Home Seni & Musik Cara Memegang Biola Serta Bow yang Benar

Cara Memegang Biola Serta Bow yang Benar

Teknik dasar dalam bermain biola yang paling penting dalam bermain biola adala cara memegang biola dan bow yang baik dan benar. Jika teknik tersebut tidak kamu kuasai dengan baik, maka bermain biola pun akan menjadi lebih sulit dan resiko cedera akan lebih besar.

Memegang atau menahan biola bisa dilakukan dalam posisi berdiri atau duduk dengan postur tubuh yang tegak lurus. Posisi berdiri tegak dengan posisi kaki yang sedikit terbuka biasanya dipilih oleh kebanyakan pemula, kecuali bagi yang sudah mahir dan ingin menerapkan seni menari sambil bermain biola. Tujuan dari posisi kaki adalah untuk menjaga keseimbangan saat bermain sebuah atau beberapa lagu.

Pada umumnya memegang biola menggunakan tangan kiri (meskipun ada pemain biola yang kidal) dan biola diletakkan di tulang selangka/di atas bahu. Setelah itu, biola ditahan dengan cara menempatkan rahang di atas penyangga dagu (chin rest). Jangan sampai biola bergeser dan terjatuh. Bagi pemula memang awalnya akan terasa lelah dan mungkin sampai keram, tetapi jika terus berlatih dengan benar maka nantinya akan terbiasa dan tidak sampai terjadi cedera.

Posisi dagu

posisi bahu dan dagu
Sumber: music.stackexchange.com

Jika biola masih bergeser, artinya posisi dagu dan bahu kamu masih salah. Bahu tidak disarankan diangkat ke atas karena akan menyebabkan biola mudah terpeleset dan membuat tangan kiri ikut menahan berat biola. Jika tangan kiri terbebani seperti itu, maka pergerakan tangan akan terhambat ketika harus bergeser untuk berganti nada dalam memainkan sebuah lagu.

Gunakan cara alami dengan memajukan siku, dengan demikian bahu akan otomatis sedikit maju dan membantu menopang biola. Jangan terlalu kuat saat kamu menjepit biola dengan dagu karena akan membuat dagumu sakit. Bagi kamu yang memiliki leher sedikit panjang dan kesulitan untuk menahan biola dengan dagu, kamu bisa menggunakan aksesoris tambahan pada biola yang disebut dengan shoulder rest.

shoulder rest
Sumber: bellamusiconline.com

Jika kamu sudah berhasil menjepit biola dan biola tidak jatuh, maka posisi menjepit biolamu sudah benar. Setelah berhasil menahan biola dengan posisi dagu dan bahu yang benar, maka sempurnakan posisi tangan kirimu saat memegang biola.

Posisi Tangan Kiri

posisi tangan kiri
Sumber: wikihow.com

Pastikan tangan kiri tetap tegak agar posisi badan biola tidak terlalu menurun ke bawah. Sebagai pemula, tangan kiri harus berada di ujung leher biola agar jemari mudah untuk menekan senar pada fingerboard.

Perlu diperhatikan juga posisi telapak tangan kiri yang tidak boleh menempel pada neck biola. Hal tersebut hanya akan membuat jemari kaku dan menjadi penghalang ketika tangan kiri akan bergeser posisi untuk memainkan nada yang lebih tinggi. Posisi telapak tangan kiri yang baik adalah adanya jarak antara neck dan telapak.

Telapak Tangan Jangan Menempel Pada Neck

posisi telapak tangan kiri
Sumber: kickstarter.com

posisi ibu jari
Sumber: junmusicshop.wordpress.com

Pegang biolamu dengan stabil dan tempatkan sisi ibu jari pada leher biola. Pastikan pangkal ibu jari tidak menyentuh leher biola sehingga terdapat celah berbentuk huruf “U” untuk mempermudah perpindahan posisi jari.

Siku yang dimajukan juga akan mempermudah jari untuk menekan senar terutama jari kelingking. Posisi siku jangan sampai bersandar atau menempel pada tubuh karena akan menghambat pergerakan tangan.

Celah Antara Siku dan Tubuh

celah antara siku dan tubuh
Sumber: timesofisrael.com

Untuk pemula memang akan menemukan banyak kendala. Jangan memaksakan satu keadaan bagian tubuh yang lelah, pegal otot, ataupun sakit. Jika kamu sudah merasakan keadaan tersebut, maka beristirahatlah. Tidak masalah jika kamu berlatih sebentar tetapi sering dilakukan daripada lama berlatih tapi jarang.

Selanjutnya kamu bisa mempelajari cara memegang bow dengan baik dan benar. Cara memegang bow akan mempengaruhi teknik menggesek dan bunyi yang dihasilkan. Dengan menguasai teknik dasar memegang bow, maka nantinya akan mempermudah kamu untuk mempelajari teknik menggesek biola dengan benar. Sebelum mempelajari teknik memegang bow, ada baiknya kamu mengetahui bagian-bagian bow terlebih dahulu.

bagian-bagian bow
Sumber: musilesson.com

Pertama, letakkan ibu jari pada bow stick yang berada di antara pad dan frog. Kemudian lekatkan ujung ibu jari pada batas ruas kedua jari tengah hingga terlihat seperti membentuk kurva atau lingkaran. Ibu jari sebaiknya tidak ditekuk ke dalam dan tidak dimasukkan ke dalam lekukan frog karena kurang memberi support yang baik ketika menggesek biola.

Jari tengah dan jari manis berdekatan (terkadang rapat bersentuhan) dan menyentuh frog. Jari telunjuk menyentuh winding dan jari kelingking diletakkan di atas stick (frog). Jari telunjuk berperan dalam memberi tekanan pada stick saat menggesek. Oleh karena itu, posisi jari telunjuk setidaknya harus berpusat pada sendi ruas pertama atau kedua. Jari kelingking jangan menekan frog tetapi berguna untuk menahan berat bow menggunakan ujung jari.

posisi jari tangan kanan
Sumber: medium.com

posisi jari memegang bow
Sumber: songbirdrising.com

Jika terasa berat, kamu bisa menggunakan pensil atau pulpen saat berlatih. Selain karena ringan dan pendek, kamu bisa melihat dengan baik bagaimana bentuk jarimu dalam bentuk kurva.

Pastikan jari-jarimu tidak tegang saat memegang bow. Posisi badan saat memegang bow juga perlu diperhatikan. Posisikan punggung badan tegak, baik dalam posisi berdiri ataupun duduk. Setelah stabil, kamu tinggal menyesuaikan diri sampai terbiasa memegang dan bisa mengendalikan bow.

Setiap orang memiliki struktur tulang tangan yang berbeda dan menempuh proses yang berbeda juga untuk menemukan cara memegang bow dengan baik dan benar tetapi tetap merasa nyaman. Jadi pada waktu awal belajar, bentuk tangan setiap orang akan berbeda.

Latihan

Sebelum berlatih, ada baiknya kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Latihan dengan waktu yang berlebihan bisa berakibat fatal bagi tubuh, apalagi tanpa pemanasan. Meskipun kamu merasa kuat dan mampu, batasi waktu latihan dan tetap konsisten dengan durasi tersebut.

Saat kamu merasa lelah, lanjutkan latihan pada keesokan harinya. Jangan tunggu sampai bagian tubuhmu benar-benar sakit baru berhenti latihan karena ini adalah kebiasaan buruk dan kamu hanya akan melukai diri sendiri pada masa yang akan datang.

Baca juga: Cara Bermain Biola untuk Pemula

Sebagai contoh, saat kamu lelah tanpa sadar tubuhmu akan membungkuk. Jika latihan terus dilanjutkan, kamu akan mempunyai kebiasaan membungkuk saat latihan. Sebelum dan sesudah berlatih, lakukan pelemasan otot (bisa seperti senam) untuk melepaskan ketegangan.

Avatar
Dea
Pernah bergabung dalam komunitas "Autodidact Violin Community" selama 2 tahun dan beruntung mendapatkan kesempatan bermain dalam sebuah konser mini orkestra di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...