putra

NIS. 12345                                                                               NIS. 12346

 

Mengetahui,

 

Kepala SMA Karya Bangsa Nusantara                         Pembimbing OSIS

 

Drs. Adyla Mekarsari, M.M.                                           Tavika Andra Erlangga

NIP 9876543211234                                                    NIP. 789654321123458967

 

1. Pendahuluan

Puji dan syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat, rahmat, dan hidayahnya, kami dapat menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Organisasi Siswa Intra Sekolah SMA Karya Bangsa Nusantara periode 2017-2018. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa setiap Dewan Pengurus yang berakhir masa baktinya diwajibkan untuk melaporkan pertanggungjawaban atas segala program-program yang telah dilaksanakan selama masa bakti dalam Musyawah Besar Anggota OSIS.

Laporan Pertanggungjawaban ini adalah laporan hasil program kerja kami selama satu tahun menjabat sebagai pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah. Program kerja tersebut adalah program-program yang telah disusun sebelum masa pelantikan yang kemudian dikukuhkan saat pelantikan. Program-program tersebut kami laporkan hasilnya baik yang sudah terlaksana maupun yang belum terlaksana.

Kami menyadari bahwa program-program tersebut tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Bapak H. Komsari, selaku ketua komite SMA Karya Bangsa Sejahtera yang telah mendukung secara moral dan material guna terlaksananya program kami, baik yang dilakukan di dalam maupun luar sekolah.
  2. Ibu Drs. Adyla Mekarsari, M.M., selaku kepala Sekolah SMA Karya Bangsa Sejahtera yang telah memberi izin dan dukungan penuh kepada program-program kami.
  3. Bapak Eriton Sudawika, M.M., selaku wakil Kepala Sekolah SMA Karya Bangsa Sejahtera yang telah membantu dan memberi masukan kepada kami guna terlaksananya program kerja selama satu periode ini.
  4. Guru-guru SMA Karya Bangsa Sejahtera yang telah mendukung segala program kerja kami.
  5. Segenap staff TU SMA Karya Bangsa Sejahtera yang telah mendukung segala program kerja kami.
  6. Seluruh pengurus ekstrakulikuler SMA Karya Bangsa Sejahtera yang telah membantu serta mendukung program kerja kami.

Akhir kata, Laporan Pertanggungjawaban ini masih jauh dari kata sempurna. Maka, segala kritik dan saran yang membangun sangat kami terima guna perbaikan yang lebih baik di periode selanjutnya. Diharapkan dapat kebijaksanaan yang berorientasi disesuaikan dengan situasi dan kondisi sehingga besar harapan kami dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota, masyarakat, dan pemerintah.

2. Struktur Organisasi OSIS SMA Karya Bangsa Sejahtera

Organisasi Siswa Intra Sekolah memiliki struktur sesuai dengan jabatan dan tingkat kepengurusan. Struktur tersebut diisi dan diamanahkan kepada pengurus OSIS sesuai dengan minat dan kemampuan di bidangnya masing-masing. Berikut ini adalah bagan kepengurusan OSIS periode 2017-2018.

Ketua OSIS

Erlangga Putra

Wakil Ketua Ekstern Wakil Ketua Intern
Indra Ariansyah Amanda Pertiwi Alyah
Sekretaris I Bendahara I
Marissa Eka Wati Syifa Latifah Amira
Sekretaris II Bendahara II
Wanda Endarwan Ebnu Qadil Jaelani
Koordinator bidang I Koordinator bidang II
Badito Arman Gunawan Sabila Endah Aulya
Koordinator bidang III Koordinator bidang IV
Martin Dior Kusuma Garry Philliph Wijaya

Koordinator bidang V

Maehaki Fadilah

3. Program Kerja dan Keterangan

Dari kelima koordinator di atas, mereka menjalankan beberapa program yang sesuai dengan bidangnya. Program-program tersebut adalah:

  1. Bidang Ketuhanan Yang Maha Esa

Bidang Ketuhanan Yang Maha Esa dibuat berdasarkan sila pertama Pancasila. Bidang ini menaungi pelaksanaan ketakwaan siswa terhadap Tuhan dan agama masing-masing penganut. Dari bidang pertama, terdapat tiga program yang dijalani, yaitu:

Gebyar Qasidah Karya Bangsa Sejahtera
Keterangan: terlaksana
Gebyar Qasidah Karya Bangsa Sejahtera adalah lomba qasidah antar sekolah se Jabodetabek yang pertama kali diadakan oleh OSIS dan ekstrakulikuler REMKARBAS (Remaja Muslim Karya Bangsa Sejahtera). Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal atau jatuh pada tanggal 20 November 2018. Lomba ini diikuti oleh 15 sekolah dan dijuarai oleh 3 juara dan 2 harapan juara.

Paskah Ceria

Keterangan: terlaksana
Paskah Ceria adalah lomba antar siswa SMA Karya Bangsa Sejahtera yang diadakan oleh OSIS dan RKK Sejahtera (Remaja Kristen Katolik Sejahtera). Kegiatan ini memiliki 3 cabang perlombaan, yaitu Melukis, Bola Paskah, dan Hias Telur. Lomba-lomba ini pertama kali diadakan pada tahun 2015 dan menjadi lomba rutin setiap Paskah. Pada tahun 2018, perlombaan ini dilaksanakan pada hari Senin, 2 April 2018.

Amal Bakti
Keterangan : terlaksana
Amal Bakti adalah program yang dijalankan oleh OSIS, REMKARBAS, dan RKK Sejahtera untuk menggalang dana yang setiap tahun disalurkan kepada korban bencana, panti asuhan, dan panti jompo. Program ini dilaksanakan setiap hari jumat di 2 minggu pertama.

  1. Bidang Kesiswaan

Bidang Kesiswaan adalah bidang yang menaungi siswa SMA Karya Bangsa Nusantara. Bidang ini memiliki 3 program unggulan, yaitu:

Upacara Seru
Keterangan: Terlaksana
Upacara Seru adalah kegiatan upacara yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin pagi. Selain itu, upacara juga memperingati hari besar kebangsaan, seperti hari Kemerdekaan dan hari Sumpah Pemuda.

Kabar Siswa
Keterangan: Terlaksana
Kabar Siswa adalah majalah dinding sekolah yang memuat berita dan pengumuman untuk siswa SMA Karya Bangsa Sejahtera. Majalah dinding atau Mading ini, sudah dikukuhkan sejak tahun 2010 atas kerja sama OSIS dan ekstrakulikuler Jurnalis Muda.

Pojok Kantin Kejujuran

Keterangan: Terlaksana

Pojok Katin Kejujuran adalah kantin yang dikelola oleh OSIS dan Guru bidang Kesiswaan. Kantin ini berisi perlengkapan siswa, seperti buku, penggaris, pulpen, dan juga aneka jajanan ringan. Kantin ini berlandaskan kejujuran siswa sehingga tidak diperlukan penjaga dan sudah terlaksana sejak OSIS periode 2016-2017.

  1. Bidang Projek dan Seni Siswa

Bidang Projek dan Seni Siswa adalah bidang yang menaungi kreativitas siswa di segala minat. Bidang ini memiliki dua program, yaitu:

Berdikari 3
Keterangan: Terlaksana
Berdikari 3 adalah pentas seni siswa sekaligus perayaan hari berdirinya SMA Karya Bangsa Sejahtera yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan memasuki periode ketiga. Berdikari 3 dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2018. Pentas seni atau pensi ini diisi oleh pameran seni dan penampilan penyanyi, band, tarian tradisional, tarian modern, sulap, stand up comedy, dan pantonim siswa-siswi. Acara ini memiliki bintang tamu utama, yaitu Sheila on 7.

The Best Art
Keterangan: Terlaksana
The Best Art adalah program yang diadakan oleh OSIS, ekstrakulikuler  SKBS (Seni Karya Bangsa Sejahtera), dan guru bidang Kesiswaan. Program ini adalah lomba antar siswa di bidang seni masing-masing, seperti tari, lukis, dan menyanyi solo atau band. Program ini terlaksana dari tanggal 21-22 April 2018. Pemenang dari 3 bidang ini, tampil dalam acara Berdikari 3.

Fashion Show SMAKBS
Keterangan: Tidak terlaksana
Fashion show SMAKBS adalah program penampilan fashion dari siswa-siswi SMA Karya Bangsa Sejahtera. Program ini tidak dapat terlaksana karena dana yang tidak mencukupi untuk partisipan.

  1. Bidang Lingkungan Sekolah

Bidang Lingkungan Sekolah adalah bidang yang melaksanakan kegiatan untuk mendukung pelestarian lingkungan sekolah. Bidang ini memiliki tiga program, di antaranya:

Bukan Sampah Biasa
Keterangan: Terlaksana
Bukan Sampah Biasa adalah program untuk mengolah kembali sampah yang ada di lingkungan sekolah. Tiga jenis sampah (organik; non organik ; dan B3) yang telah terkumpul di tempatnya akan diolah untuk menjadi pupuk dan barang berguna. Program ini dilaksanakan oleh OSIS, petugas kebersihan sekolah, dan perwakilan dari tiap kelas. Program ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 9.00 sampai 12.00.

Ge R
Keterangan: Terlaksana
Ge R adalah akronim dari Geotong Royong yang merupakan program membersihkan dan mendekorasi lingkungan sekolah bersama. Program ini dilaksanakan setiap tahun menjelang peringatan hari Kemerdekaan Indonesia.

LKK (Lomba Kebersihan Kelas)
Keterangan: Terlaksana
LKK atau Lomba Kebersihan Kelas adalah program lomba yang diadakan setiap tiga bulan sekali dengan memberikan piala bergilir kepada kelas yang memiliki kebersihan paling baik.

  1. Bidang Teknologi dan Informasi

Bidang Teknologi dan Informasi adalah bidang yang menaungi iptek di sekolah. Bidang ini memiliki tiga program, yaitu :

    1. Radio Berdendang
      1. Keterangan:

    Terlaksana

    Radio Berdendang adalah program siaran siswa yang dilaksanakan setiap hari kamis selama jam istirahat pertama dan kedua. Program ini terlaksana atas kerja sama OSIS, ekstrakulikuler RSS.fm (Radio Siswa Siswi.fm) dan guru.

Penyiar Muda
Keterangan: Tidak terlaksana
Penyiar Muda adalah kontes mencari penyiar sekolah untuk program Radio Berdendang. Kontes ini rencanya diadakan berbarengan dengan The Best Art, tetapi tidak dapat terlaksana karena waktu yang tidak mencukupi.

4. Hambatan Dalam Pelaksanaan

Pada pelaksanaan program-program tersebut, terdapat beberapa hambatan dalam menjalankannya. Hambatan-hambatan tersebut di antaranya:

  1. Kurang terampil dalam manajemen waktu dan partisipan dalam proses pelaksanaan program yang belum terlaksana.
  2. Dana yang kurang mendukung untuk menjalankan program tersebut.
  3. Solusi

Dari hambatan tersebut, kami mengevaluasi hambatan dan program yang belum terlaksana sehingga kami memberi solusi agar program-program yang belum terlaksana tersebut dapat menjadi lebih baik untuk kedepannya. Solusi tersebut adalah:

  1. Memberi promosi yang lebih menarik agar siswa siswi tertarik untuk menjadi partisipan dalam program-program OSIS.
  2. Mencari dana tambahan, baik dari sponsor atau penggalangan dana siswa.

5. Penutup

Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami tulis dengan sebenar-benarnya. Apabila terdapat kekurangan selama satu periode ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya karena tidak sesuai dan kurang maksimal dalam menjalaninya. Semoga kekurangan dan kelebihan tersebut dapat menjadi pelajaran bagi pengurus OSIS berikutnya.

Baca juga: Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh LPJ Organisasi

Setiap organisasi memiliki AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) yang kemudian dibuat hasil keterangannya dalam bentuk laporan pertanggungjawaban atau LPJ. Di bawah ini adalah contoh lpj kegiatan atau contoh lpj organisasi kemahasiswaan.

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN (LPJ)

FORUM PUISI BERIRAMA

ORGANISASI MAHASISWA BAHASA

FAKULTAS BAHASA

UNIVERSITAS TAMBAHPINTER

2020

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan pertanggungjawaban ini telah disahkan pada:

Tanggal           : 13 Juni 2020

Tempat            : Forum Puisi Berirama, Fakultas Bahasa Universitas Tambahpinter

 

Sekretaris,                                                                               Ketua Organisasi,

 

Kartika Cahaya Putri                                                                  Bambang Tritama Ardiyanto

NIM 654321                                                                            NIM 654333

Mengetahui,

Pembina Organisasi Fakultas Bahasa

Dra. Tiffana Malia Syahrezul, M.M.

NIP 1011121314151617

PENDAHULUAN

Organisasi Forum Puisi Berirama adalah organisasi yang menaungi mahasiswa dalam mengapresiasikan kreativitas terhadap dunia puisi. Organisasi ini adalah organisasi yang berada di bawah bimbingan Fakultas Bahasa, Universitas Tambahpinter. Dewan pengurus yang berjumlah 30 orang, tidak hanya berasal dari mahasiswa Fakultas Bahasa, tetapi juga dari berbagai jurusan dan fakultas lainnya.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa setiap organisasi mahasiswa yang berakhir masa baktinya, diwajibkan untuk melaporkan pertanggungjawaban atas segala program-program yang telah dilaksanakan selama masa bakti dalam Musyawah Besar Organisasi Fakultas Bahasa.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami selaku Dewan Pengurus Organisasi Forum Puisi Berirama Fakultas Bahasa 2019/2020, pada kesempatan ini akan melaporkan pertanggungjawaban atas segala program-program yang telah dilaksanakan maupun yang tak terlaksana selama menjadi Dewan Pengurus.

Selama masa bakti, Dewan Pengurus berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan program kerja sesuai amanat Musyawarah Besar Organisasi Fakultas Bahasa tahun 2019/2020. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak kendala datang dari dalam maupun dari luar organisasi. Oleh karena itu, kita jadikan itu semua sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi yang dapat dijadikan cermin dalam langkah organisasi di masa yang akan datang. Kami harap dapat menjadi kebijaksanaan yang berorientasi. Disesuaikan dengan situasi dan kondisi sehingga besar harapan kami dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota, masyarakat, dan pemerintah.

LAPORAN KERJA PERIODE 2019/2020

Organisasi Forum Puisi Berirama memiliki beberapa program kerja yang merupakan kegiatan di dalam dan luar universitas. Program kerja yang telah disusun saat Musyawarah Besar Organisasi Fakultas Bahasa 2019, tidak hanya merupakan rancangan tetapi juga telah disahkan oleh ketua organisasi dan pembina organisasi Fakultas Bahasa.

Pengurus organisasi berjumlah 30 orang termasuk 1 ketua organisasi, 1 wakil ketua, 2 sekretaris, 2 bendahara, dan 3 ketua bidang. Ketiga ketua bidang tersebut mengatur dan mengkoordinir program kerja organisasi Forum Puisi Berirama. Maka dari itu, kami akan menjabarkan program kerja selama periode 2019-2020 yang telah terlaksana sebagai berikut:

  1. Bidang Keanggotaan

Bidang Keanggotaan berperan sebagai pengatur kegiatan dalam tubuh organisasi. Bidang ini memiliki dua program utama, yaitu:

Pencarian Penyair Anyar
Pelaksanaan   : 11 Juli 2019
Keterangan    : Terlaksana

Pencarian Penyair Anyar adalah kegiatan pencarian calon pengurus organisasi yang dilakukan saat penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari di acara TambahpinterFest, Auditorium Universitas.

Makrab Penyair
Pelaksanaan   : 11 Agustus 2019
Keterangan    : Terlaksana

Makrab Penyair atau akronim dari Malam Keakraban Penyair adalah kegiatan yang bertujuan untuk pengenalan dan pengakraban pengurus organisasi baru. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari 1 malam di Lapangan Kegiatan Tambahpinter.

  1. Bidang Luar

Bidang Luar adalah bidang yang menaungi kegiatan di luar keanggotaan. Bidang ini memiliki dua kegiatan utama di antaranya:

Puisi Rutin
Pelaksanaan    : setiap jumat
Tempat            : Gazebo 1 Fakultas Bahasa

Puisi Rutin adalah kegiatan yang bertujuan sebagai ajang kreativitas pengurus organisasi maupun luar kepengurusan. Setiap penyair dapat tampil untuk membacakan puisi milik mereka dengan durasi maksimal 15 menit. Kegiatan ini dilakukan setiap jumat sore pukul 18.00 sampai 19.30 WIB.

Puisi Berbagi
Pelaksanaan    : satu kali periode
Tempat            : Panti Asuhan Kasih Putih

Puisi Berbagi adalah kegiatan amal yang berasal dari sumbangan pengurus dan di luar pengurus. Selain memberi bantuan berupa perlengkapan sekolah, pengurus juga memberi penampilan berupa pembacaan puisi untuk anak-anak.

PENUTUP

Demikian laporan pertanggungjawaban organisasi Forum Puisi Berirama periode 2019/2020 yang dapat kami buat. Kami memohon maaf apabila dalam melaksanakan program kerja masih jauh dari kata sempurna. Kami akan berusaha meningkatkan pada masa bakti yang yang akan datang. Semoga apa yang kami laksanakan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk periode yang akan datang.

Baca juga: Cara Membuat Jurnal yang Benar

Itu dia ulasan mengenai format dan contoh laporan pertanggungjawaban. Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu untuk menyelesaikan laporan pertanggungjawaban, ya.

Verent
Verenthttps://gerberarouge.wordpress.com/150-2/
Hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner baru. Ilmu sastranya? Saya sampaikan melalui tulisan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Pakaian Adat Banten Serta Pembahasannya

Banten sebagai provinsi yang dulunya menjadi bagian dari Jawa Barat memiliki kebudayaan yang pastinya dipengaruhi oleh budaya Jawa Barat atau Sunda. Seperti pada pakaian...

5 Pakaian Adat Kalimantan Tengah Serta Pembahasannya

Tidak banyak yang tahu jika Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang masih menyimpan banyak keragaman hayati di Taman Nasional Tanjung Puting. Selain keragaman hayati yang...

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat Serta Pembahasannya

Nusa Tenggara Barat atau seringkali disingkat menjadi NTB terdiri dari beberapa suku yang mendiami wilayah tersebut. Suku-suku tersebut adalah suku Sasak, suku Bima, dan...

Contoh Cover Makalah

Sebagai siswa atau mahasiswa, mungkin kamu sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah, baik secara individu ataupun kelompok. Dan pasti tidak terlepas dari pembuatan cover...

Siklus Batuan Beserta Penjelasannya

Batuan mengalami siklus yang biasa disebut siklus batuan. Batu dikenal sebagai benda yang cukup keras. Ketika kamu menemukan batu di halaman rumah, cobalah untuk...