Contoh Biografi serta Cara Membuatnya

Pastinya kamu pernah membaca peribahasa ini, ‘Harimau mati meninggalkan belang, lalu gajah mati meninggalkan gading, dan sedangkan manusia mati hanya meninggalkan nama’. Maksud dari peribahasa tersebut adalah setiap orang yang sudah tiada pasti akan dikenang sesuai dengan hal-hal yang telah ia lakukan di dunia. Maka dari itu, seseorang tentunya ingin dikenal sebagai orang yang baik dan telah melakukan hal-hal bermanfaat.

Bercermin dari peribahasa tersebut, ada cara ampuh untuk mengekalkan dan memperkenalkan lebih dalam tentang seseorang. Kamu bisa menggunakan biografi. Masih asing dengan istilah tersebut? Biografi bisa banget nih menjadi cara yang asik untuk menulis riwayat hidup seseorang agar lebih banyak dikenal orang-orang. Kamu juga akan membaca contoh teks biografi dengan berbagai macam tema. Untuk lebih jelasnya, simak artikel contoh biografi berikut ini.

Pengertian Biografi

Pengertian Biografi
Sumber: Viviane Monconduit dari Pixabay

Berdasarkan asal usul kata/epistemologi, biografi merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu biosgraphien atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata biography. Dalam bahasa Yunani, kata bios diartikan sebagai hidup dan graphien artinya adalah tulisan. Sehingga dapat dikatakan bahwa biografi adalah tulisan yang memuat tentang kehidupan seseorang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa biografi adalah  tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang dan ditulis oleh orang lain atau bukan orang yang bersangkutan.

Baca juga: Teks Cerita Nonfiksi

Menurut Toyidin (2013), seorang akademisi ini memberikan pengertian bahwa biografi adalah riwayat hidup seseorang yang berisi kehidupan seseorang, ideologi, perjuangan, untuk dijadikan teladan dan panutan oleh pembacanya. 

Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa biografi adalah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang, baik berkisah tentang kehidupan pribadi, kisah perjuangan seseorang dan ditulis oleh orang lain. 

Ciri-Ciri Biografi

Biografi merupakan salah satu tulisan yang menarik diantara banyaknya jenis tulisan yang ada. Agar kamu semakin bisa memahaminya, berikut adalah ciri-ciri biografi yang dapat kamu ketahui:

  • Mengacu pada fakta
  • Berisikan pengalaman seseorang
  • Memiliki struktur yang jelas
  • Memiliki ciri kebahasaan: menggunakan kata bermakna tindakan, menggunakan fungsi keterangan (tempat,waktu, dan cara), menggunakan konjungsi temporal, dan menggunakan sudut pandang orang ketiga tunggal.

Struktur Biografi

Struktur Biografi
Sumber: Carola68 dari Pixabay

Berdasarkan penggolongan jenis teks, biografi juga termasuk ke dalam jenis teks narasi, khususnya teks narasi faktual. Karena berdasarkan ciri-cirinya, biografi pun tidak terlepas dari fakta-fakta yang ada. Teks biografi memiliki struktur yang berupa orientasi, peristiwa/event, dan reorientasi. Berikut adalah penjelasannya.

  • Orientasi

Orientasi atau pengenalan dalam teks biografi berisi tentang penyampaian informasi. Seperti misalnya tentang identitas umum dari tokoh terkait.

  • Rekaman Peristiwa (Event)

Tidak lengkap apabila biografi tidak memuat rangkaian peristiwa dari tokoh. Karena pada bagian ini, dijelaskan secara lebih detail berupa pengalaman si tokoh atau peristiwa yang dialami tokoh. Bagian ini pun disampaikan dalam urutan kronologis sehingga dapat membuat pembaca memahami perjalanan hidup si tokoh, baik dari lahir sampai menjadi orang yang sukses dan terkenal. 

  • Reorientasi

Reorientasi bisa dikatakan sebagai penutup ataupun ending yang berupa cerita akhir dari pemaparan peristiwa yang telah disampaikan sebelumnya. Pada bagian ini berisi simpulan, komentar, atau juga evaluasi dari peristiwa-peristiwa yang telah dikisahkan. Maka dari itu, tak heran apabila orientasi bisa berupa opini dari penulis terhadap kisah tersebut. 

Jenis-Jenis Biografi

  • Berdasarkan Penulis

Berdasarkan sisi penulis, jenis biografi dibagi menjadi dua yaitu autobiografi dan biografi. Autobiografi adalah rangkaian tulisan yang berkisah tentang riwayat hidup seseorang dan ditulis oleh dirinya sendiri. Sedangkan biografi adalah tulisan yang berisi kisah riwayat hidup seseorang, tetapi ditulis oleh orang lain. 

Perbedaannya cukup mudah bukan? Jadi, ketika kamu menulis riwayat hidupmu sendiri, hal tersebut dinamakan autobiografi. Namun, saat kamu menulis kisah hidup orang lain, maka dinamakan biografi. Contoh biografi singkat biasanya tertuang dalam artikel, bukan dalam bentuk buku. 

  • Berdasarkan Isi

Biografi berdasarkan isinya dibagi menjadi dua, biografi yang berisi perjalanan hidup dan biografi yang berisi perjalanan karier. 

Seperti namanya, biografi yang berisi perjalanan hidup adalah tulisah riwayat hidup seseorang, dimulai dari tokoh tersebut lahir, dibesarkan, atau diambil dari kisah yang mengesankan selama hidup. Sedangkan biografi perjalanan karier berupa tulisan yang mengisahkan kesuksesan hidup tokoh dan berupa perjalanan karier yang penuh perjuangan. 

  • Berdasarkan Pembahasan

Jenis biografi berdasarkan pembahasan atau topik, umumnya dikategorikan menjadi tiga, yaitu politik, intelektual, dan jurnalistik.

Biografi dengan topik politik biasanya mengisahkan hidup tokoh-tokoh politik. Hampir mirip dengan biografi berjenis politik, biografi intelektual juga membutuhkan riset yang lebih dalam. Hanya saja, penggunaan bahasa dalam biografi intelektual lebih menggunakan bahasa ilmiah dibandingkan biografi politik. Berbeda dari dua topik tersebut, biografi jurnalistik dihasilkan dari sesi wawancara yang dilakukan oleh penulis dan tokoh narasumber.

  • Berdasarkan Izin Penulisan

Biografi izin penulisannya dibedakan menjadi dua, yaitu Authorized Biography dan Unauthorized Biography

Biografi yang berjenis Authorized Biography adalah biografi yang mendapatkan izin secara langsung dari tokoh yang bersangkutan, bahkan cenderung tokoh tersebut lah yang meminta untuk dibuatkan biografi. Sedangkan biografi yang berjenis Unauthorized Biography merupakan biografi yang tidak mendapatkan izin secara langsung. Pada umumnya biografi jenis ini terjadi karena tokoh yang bersangkutan telah wafat.

Contoh teks biografi berjenis Authorized Biography adalah buku berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Karena contoh teks biografi tersebut dibuat atas persetujuan tokoh yang bersnagkutan. Sedangkan contoh teks biografi Unauthorized Biography adalah buku yang berjudul Chairil: Sebuah Biografi yang ditulis oleh Hasan Asphani.

Baca juga: Teks Editorial Beserta Penjelasannya

  • Berdasarkan Penerbit

Biografi yang berdasarkan penerbitnya, dibedakan menjadi dua, yaitu sendiri dan subsidi. Biografi sendiri dapat diartikan sebagai menerbitkan buku biografi melalui penerbit. Dimulai dari penulisan hingga pendistribusian. Pada umumnya, biografi jenis ini mengutamakan komersial dan membutuhkan perhatian dari publik.

Berbeda dari hal tersebut, biografi subsidi pada umumnya ditanggung oleh sponsor yang ada. Sehingga tidak terlalu mengutamakan keuntungan dan perhatian publik. Biasanya didistribusikan ke perpustakaan, toko buku, dan taman baca yang ada. 

Cara Membuat Biografi

Cara Membuat Biografi
Sumber: Yerson Retamal dari Pixabay

Berikut adalah cara membuat biografi yang bisa dijadikan acuan. 

  1. Tentukan tokoh siapa yang akan ditulis, bisa merupakan tokoh idola kamu ataupun tokoh terkenal.
  2. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai tokoh tersebut. Apabila tokoh tersebut masih hidup, alangkah lebih baik melakukan wawancara, namun apabila sudah meninggal temukan informasi melalui buku ataupun wawancara dengan kerabat dan saudaranya.
  3. Mulailah menulis sesuai dengan struktur biografi dan bahan tulisan yang sudah dikumpulkan.
  4. Setelah selesai, baca kembali tulisan, dan lakukan mengedit tulisan.
  5. Minta seseorang membaca dan memberikan pendapat mengenai tulisan kamu.
  6. Jika ingin dipublikasikan, publikasikan melalui penerbit pilihan atau melalui media massa.

Contoh Teks Biografi

Agar kamu semakin paham bagaimana menulis teks biografi, berikut adalah berbagai contoh teks biografi dari beragam tema. Contoh biografi singkat ini terdiri dari contoh biografi diri sendiri, contoh biografi orang tua, contoh biografi tokoh, contoh biografi guru, contoh biografi teman, dan terakhir yaitu contoh biografi penulis.

Contoh Biografi Diri Sendiri

Warni Putri Amanda, begitulah nama lengkapku. Aku lahir di Bandung, 23 Agustus 1997 di suatu sore, yang kata orang-orang sedang muncul pelangi. Telah menamatkan pendidikan terakhir yaitu S1 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia. Sebelumnya, aku bersekolah di SDN 1 Mentari Pagi, SMP 2 Bandung Raya, dan SMAN 1 Bandung.

Ayahku yaitu Wawan yang merupakan seorang wirausaha dan membuka restoran ayam di berbagai cabang di wilayah Bandung. Sedangkan Ibu, yaitu Wati, hanya Ibu Rumah Tangga yang kerap kali membantu Ayah mengelola restoran. 

Selama aku hidup, aku diajarkan untuk selalu mandiri, karena aku anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah dan Ibu mendidikku untuk selalu bisa memecahkan masalah sendiri, baik selama aku berkuliah bahkan sampai saat ini. Ketika aku kuliah, aku aktif mengikuti kegiatan relawan, khususnya di bidang pendidikan dan pengajaran.

Saat ini, aku telah bekerja di SMA tempat aku dulu mengenyam pendidikan. Langkahku selanjutnya adalah menjadi guru yang bermanfaat bagi murid-muridku dan dapat menolong mereka untuk belajar meraih mimpinya.  

Contoh Biografi Orang Tua

Sosok Ayah menjadi gambaranku terhadap laki-laki yang sempurna. Ayah bernama lengkap Suwiyanto, beliau lahir di pedalaman Malang pada tanggal 20 Maret 1967. Perawakannya yang tinggi kelam selalu menjagaku dari kecil hingga dewasa ini.

Ayah bertahun-tahun menjadi petani dan mengelola sawah beserta kebun sejak usia 20-an. 1 hektar sawah dan 2 hektar perkebunan teh peninggalan Kakek-Nenek dapat dikelola Ayah dengan sangat baik. Hasil pertanian dan perkebunan telah dijual ke pasar. 

Walaupun tidak kuliah pertanian dan hanya lulusan SMA Negeri 1 Malang, keahlian Ayah dalam mengelola tanah dan perkebunan sangat diacungi jempol. Ayah dapat mengairi persawahan dan perkebunan dari sumber mata air dekat rumah dan Ayah juga dapat menemukan pupuk terbaik untuk menyuburkan tanah.

Ayah tidak pernah malu menjadi petani. Baginya, petani adalah pekerjaan yang sangat mulia. Karena menanamkan benih, merawat benih, bahkan sampai mengambil buah untuk dimakan oleh banyak orang. Kebanggaanku terhadap Ayah semakin menjadi-jadi, karena saat ini Ayah berhasil mampu membantuku untuk menjadi Sarjana Pertanian sebagai lulusan terbaik.   

Contoh Biografi Tokoh

Siapa yang tak kenal dengan Kevin Sanjaya. Atlet bulu tangkis kebanggan Indonesia itu bernama lengkap Kevin Sanjaya Sukomuljo. Pria muda kelahiran Banyuwangi, 2 Agustus 1995 itu sudah berkali-kali membuat harum nama bangsa Indonesia di kancah dunia bulutangkis, baik nasional maupun internasional.

Kevin, begitulah nama sapaannya sehari-hari, telah terjun dalam dunia bulu tangkis sejak masih belia. Yaitu pada tahun 2007, ia bergabung dengan Klub Bulutangkis Djarum. Saat usianya masih 12 tahun, Kevin sudah dilatih dan memiliki kemauan yang tinggi menjadi atlet. Tak heran, ia berhasil memenangkan medali perunggu pada Kejuaraan Junior Asia di tahun 2012 dan 2013. Saat itu, ia berpasangan dengan Lukhi Apri Nugroho sebagai ganda putra. 

Tidak hanya berada di ganda putra, ia pun kerap berpasangan dengan Masita Mahmudin sebagai ganda campuran. Karena keuletan mereka berdua, ganda campuran Indonesia berhasil membawa pulang medali perak pada ajang Kejuaraan Dunia Junior di tahun 2013.

Kemampuan Kevin semakin terlihat saat dipasangkan dengan Marcus Gideon di nomor ganda putra. Kekuatan dan ketangkasan yang dimiliki Kevin serta keahlian yang dimiliki Marcus membuat pasangan itu menjadi pasangan ganda putra terkuat di Indonesia bahkan dunia.  Mereka mulai dipasangkan pada tahun 2015 dan menjuarai Sea Games 2015 dan membawa pulang medali emas.

Kesuksesan Kevin membawanya kepada peringkat nomor 1 BWF ganda putra dan mendapatkan pendapatan sekitar 822,375 dolar AS, apabila dikonversi ke rupiah setara dengan Rp 11,5 miliar. Ke depannya, Kevin masih ingin terus mempertahankan posisinya sebagai peringkat nomor 1 dunia. Karena yang tak mudah adalah mempertahankan yang sudah diraih.

Contoh Biografi Guru

Arini Wahyuni, atau disering disapa dengan Bu Rini, adalah guru Matematika terbaik di sekolah. Perawakannya yang santai dan bersahabat, membuat ia digemari oleh banyak murid. Kepintarannya tidak diragukan lagi. Ia berhasil menjadi guru terbaik dalam masa jabatannya yang baru tiga tahun.

Sebelumnya, Bu Rini menamatkan pendidikan matematika di universitas ternama di Jakarta,yaitu Universitas Negeri Jakarta dan lulus tepat empat tahun pada tahun 2016. Ia bukan terlahir di keluarga yang kaya atau bercukupan. Ia lahir di Natuna, 15 Januari 1993. Dengan orang tua yang hanya nelayan, ia merantau ke Jakarta. 

Berdasarkan cerita yang beredar di sekolah, Bu Rini dahulunya hanya seorang fresh graduated yang masih malu-malu untuk mengajar. Tapi, siapa sangka, Ia dapat dengan cepat beradaptasi. Ia membuat segala rumus dapat dihitung dengan mudah dan memberikan konsep yang sangat gampang untuk diingat. 

Bu Rini tak hanya disegani oleh para murid, tetapi juga para guru-guru senior. Ia selalu dengan siaga membantu para guru-guru senior untuk membuat model pembelajaran yang lebih modern dengan menggunakan media video. Ia juga direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti Kompetisi Guru Terbaik se-Kota Madya. Dengan keuletan dan kepintarannya, ia berhasil mengharumkan nama sekolah dan menjuarai kompetisi tersebut. 

Contoh Biografi Teman

Jika ada posisi teman sejati, maka status tersebut berhak didapatkan oleh Karina Anindya. Karin, merupakan sosok periang yang selalu tahu kapan temannya membutuhkan bantuan. Sama-sama lahir di Depok, pada tanggal 1 Oktober 2004, membuat aku dan Karin sering disebut anak kembar tetapi beda orang tua.

Rumahnya berada di Jalan Sedasih, sangat dekat dengan rumahku. Tak heran aku dan Karina sering pulang sekolah bersama. Ia sangat senang dengan dunia seni, khususnya seni tari daerah. Sepulang sekolah, ia selalu giat latihan dan mengikuti ekstrakulikuler tari. Karin pun kerap kali ikut sanggar tari di Depok yang jaraknya lumayan jauh dari rumah. Setiap minggu ia berlatih dan terkadang juga ikut mengajar tari untuk anak-anak SD.

Bakat menarinya itu turun dari Sang Ibu yang merupakan mantan dancer waktu muda. Hanya saja, ibunya berfokus pada tarian modern. Sedangkan Karin mengambil jalan yang berbeda. Menurutnya, tarian daerah lebih unik. Walaupun tarian daerah, tapi tetap bisa dikreasikan dengan menambahkan unsur-unsur modern. Bukan hanya itu, ia pun pernah berpendapat bahwa tarian daerah merupakan wujud kecintaannya terhadap budaya dan patut untuk dilestarikan.

Dengan menekuni dunia tarian tradisional sejak umur 10 tahun, ia telah menjuarai berbagai kompetisi tari. Yang paling membuat namanya bersinar ialah ketika ia mendapatkan medali emas dalam ajang FLS2N cabang tarian tradisional dan berhak mendapatkan beasiswa ke perguruan tinggi negeri. 

Karin, merupakan sosok yang tak pernah cepat puas, maka dari itu ia selalu terus berlatih dan tidak pernah sombong terhadap apa yang telah ia capai. Justru, ia akan terus berusaha untuk meraih mimpi-mimpi lainnya. 

Contoh Biografi Penulis

Penulis Eka Kurniawan sudah bukan menjadi rahasia umum untuk terkenal di dunia sastra Indonesia. Penulis yang lahir di tanah Sunda, yaitu Tasikmalaya, 28 November 1975 itu merupakan lulusan Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. 

Ia sudah sangat tertarik dalam dunia sastra sejak masih muda. Ia pun menulis skripsi yang membahas tentang Pramoedya Ananta Toer, yang berjudul Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis. Skripsinya itu diterbitkan dalam bentuk buku oleh Yayasan Aksara Indonesia pada tahun 1999. Sejak saat itulah, Eka memantapkan diri untuk menjadi penulis dalam bidang sastra.

Pada tahun 2000, Eka menerbitkan kumpulan cerpen yang berjudul Corat-coret di Toilet. Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama itu merupakan kumpulan cerpen roman yang berbumbu sejarah di era pasca reformasi. 

Namanya terus melejit dengan diterbitkannya sebuah novel bertema sejarah, yaitu Cantik Itu Luka. Buku itu terbit pertama kali di tahun 2002 di bawah naungan Penerbit Jendela. Lalu, Gramedia Pustaka Utama menerbitkan kembali Cantik Itu Luka pada tahun 2004. Novel ini telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Di Jepang telah terbit ‘Bi wa Kizu’, di Inggris ‘Beauty is Wound’, dalam bahasa Arab yaitu ‘Kotobkhan’, dan masih banyak negara lainnya yang telah menerbitkan novel ini. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa berbeda.

Karya-karyanya yang lain pun tak kalah bagus dan fenomenal. Terdapat Lelaki Harimau (2004), Cinta Tak Ada Mati (2015), Gelak Sedih (2005), Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2014), Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi (2015), dan novel yang berjudul O (2016). Novel Lelaki Harimau telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Korea, Jerman dan Italia.

Dengan keberanian mengangkat tema politik dan isu-isu sosial, tak lupa juga ditambah dengan keahliannya dalam merangkai prosa, Eka meraih penghargaan Prince Clause Awards di tahun 2018 dalam kategori sastra. Tak heran, apabila Eka disebut-sebut sebagai sastrawan penerus Pramoedya Ananta Toer yang telah diakui oleh dunia.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi

Itulah penjelasan lengkap mengenai contoh biografi singkat dan cara membuatnya. Dengan mengetahui dan memahami tentang contoh teks biografi, kamu akan semakin jago dalam menulis. Karena menulis biografi, diperlukan riset sekaligus penggunaan diksi yang enak untuk dibaca. Selamat mencoba dan selamat belajar!


Referensi: 

Kosasih dan Endang Kurniawan. 2016. Jenis-jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *