Contoh Draft Proposal Untuk Penelitian

Sebelum benar-benar mengerjakan skripsi, tesis, ataupun disertasi, kamu pasti diharuskan untuk menyetorkan proposal penelitian dahulu, bukan? Pembuatannya harus dikerjakan dengan baik karena itu akan menentukan apakah penelitian yang ingin kamu lakukan disetujui atau tidak.

Nah, jika kamu merasa kesulitan untuk menyusun proposal, berikut ini akan ada contoh proposal penelitian yang berjudul “Pengaruh Intensitas Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi di Universitas ABC.”

Bab I Pendahuluan

Contoh Draf Proposal Penelitian
Sumber: Pexels from Pixabay

Latar Belakang

Internet sebagai salah satu bentuk kecanggihan dalam teknologi telah memberikan banyak perubahan pada kehidupan manusia. Tidak terkecuali perubahan dalam hal kegiatan berbelanja. Sesuai data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di tahun 2016, pengguna internet lebih banyak menggunakan internet untuk mengakses marketplace atau e-commerce sebesar 62%. Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan pengguna internet yang mengakses sosial media.

Hasil survei tersebut juga sejalan dengan survei yang dikeluarkan oleh Nielsen (2008), jika 85% masyarakat global mengakses internet untuk berbelanja. Diketahui intensitas penggunaan masyarakat terhadap penggunaan e-commerce tertentu juga bisa berdampak pada perilaku konsumtif seorang konsumen.

Salah satu e-commerce yang cukup populer di tengah masyarakat Indonesia adalah Shopee. Menurut TheAsianParent, Shopee telah menjadi platform belanja di kalangan para wanita yaitu sebesar 73%. Penggunaan Shopee sendiri cukup populer terutama di kalangan mahasiswi.

Melihat akan fakta tersebut, melakukan penelitian dalam hal pengaruh intensitas penggunaan Shopee pada perilaku konsumtif masyarakat sangat diperlukan. Dalam hal ini, penelitian akan lebih berfokus pada mahasiswi di Universitas ABC, mengingat penelitian dalam subjek ini belum pernah dilakukan sebelumnya di universitas tersebut.

Rumusan Masalah

Berdasarkan dengan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana pengaruh intensitas penggunaan e-commerce Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di universitas ABC?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh intensitas penggunaan e-commerce Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di universitas ABC.

Manfaat Penelitian

Manfaat Teoritis

Penelitian ini dapat memberikan tambahan ilmu di bidang ilmu komunikasi dalam hal penggunaan internet dan perilaku konsumtif mahasiswi.

Manfaat Praktis

  1. Penelitian ini dapat berguna bagi lembaga pemasaran mengenai tingkat konsumsi kalangan mahasiswi dalam penggunaan e-commerce.
  2. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi masyarakat akan intensitas penggunaan e-commerce yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif.

BAB II Kajian Teori

Kajian Teoritis

  • Intensitas

Menurut Hazim (2005), intensitas merupakan tenaga yang dikerahkan berkenaan dengan suatu usaha. Dalam kata lain, intensitas berupa usaha yang dilakukan dengan penuh semangat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan individu demi mendapatkan suatu barang atau jasa (Handoko & Swastha, 1982). Disamping itu, Rasmini (dalam Lestari, 2006) juga menjelaskan jika perilaku konsumtif adalah kecenderungan oleh individu untuk membeli barang atau jasa yang nilainya tidak begitu dibutuhkan.

  • E-Commerce

Segala jenis perdagangan atau perniagaan barang maupun jasa yang menggunakan media elektronik disebut dengan e-commerce. Jenis e-commerce sendiri dibedakan menjadi Business to Consumer (B2C) dan Business to Business (B2B).

Kerangka Berpikir

Kerangka Berpikir
Sumber: Data Peneliti

Hipotesis Penelitian

Hipotesis merupakan simpulan sementara mengenai hasil penelitian. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah:

Ha: Ada pengaruh antara mengakses Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Universitas ABC.

Ho: Tidak ada pengaruh antara mengakses Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Universitas ABC.

BAB III Metode Penelitian

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana data yang dikumpulkan dan dianalisis berupa angka. Kemudian, metode yang digunakan adalah metode survei dengan penyebaran kuisioner.

Lokasi Penelitian

Lokasi penelitian berlokasikan di Surabaya tepatnya di Universitas ABC.

Waktu Penelitian

Penelitian dilakukan mulai dari bulan April 2020 hingga Juni 2020.

Populasi dan Sampel

Populasi yang digunakan merupakan jumlah keseluruhan dari mahasiswi aktif di Universitas ABC sejumlah 1700 mahasiswi. Sementara itu, sampel yang didapatkan sebanyak 90 responden.

Teknik Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diharapkan, peneliti menyebarkan kuisioner secara online kepada mahasiswi di lingkungan Universitas ABC. Kuisioner tersebut berisi pertanyaan seputar intensitas penggunaan Shopee dan perilaku konsumtif mahasiswi selama menggunakan e-commerce tersebut. Kuisioner dilengkapi dengan skala jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS).

Uji Validitas dan Reabilitas

Uji validitas dilakukan dengan mengukur korelasi antar masing-masing pertanyaan dengan menggunakan rumus berikut.

Uji Validitas Data
Sumber: Data Peneliti

Kemudian, ujia reabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alfa Cronbach dengan bantuan program SPSS for Windows.

Uji Reabilitas Data
Sumber: Data Peneliti

Baca juga: Contoh Penutup Makalah

Teknik Analisis Data

Untuk teknik analisis data, penelitian ini  menggunakan analisis regresi sederhana dengan rumus sebagaimana berikut.

Analisis Regresi Sederhana
Sumber: Data Peneliti

Demikian contoh draft proposal dengan pendekatan kuantitatif. Dengan membaca contoh diatas, diharapkan bisa membantumu dalam menyusun dengan baik ya.


Daftar Pustaka

Data Statistik Pengguna Internet di Indonesia. apjii.or.id. Diakses pada tanggal 14 Mei 2020.

Handoko, T. H., & Swasta, B. (2008). Perilaku Konsumen. Yogyakarta BPFE.

Hazim, N. (2005). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UT Pustekom IPTPI.

Lestari, S. (2006). Hubungan Antara Harga Diri dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Fashion pada Remaja Putri. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nielsen, A. C. (2008). Trends In Online Shopping.

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *